Bhinneka Sangkuriang (Bagian Satu)



Bus Bhinneka Pariwisata



Logo terbaru PT. Bhinneka Sangkuriang Transport
(Sumber: naikbhinneka.co.id)


Bagi masyarakat Pantura (Pantai Utara) Jawa, transportasi umum yang berupa bus umum sangat vital sekali. Apalagi, masyarakat perantau ke kota Jakarta, Bandung dan Tangerang  yang berasal dari kota-kota “Ngapak” seperti Purwokerto, Tegal dan Brebes, transportasi umum bus merupakan pilihan terbaik.
Meningktanya arus urbanisasi ke kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor dan Bandung menuntut masyarakat kaum urban untuk memilih transportasi umum yang bisa diandalkan. Dengan kata lain, pelayanan yang prima, harga bersaing dan ketepatan waktu ke tempat tujuan merupakan tolok ukur masyarakat menjatuhkan pilihan transportasi umum tersebut.
Melihat fenomena permintaan akan transportasi bus umum yang nyaman di saat sekarang ini, membuat banyak perusahaan transportasi berlomba-lomba untuk menarik pelanggan sebanyak mungkin. Salah satu perusahaan transportasi yang siap menjawab tantangan untuk melayani masyarakat adalah PT. Bhinneka Sangkuriang Transport.
Saya pribadi mengenal PT.  Bhinneka Sangkuriang Transport melalui bus-bus reguler yang melayani penumpang dari Kota Tegal menuju Kota Jakarta dan Bandung. Saya masih ingat, kurun waktu 90-an mengenal bus Bhinneka Ganesaha dan Bhinneka Sangkuriang yang menjadi langganan tetap ketika belajar untuk merantau dari kota kelahiran Brebes menuju Jakarta.
Namun, beberapa tahun belakangan ini bus Bhinneka melalui PT.  Bhinneka Sangkuriang Transport melakukan transformasi gila-gilaan. Tentunya, bertujuan untuk melebarkan sayap bisnisnya. Kalau melihat laman www.naikbinneka.co.id , maka dapat diperoleh sejarah panjang bus Bhinneka dalam melayani penumpang.
Ternyata, PT. Bhinneka Sangkuriang Transport telah berdiri sejak tahun 1972 di kota Cirebon dan dalam perkembangannya pada tahun 1989 mendirikan P.O. SANGKURIANG di Bandung, yang merupakan subsidi dari P.O. BHINNEKA. Yang menarik adalah kedua P.O. tersebut akhirnya melebur menjadi satu alias bertransformasi menjadi PT. BHINNEKA SANGKURIANG TRANSPORT.


 Transformasi Bhinneka Sangkuriang  
(Sumber: Wahyu Nugraha)


PT. Bhinneka Sangkuriang Transport dalam menjalankan bisnisnya bukan hanya berorientasi pada keuntungan semata. Tetapi, keamanan dalam berkendara para awak kendaraannya juga merupakan modal utama dalam menjalankan roda perusahaan. Itulah sebabnya, PT. Bhinneka Sangkuriang Transport mencanangkan Kampanye Sosial Komersil yang bertujuan sosial namun tetap meraih keuntungan dari program tersebut. Program tersebut merupakan salah satu sarana investasi berupa promosi yang di tawarkan.
Melihat banyaknya kecelakaan di jalan raya,  PT. Bhinneka Sangkuriang Transport berupaya untuk menjalankan slogan, “Better Public Transportation” atau “Transportasi Umum Lebih Baik” untuk mengurangi tingkat kecelakaan tersebut. Perlu diketahui bahwa PT. Bhinneka Sangkuriang Transport merupakan deklarator kampanye yang menyarankan kepada pengguna transportasi lebih sering memanfaatkan sarana transportasi yang lebih baik dan nyaman, seperti bus umum.


 Bhinneka Sangkuriang menjadikan dirinya 
sebagai Better public transportation (
Sumber: naikbhinneka.co.id)

Untuk melayani penumpang dengan nyaman dari berbagai kalangan, PT. Bhinneka Sangkuriang Transport memiliki berbagai layanan di dalam menjalankan bisnis, di antaranya :
1.   Bus Bhinneka Pariwisata.
2.   Bus Bhinneka Kelas Ekonomi.
3.   Bus Bhinneka Patas AC Reguler.
4.   Bus Bhinneka Patas AC Eksekutif.
5.   Bhinneka Shuttle.
6.   Bhinneka Taxi.
Namun, saya akan membahas 3 jenis pelayanan yaitu: 1. Bus Bhinneka Pariwisata; 2. Bus Bhinneka Patas Executive; dan 3. Bus Bhinnjeka Shuttle. Lebih mantap lagi, saya akan menulis 3 jenis pelayanan PT. Bhinneka Sangkuriang Transport dalam 3 tulisan.  


