Mutiara Laut Selatan (South Sea Pearl)



Mutiara Laut Selatan Indonesia, Produk
Unggulan yang Menguasai Pasar Dunia







Kini, mutiara menjadi produk unggulan bangsa Indonesia di mata dunia. Namun, untuk memajukan nama besar mutiara perlu adanya ajang pameran yang berskala domestik maupun internasional. Oleh sebab itu, pemerintah tidak bosan untuk melakukan ajang pameran mutiara di berbagai tempat di Indonesia. Pada tahun 2016 ini, Indonesia akan melaksanakan pameran mutiara yang bertajuk Indonesia Pearl Festival 2016 yang akan diselenggarakan pada tanggal 9-13 November 2016 di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan.
Sebuah perhelatan besar yang sangat bermanfaat bagi masyarakat agar mutiara Indonesia mendapat tempat yang prestigious di dunia. Mutiara kini merupakan barang langka yang perlu dijaga kelestariannya. Bukan hanya itu, pada ajang pameran tersebut masyarakat luas bisa memahami mengenai hebatnya mutiara laut selatan (Indonesian South Sea Pearls). Sebuah produk unggulan bangssa Indonesia yang akan terus menguasai pasar dunia.
Perlu diketahui bahwa mutiara yang ada di dunia dihasilkan dari kerang penghasil mutiara yang umumnya berasal dari famili Pteriidae.  Tetapi, yang akrab kita kenal adalah hanya jenis-jenis tertentu, seperti gold atau silver-lip pearl oyster (kerang mutiara bibir emas atau bibir perak) Pinctada maxima, black-lip pearl oyster (kerang mutiara bibir hitam) Pinctada margaritifera, Akoya pearl oyster (kerang mutiara Akoya) Pinctada fucata dan the winged-pearl oyster (kerang mutiara bersayap) Pteria penguin. Sedangkan, jenis kerang mutiara yang dihasilkan di Indonesia rerata berasal dari jenis Pinctada Maxima yang lebih dikenal sebagai Mutiara Laut Selatan Indonesia atau ISSP (Indonesian South Sea Pearls). 



(Sumber: kaveapropearls.com/diolah)

Dari sekian banyak jenis kerang Mutiara Laut Selatan yang ada di dunia, Mutiara Lombok merupakan Mutiara Laut Selatan yang sangat dikenal di dunia. Mutiara yang sangat berkualitas, bergengsi dan elite dengan warna keemasannya. Mutiara Lombok yang dihasilkan dari kerang mutiara yang cangkangnya mampu menghasilkan nacre yang paling indah, bahan berkilau halus lembut, yang memiliki opalescence (derajat keopalan) yang bernada tenang (calm).


(Sumber: NTDIndonesian)

Comments