Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menata Ruang Tamu Ala Informa Menciptakan Gaya Hidup Dinamis


 
Glamorous Deco, salah satu gaya Inspirasi Rumah untuk 
Ruang Tamu yang ditawarkan oleh Informa 
(Sumber: dokumen pribadi)



“Ada seorang dosen, beliau rajin sekali datang ke INFORMA setiap minggu. Dia mengaku bahwa mendapatkan banyak insprirasi untuk penataan ruang tamu, saat berkunjung ke Informa. Bahkan, beliau merasa senang dengan berkunjung ke sini seperti mendapatkan relaksasi pikiran”.



Pernyataan di atas sangat menarik untuk disimak. Bapak Komang Astika (Store Manager) dari Informa yang berlokasi di perempatan jalan Gatot Subroto-Cokroaminoto Denpasar memberikan banyak paparan menarik tentang Informa.  Di mana, Informa telah memberikan banyak INSPIRASI RUMAH bagi setiap pelanggan yang datang ke store. Mereka mendapatkan banyak masukan dan konsultasi tentang desain dan tata letak RUANG TAMU sesuai dengan karakternya. Juga, yang cocok dengan perkembangan jaman di era digital.
Lantas apa sih yang dimaksud dengan Ruang Tamu? Menurut Wikipedia menyatakan bahwa Ruang Tamu adalah tempat untuk menerima tamu sekaligus untuk berkomunikasi dengan orang luar. Ruang Tamu biasanya terletak di bagian depan susunan bangunan rumah tinggal. 
     Sehingga, Ruang Tamu menjadi ruangan pertama yang dimasuki. Ruangan ini biasanya dijauhkan dari tempat tidur untuk melindungi privasi tuan rumah. Namun, dekat dengan dapur dan ruang makan untuk memudahkan melayani tamu. Furnitur yang umum berada di ruang tamu adalah meja dan kursi tamu.

INSPIRASI RUMAH

Kemarin, saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke Informa yang berlokasi di kawasan perempatan jalan Gatot Subroto-Cokroaminoto Denpasar. Saya disambut oleh karyawan yang ramah dan murah senyum. Bahkan. Pak Komang Astika  (familiar dipanggil Bapak Astika) dan Pak Sudi (Visual Merchandising) menyambut saya layaknya teman lama yang baru bertemu.
Mereka memberikan banyak informasi tentang Informa dalam melayani pelanggannya. Pak Komang Astika sendiri telah bekerja di Informa selama 13 tahun. Sebuah pengabdian yang luar biasa.


Wawancara santai dengan Bapak Komang Astika 
(Store Manager) (Sumber: dokumen pribadi)


            Ada pepatah yang menyatakan bahwa jangan menilai sebuah buku dari sampul memang benar adanya. Terlihat dari luar, setiap orang akan melihat “biasa saja” tampilan dari store Informa. Namun, begitu saya masuk, saya bagai menemukan ribuan informasi. Ibarat saya hendak mencari satu buku pilihan, kenyataannya saya disambut dengan ribuan buku yang lebih menarik. Hingga membuat saya bingung untuk memilihnya karena semua menggoda untuk dipilih. 
Ada fakta menarik, menurut Bapak Astika menyatakan bahwa masyarakat Bali mempunyai keunikan tersendiri. Banyak dari mereka yang menginginkan desain dan tata letak Ruang Tamu bergaya etnik Bali. Dengan harapan tetap mengusung local wisdom (kearifan local). Namun, ketika datang ke Informa dan mendapatkan banyak masukan tentang karakter furnitur yang cocok dari konsultan Informa, keinginan itu berubah. Dan, banyak yang berubah keinginan ke arah gaya modern seperti Glamorous Deco, Neo Deco Candy, Graphical Pop atau Solid Harmony.   


