Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemendikbud Gelar Seminar Hasil Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan

Seminar hasil penelitian dan kebudayaan di Bogor, tanggal 18-20 November 2019 (Sumber: Kemendikbud)


Pengembangan SDM menjadi fokus pemerintahan era Jokowi- Ma.ruf Amin. Itulah sebabnya, dalam periode lima tahun ke depan, sektor pendidikan dan kebudayaan, khususnya pembangunan sumber daya manusia (SDM) akan menjadi fokus utama Pemerintah. Terkait dengan pembangunan SDM tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), melalui Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan (Puslitjakdikbud) menyelenggarakan Seminar Nasional Hasil Penelitian Tahun 2019 dengan tema “Tantangan Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan dalam Era Disrupsi”. 

Seminar ini berlangsung pada tanggal 18-20 November 2019, dihadiri oleh 39 orang penyaji dan 165 orang peserta yang terdiri dari unsur birokrat, akademisi, praktisi, dan pemerhati bidang pendidikan dan kebudayaan. 

"Saya setuju dengan tema yang diusung, karena sekarang era digital, revolusi industri. Oleh karena itu, paradigma pendidikan juga akan berubah baik sistem penilaian, pembelajaran, kurikulum. Ini tentu akan mengalami perubahan sehingga di RPJMN disampaikan ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu terutama masalah peserta didik atau pembelajaran anak. Jadi kita harus memeriksa apakah yang diberikan oleh kementerian ini terserap oleh peserta didik dan tenaga kependidikan. Perhatian terhadap peserta didik dan tenaga kependidikan sangat besar sehingga harus benar-benar dipantau dan dilihat hasilnya. Semua program harus benar-benar berpengaruh kepada peserta didik dalam hal ini lulusannya,” demikian disampaikan Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Yaya Jakaria, saat membuka Seminar Nasional Hasil Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019, di Bogor, Jawa Barat, Senin malam (18/11). 

Yaya mengatakan, sektor pendidikan sudah menjadi kewenangan pemerintah daerah karena adanya otonomi sehingga harus ada sinergi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Untuk itu, diharapkan Puslitjakdikbud dapat lebih memainkan peran dalam memberikan masukan kepada para pengambil kebijakan. “Puslitjakdikbud ini mengawal kebijakan pembangunan supaya sinkron dan sejalan. Ini kita harus kawal maka dari itu kita produksi lagi kolaborasi dengan pemerintah daerah dan memastikan bahwa pembangunan pendidikan kita apakah sudah on the track dan melahirkan berbagai kebijakan. Kebijakan yang dilahirkan itu harus berbasis penelitian dan pengembangan serta harus kita meningkatkan cara menganalisis data. Untuk kuantitatif mungkin masih lemah. Oleh karena itu, kita perlu bersinergi lagi dan ini kita siap untuk berkolaborasi untuk meningkatkan kapasitas ini,” jelas Yaya.

Sementara itu Kepala Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan (Kapuslitjakdikbud) Kemendikbud, Muktiono Waspodo, dalam sambutannya mengatakan bahwa Seminar ini menjadi bagian yang penting bagi Puslitjakdikbud untuk mendiseminasikan hasil-hasil penelitian khususnya di tahun 2019 karena hasil penelitian yang dilakukan para peneliti maupun perekayasa harus disampaikan pada para pemangku kepentingan. “Kita berharap dengan adanya hasil-hasil penelitian ini bisa menjawab tantangan kebijakan dalam era disrupsi, karena dengan penelitian yang diperoleh bisa memperkuat perumusan kebijakan yang diambil oleh pemangku kepentingan. Hasil penelitian ini juga merupakan bagian dari kolaborasi yang dilakukan oleh lembaga mitra penelitian serta internal Kemendikbud,” ungkap Muktiono.

Dengan disrupsi ini, lanjut Muktiono, maka proses adaptasi dan penyampaian hasil-hasil temuan di lapangan harus cepat sehingga apa yang diinisiasi kebijakan juga menjawab tantangan dan kebutuhan yang riil di lapangan dalam era disrupsi. “Tantangan di era disrupsi ini yaitu bagaimana kecepatan kita untuk menyediakan hasil-hasil penelitian kita untuk para pengambil kebijakan, karena ada tantangan multidimensi sehingga kita harus lebih cepat bahkan harus lebih awal dalam memprediksi apa yang akan terjadi kedepannya dan bagaimana harus mengantisipasi hal tersebut. Inilah yang saya sebut dengan mampu mengurai dan mengadaptasi dari perkembangan yang amat cepat. Jadi ada tantangan bagaimana para peneliti bisa menggali referensi yang kuat, bagaimana peneliti harus peduli pada keadaan yang ada di lingkungannya, dalam hal ini pendidikan dan kebudayaan,” jelas Muktiono.

Seminar nasional hasil penelitian ini juga dilaksanakan untuk menjawab 3 tantangan kebijakan pendidikan ke depan yaitu mempertahankan akses pendidikan yang terus meningkat, hadirnya era disrupsi yang menuntut sumber daya pendidikan yang adaptif dan memiliki kemampuan belajar terus menerus, dan semakin beragamnya pelaku pendidikan yang menuntut karakter kebijakan yang lebih fleksibel, dapat dikustomisasi, dan mampu merangsang partisipasi yang luas dari segenap pihak. Tantangan ini harus diatasi dengan sinergi strategis antara Pemerintah, swasta dan masyarakat.

Selain mengemukakan berbagai temuan dan analisis dari hasil penelitian mereka, para penyaji dalam seminar juga menyampaikan sejumlah rekomendasi kebijakan yang diharapkan dapat menjadi masukan bagi para pengambil kebijakan pendidikan dan kebudayaan. Sebagai langkah tindak lanjut, Puslitjakdikbud akan menyosialisasikan berbagai rekomendasi kebijakan yang dihasilkan melalui seminar ini kepada para pemangku kepentingan terkait, terutama para pengambil kebijakan di lingkungan Kemendikbud. Semua rekomendasi yang muncul dalam seminar akan ditelaah dan dipilah menurut skala prioritas. Beberapa rekomendasi yang dinilai sangat strategis akan diprioritaskan untuk disampaikan kepada pimpinan satuan kerja yang relevan agar dapat segera ditindaklanjuti. 



Post a Comment for "Kemendikbud Gelar Seminar Hasil Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan"