Sakuku BCA



Sakuku, Dompet Elektronik #InovasiBCA
Dalam Sentuhan Digital



#ngumpulbloggerbali, acara seru dan inspirasi
yang diadakan oleh manajemen Bank BCA
(Foto: dokumen pribadi)


“…Mengko ono jaman edan. Sopo sing ora melu edan, ora bakal keduman…”.

Nanti ada jaman gila. Siapa yang tidak ikut gila tidak akan kebagian. Petikan salah satu kalimat dari pujangga tempo dulu Ronggowarsito menjadi kenyataan saat ini. Siapa yang tidak gila dengan inovasi untuk menandingi kemajuan teknologi informasi bakal tergilas alias tidak kebagian, jadi penonton saja (baca: ketinggalan jaman). Sekarang ini, kita memang dituntut menjadi “orang gila” dengan capaian inovasi-inovasi yang brilian jika ingin bertahan dengan pesatnya teknologi.
Bahkan, orang gila ide di dunia ini dengan segudang inovasi yang akhirnya dihargai dengan harga miliaran dolar. Sebut saja, Bill Gates “Microsoft”, Steve Jobs “Apple”, Mark Zukenberg “Facebook”, Jack Ma “Alibaba” yang menduduki deretan orang terkaya di dunia dengan capaian inovasi dalam ranah digital. Di indonesia ada Nadiem Makariem “Gojek”, Andrew Darwis “Kaskus”, Achmad Zaky “Bukalapak”, Ferry Unardi “Traveloka” dan masih banyak yang lainnya. Mereka adalah sosok dengan inovasi cerdas yang kini dihargai bukan miliaran lagi, tetapi triliunan rupiah omset hasil karyanya.  
Oleh karena itu, kemajuan sebuah korporasi atau perusahaan adalah terletak pada timbulnya sebuah inovasi, khususnya inovasi bidang Teknologi Informasi (TI). Apalagi, di saat kemajuan dunia digital semakin melonjak pesat maka tuntutan untuk mengimbangi perkembangan Teknologi Informasi (TI) adalah sebuah keniscayaan.  Tak ubahnya sebuah perusahaan perbankan, kemajuan dalam sistem digital merupakan sebuah terobosan yang patut diacungi jempol. BCA, salah satu perusahaan swasta yang masih merajai dalam bisnis perbankan tidak menampik betapa pesatnya dunia digital saat ini. Mereka pun melakukan sebuah inovasi agar produk terbaru yang dijual dalam dunia digital tetap digandrungi  masyarakat.
Salah satu strategi yang dilakukan oleh BCA adalah dengan memperkenalkan pertama kali produk ke para Blogger. Yang nantinya para blogger mampu memberikan pemahaman ke masyarakat secara menyeluruh melalui tulisan dalam format digital. Oleh sebab itu, pada hari Kamis, tanggal 27 Oktober 2016 yang bertempat di Livingstone jalan Petitenget No. 88x, Kerobokan, Kuta Badung Bali, Bank BCA menggandeng Blogger Bali untuk memberikan informasi tentang #InovasiBCA terbaru bertajuk #Ngumpulbloggerbali.
Yang menarik dan menjadi sebuah kehormatan adalah Bank BCA begitu menghargai para blogger yaitu dengan mendesain ruangan Livingstone yang penuh bunga. Berasa seperti acara pernikahan saja. Ya, itulah penghargaan besar bagi para blogger. Bali merupakan kota ketujuh yang disinggahi oleh Bank BCA untuk memperkenalkan #InovasiBCA setelah digelar di beberapa kota besar lainnya di Indonesia seperti Jakarta, Medan, Surabaya dan lain-lain.
Acara #ngumpulbloggerbali semakin ciamik dengan dibukanya wawasan tentang pemanfaatan Instagram untuk mendapatkan uang (Make money by Instagram). Sesi yang sangat inspiratif yang dibawakan oleh anak muda Bali I Wayan Wahyu Mahendra/IWWM (Instagram Influencer) benar-benar mengoyak pikiran saya. Saya melongo dan terbuka betapa dahsyatnya Instagram bisa dijadikan ladang mencari uang dengan meningkatkan jumlah Follower hingga ratusan ribu, bahkan jutaan. Satu status instagram bisa bernilai hingga puluhan juta rupiah. It’s, really fantastic. Akun instagram saya, yang awalnya menaikkan jumlah follower sampai kembang kempis hanya bertambah satu digit dalam beberapa bulan. Namun, saya coba dalam jangka waktu dua hari, jumlah follower saya bertambah menjadi kurang lebih 60-an follower. Sebuah prestasi yang lumayan untuk yang baru menekuni dunia Instagram.   

***

Sakuku, #InovasiBCA dengan Fitur Asyik
Acara inti yang ditunggu-tunggu selanjutnya adalah pemaparan tentang #InovasiBCA terbaru. Mas Amin Laurent, dari Bagian Pengembangan Mobile dan Internet Banking BCA adalah sosok yang dipercaya Bank BCA untuk membahas tuntas tentang seluk-beluk #InovasiBCA tersebut. Sosok yang murah senyum dan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan para blogger memberikan kesan bahwa yang bersangkutan adalah tipe penuh kehati-hatian dalam menghadapi setiap pertanyaan. Namun, jawaban yang ada membuat para blogger menjadi paham dan puas.     
Dunia digital memang semakin tanpa batas (no bordering). Penggunanya pun dari berbagai kalangan usia dan jenis kelamin. Merujuk pada jumlah penduduk Indonesia yang aktif pada dunia digital saat ini dikuasai oleh Generasi Z (Next Genration) alias generasi digital. Dimana, generasi yang lahir pada saat teknologi digital sedang naik daun. Generasi yang berumur kurang dari 20 tahun saat ini merupakan pangsa pasar yang menggiurkan bagi perbankan dalam dunia digital. Jiwa muda yang hobi mengotak-atik gadget dan suka kumpul-kumpul alias hangout bersama teman-temannya.

 Pak Iman Loren dari Bagian Pengembangan Internet
Banking Bank BCA pusat memberikan pembahasan
tentang penggunaan Sakuku BCA
(Foto: Dokumen pribadi)



Apalagi, total populasi Generasi Z kurang lebih 80 juta jiwa merupakan target pasar yang empuk bagi perbankan. Ditambah lagi dengan Generasi Y (umur 20-35 tahun) yang masih berjiwa muda berjumlah kurang lebih 62 juta jiwa merupakan target utama perbankan. Di luar itu, Generasi X (umur 35-50 tahun) yang berjumlah kurang lebih 52 juta jiwa, Baby Boomers (umur 50-72 tahun) yang berjumlah 31 juta jiwa dan Senior Citizen (umur di atas 72 tahun) yang berjumlah kurang lebih 14 juta jiwa merupakan target tambahan. Itulah sebabnya, Bank BCA tidak mau kalah langkah. Terobosan pun dilakukan dengan meluncurkan sebuah #InovasiBCA bernama SAKUKU. Sebuah produk yang memudahkan penggunanya dalam transaksi perbankan. #InovasiBCA tersebut sebuah terobossan baru Bank BCA dalam dunia digital.

 Sakuku, dompet elektronik #inovasiBCA
dengan berbagi kemudahan
(Sumber: BCA)




Sakuku merupakan dompet elektronik yang bisa diakses melalui aplikasi telepon pintar (smartphone). Dan, transaksi yang dilakukan adalah transaksi yang berhubungan dengan perbankan. Karakteristik yang ada pada Sakuku adalah dengan memasukan nomor HP sebagai nomor pengenal Sakuku dan PIN pengaman yang berjumlah 6 digit numerik.


 Sakuku, dompet elektronik untuk mempermudah
transaksi perbankan (Sumber: BCA)


Cara mendapatkan Sakuku begitu mudah. Ada beberapa tahapan yang bisa kita lakukan, yaitu: 1) Siapkan Smartphone Android (OS 4.0  ke atas) atau iPhone (iOS 7.1 ke atas); 2) Download Sakuku pada Google Play atau Play Store; 3) Isi data diri dan verikasi; dan 4) Sakuku langsung aktif. Sedangkan, cara Top-Up Sakuku bisa melalui 3 cara, yaitu: 1) ATM BCA; 2) KlikBCA individu; dan 3) m-BCA pada BCA mobile.