Informa yang menempati gedung empat lantai 
(Sumber: dokumen pribadi)

Lagi, menurut Pak Sudi menyatakan untuk memberikan Inspirasi Rumah bagi pelanggan tentang suasana dan pengalaman baru, maka Informa melakukan pergantian tata letak display furnitur setiap 2-3 hari. Sedangkan, merubah desain produk dilakukan setiap hari. Informa melakukan pergantian tema tentang produk setiap tahunnya secara nasional. Sungguh, sebuah inovasi dan improvement perusahaan yang luar biasa. Hal ini dilakukan agar mampu memberikan Inspirasi Rumah terbaik bagi pelanggannya.

15 TAHUN MERENDA INOVASI

Informa dikenal sebagai Home Brand yang telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya kualitas produknya, tetapi pelayanan pelanggan yang handal. Dengan tagline “Furnishing With Style” maka Informa bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan menjual nilai yaitu sebuah gaya hidup (lifestyle).
Belanja furnitur di Informa bukan sekedar untuk memenuhi kebutuhan Ruang Tamu. Tetapi, Informa memberikan banyak Inspirasi Rumah bagi pelanggan, tentang desain dan tata letak Ruang Tamu yang baik sesuai dengan gaya hidup yang makin dinamis. Bahkan, pihak Informa akan memberikan konsultasi atau masukan secara gratis.
Konsultasi yang bisa diperoleh mengenai karakter apa yang cocok bagi pelanggannya, baik dari segi desain, warna dan tata letak furnitur yang terbaik dalam sebuah Ruang Tamu atau tempat lainnya. Masukan tersebut sangat berharga dan mampu memberikan banyak Inspirasi Rumah bagi pelanggannya.
Informa memahami benar bahwa pelanggan sudah mempunyai gambaran desain, tata letak dan warna furnitur sendiri yang akan dibeli. Namun, kenyataannya Inspirasi Rumah yang diberikan oleh Informa banyak merubah gaya hidup bagi pemenuhan Ruang Tamu.
Dengan kata lain, “Furnitur bukan hanya sebuah kebutuhan, tetapi ada prestige (wibawa) dan lifestyle (gaya hidup)”. Hal ini berdasarkan desain akan selalu dinasmis dan adaptif sesuai dengan perkembangan jaman. Sebagai contoh, kini muncul bagaimana mendesain dan mengatur tata letak sebuah kantor atau bisnis yang lebih santai di era digital, semacam tata letak furnitur dan asesorisnya di sebuah Coworking Space.
Bertahan perjalanan bisnis selama 15 tahun tentu bukanlah perkara gampang. Tentu ada kunci sukses dalam business story. Hal penting yang perlu dipahami adalah kunci sukses dalam menjalankan bisnis. Kunci Sukses (Key of Success) Informa agar selalu berjaya dibandingkan dengan kompetitor lainnya adalah mempertahankan komitmen service (pelayanan) pelanggan. Serta, membina hubungan baik dengan pelanggan. Secara lengkap, komitmen pelayanannya sebagai berikut:
1.      Jaminan harga dan kulaitas terbaik.
2.      Jaminan 100% kepuasan.
3.      Keistimewaan member.
4.      Bayar dengan poin.
5.      Fasilitas cicilan tanpa kartu kredit.
6.      Fasilitas cicilan 0%.
7.      Gratis pengiriman dan instalasi.
8.      Gratis konsultasi desain interior.
9.      Proteksi Furnitur.
10. Proteksi elektronik.
11. Clean & Care
12.  Kecepatan muat barang.
Dengan kunci sukses tersebut maka pelanggan tidak segan-segan untuk memberikan rekomendasi kepada orang lain, untuk datang ke Informa. Juga, Informa dengan senang hati memberikan perhatian lebih ke pelanggan, seperti memberikan ucapan selamat ulang tahun melalui media sosial. Bahkan, Informa memberikan survey tentang kepuasan pelanggan secara random.

Dalam rangka memperingati perayaan ulang tahun ke-15, Informa mempunyai 4 (empat) macam inspirasi dekorasi Ruang Tamu yang ditawarkan kepada pelanggan, yaitu:
1. Glamorous Deco.


