Saturday, January 5, 2019

Travelblog.id Menjadi Panduan Asik Bagi Para Traveler


Tampilan Beranda (Home) Web Travelblog.id (Sumber: Dokumen pribadi)




            Me-review (mengulas kembali) produk sudah sering saya lakukan. Dari smartphone hingga hotel berbintang.  Tetapi, me-review tampilan  sebuah web tentang traveling baru saya lakukan. Saya memahami bahwa tampilan web membutuhkan penilaian pihak atau orang lain. Dan, saya pun tergelitik untuk mengulas secara trabsparan dan independen dari sebuah tampilan web.
            Era digital berkembang tanpa batas. Informasi apapun bisa diakses dalam sentuhan jari (touchscreen). Khususnya, informasi tentang dunia traveling disasjikan secara online baii di media online maupun halaman web perusahaan. Salah satu web yang mengupas dunia traveling adalah Travelblog.idDan, saya tergelitik untuk mengupasnya secara mendalam  dari tampilan web tersebut.
Saya berkeyakinan bahwa Travelblog.id  ingin menjadi web yang menyajikan informasi bagi pembacanya. Dan, tak ada gading yang tak retak. Oleh sebab itu, penilaian yang “jujur” berasal dari pihak atau orang lain. Bukan, berasal dari kalangan internal. Ada anggapan yang menyatakan bahwa baik bagi anda belum tentu baik bagi orang lain. Atau, kecap saya pasti nomor satu.
Dari review yang independen tersebut, Travelblog.id pasti akan berbenah untuk menjadi web yang disenangi oleh para pembaca. Oleh sebab itu, di awal tahun 2019 Travelblog.id ingin mendapatkan berbagai review yang mengupas kondisi real web traveling yang dikelolanya.
Mengapa laman web saja perlu di-review? Perlu diketahui bahwa laman Web tidak berbeda jauh dengan produk yang berwujud secara fisik. Untuk mencapai titik kepuasan (satisfaction) produk di tangan pelanggan maka dibutuhkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua kalangan.
Sama halnya dengan tampilan web di era digital. Web membutuhkan kritik dan saran dari para pembaca. Tentunya, kritik dan saran tersebut disampaikan secara elegan. Dan, melalui review itulah bisa dipahami hal-hal yang mesti diperbaiki dan ditingkatkan.
Saya sendiri baru mengetahui dan berselancar di web Travelblog.id 4 hari yang lalu. Kesan pertama yang saya peroleh saat pertama kali membuka  web tersebut adalah eye catching.  Tampilan web benar-benar enak dilihat. Saya merasa seperti melihat laman blog yang dikelola secara pribadi.
Tetapi, saya baru memahami setelah membaca setiap tulisan dengan penulis yang berbeda. Ternyata web tersebut dikelola secara profesional oleh perusahaan. Jika anda ingin berkontribusi di web ini, maka menjadi user (kontributor) adalah pilihan terbaik. 
Cara untuk menjadi kontributor sangatlah  mudah. Anda tinggal klik “Sign In” di pojok kanan atas. Selanjutnya, akan muncul tampilan sebagai berikut. Anda bisa “daftar” sebagai kontributor dengan akun Facebook atau Google Plus (G+). Atau, anda daftar dengan akun selain di atas dengan alamat email dan mengisi form yang telah disediakan oleh Travelblog.id 


Tampilan saat mau “Sign In” di Travelblog.id (Sumber: travelblog.id/screenshot)


Sebagai informasi bahwa saat saya mengisi akun Instagram tanpa kendala. Tetapi, saya belum bisa mengisi akun Facebook dan Twitter yang disarankan pada form pendaftaran kontributor tersebut. Padahal saya sudah berkali-kali mencobanya.  Saya belum bisa menjawab apa kesalahan saya ini. Mungkin, ini bisa menjadi pertimbangan manajemen Travelblog.id.
Selanjutnya, saat anda sudah mempunyai akun kontributor di Travelblog.id, maka anda bisa berkreasi dengan membuat berbagai tulisan atau video. Perlu diketahui bahwa halaman “Dashboard” kontributor mudah dipahami. Adapun, Halaman User (Kontributor) terdiri dari:
1.      Profil, yang bisa diperbaharui sewaktu-waktu.
2. Artikel, di mana anda bisa tahu tulisan yang masih berupa draft, artikel yang di-pending dan tulisan yang sudah diterbitkan oleh Travelblog.id.
3.      Video, sama halnya dengan Artikel. Anda bisa tahu tentang video yang anda buat berupa draft, video yang masih di-pending dan video yang sudah diterbitkan.  
4.      Poin, di mana perolehan Poin (Rewards Point) yang bisa di-redeem sesuai besaran poin yang berlaku. Dan, bisa mendapatkan beberapa hadiah berupa produk yang cocok buat traveling anda.


