Layanan You Tube Tanpa Kuota dengan Teknologi 4,5G XL

Teknologi 4,5G XL Semakin Memanjakan Pengguna
Dengan Layanan Youtube Tanpa Kuota



Youtube tanpa kuota dengan teknologi 4,5G XL 
(Sumber: dokumen pribadi)


Perkembangan teknologi informasi kian memuncak bagai cedawan di musim hujan. Apalagi bertaburnya jenis perangkat komunikasi (baca: gadget) juga memantik ragamnya jasa pelayanan komunikasi. Oleh sebab itu, beragam operator selular di tanah air berkompetisi menawarkan koneksi dan jaringan yang luas bagi masyarakat di pelosok nusantara. Salah satu provider atau operator yang gencar menawarkan jaringan komunikasi adalah XL Axiata atau yang lebih dikenal dengan XL. Provider XL selalu memberikan inovasi untuk memuaskan pelanggannya. Apalagi, XL saat ini masih memperluas jangkauan untuk jaringan internet 4G LTE demi meningkatkan kualitas pelayanan, dan mulai menyiapkan layanan internet dengan teknologi 4,5G.

Kalau kita berbicara tentang provider XL yang digawangi oleh PT XL Axiata Tbk (XL) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Sebagai informasi, XL merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Idea (India), dan M1 (Singapore). Untuk memberikan layanan terbaik terhadap pelanggan, XL fokus menyediakan layanan digital guna memberikan kemudahan bagi aktifitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia.

Perusahaan yang mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung dengan jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Bahkan, Sejak Desember 2014 lalu, XL telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE, yang dilanjutkan dengan pengembangan 4G LTE komersial skala nasional pada bulan Juli 2015.

Layanan 4,5G
Untuk memaksimalkan konektivitas, maka XL membangun sejumlah BTS di seluruh Indonesia. Saat ini XL memiliki 72.500 BTS, dimana 6.600 BTS merupakan BTS 4G yang siap mendukung dan melayani pelanggan XL di 88 kota di Indonesia. Perlu dikethui, sejak awal peluncuran layanan XL 4G LTE, jumlah pelanggan 4G telah mencapai lebih dari 8 juta pelanggan. Implementasi 4G LTE akan dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan beberapa aspek kebutuhan masyarakat serta tingkat kesiapan ekosistemnya.

Terobosan terbaru dari XL saat ini adalah melayani pelanggan dengan Teknologi 4,5G. PT XL Axiata Tbk mulai menyiapkan layanan seluler berbasis teknologi 4,5G untuk memaksimalkan kualitas layanan cepat di empat wilayah yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan Denpasar. Secara bertahap XL akan terus memperluasnya ke kota-kota lain berdasarkan kebutuhan pelanggan dan masyarakat.

Apa itu teknologi 4,5G? Yang jelas, teknologi tersebut memberikan kualitas jaringan yang lebih cepat dan lebih modern dari 4G. Sebelumnya, teknologi 4G adalah teknologi LTE yang menyediakan kecepatan internet dari 70 hingga 100 Mbps dengan uplink 75 Mbps LTE. Teknologi 4,5G menggunakan Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM), dengan mentransmisikan data melalui beragam spektrum radio yang masing-masing memiliki kecepatan 180 kHz.
Teknologi 4,5G adalah teknologi yang menerapkan 4T4R, bisa dibilang ini sejenis dengan teknologi 4G namun lebih maju dan lebih berkembang dalam penerapannya. Namun, tidak usah khawatir karena teknologi 4G masih dikembangkan di Indonesia. Vice President LTE XL, Rahmadi Mulyohartono, mengatakan, secara teknologi, perusahaan berkode saham EXCL itu sudah siap untuk mulai menyediakan layanan 4,5G. Salah satu indikasinya saat ini mereka telah menerapkan teknologi 4T4R, yang sebenarnya merupakan teknologi versi advance dari 4G.

Teknologi 4T4R merupakan pengembangan dari versi 2T2R. Secara teknis, cara kerja teknologi 4T4R menggunakan kombinasi multi-signal, yaitu secara bersamaan mengkombinasikan 4 sinyal transmit dan 4 sinyal receive. Teknologi ini memungkinkan pengiriman data berkapasitas besar dengan kecepatan hingga 210 Mbps dengan bandwidth 15 MHz. Jauh lebih besar berkali lipat dibandingkan 4G yang kecepatannya maksimal 100 Mbps.

Teknologi 4T4R juga memiliki keunggulan untuk akses di dalam ruangan. Sinyal di dalam ruangan akan lebih kuat dan stabil, yang akan juga memungkinkan hemat baterai di sisi ponsel pelanggan. Teknologi 4,5G juga memiliki banyak keunggulan dan kelebihan dalam hal kecepatan dan kestabilan. Karena kapasitas BTS meningkat berkali-kali lipat dari pada teknologi yang digunakan sebelumnya. Dengan demikian, penerapan teknologi 4T4R ini memiliki keuntungan sendiri bagi perusahaan operator, yaitu menjadikan pelayanan lebih efisien.

Jadi, kelebihan antara teknologi 4,5G dengan 4G adalah teknologi 4,5G  secara spesifik memiliki keunggulan terutama dalam kecepatan dan kestabilan. Sementara itu bagi perusahaan operator, penerapan teknologi ini juga memiliki keuntungan berupa efisiensi, di mana kapasitas BTS meningkat berkali lipat dibandingkan teknologi generasi sebelumnya. Sebagai informasi bahwa provider XL menyanggupi  harapan pemerintah untuk bisa mengimplementasikan layanan 4,5G saat digelarnya event Asian Games 2018 di Jakarta nanti.