 #InovasiBCA dalam bentuk Sakuku dan
Sakuku Plus (Sumber: BCA)

 
Dan, perlu diketahui bahwa produk Sakuku terdiri dari 2 macam, yaitu: 1) Sakuku; dan 2) Sakuku Plus. Produk Sakuku telah diluncurkan oleh BCA pada tanggal 28 September 2015. Sedangkan, pada tanggal 29 Februari 2016 lalu BCA kembali memperkenalkan fitur baru pada Sakuku  melalui Sakuku Plus. Perbedaan antara Sakuku dan Sakuku Plus yang paling mencolok terdapat pada jumlah saldo maksimal. Saldo maksimal pada Sakuku maksimal 1 juta rupiah. Sakuku Plus mempunyai saldo maksimal sebesar 5 juta rupiah.
Fitur-fitur Sakuku Plus secara keseluruhan terdiri dari: 1) Info; 2) Bayar Belanja; 3) Isi Pulsa; 4) Transfer; 5) Split Bill; 6) Tarik Tunai; 7) Kontak; 8) Inbox; dan 9) Pengaturan.     




Fitur-fitur Sakuku (Sumber: BCA)

Dari gambar di atas, yang menarik dari Sakuku Plus adalah banyaknya fitur yang menyenangkan, di antaranya: 1) Transfer dan permintaan transfer; 2) Split Bill; dan 3) Tarik tunai di ATM; Fitur-fitur tersebut memberikan kemudahan pemakai Sakuku khususnya bagi yang berjiwa muda. Selanjutnya, untuk menjadi Sakuku Plus ada beberapa opsi yang bisa kita lakukan.
1)   Otomatis via Sakuku bagi pengguna m-BCA.
Jika nomor Sakuku sama dengan nomor m-BCA, maka bisa langsung melakukan aktivasi Sakuku Plus.
2)   Menu aktivasi Sakuku Plus.
Kalian juga bisa mengaktifkan Sakuku Plus melalui menu Aktivasi Sakuku Plus di menu Pengaturan atau dengan cara mengakses fitur yang masih berwarna abu-abu seperti Transfer, Split Bill, dan Tarik Tunai.  
3)   Datang langsung ke Cabang BCA. 
Untuk kalian yang belum memiliki rekening di BCA, kalian bisa lansung datang ke cabang BCA terdekat dengan membawa KTP dan juga smartphone yang sudah terpasang aplikasi Sakukunya.   
Fitur Sakuku transfer pada Sakuku Plus memberikan kemudahan kepada pengguna Sakuku agar dapat transfer antar pengguna Sakuku dengan nominal minimal 5 ribu rupiah. Tentunya kita harus mengetahui nomor identitas (nomor HP) Sakuku teman atau saudara kita. Kemudahan ini bissa dimanfaatkan ketika saldo Sakuku kita dalam keadaan tidak memungkinkan. Minta bantuan teman atau saudara yang mempunyai saldo Sakuku yang cukup untuk melakukan transfer. Permintaan Transfer hanya dapat dilakukan antar sesama pengguna Sakuku Plus.   

Hangout Bareng Teman Makin Menyenangkan
Kita memahami bahwa jiwa muda sekarang menyukai hangout bersama dengan teman-temannya. Tentunya, hangout tersebut diimbangi dengan makan atau minum di sebuah tempat seperti restoran atau cafĂ©  yang dirasa nyaman dan menyenangkan. Kadang, ada saatnya kita harus mentraktir teman-teman pada saat hangout. Tetapi, kadangkala teman-teman kita juga memahami betul bahwa kebersamaan juga harus dipikul bersama. Hingga masalah nota pembayaran makan dan minum saat hangout pun perlu ditanggung bersama-ssama alias sama rata sama rasa.
Jika anda dan teman-teman anda telah menggunakan Sakuku Plus, maka kebersamaan tersebut bisa tercipta dengan fitur Sakuku Plus yang bernama Split Bill. Di mana, jumlah tagihan yang harus ditanggung bisa dibagi rata atau bisa dibagi sesuai dengan tagihan per masing-masing.  Maksimal kontak Sakuku Plus yang bisa dibagi rata tagihannya sebanyak 9 (Sembilan) kontak Sakuku Plus. Adil bukan?
 

 Transaksi berhasil pada Sakuku
Transfer (Sumber: BCA)




Kemudahan fitur pada Sakuku Plus yang terakhir adalah bisa tarik tunai di ATM. Kelipatan nilai yang bisa ditarik adalah 50 ribu rupiah dan maksimal Rp. 1.250.000,-. Kode tarik tunai menggunakan 6 digit numerik yang digunakan pada saat penarikan uang tunai di ATM BCA. Perlu diperhatikan bahwa ATM tidak mencetak struk hasil Cash Out menggunakan produk Sakuku karena bukti transaksi dapat dilihat di aplikasi Sakuku melalui menu Inbox.  


