Asuransi Allianz Melindungi Jiwa, Harta dan Masa Pensiun Kita



Asuransi Allianz Melindungi Jiwa, Harta
dan Masa Pensiun Kita
Oleh Casmudi, S.AP





            Ilustrasi di atas memberikan gambaran bahwa jika kita melihat pengendara motor yang memakai helm dan yang membonceng tanpa memakai helm, ada perbedaan yang mencolok. Jika terjadi kecelakaan secara tiba-tiba karena pengereman mendadak atau melewati jalan yang berlubang. Maka, sang pengendara yang memakai helm bisa selamat dari bahaya gegar otak. Tetapi, yang membonceng secara logika akan jatuh dan mengalami benturan kepala. Dampak selanjutnya adalah kematian akan menjemputnya karena jiwa tidak terselamatkan. Oleh sebab itu, perlu adanya alat perlindungan atau kemanan sebelum berkendara yang berupa Helm.
Sama halnya dalam kehidupan kita, kita akan selalu menemui bumbunya kehidupan, seperti: masalah kesehatan atau sakit, kematian yang tidak mengetuk pintu dulu, masa tua atau pensiun, permasalahan dalam perjalanan liburan ke luar negeri, dan kebakaran rumah atau kecelakaan asset kita. Semua hal tersebut datang secara tiba-tiba. Kita sama sekali tidak menginginkannya. Bahkan, kita sering melihat biaya pengobatan sebuah keluarga telah menguras harta kekayaannya, orang yang sudah tua atau pensiun tidak terurus dengan baik dan  orang menjadi gila karena rumah dan hartanya ludes karena kebakaran.  Tentu, kita tidak menginginkan hal yang terburuk dalam hidup kita.
Apa Satu Hal Terpenting Buat Anda?
Kita menyadari bahwa perlindungan atau proteksi bagi kehidupan adalah sebuah keniscayaan. Oleh sebab itu, satu hal terpenting buat kehidupan kita adalah perlu adanya perlindungan (proteksi) maksimal yang berupa asuransi (insurance). Apa sih asuransi itu? Kata “asuransi” berasal dari bahasa Belanda yaitu: “assurantie”. Dalam hukum Belanda sering disebut “Verzekering” yang mempunyai arti pertanggungan. Dari istilah assurantie, lama kelamaan timbul istilah “assuradeur” bagi pihak penangggung dan “geassureerde” bagi pihak tertanggung. Kalau kita melihat isi dari Undang-undang (UU) Hukum Dagang pasal 246 yang menyatakan, “Asuransi dan pertanggungan adalah suatu perjanjian, dengan mana seorang penanggung mengikat diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena satu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu”. Sebagai tambahan,  menurut Undang-undang (UU) No. 2 tahun 1992 tentang Usaha perasuransian, menegaskan bahwa asuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau untuk pembayaran yang didasarkan atas meninggalnya atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.
Pada perkembangan selanjutnya, Asuransi sebagai salah satu lembaga keuangan yang bergerak dalam bidang pertanggungan merupakan sebuah institusi modern hasil tentuan dunia Barat yang lahir bersamaan dengan adanya semangat pencerahan (reinaissance). Institusi ini bersama dengan lembaga keuangan bank menjadi motor penggerak ekonomi pada era modern dan berlanjut pada masa sekarang. Di Indonesia, perkembangan asuransi baik lokal maupun asing sungguh luar biasa. Dari asuransi konvensional sampai asuransi syariah memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Indonesia. Secara pelan tapi pasti, masyarakat Indonesia mulai melek asuransi. Mereka menyadari betapa pentingnya asuransi bagi segala aspek kehidupan. Dari sekian perusahaan asuransi yang memberikan perlindungan atau proteksi terhadap segala aspek kehidupan (dari A sampai Z) adalah Asuransi Allianz. Berbagai produk perlindungan atau proteksi ditawarkan oleh Asuransi Allianz. Kita dapat mengaksesnya di website: www.allianz.co.id. Di mana, kita akan melihat tampilan beranda (home) sebagai berikut:


Perlindungan Terhadap Harta Kehidupan
            “Kesehatan dan nyawa tidak dijual di toko-toko”
            Seberapa penting sih asuransi itu? Keberadaan asuransi sangat penting bagi kehidupan kita. Asuransi memberikan perlindungan atau proteksi dari segala kemungkinan terburuk dalam kehidupan kita. Tetapi, pada kenyataannya masih banyak juga orang yang belum mengerti arti pentingnya asuransi. Berbagai alasan pun sering kita dengar, seperti: “Saya masih muda, belum butuh asuransi”, “Saya masih sehat kok, asuransi belum penting buat saya”, “masalah tua urusan nanti”, “masalah mati belum kepikiran tuh”, “ruamah saya aman kok, ada alat pemdam kebakarannya”, “ah, yang penting hati-hati, mobil nggak mungkin tabrakan”, “Maaf, belum butuh asuransi”, dan lain-lain. Perlu diketahui, bahwa justru di masa muda, sehat, hidup, atau sejak dini, adalah saat yang penting kita memerlukan kehadiran asuransi. Karena, dengan alasan apapun perusahaan asuransi tidak akan mengabulkan permintaan kita menjadi nasabah di saat kita menderita penyakit kritis.
            Di jaman seperti sekarang ini, resiko kehidupan datang kepada kita tanpa permisi dahulu. Banyaknya pekerjaan yang menumpuk dan tidak mampu terselesaikan dengan baik menuntut kita untuk hidup serba instan. Apalagi, dengan padatnya pekerjaan membuat gaya hidup kita semakin berubah 360 derajat, seperti: kurangnya berolahraga secara rutin, stress karena pekerjaan atau masalah kantor, bisnis atau rumah tangga, konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat karena tidak diolah dengan baik (cepat saji), kebiasaan merokok dan lain-lain membuat kondisi kesehatan badan mengalami penurunan. Akibatnya, banyak jenis penyakit yang hinggap pada badan kita, seperti: berat badan tidak terkontrol, serangan jantung, kanker dan lain-lain. Tanpa disadari, di masa muda kita akan mengalami penyakit kronis yang tidak terdeteksi sebelumnya. 


Pada saat kita mengeluarkan biaya pengobatan yang tidak kecil, mengakibatkan  tabungan atau asset kita terkuras habis. Jika, biaya pengobatan kurang terpaksa pinjam ke tetangga atau saudara. Saat itulah, dunia seperti mau kiamat saja. Bahkan, timbul perasaan menghakimi kepada Tuhan karena tidak sayang kepada umatnya. Siapa yang salah? Kitalah yang salah, karena kita tidak mempunyai perlindungan atau proteksi terhadap segala kemungkinan terburuk. Dan biasanya, pada saat itulah baru menyadari betapa pentingnya asuransi bagi kesehatan kita. Di asuransi Allianz, banyak produk yang memberikan perlindungan terhadap jiwa dan kesehatan kita, seperti:
3.      SmartLink CI100
7.      TaproKu


Dengan memakai salah satu dari produk tersebut sesuai pilihan, kita mendapatkan perlindungan jiwa dan kesehatan kita. Tanpa disadari, kita merasa kehidupan lebih berkualitas. Mengapa? Karena kita mempunyai perlindungan atau produksi dari kemungkinan terburuk terhadap jiwa dan kesehatan kita. Kita tidak lagi merasa khawatir, seandainya terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan. Asuransi Allianz telah memberikan perlindungan atau proteksi terhadap kita dalam hal biaya pengobatan di rumah sakit yang menjadi rujukan atau rumah sakit yang sesuai dengan keinginan kita. Bukan hanya itu! Asuransi Allianz juga memberikan perlindungan atau proteksi terhadap harta benda kita, seperti rumah atau kendaraan kita.
Perlindungan Terhadap Harta Benda
Asuransi Allianz adalah asuransi yang memberikan perlindungan dari A sampai Z. Bukan hanya jiwa dan kesehatan, tetapi Asuransi Allianz juga memberikan perlindungan terhadap harta benda yang kita punya seperti rumah dan mobil. Bahkan, Asuransi Allianz juag memberikan perlindungan atau proteksi perjalanan atau liburan kita ke luar negeri. Adapun, produk-produk Asuransi Allianz yang memberikan manfaat tersebut adalah:
1.      Asuransi Allianz MobilKu
2.      Asuransi Kartu Proteksiku
3.      Asuransi Dana Kesehatanku
4.      Asuransi Perjalanan
5.      Asuransi Rumahku Plus