Tampilan halaman dashboard user atau Kontributor yang mudah dipahami (Sumber: travelblog.id/screenshot)


Yang menarik, Travelblog.id memberikan kesempatan kepada Kontributor untuk mendapatkan berbagai hadiah. Caranya pun mudah. Tinggal me-redeem poin yang diperolehnya dengan hadiah yang menarik. Tentunya, hadiah tersebut berupa produk yang sangat berhubungan dengan dunia traveling. Anda bisa melihat berbagai hadiah poin (Rewards Point) di bawah ini.



Berbagai hadiah yang bisa diperoleh dengan me-redeem poin yang diperoleh sebagai Kontributor (Sumber: travelblog.id/screenshot)


Fitur secara keseluruhan
Anda dengan mudah mencari tulisan tentang traveling sesuai dengan fitur yang diinginkan. Juga, bisa melihat artikel terbaru (yang baru ditayangkan). Web Travelblog.id mempunyai 4 fitur utama yang berhubungan dengan traveling. Dan, fitur-fitur tersebut adalah:

1.    Fitur “Jalan-Jalan”
Di fitur ini anda bisa membaca artikel menarik tentang eksplorasi para kontributor ke berbagai tempat wisata di Indonesia, bahkan di dunia. Juga, di Travelblog.idbanyak kontributor yang menampilkan video menarik saat melakukan aksi traveling.


Fitur Jalan-Jalan (Sumber: travelblog.id/screenshot)


Untuk lebih jelas, anda bisa lihat video tentang fitur Jalan-jalan, ada di Travelblog.id  berikut:



Video yang menampilkan Fitur “Jalan-Jalan” web Travelblog.id 
(Sumber: dokumen pribadi)

2.    Fitur “Kuliner”
Bagi yang suka makan-makan, maka fitur ini sangat cocok buat anda. Berbagai jenis olahan kuliner atau tempat yang menjajakan kuliner ditampilkan secara ringan. Berbagai hal, dari kuliner yang disajikan, keunikan kuliner tersebut  sampai peta yang menampilkan tempat kuliner tersebut berada.


Fitur Kuliner (Sumber: travelblog.id/screenshot)


Video yang menampilkan fitur Kuliner, bisa melihat tayangan video berikut ini:



Video yang menampilkan Fitur “Kuliner”  web Travelblog.id 
(Sumber: dokumen pribadi)



3.    Fitur “Tips Dan Info”
Banyak hal yang berhubungan dengan traveling. Dari budget hingga waktu yang cocok untuk melakukan eksplorasi. Nah, di fitur tersebut, anda bisa menemukan berbagai Tips dan Info agar  traveling anda asik dan menyenangkan.  Bahkan, anda bisa menemukan hal-hal yang belum diketahui sebelumnya. Asik banget, bukan? 


Fitur Tips Dan Info (Sumber: travelblog.id/screenshot)


Dan, tampilan fitur Tips dan Info, bisa melihat video berikut ini:


 Video yang menampilkan Fitur “Tips Dan Info”  web Travelblog.id 
(Sumber: dokumen pribadi)


4.     Fitur “Seni Dan Budaya”
Fitur ini menampilkan berbagai seni dan budaya. Berbagai keragaman seni dan budaya yang ada di Indonesia dan dunia bisa ditampilan di fitur ini. Sayang, fitur ini “masih kurang menarik” bagi para kontributor. Hal ini dibuktikan masih minimnya tulisan yang ditampiljkan. Saya sarankan, manajemen Travelblog.id bisa memberikan “gimmick” atau reward khusus bagi para kontributor agar fitur ini padat tulisan. 


