Sunday, June 17, 2018

Antara Outfit Terbaik dan OOTD Dunia Maya




Outfit terbaik pria di bulan Ramdhan yang dikenakan 
oleh para pemain band terkenal, Ungu 
(Sumber: fashionistaindonesia.com)



Outfit berarti perlengkapan atau pakaian sangatlah penting buat anda dalam melakukan aktifitas sehari-hari khususnya di bulan Ramadhan. Ada peribahasa yang mengatakan bahwa busana mencerminkan kepribadian seseorang. Sama halnya dengan outfit yang anda pakai adalah mencerminkan ciri khas kepribadian anda saat bulan ramadhan.
Bulan Ramadhan yang merupakan bulan terbaik untuk menjaga pandangan kita maka seberapa baik outfit yang anda  pakai merupakan prestasi yang luar biasa di bulan Ramadhan. Dengan kata lain, anda pasti mempunyai outfit terbaik yang sangat disukai pada bulan Ramadhan.

Outfit Mesti Islami
Islam mengajarkan bahwa berpakaian yang baik menurut ajaran agama adalah outfit yang disarankan dengan menutup aurat. Ditambah dengan perkembangan dunia mode yang mengajarkan umat Islam untuk mengenakan outfit yang lebih modis maka outfit terbaik di bulan Ramadhan tetap berpatokan pada ajaran Islam. Khususnya kaum wanita, bukan sekedar mengenakan hijab tetapi outfit terbaik tetaplah outfit yang menutupi seluruh aurat wanita agar tidak menimbulkan nafsu syahwat lain jenis.


Outfit wanita yang menarik di bulan Ramadhan dengan 
model celana joger (Sumber: tokohijabku.com)


Bagaimana dengan pria? Di bulan Ramadhan, saya sendiri paling senang jika memakai outfit khas Islami yaitu dengan bawahan berupa kain sarung atau celana panjang dan atasan atau baju berupa kemeja pendek atau panjang Islami. Atau, yang lebih dikenal dengan model baju koko atau kemeja Uje (Almarhum Ustad Jefri). Ini adalah outfit terbaik yang dipakai bukan hanya saat bulan Ramadhan tetapi pada hari-hari yang lain selain bulan Ramadhan.


Salah satu baju koko ala Uje (Alm.) (Sumber: brosuk.me)


Sebenarnya, memakai bawahan sarung lebih terlihat “Islami” seperti tampilan para santri, ustad dan kyai. Tetapi, saya belum terbiasa memakai bawahan sarung untuk acara baik formal maupun non formal. Sepertinya, memakai bawahan sarung membutuhkan sebuah kebiasaan. Justru memakai atasan berupa kemeja ala Uje sudah menjadi hal biasa.

Outfit dalam Dunia Maya 
Outfit yang dipakai pada bulan Ramadhan atau bulan-bulan yang lainnya kadangkala akan menjadi sebuah trending topic. Dan, membutuhkan banyak viewers agar sebuah outfit menjadi terkenal dalam dunia maya. Karena, dengan keterkenalan atau kepopulerannya di dunia maya (viral) maka biasanya membutuhkan model outfit yang menarik atau lain dari biasanya.
Banyak cara untuk menjadikan sebuah outfit menjadi menarik dan konsumsi banyak orang. Salah satunya adalah kepopulerannya dalam dunia sosial media (sosmed). Dan, biasanya outfit terbaik khususnya bulan Ramadhan diperkenalkan oleh pebisnis busana, publik figure atau seleb sosial media yang mempunyai pengikut (followers) banyak atau yang mempunyai konten menarik dan unik.
Dalam dunia outfit maka selain pebisnis busana dan public figure yang bisa menarik banyak perhatian adalah sasok blogger khususnya Fashion Blogger berperan penting  dalam memviralkan sebuah outfit  terbaik. Seorang Fashion Blogger yang mempunyai followers lumayan banyak biasanya mempunyai konten sosial media yang berupa tampilan mode-mode terkini khususnya mode Islami.


Salah satu Fashion Blogger populer Indonesia 
(Sumber: Instagram @dianpelangi/screenshoot)


Seorang Fashion Blogger pada bulan Ramadhan menampilkan berbagai outfit keren agar penikmat dunia maya bisa meniru atau membeli outfit yang ditampilkan. Ini adalah titik poin penting yang diharapkan. Perlu diketahui bawa seorang Fashion Blogger akan menampilkan mode-mode outfit keren dan terbaik dari sebuah bisnis busana.
Ada hubungan saling menguntungkan antara pebisnis busana dan Fashion Blogger. Di jaman digital maka branding marketing atau akslerasi pasar dengan sosial media merupakan terobosan penting. Apalagi, memanfaatkan jasa seorang seleb sosial media seperti selebgram dengan followers yang banyak akan menjadi akselerasi pasar lebih mengena dan meyakinkan. Keuntungan bagi pebisnis busana tentu semakin banyak orang tertarik berbelanja model outfit yang ditampilkan oleh Fashion Blogger.
Selanjutnya, benefit yang diperoleh oleh seorang Fashion Blogger adalah barang endorse di mana biasanya pebisnis busana akan memberikan uang dan/atau gratis setiap model outfit yang ingin diperkenalkan ke publik melalui dunia maya. Biasanya dalam dunia maya seperti instagram, Fashion Blogger akan mention (menujuke akun pebisnis busana) dan melengkapi hastag #OOTD yang mempunyai singkatan dari Outfit of The Day yang berarti Outfit Hari ini.
Hastag tersebut menunjukan bahwa Outfit tersebut merupakan outfit terbaik yang dipakai pada hari itu. Ini akan merangsang setiap viewer. Jika, viewer tertarik maka akan terjadi komunikasi berupa pemesanan outfit yang diinginkan. Ada keuntungan kedua belah pihak, bertambahnya penghasilan pebisnis busana dan Fashion blogger.
            Jadi, dalam ranah digital yang berkembang dengan pesat, kemajuan outfit terbaik seringkali muncul dan viral dari dunia maya atau sosial media (sosmed). Para pebisnis busana sangat jeli memanfaatkan kepopuleran tokoh digital seperti Fashion Blogger sebagai marketer handal. Bukan hanya menjual produk tetapi seorang Fashion Blogger berperan penting dalam Branding Marketing secara online. Tentu, ada benefit yang diperoleh kedua belah pihak seperti saya jelaskan di atas.
            Outfit terbaik yang saya dan anda pakai seringkali merupakan mode yang viral dalam ranah digital yang diperkenalkan baik oleh personal yang populer di ranah sosial media seperti Fashion Blogger yang mempunyai pengikut (followers) banyak.  Sebagai contoh, celana jogger baik untuk pria dan wanita menjadi terkenal karena berupa tampilan secara intens di Instagram yang diposting baik oleh pebisnis busana itu sendiri dan selebgram.

            Oleh sebab itu, di bulan Ramadhan yang penuh barokah, anda juga menampilkan outfit terbaik anda. Outfit yang biasa dipakai sehari-hari atau outfit yang anda tampilkan dalam akun sosial media anda. Siapa tahu, model outfit yang anda tampilkan menjadi model yang menarik dan viral. Selanjutnya, para pebisnis busana akan melirik anda. Untung buat pebisnis busana dan tentu buat anda. Anda tertarik? Tampilkan outfit anda!





Artikel ini juga tayang di Kompasiana 

No comments:

Lima (5) Pose Foto Keren di Pantai yang Bikin Baper

Saatnya membuat pose foto keren kalian di pantai (Sumber: dokumen pribadi) Traveling atau jalan-jalan selalu memberi k...