2. Neo Deco Candy
3. Graphical POP.
4. Solid Harmony.   

1             
Dari empat (4) macam inspirasi tersebut, saya ingin membahas tentang inspirasi dekorasi Ruang Tamu bertema Glamorous Deco yang mengusung tagline “Be Glam”. Mewah, anggun dan menyenangkan adalah kesan pertama yang terasa pada ruang bergaya Glamorous Deco. Dengan sentuhan warna emas sebagai aksen, ciptakan nuansa elegan tanpa harus berlebihan.


Tampilan Ruang Tamu bergaya Glamorous Deco 
yang terkesan mewah dan anggun 
(Sumber: dokumen pribadi)


Saking mewah dan anggunnya Glamorous Deco maka saya, Bapak Astika dan Bapak Sudi “kesengsem” atau tergoda untuk mengabadikan suasana Ruang Tamu bergaya   Glamorous Deco. Menurut Bapak Sudi bahwa gaya  Glamorous Deco banyak digandrungi oleh pelanggan yang sudah berkeluarga dan mapan. Mungkin, dengan memiliki suasana Ruang Tamu bergaya Glamorous Deco maka prestige makin meningkat. Meskipun, pada kenyataannya banyak juga pasangan milenial yang mapan mendambakan gaya Glamorous Deco ini.


Bapak Sudi, Bapak Komang Astika dan saya di 
Ruang Tamu bergaya Glamorous Deco 
(Sumber: dokumen pribadi)


Anda juga bisa memilih Inspirasi Rumah dari berbagai gaya Glamorous Deco untuk desain dan tata letak di berbagai bagian seperti kantor, tempat tidur, lampu gantung baik di rumah, kantor atau coworking space.  Apalagi, sofa yang mewah akan menambah glamour ruangan anda.


Gaya Glamorous Deco dalam berbagai jenis ruangan 
(Sumber: dokumen pribadi)


Sofa bergaya Galmorous Deco akan menambah mewah 
dan anggun ruangan anda (Sumber: dokumen pribadi)


UNIQUE POINT SELLING

Apa sih yang membedakan sebuah produk yang satu dengan yang lainnya? Tentu, produk harus memiliki Unique Point Selling agar menjadi ciri khas. Yang pada akhirnya menjadi sebuah value (nilai). Ada 3 (tiga) hal penting yang menjadi Unique Point Selling dari Informa.
  
Mudah
Informa memberikan pelayanan yang cepat bagi pelanggannya. Hal ini dibuktikan dengan setiap karyawan yang bertugas melayani pelanggan telah dilengkapi dengan peralatan digital (baca: tab) untuk check list system. Jadi, ketika ada pertanyaan dari pelanggan maka karyawan akan bergerak sigap menjawabnya.
Bahkan, di era Revolusi 4.0 membuat pembayaran makin mudah. Pembayaran bisa menggunakan fasilitas virtual account. Karena Informa telah menggunakan system pembayaran melalui Fintech (Financial Technology). Dan, rutin melakukan upgrade system untuk mempercepat transaksi pelanggan.
Fintech bekerja sama dengan beberapa bank seperti: Bank BCA, Bank Mandiri, Bank HSBC, Bank Niaga dan Bank BNI. Untuk pembayaran secara kredit atau cicilan, Informa telah menggunakan Leasing (jasa pembiayaan) secara digital dengan menggunakan fasilitas pembayaran Danakini dan Home Credit.


Pembayaran secara cicilan dengan menggunakan 
Home Credit (Sumber: dokumen pribadi)


Perlu diketahui bahwa dengan menggunakan Danakini, proses mudah dan cepat dalam hitungan menit. Tidak perlu memakai Kartu Kredit. Serta, biaya proses sebesar Rp 188.000,- dan bunga flat 1,99% hingga 24 bulan. Jadi, impian untuk memiliki Ruang Tamu bergaya Glamorous Deco semakin mudah. Dengan layanan transaksi pelanggan yang cepat, maka barang yang dibeli  akan sampai ke rumah pelanggan pada hari ini juga (sameday atau one day service).