 Tarik tunai di ATM menggunakan produk
Sakuku (Sumber: BCA/diolah)


Untuk menggenjot penetrasi lebih tajam ke para nasabah, maka BCA pun mengadakan Program #SplitBillSakuku, yaitu: Transaksi minimal 100 ribu rupiah dengan Sakuku dan menggunakan fitur Split Bill ke minimal 2 (dua) teman maka akan mendapatkan cashback senilai 100 ribu rupiah dalam waktu 3 (tiga) hari kerja setelah teman kamu melakukan pembayaran. Ini berlaku untuk 2.500 group Bill pertama, pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu mulai tanggal 30 Oktober – 20 November 2016.

 Salah satu program #SplitBillSakuku
(Sumber: BCA)

  
Program lain yang tak kalah heboh dari Sakuku adalah dengan diadakannya Program Sakuku Friend Get Friend, berlaku setiap hari sejak tanggal 29 Oktober-31 Desember 2016. Caranya begitu mudah, dengan mengajak teman untuk meng-install Sakuku dan meminta teman kamu untuk memasukkan nomor Sakuku kamu di Sakuku teman kamu.


 Program Sakuku FGF (Sumber: BCA) 

Teman kamu akan mendapatkan saldo langsung dan gratis Sakuku sebesar 25 ribu rupiah. Bahkan, jika teman kamu melakukan transaksi seperti: bayar belanja atau isi pulssa maka saldo Sakuku kamu akan mendapatkan Saldo Sakuku gratis sebesar 25 ribu rupiah. Kesempatan ini berlaku untuk 5.000 pengguna baru pertama. 
Bahkan, #SplitBillSakuku telah menyelanggarakan program lainnya, yaitu: dengan mem-follow akun instagram resmi BCA @GoodlifeBCA dan memposting foto Groufie dengan minimal 3 orang teman kamu dan men-tag @GoodlifeBCA dan semua teman yang ada di foto tersebut  yang disertai caption “kenapa foto tersebut layak dipilih sebagai pemenang” serta menyertakan hastag #SplitBillSakuku. Kamu bisa mendapatkan Saldo Sakuku gratis sebesar 50 ribu rupiah dalam waktu 3(tiga) hari kerja. Ini berlaku untuk 200 groufie pertama pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu dan tanggal 21-23 Oktober  dan 28 -30 Oktober 2016 lalu.  
Saat ini, manfaat Sakuku bisa digunakan untuk hangout atau belanja bersama keluarga di berbagai merchant yang telah ditentukan atau bekerja sama dengan Sakuku BCA. Di kawasan Jabodetabek dan kota-kota lainnya, Sakuku bisa digunakan di antaranya: 1) Merchant online (Blibli.com, Kaskus, Rajagame dan lain-lain); 2) Merchant Fisik (Gramedia, Alfamart, Laiker dan lain-lain).


 Merchant di Jabodetabek dan kota-kota
lainnya (Sumber: BCA)



Bagi pemilik Sakuku yang berada di kawasan pulau Dewata Bali, maka bisa menggunakannya di berbagai merchant fisik berikut, seperti: 1) Bagi Kopitiam, 2) Pizza Hut, 3) Excelso, 4) Dan lain-lain). Sebuah manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan Sakuku. Apalagi, bagi yang sedang berwisata ke pulau Bali bisa menggunakan Sakuku di merchant-merchant tersebut.

 Merchant di pulau Dewata Bali (Sumber: BCA)



Di akhir acara #ngumpulbloggerbali tersebut, maka seluruh blogger, manajemen BCA dan pengisi acara mengadakan foto bersama. Sebuah acara yang banyak memberikan inspirasi. Dan, yang pasti Sakuku BCA akan menjadi sarana yang praktis sebagai pengganti uang tunai.  

 Foto bersama manajemen Bank BCA
(Foto: dokumen pribadi)



Foto bersama di akhir acara #ngumpulbloggerbali
(Foto: dokumen pribadi)


NB.
Silahkan mampir dan jangan lupa follow akun media sosial (medsos) saya di:
Twitter      : Casmudi_1juni
Instagram : casmudi.vb
Facebook  : Casmudi Van Brebessie



Comments