Fitur Seni Dan Budaya (Sumber: travelblog.id/screenshot)


Anda bisa melihat Fitur Seni Dan Budaya di video berikut ini:



Video yang menampilkan Fitur “Seni Dan Budaya” web Travelblog.id (Sumber: dokumen pribadi)



Untuk mendapatkan fitur Travelblog.id secara keseluruhan, Anda juga bisa melihat video berikut :



Video yang menampilkan keseluruhan web Travelblog.id 
(Sumber: dokumen pribadi)


Melihat tampilan fitur Travelblog.id secara keseluruhan di video tersebut sungguh menarik. Jika dinilai dari skala antara 1-10, maka saya memberi nilai 8.  Sebagai saran, bisa ditambahkan fitur khusus kegiatan manajemen Travelblog.id. Mungkin, bisa ditambahkan fitur “Aktivitas”. Fitur ini berisi tentang kegiatan manajemen Travelblog.id untuk menyebarkan virus menulis dan traveling. Sebagai contoh, aktifitas berbagi dunia traveling dengan menampilkan narasumber yang berkompeten.
Setiap orang selalu bangga berada di sebuah kawasan yang aktif. Dan, ini akan menjadi rangsangan bagi calon kontributor lainnya. Semakin banyak kontributor yang bergabung maka semakin kencang akselerasi web Travelblog.id tersebut. Bila perlu diadakan semacam Kontributor gathering secara serius untuk menjalin komunikasi sesama kontributor dan manajemen Travelblog.id. 

Kelebihan Travelblog.id Bagi Publik
Tampilan web Travelblog.id sangat “eye catching”. Pembagian setiap fitur terlihat sangat jelas. Jadi, pembaca bisa memilih fitur yang diinginkan dengan mudah. Pemilihan warna dasar putih memberikan perbedaan warna yang jelas antara tulisan yang satu dengan yang lainnya.
Dan, yang paling menarik adalah kuantitas kolom tulisan seperti halnya Instagram (3 kolom). Hal ini memberikan kesan simpel (tidak terlalu renggang dan tidak terlalu rapat).  Mungkin, inilah yang membuat besaran font judul tulisan bisa dibaca dengan jelas. Saya sendiri sangat menikmati saat membuka tulisan demi tulisan.  Apalagi, setiap tulisan ditampilkan juga berbagai jenis sosial media (sosmed) untuk melakukan “share” (membagikan) tulisan.
Lagi, dengan adanya Lomba Review Web Travelblog.id bagi pembaca memberikan bukti bahwa web Travelblog.id ingin dikenal secara luas oleh publik. Ini merupakan langkah brilian yang dilakukan oleh manajemen Travelblog.id. Saran saya agar program tersebut dilakukan secara berkala hingga mencapai kepuasan maksimum.

Manfaat Travelblog.id Bagi Publik
Saya berkeyakinan bahwa web Travelblog.id akan menjadi panduan yang baik bagi para traveler baik pemula maupun yang berpengalaman. Di web tersebut, pembaca bisa mengenal para Kontributor yang menulis berbagai pengalaman menarik saat melakukan traveling.
Bahkan, Travelblog.id juga memberikan peluang yang seluas-luasnya bagi siapapun yang ingin berbagi tentang pengalaman traveling di web tersebut.  Banyak kontributor yang sudah join (bergabung) dengan Travelblog.id. Dan, pembaca bisa melakukan surfing (berselancar) untuk memilih kontributor yang diinginkan. 
Mungkin, para pembaca terpesona dan tertarik dengan kontributor tertentu yang selalu menampilkan tulisan-tulisan menarik. Atau, anda sendiri ingin menjadi kontributor seperti yang muncul di bagian kanan web. Lambat laun, anda akan dikenal publik jika rajin menampilkan tulisan yang mengesankan . Juga, banyak dikunjungi oleh para pembaca setia anda. 




Fitur kolom Kontributor muncul di bagian kanan web jika menggunakan laptop atau komputer (Sumber: travelblog.id/screenshot)


3 comments:

MENJADI HAMBA TUHAN YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN said...

Artikel yang bagus untuk referensi kalo review produk.

Aldhi Fajar said...

travelblog banyak fiturnya, cocok buat yg hobby traveling, nice artikel mas
btw salam kenal ya mas

CASMUDI, BERBAGI MESKIPUN MASIH KURANG said...

Sama - sama mas

Menuju Indonesia Maju dengan Teknologi Transportasi Light Rail Transit (LRT) Jabodebek

Proses lifting car atau pengangkatan rangkaian kereta pertama ( trainset )  LRT Jabodebek  di Stasiun Harjamukti, tanggal 13 Oktobe...