Pembayaran secara cicilan dengan menggunakan 
Danakini (Sumber: dokumen pribaddi)


          Informa juga mengembangkan Online Shop yaitu: Rupa Rupa  dan Informa Online.  Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan berbelanja online, seperti: 1) Diskon online hingga 60%; 2) Daily deals (penawaran tiap hari); 3) Serba hemat (Senin-Jumat); 4) harga terendah hingga 90%; 5) Penawaran terbaik.
Selain menerapkan bisnis secara Bussiness to Busieness (B to B), Informa juga menerapkan bisnis secara Business to Government (B to G). Oleh karena itu, pihak pemerintah bisa berbelanja di Informa secara transparan melalui prosedur LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah). Karena, Informa sudah terdaftar di LKPPP dan bisa klik di infor.ma/LKPP.
Kemudahan lain yang bisa diperoleh dengan berbelanja di Informa adalah penerapan Sistem Member. Di mana, setiap pembelanjaan senilai 100 ribu akan mendapatkan 1 poin. Poin tersebut bisa ditukar untuk mendapatkan produk kembali. Dan, dari pembelian tersebut juga akan mendapatkan poin kembali. Dengan demikian, poin akan terus bertambah. Pelayanan yang mudah dan handal Informa bisa anda dapatkan dalam:
1.      Fasilitas Clean and Care, pelayanan purna jual untuk membersihkan sofa atau matras yang kotor.
2.      Bantuan pemasangan atau instalasi
3.      Jasa desain (ruangan atau mengatur/setting tata letak)

Jika anda ingin mendapatkan lebih banyak Inspirasi rumah khususnya Glamorous Deco, maka anda begitu mudah datang ke store yang tersebar di 31 kota di Indonesia.


Store Informa yang tersebar di berbagai kota di 
Indonesia (Sumber: informa.co.id/diolah)


Lengkap
Sebagai informasi bahwa Luasan Informa di perempatan Gatot Subroto-Cokroaminoto Denpasar mempunyai lahan display seluas 5.600m2. Gedung empat lantai tersebut telah dilengkapi dengan berbagai macam spot produk yang bisa memanjakan mata pelanggan. Juga, telah dilengkapi ratusan hingga ribuan item display. Di mana, pelanggan bisa memilih sesuai dengan keinginannya. Apalagi, Informa melayani penjualan secara satuan atau bundling (paketan) beserta dengan asesoris lainnya.
Produk-produk Informa terdapat 2 (dua) jenis yaitu produk lokal dan impor. Produk impornya seperti dari negara USA, Italy dan Tiongkok dan lain-lain. Tentu, produk impor yang bergaya mewah, dinamis dan sesuai dengan karakter anda. Produk impor yang menjadi andalan INFORMA seperti: Ashley, Glasslock, Ferrara, Magniflex, Ergohuman, Silent Partner, WNf, M&D Milano & Desain, Sieben, Fiore, Camerich, Gautier, dan lain-lain.


            Jika melihat jenisnya, maka Informa telah membagi produknya dalam berbagai kategori, seperti:
1.      Environment Friendly Office Furniture (Furnitur kantor yang ramah lingkungan).
2.      Metal Storage (alat penyimpanan dari baja).
3.      Educational Series (perlengkapan untuk pendidikan).
4.      Dormitory (Asrama).
5.      Canteen (Kantin).
6.      Public Area (Area Umum).
7.      Resto and Café.
8.      Lounge and Bar.
9.      Banquet.
10. Outdoor Series (Perlengkapan luar ruangan).
11. Auditorium.
12. Hotel.
13. Apartemen.
14. Salon & SPA.
15. Home and Accesories. 
Yang menarik dari produk Informa adalah produk ramah lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan adanya produk impor Bestuhl dari Korea bersertifikat dari BIFMA (The Business and Institutional Furniture Manucfaturers Association) dan Greenguard. Bukan hanya mementingkan bisnis, tetapi peduli atas lingkungan.