Bus Bhinneka Pariwisata yang Nyaman



Bus Bhinneka Pariwisata  
(Sumber: busbhinnekapariwisata.wordpress.com)


Bus Bhinneka Pariwisata dibuat nyaman bagi para penumpang yang ingin melakukan perjalanan wisata, study tour, ziarah, perjalanan bisnis anda, Tidak usah khawatir Bus Bhinneka Pariwisata hadir untuk pelanggan dengan dukungan armada bus yang berkualitas. Kondisi tersebut dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan pelanggan. Bukan hanya itu, dukungan driver yang berpengalaman akan selalu melayani anda dengan baik untuk mengantar pelanggan ke tempat tujuan yang telah disepakati sebelumnya. 



Salah satu rombongan wisata yang menggunakan 
Bus Bhinneka Pariwisata  
(Sumber: busbhinnekapariwisata.wordpress.com)



Dalam melayani pelanggan untuk keperluan pariwisata, Bus Bhinneka Pariwisata memiliki beberapa tipe bus yang akan digunakan, yaitu medium dan big bus. Demi kenyamanan penumpang, Bus Bhinneka Pariwisata  selalu mengalami peremajaan-peremajaan armada yang rutin dilakukan. Untuk setiap tahunnya, PT. Bhinneka Sangkuriang Transport melakukan permejaan 30 hingga 40 unit armadanya.  


 Kabin Bus Pariwisata  
(Sumber: busbhinnekapariwisata.wordpress.com)

 Berbagai jenis pelanggan pun telah memanfaatkan jasa Bus Bhinneka Pariwisata seperti: study tour pelajar Sekolah Menengah Pertama ke daerah Jawa tengah – Yogyakarta dan klub sepak bola terbesar di Jawa Barat saat bertanding di luar kota.  Beberapa armada Bus Bhinneka Pariwisata terbaik yang dimiliki oleh PO. Bhinneka Sangkuriang Transport , diantaranya :
1.   Bus Pariwisata Legacy (59 Seat)
2.   Bus Pariwisata Tourista
3.   Bus Pariwisata Medium FB
4.   Bus Pariwisata Nucleus
5.   Bus Pariwisata Evolution
6.   Bus Pariwisata Sprinter
Bahkan, ada armada bus berkapasitas mulai dari 29 seat hingga 59 seat, yang telah dilengkapi dengan AC, Audio, TV, Karaoke, Toilet, Recleining Seat dan sebagainya sesuai kebutuhan pelanggan. Tetapi, jika ada pelanggan yang mau memanfaatkan jasa Bus Bhinneka Pariwisata yang non AC, PT. Bhinneka Sangkuriang Transport akan siap melayaninya dengan seang hati.
Bagi pelanggan yang berada di Kota Cirebon dan sekitarnya, maka Bus Bhinneka Pariwisata menyediakan fasilitas dan pilihan sebagai berikut:
1. Bis Bus
a.    Armada baru Legacy Sky Tahun 2013 (44, 54, dan 59 Seats; AC; LED TV; DVD; Karaoke , WIFI)
b.   Sprinter (57 Seats, AC, Smoking Area,  LED TV, DVD, Karaoke)
c.    Evolution (59 Seats, AC, Smoking Area, LED TV, DVD, Karaoke)
d.   Dan lain-lain.
2. Medium Bus
  • Tourista, Tahun 2013  (34 Seats, AC, LED TV, DVD, Karaoke)



Armada bus jenis Legacy Sky  
(Sumber: busbhinnekapariwisata.wordpress.com) 




Armada bus jenis Sprinter
(Sumber: busbhinnekapariwisata.wordpress.com)


Tidak akan rugi saat kita memanfaatkan jasa Bus Bhinneka Pariwisata. Dengan armada bus dan awak bus yang bisa diandalkan,  perjalanan pariwisata kita akan menyenangkan baik dengan teman, saudara atau keluarga.
Tunggu apalagi, untuk reservasi Bus Bhinneka Pariwisata, silahkan menghubungi langsung ke:

Bandung    
Alamat : Jl. Soekarno-Hatta no. 385 – Bandung
(022) 522 9568

Cirebon
Jl. Pilang Raya No.587, Kedawung – Cirebon
(0231) 205 088


http://kontes.naikbhinneka.co.id/




Referensi:
https://www.behance.net/gallery/10430297/Rebranding-PT-Bhinneka-Sangkuriang-Transport
https://busbhinnekapariwisata.wordpress.com/2013/10/03/po-bhinneka-pariwisata/ 



Comments