Tuesday, November 19, 2019

Wujudkan Prioritas Utama Pembangunan, Kemendikbud Luncurkan Program Penguatan Pendidikan Karakter PAUD

Penguatan pendidikan karakter saat PAUD (Sumber: pkbmdaring.kemdikbud.go.id)



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen PAUD dan Dikmas), meluncurkan program Penguatan Pendidikan Karakter PAUD, di Balai Kartini, Jakarta, Senin (18/11). Peluncuran tersebut dilakukan oleh Dirjen PAUD dan Dikmas, Harris Iskandar pada acara Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional 2019.

"Penguatan Pendidikan Karakter PAUD sebagai upaya untuk mewujudkan prioritas pertama pembangunan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo yang ingin menjadikan sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter," ujar Harris.

Pembangunan karakter, lanjut Harris, merupakan kebijakan prioritas pemerintah melalui agenda Nawacita dan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang ditindaklanjuti dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

"Kebijakan tersebut mendorong setiap satuan PAUD untuk mampu mengembangkan jejaring tripusat pendidikan dengan membumikan Pancasila melalui pembiasaan nilai-nilai utama, yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas serta penembangan nilai-nilai berdasarkan visi-misi, kearifan lokal, dan kreativitas satuan PAUD masing-masing," ujarnya.

Harris menambahkan, pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terus dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan orang tua, keluarga, dan masyarakat yang memerlukan perluasan akses dan peningkatkan mutu layanan PAUD yang berkualitas.

Sebagai bagian dari kebijakan tersebut, dikatakan Harris, pemerintah melalui Kemendikbud telah mencanangkan Gerakan Nasional PAUD berkualitas sejak 19 Maret 2015. "Menyikapi pentingnya PAUD, pemerintah terus mendorong kesadaran dan partisipasi seluruh lapisan masyakarat untuk menghadirkan layanan PAUD Berkualitas," terang Harris.

"Mengingat besarnya tantangan yang dihadapi, pemerintah membutuhkan dukungan semua pihak. Salah satu yang strategis adalah dukungan dan peran Bunda PAUD, mulai tingkat nasional sampai tingkat desa/kelurahan, sebagai motor Gerakan Nasional PAUD Berkualitas," imbuhnya kemudian.

Jakarta, 18 November 2019
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman: www.kemdikbud.go.id

No comments:

Ciptakan Alat Bantu Buruh Punguti Brondolan Sawit, Mahasiswa IPB Raih Penghargaan Internasional

ASEAN-India Grassroot Innovation Forum yang diselenggarakan oleh Department of Science and Technology, Republic of Philipines, pada 20-...