Informa Reward
Pada tahun 2015, member Informa telah mencapai 525.000 orang. Banyak keuntungan yang diperoleh dengan memiliki kartu Exclusive Member Previledge, yaitu:
1.      Voucher atau merchandise special yang bisa ditukar dengan poin.
2.      Event dan penawaran special khusus untuk member.
3.     Keuntungan di berbagai merchant.
4.      Update Informasi di promo terbaru.
5.      Gratis pengiriman dan instalasi.
6.      Pembayaran dengan poin.


Banyak keuntungan dengan memiliki Exclusive 
Member Previledge (Sumber: informa.co.id)


Banyak promo dalam merayakan 15 tahun Informa. Anda bisa menikmati pembayaran dengan cicilan 0% hingga 36 bulan. Dengan kartu member bisa mendapatkan diskon hingga 70% sampai akhir bulan September 2019. Anda bisa mendapatkan cashback dari 10-15% untuk pembayaran memakai fasilitas fintech atau cash. Bahkan, hingga tanggal 22 Oktober 2019, khusus paket Buka Usaha/Bisnis, anda bisa mendapatkan cashback hingga 15%+cicilan 0% hingga 24 bulan.  


Paket Buka Usaha/Bisnis, anda bisa mendapatkan cashback 
hingga 15%+cicilan 0% hingga 24 bulan 
(Sumber: dokumen pribadi)


CUSTOMER CARE
Layanan purna jual merupakan layanan yang menjadi poin penting Informa. Masalah purna jual, informa telah memberikan garansi  selama 1 tahun. Bahkan, untuk produk springbed atau matras digaransi hingga 10 tahun. Customer care lain yang dilakukan oleh Informa seperti:
1.      Mewadahi keluhan pelanggan.
2.      Bertanggung jawab atas keluhan dan ketidaknyamanan pelanggan.
3.      Mengusung “Complain with Compliment” dengan tujuan menciptakan perubahan dari rasa benci karena complain ke rasa suka karena pelayanan pelanggan yang handal.

Bukan itu saja, untuk memberikan kenyamanan pelanggan, Informa juga memberikan pelayanan proteksi atau Furnipro. Di mana, dengan membayar mulai dari Rp 99.000,- (disesuaikan dengan nominal pembelian) akan mendapatkan proteksi. Pelanggan bisa melakukan klaim jika ada kerusakan produk selama 1- 2 tahun lamanya. 

PENGHARGAAN
Kerja keras tidak mendustai hasil. Sama halnya dengan Informa, hasil dari kerja keras dan perbaikan secara terus menerus membuahkan hasil. Banyak penghargaan yang pernah diterima oleh Informa, di antaranya:
1.      Asian Fusrnishing Leadership Award (AFLA) – Management Excellence
2.      Rekor MURI untuk kategori The Biggest and Most Complete Home and Business Furniture Store.
3.      Certificate of Registration (Quality Management System ISO 9001-2008)
4.      Shopper-Insight SERVICE Quality Award kategori Household (Home & Furnishings).
5.      Architect Choise Award kategori Office and Commercial Furniture.
6.      Indonesia WOW Brand kategori Household Store Category.
7.      Indonesia WOW Brand Kategori Home Appliabce Store.
8.      Home Preferred Brand kategori Best Store Home Furnishing.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Informa, maka anda bisa melihat tayangan video berikut, serta mengunjungi akun sosial media (sosmed) Informa.



INFORMA : INSPIRASI RUMAH UNTUK RUANG 
TAMU MENJADI GAYA HIDUP 
(Sumber: dokumen pribadi/YouTube)






1 comment for "Menata Ruang Tamu Ala Informa Menciptakan Gaya Hidup Dinamis "

Bird Control Washington September 30, 2022 at 7:42 PM Delete Comment
Nice bloog