Wisata ke Karimunjawa



Wisata Karimunjawa: Menikmati Surga
Bahari di Utara Pulau Jawa



Banyak pulau atau provinsi di Indonesia mempunyai pulau lain yang masih dalam satu kawasan yang sangat menarik. Jika di pulau Bali ada pulau Nusa Lembongan yang menarik wisatawan untuk melakukan wisata bahari, di Pulau Lombok ada pulau Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air yang sangat mempesona wisatawan, sedangkan di Jawa Tengah mempunyai pulau yang eksotis yaitu Pulau Karimunjawa.
Ketika kemajuan Teknologi Informasi (TI) sudah dalam genggaman tangan, informasi mengenai wisata Karimunjawa selalu menarik perhatian saya untuk mengunjunginya. Ketika saya bertugas di Kota Semarang, saya belum sempat alias gagal untuk mengunjungi pulau Karimunjawa karena berbagai hal. Kini, keinginan untuk mengunjungi pulau Karimunjawa semakin kuat. Bahkan, saya ingin mengajak istri dan anak saya untuk mengeksplorasi keindahan pulau Karimunjawa yang saya dapatkan informasinya dari berbagai media.
Mungkin, sahabat-sahabat masih bertanya-tanya, di manakah letak pulau Karimunjawa itu? Daripada ngoprak-ngoprak mbah Google, saya kasih tahu saja letak persisnya pulau Karimunjawa yaitu: sebelah utara pulau Jawa masih dalam kawasan kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah. Perlu diketahui bahwa Karimunjawa adalah salah satu kecamatan yang masuk ke dalam pemerintahan kabupaten Jepara provinsi jawa tengah. Karimunjawa adalah satu kecamatan yang berbentuk kepulauan, lokasi Karimunjawa adalah pada koordinat  5°49′LU 110°24′BT Koordinat: 5°49′LU 110°24′BT dengan Luas 110.117 hektare (termasuk daratan).  Sekarang Karimunjawa ini sudah di tetapkan sebagai taman nasional sejak Pada tanggal 15 Maret 2001 lalu.
Yang menarik dari Karimunjawa adalah meskipun lokasinya  terletak jauh dari pusat kota Jepara, namun penduduk pulau tersebut cukup banyak sekitar 9000 jiwa yang tersebar pada lima pulau. Sebagai informasi, pulau-pulau yang ada di Karimunjawa berjumlah 27. Tetapi hanya 5 (lima)  pulau yang berpenghuni, antara lain: Karimunjawa, Kemujan, Nyamuk, Parang, dan Genting. Pulau-pulau lainnya masih kosong alias tak berpenghuni.


 




Seperti pulau-pulau lainnya di Indonesia, yang membuat kepincut  dari Karimunjawa adalah kondisi alamnya yang benar-benar indah. Kondisi tersebut berakibat datangnya wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Usaha yang bergerak di bidang hospitality pun kian merebak seperti:  munculnya profesi tour guide, sewa perahu wisata, home stay, sewa peralatan memancing dan sewa sepeda dan kendaraan. Tetapi, mata pencaharian masyarakat Karimunjawa mayoritas sebagai nelayan. Di sisi lain, meningkatnya wisatawan yang berkunjung ke pulau Karimunjawa juga menarik para pelaku bisnis tour & travel untuk membuat program wisata Karimunjawa.
Salah satu perusahaan atau biro perjalanan yang melayani perjalanan wisata ke pulau Karimunjawa adalah Paradiso Tour. Berbagai program wisata Karimunjawa yang dilayani Paradiso Tour memberikan kemudahan dan harga yang bersaing bagi wisatawan. Salah satu program yang pernah dilayani oleh Paradiso Tour adalah Karimunjawa Paket Lebaran 2016 bulan Juli yang lalu. “Wah, semoga saya bisa mengajak istri dan anak saya ke Karimunjawa” pikir saya penuh keyakinan. Ya, hidup harus penuh dengan pikiran optimis untuk mencapainya. Jarwo saja optimis untuk pergi ke Karimunjawa. Masa saya nggak!
Sebagai ancer-ancer atau patokan biaya bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Karimunjawa, Paradiso Tour melayani Paket liburan Karimunjawa lebaran yang lalu dengan menggunakan kapal Kartini yang berangkat dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang dalam Paket Karimunjawa 3 hari 2 malam dengan perincian sebagai berikut:
Harga Paket :
Ø  Penginapan Home Stay Fan / Non AC Rp 1.625.000,-
Ø  Hotel AC Rp 1.955.000,-
Ø  Harga Per Orang , minimal booking 2 Orang
Untuk lebih jelas bisa lihat gambar berikut:






Transportasi menuju ke Karimunjawa yang perlu dipahami adalah saat menyeberang. Saat ini, transportasi penyeberangan sudah tersedia 4 kapal penyeberangan yang masing-masing kapal mempunyai jadwal dan tempat pelabuhan masing-masing, yaitu dari pelabuhan Tangjung Emas Semarang dan dari pelabuhan Kartini Jepara. Jika berangkat dari semarang, maka kita akan menemui 2 kapal penyeberangan, yaitu kapal cepat Kartini dan kapal Kelimutu Pelni. Sedangkan, jika berangkat dari Jepara, maka ada 2 jenis kapal penyeberangan, yaitu kapal cepat Express Bahari dan kapal Ferry Siinjai.
Transportasi alternatif lainnya adalah jika kita menggunakan pesawat terbang yang berangkat dari bandara Ahmad Yani Semarang menuju ke bandara Dewadaru Karimunjawa dengan waktu  perjalanan kurang lebih 60 menit. Jika kita naik Kapal Motor, waktu tempuh yang diperlukan sekitar 3 jam lebih jika kita mengambil akses dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Sedangkan, jika dari Pelabuhan Jepara, jarak tempuhnya lebih lama lagi yaitu 6 jam.
Lantas, spot wisata atau hal apa yang akan dilakukan jika kita wisata di Karimunjawa? Karena Karimunjawa lebih eksotis wisata baharinya, maka saya ingin melakukan eksplorasi keindahan bawah lautnya dengan berenang.  Wisata air Karimunjawa memang cocok dengan karakter wisatawan yang menyukai tantangan dengan hamparan pasir putih dan laut birunya.





Tetapi, menikmati wisata air akan lebih menyenangkan bukan hanya dengan berenang, tetapi dengan melakukan snorkeling, diving, hingga memancing. Bukan hanya itu, jika kita melakukan diving maka dengan wreck dive. Wisata air yang lebih menegangkan adalah berenang bersama di dalam penangkaran hiu. Tak perlu risau, ikan hiu yang dikenal ganas ini akan menunjukan ketajaman giginya saat berenang bersama kita. Tapi, kegiatan berenang ini tetap aman karena ada pemandunya.
Setelah puas kita melakukan eksplorasi bawah laut Karimunjawa, maka kita juga akan dimanjakan tempat wisata menarik yang ada di Karimunjawa. Salah satu tempat wisata yang harus saya kunjungi ketika berkunjung ke Karimunjawa adalah mampir di Bukit Love Karimunjawa yang terletak di dusun Jatikerep, Desa Karimunjawa Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara. Letak tempat wisata ini tidak jauh dari kota. Yang akan membuat kita terkesan adalah tulisan “LOVE” yang terletak di atas bukit yang mengarah ke laut dengan panorama bukit dan hamparan laut yang luas. Bukan hanya itu, di tempat ini kita juga bisa menikmati  sunset yang indah.
Ada mitos yang beredar di masyarakat yaitu: jika kita datang ke bukit LOVE Karimunjawa dalam kondisi berpasangan, maka cinta pasangan tersebut akan abadi. Sedangkan, bagi pasangan yang  belum menikah jika bisa menjaga cinta mereka akan di bawa ke jenjang perkawinan. Bahkan, bagi pasangan yang sudah menikah bisa menjaga keutuhan rumah tangga, maka akan berakhir bahagia.
Di akhir tulisan ini, setelah memahami betapa indah pesona alam  Karimunjawa, maka saya pribadi berharap semoga kesampaian untuk berkunjung ke Karimunjawa. Bagi, sahabat-sahabat yang ngebet ingin ke Karimunjawa, silahkan merapat secepatnya. Yuk, mari …

 





Referensi:
http://karimunjawa-islands.com/  



Comments

Ahmad Fatah said…
Salam pak Casmudi...
Akhirnya kesampean juga ke karimunjawa ya pak Casmudi. selamat btw kapan kesana lagi pak :)
btw, super sekali quote bapak "Mengeja Kata dan Melukiskan Dunia Hanya untuk Ridho-NYA."
salam dari karjaw pak ^_^ wassalam
Ahmad Fatah said…
satu lagi pak..monggo mampir lapak saya :). saya juga melayani paket wisata karimunjawa murah pak..monggo di check ^_^
wasslam. matur Suwun
Terima kasih telah mampir di lapakku. Salam hangat.
Unknown said…
wah.. wisata ya disini >> karimunjawa,
tempatnya oke, alamnya masih indah sekali. info paket karimunjawa juga masih terjangkau, apalagi untuk anda yang ingin menghabiskan waktu liburan setelah menikah, cukup pilih paket honeymoon karimunjawa, cocok untuk 2 orang yang sedang berbulan madu dan untuk anda yang suka petualang, ada juga paket karimunjawa murah ala backpacker, enak to... dimana lagi ada yang semurah harga paket wisata karimunjawa disini.
informasi selengkapnya paket tour karimunjawa bisa juga cek sumbernya disini >> harga paket karimunjawa