Monday, November 20, 2017

Membuat Website Traveling



Momen jalan-jalan bisa diabdaikan dalam sebuah website yang berisi tentang blog traveling (Sumber: dokumen pribadi)


         Perkembangan internet membuat informasi yang ada di dunia seperti tidak berbatas (borderless). Informasi yang ada di belahan dunia manapun bisa diakses pada saat ini juga. Apalagi, semakin canggihnya perangkat gadget membuat bertambahnya pengetahuan manusia yang bisa diakses dalam sentuhan jari (touchscreen). Perkembangan teknologi juga merubah pola pikir manusia dalam segala hal. Seperti bisnis online kini pelan tapi pasti mulai menggusur bisnis konvensional. Gaya hidup “Generasi Jaman Now” pun mulai berubah.
Generasi Jaman Now atau Generasi Milenial mulai rajin mendatangi kafe-kafe sebagai aksi menaikkan gengsi atau jati diri. Konser-konser musik pun mulai dijejali dengan anak-anak generasi milenial. Mereka ingin mengekspresikan kegembiraannya  dan berbagi dengan orang lain melalui status di akun media sosial (medsos) mereka. Yang menarik adalah generasi milenial kini mulai rajin melakukan traveling atau jalan-jalan untuk mengenal dunia luar.
Mereka mulai mengurangi barang-barang konsumsi yang tidak terlalu diperlukan. Menurut praktisi marketing Yuswohadi dalam webnya yuswohadi.com menyatakan bahwa perubahan ekonomi di negeri kita sangat dipengaruhi oleh mindset Generasi Jaman Now atau Generasi Milenial yang hobi jalan-jalan. Tren ini yang menyebabkan generasi milenial dalam pusaran “leisure economy”. Itulah sebabnya, banyak situs-situs pemesanan tiket online yang bertebaran sekarang ini.
Berubahnya gaya hidup Generasi Milenial yang menggemari traveling membuat saya ingin membuat sebuah website yang berisi tentang pengalaman seru atau hal apapun yang berhubungan dengan aksi jalan-jalan. Kebetulan saya sedang menggeluti hobi sebagai “Travel Blogger” yang menulis pengalamannya dalam sebuah blog. Saya juga tergelitik dengan meme yang menghiasi “timeline” di sosial media atau bus-bus biro perjalanan wisata yang berbunyi “Selamatkan Generasi Bangsa dari Bahaya Kurang Piknik”. Traveling kini menjadi tren masyarakat bahkan bisa menjadi ajang mendapatkan penghasilan (monetize).
Saya mempunyai keinginan untuk membuat website berisi blog khusus traveling dengan judul “Traveling Ala Casmudi”. Saya bukanlah orang yang ahli dalam pembuatan website. Tetapi, banyak tawaran biaya Hosting untuk pemula yang bisa menjadi rekomendasi. Bukan hanya biaya bulanan yang terjangkau tetapi profesionalitas pelayanan yang bisa diandalkan.




Pilihan biaya Hosting yang ditawarkan DomaiNesia
(Sumber: domainesia.com)


Dengan teknologi dan fitur yang digunakan dalam hosting menjadi nilai lebih dalam pembuatan website. Karena, saat website traveling yang saya kelola bisa menjadi inspirasi buat orang lain dan membludaknya pengunjung maka pilihan hosting adalah keniscayaan. Yang menjadi perhatian adalah pilihan hosting tidak berdampak serius dengan kontinuitas website traveling. Dengan kata lain, kondisi “error” jangan sampai terjadi pada website traveling yang saya kelola.




Fitur hosting dan teknologi serta data center yang dipakai DomaiNesia
(Sumber: domainesia.com)


Selanjutnya, bukan hanya hosting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan website traveling. Tetapi, saya juga memperhatikan domain yang dipakai agar blog dan momen perjalanan menarik untuk dibaca. Karena,  persepsi pembuatan blog dengan domain gratis memberikan kesan bahwa blog tersebut dikelola secara tidak serius atau amatiran. Bukan itu saja, domain gratis memberi kesan “kalah bersaing” dengan domain orang lain yang sudah Top Level Domain (TLD) saat diikutsertakan dalam sebuah ajang Lomba Blog. Itulah sebabnya, penggunaan domain berbayar menjadi pilihan yang harus dilakukan. Kesan profesional dan serius secara langsung akan muncul saat pengunjung datang membaca website yang berisi tentang blog traveling.    
Saya mencoba mengunakan domain rencana pembuatan website “Traveling Ala Casmudi” pada DomaiNesia. Banyak pilihan domain yang bisa menjadi referensi untuk menjadi website traveling. Ada sekitar 40 jenis domain yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan kita. Yang menarik adalah biaya bulanan yang terbilang murah. Karena banyak promo yang ditawarkan oleh DomaiNesia. Seperti domain “travelingalacasmudi.com”, harga yang ditawarkan sebagai biaya bulanan hanya Rp. 99.000,-. Sangat menarik dan recommended saat membuat website sendiri.




Banyak pilihan domain yang bisa digunakan sesuai kebutuhan
(Sumber: domainesia.com)


Sekarang, Membuat website sendiri tentang traveling semakin mudah, murah dan profesional dengan DomaiNesia.  Banyak model pilihan tampilan untuk website yang bisa dipakai untuk blog traveling, seperti: Wordpress, Drupal, Joomla dan Ghost.



Beberapa jenis tampilan website untuk blog
(Sumber: domainesia.com)


Terakhir, saya juga menginginkan website “Traveling Ala Casmudi” di-back oleh server yang bandel. Untungnya, dengan menggunakan Virtual Server yang ditawarkan oleh DomaiNesia mempunyai teknologi yang kuat. Banyak pilihan ukuran yang ditawarkan dari biaya Rp. 100.000,- per bulan dengan 100 Mbps Network hingga Rp. 4.800.000,- per bulan dengan 1 Gbps Network.




Pilihan Ukuran VM pada DomaiNesia
(Sumber: domainesia.com)


Kini, membuat website traveling semakin mudah dengan hadirnya DomaiNesia. Keinginan mempunyai website traveling yang profesional dengan biaya bulanan domain dan hosting yang terjangkau bukanlah mimpi lagi. Tren traveling di Generasi Jaman Now alias generasi milenial bisa diluapkan dalam sebuah blog traveling. Jadi, saat traveling memberikan kegembiraan dalam hidup maka momen indah tersebut akan semakin berkesan jika bisa berbagi dengan orang lain dalam sebuah website. Yuk, traveling dan buka jendela dunia dalam website “travelingalacasmudi.com”!  









6 comments:

Atisatya Arifin said...

Saya pelanggan setia Domainesia nih kak. Alhamdulillah udah berjalan 3 tahun menggunakan dot com lewat jasa penyedia hosting ini dan belum pernah ada masalah apa-apa. Rekomen deh.

www.talkativetya.com

CASMUDI, BERBAGI MESKIPUN MASIH KURANG said...

Alhamdulillah mbak.

cendekia channel1 said...

wah banyak promonya ya bang

CASMUDI, BERBAGI MESKIPUN MASIH KURANG said...

@cendekia channel1 : Alhamdulillah. Semoga berkah.

Selamet Hariadi said...

Semangat menulis tentang traveling mas...

CASMUDI, BERBAGI MESKIPUN MASIH KURANG said...

@Selamet Hariadi:Inggih mas.

8 Hal Menarik yang bisa Anda Temukan di Pantai Melasti

Pulau Bali yang ditetapkan oleh Trip Advisor sebagai peringkat pertama tujuan wisata dunia menjadi kebanggan bangsa Indonesia. Pres...