You Tube Tanpa Kuota Paket Ekstra Combo
Meski penyebaran teknologi 4G masih terus digeber, hal itu tak menghentikan provider XL, operator 'biru' untuk mengimplementasikan Teknologi 4,5G. Oleh sebab itu, XL menerapkan teknologi modulasi 4x4 MIMO 256 QAM (Quadrature Amplitude Modulation) di jaringannya. penggunaan teknologi ini mampu mendongkrak kecepatan data hingga 30% lebih baik. Teknologi 4,5G bukan hanya dirasakan eksklusif oleh ponsel yang mendukungnya. Tetapi, pengguna perangkat 4G juga akan merasakan benefit yang sama. Selain kecepatan yang meningkat, kekuatan sinyal juga diklaim lebih kuat dengan penerapan 4,5G tersebut.

Alasan provider XL menawarkan teknologi 4,5G dikarenakan sejumlah wilayah yang dicakupnya memiliki beban yang cukup tinggi. Dengan demikian, menurut Budi Harjono, VP Network Develoment XL, ketimbang menambah jumlah BTS, maka dengan penerapan teknologi 4,5 G dianggap jauh lebih efisien. Apalagi, permintaan (demand) 4G LTE terus meningkat di tahun 2016 lalu. Menurutnya, sekitar sepertiga pelanggan XL telah menggunakan jaringan 4G. Ditambah juga pertumbuhan perangkatnya juga terbilang masif, saat ini sudah ada 60% perangkat 4G yang beredar di pasaran.

Yang lebih menyenangkan pelanggan adalah hadirnya Teknologi 4,5G dengan layanan You tube tanpa kuota. Untuk memenuhi manfaat tersebut maka pelanggan bisa menggunakan paket terbaru XL. Paket terbaru yang diluncurkan oleh XL adalah Paket Ekstra Combo. Paket EKstra Combo dengan teknologi 4,5G tersebut, pelanggan bisa mengakses You Tube sepuasnya tanpa memakan kuota yang dimilikinya. Ini adalah terobosan yang luar biasa dari XL untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggannya. 

Jika kita mengaktifkan “Paket Ekstra Combo”, You tube tanpa kuota maka benefit yang akan kita dapatkan adalah:
1.    Untuk pembelian seharga Rp. 59 ribu akan mendapatkan keuntungan yaitu: paket data sebesar 6GB yang terbagi menjadi 2GB untuk jaringan 2G,3G, 4G dan paket data 4G untuk jaringan 4G saja serta mendapatkan ekstra telepon ke semua operator selama 20 menit.
2.    Sedangkan, untuk pembelian seharga Rp. 89 ribu akan mendapatkan keuntungan yaitu: paket data sebesar 12GB yang terbagi menjadi 4GB untuk jaringan 2G,3G,4G dan paket data 8G untuk jaringan 4G saja serta ekstra telepon ke semua operator selama 40 menit.


Paket Ekstra Cobo dengan Teknologi 4,5G operator XL (Sumber: dokumen pribadi)


Sebagai tambahan, teknologi 4,5 XL juga mengeluarkan Paket XL GO dengan harga promo Rp. 499 ribu dan akan mendapatkan gratis MIFI. Keuntungan dari paket ini adalah kita bisa beramai-ramai sesama teman atau keluarga dengan satu koneksi. Dengan kuota sebesar 90GB 24 jam nonstop selama 90 hari, kita bisa berselancar dalam dunia maya sepuasnya. Asyik bukan? 


Paket XLGO dengan teknologi 4,5G XL 
(Sumber: dokumen pribadi)


Referensi:




Comments

Wowh yg lain masih 4G, XL udh 4.5 G keren ya jadi pendahulu dari provider lain. Secara sinyalnya juga kenceng tambah makin kenceng dong ya
Mantapppp informasinya keren mas Casmudi 👍
Lengkap dan penjelasannya ngasih pencerahan banget, XL bener-bener kompetitif banget
Mugniar said…
Mupeng saya sama XL Go ini Mas Casmudi.
Mantap detail dan super komplit nulisnya Kaka😱
Papi KYH said…
Komprehensif kalau istilahnya. Semangat beraktivitas berkat internet yang yahuud.
Ety Budiharjo said…
Yeaay...saya dah punya yg XL GO...bisa dibawa kemana mana loh...
Ety Budiharjo said…
Yeaay...saya dah punya yg XL GO...bisa dibawa kemana mana loh...
Mugniar said…
Mingkem, Mas :D
Tanti Amelia said…
Dengan kuota sebesar 90GB 24 jam nonstop selama 90 hari, hiiksss..

Saya punya yang ituuuu.. Dan dia Supeeerrrr mahal!
@unggulcenter said…
XL Go juga menarik, 90 hari, harga segitu dengan modem yang keliatannya kuat. Pengen nih liat2 mau coba.
Sebanding dengan benefitnya mbak. Ajib
Imawan Anshari said…
Informatif bangat Mas tulisannya. Saya jadi pengen punya yang XL Go nih supaya bisa dibawa kemana-mana :)
Wahhh mau juga nih XL Go, kalo acara keluarga bisa wifi rame2, hahaha
Betul bu. Asyik banget bisa rame-rame.
Iya jadi tahu pembaca baca penjelasan yg lengkap ini

Kalau sudah 4G dukungan internetnya nanti sekolah bisa apa saja ya bergerap positif gitu :)

https://ahmedtsar.wordpress.com/2017/04/15/xl-prioritas-dian-sastro-kartini/