Perlindungan Masa Pensiun
Setelah kita mempunyai perlindungan terhadap jiwa, kesehatan dan harta benda kita, selanjutnya adalah kita berpikir jangka panjang. Kita juga wajib mempunyai nekal yang cukup untuk menghadapi masa pensiun kita agar lebih berkualitas. Kita memahami, bahwa kebanyakan masyarakat Indonesia mengalami masa-masa yang tidak mengenakan di saat tua atau pensiun. Definisi pensiun berdasarkan Pasal 10 Undang-undang (UU) No. 8 Tahun 1974 jo Undang-undang No. 43 Tahun 1999 adalah: “jaminan hari tua sebagai balas jasa yang diterima setiap bulan oleh pegawai negeri yang telah bertahun-tahun mengabdikan dirinya untuk membiayai penghidupan selanjutnya. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa program pensiun berhubungan dengan program jaminan sosial tenaga kerja”. Bagi yang pernah menjabat menjadi PNS, tentunya mereka mendapatkan uang pensiun dari Negara. Tetapi, pada kenyataannya besaran pensiun yang mereka terima tidak mampu menopang besaran kehidupan dan resiko yang diterimanya, seperti yang berhubungan dengan kesehatan. Bagaimana dengan yang bekerja di sektor swasta? Tentunya mereka harus pandai dalam hal keuangan (melek finansial) sejak dini.
Jangan kaget, di saat tua atau pensiun, banyak dari mereka bahkan lebih giat bekerja untuk menghidupi keluarga. Sementara kemampuan tubuhnya tidak sehebat waktu masih muda. Bahkan, tidak sedikit orang yang masa tua atau pensiunnya malah merepotkan anak dan cucunya. Padahal anak dan cucu kita juga mempunyai malah keluarga tersendiri. Oleh sebab itu, sejak dini kita perlu mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk bekal masa tua atau pensiun kita. Tentunya kita ingin menghadapi masa tua atau pensiun dengan senyuman, bukan penderitaan karena beban yang semakin berat. Oleh sebab itu, Asuransi Allianz mempunyai produk-produk yang memberikan perlindungan atau proteksi dalam menghadapi masa tua atau pensiun kita, di antaranya:
1.      SmartPension
2.      Smart Protection
3.      Smart Finance
Dengan menggunakan produk tersebut, maka kita mempunyai perlindungan atau proteksi terhadap masa pensiun. Kita mempunyai bekal yang cukup dalam menghadapi masa pensiun dan tidak merepotkan anak dan cucu kita. Dengan demikian, kita telah membntuk gambaran masa pensiun lebih berkualitas. Kita kan menghadapi masa pensiun kita dengan perasaan optimis. Selanjutnya, masa pensiun kita bisa diisi dengan keahlian atau hobi kita dalam mengisi waktu luang.
            

Masuknya bisnis asuransi yang berbasis syariah, mengakibatkan Asuransi Allianz juga ikut mengeluarkan produk-produk yang mengemban pentingnya syariah, yaitu:
1.      Allisya Protection
2.      Allisya Maxi Fund Plus
Sebenarnya, apa sih syariah itu? Syariah berarti berasal dari ketentuan-ketentuan di dalam al-Qur'an dan as-Sunnah Rasul. Di Indonesia, asuransi syariah cenderung mengandung ajaran agama Islam, yang sering dikenal dengan istilah takaful. Di mana, kata takaful berasal dari takafala-yatakafalu yang berarti menjamin atau saling menaggung.
Menurut Mohd. Ma'sum Billah dalam analisanya Alvien Septian Haerisma (2014) yang berjudul “Mendesain Nilai Syariah Dalam Asuransi” memaknakan takaful dengan "mutual guarantee provid by a group of people living in the same society againts a defined risk or catastrophe befalling one's life, property or any form of valuable things". Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti: jaminan bersama yang disediakan oleh sekelompok masyarakat yang hidup dalam satu lingkungan yang sama terhadap risiko atau bencana yang menimpa jiwa seseorang, harta benda, atau segala sesuatu yang berharga. Sedangkan, menurut Dewan Syariah Nasional (DSN), Asuransi Syariah (Ta’min, Takaful atau Tadhamun)  adalah usaha untuk saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi resiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah. Dengan menggunakan produk asuransi yang berbasis syariah, maka kekhawatiran tentang unsur riba atau judi menjadi hilang.




Di Asuransi Allianz, kita juga bisa menginvestasikan uang kita dengan menggunakan produk investasi sesuai dengan keinginan kita. Banyak jenis investasi yang ditawarkan, antara lain:
1.      Fund - Facts SmartLink 2014
2.      Fund-Facts Allianz Syariah 2014
3.      Fund-Facts Allianz Pension Funds 2014
4.      Fund-Facts Allianz Saving Funds 2014
5.      Fund-Facts Allianz Smartwealth Funds 2014
Kita meninvestasikan di Asuransi Allianz, kita bisa men-download fund fact sheet per bulan sebagai sebuah file. 




            Setelah memahami pembahasan di atas, kita bisa memberi kesimpulan bahwa asuransi sangat penting dalam memberikan perlindungan atau proteksi terhadap semua aspek kehidupan kita. Keberadaan asuransi mampu menghilangkan kekhawatiran kita akan kemungkinan terburuk yang akan menimpa kita. Apalagi, dengan mengikuti program berbagai produk Asuransi Allianz mampu memberi perlindungandari A sampai Z. Perlindungan atau proteksi yang ditawarkan dari asuransi kesehatan sampai asuransi perjalanan libur ke luar negeri telah memberikan rasa aman dan nyaman. Kita pun bisa memilih investasi uang sesuai dengan minat dan pilihan kita. Jadi, apa satu hal terpenting buat anda? Tentunya perlindungan atau proteksi yang maksimal segala aspek kehidupan kita.


Referensi:
Haerisma, Alvien Septian. 2014. Mendesain Nilai Syariah Dalam Asuransi.
http://asuransihalal.wordpress.com/
UU No. 8 Tahun 1974 jo UU No. 43 Tahun 1999 tentang Pensiun.
UU No.2 th.1992 tentang Usaha Perasuransian.
www.allianz.co.id

Tag: AsuransiAllianz 
       ProteksiA-Z 

Blog ini diikutsertakan dalam Allianz Writing Competition 2014

Comments