Wednesday, October 27, 2021

MOMS INGIN MERENCANAKAN PERSALINAN SECARA MATANG? PAKAI TES POTENSI CAESAR 2.0 BY NUTRICLUB SAJA

 

Merencanakan persalinan secara matang dengan Tes Potensi Caesar 2.0 By Nutriclub (Sumber: shutterstock/diolah)

 

            Proses melahirkan anak  selalu menjadi perhatian serius keluarga, khususnya para moms. Karena, melahirkan menjadi kodrat wanita untuk menyambung sebuah generasi. Setiap moms berharap bisa mengalami proses persalinan sesuai yang diharapkan. Itulah sebabnya, merencanakan persalinan secara matang menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik.

            Demi menambah ilmu tentang persalinan para moms, maka dibahas menarik dalam acara Webinar Bicara Gizi dengan tema “Rencanakan Persalinan secara Matang dengan Tes Potensi Caesar” yang selenggarakan oleh Danone Specialized Nutrition Indonesia. Acara tersebut diadakan pada tanggal 27 Oktober 2021 pukul 10.00-12.00 WIB, secara live melalui Zoom dan channel Youtube Nutrisi Untuk Bangsa.

 

Webinar Bicara Gizi dengan tema “Rencanakan Persalinan secara Matang dengan Tes Potensi Caesar” (Sumber: Danone Indonesia)

 

DETEKSI DINI KEHAMILAN

            Persalinan harus direncanakan secara matang. Dengan kata lain, Deteksi Dini akan membuat para moms bisa mengetahui metode persalinan yang akan dihadapi. Mengapa? Moms harus menghindari Kehamilan Berisiko Tinggi. Bukan hanya demi kesehatan moms, tetapi untuk kesehatan bayi. Maka, Persiapan Persalinan secara matang dan aman, akan memberikan kebahagiaan pada kehidupan moms dan keluarganya.


Merencanakan persalinan matang sejak dini (Sumber: shutterstock/diolah)

 

            Moms bisa merencanakan persalinan, baik secara persalinan normal (Natural Delivery) atau  sesar (Caesarea Section atau C-Section). Keuntungan untuk kelahiran normal (persalinan pervaginam) adalah: 1) Skin-to-skin contact segera setelah lahir dan Inisiaasi Menyusui Dini (IMD) lebih lama; 2) Penyembuhan lebih cepat; dan 3)  Persalinan berikutnya biasanya lebih cepat dengan risiko lebih rendah. 

            Perlu diketahui bahwa kelahiran sesar atau atau Cesarean Section (C-Section) adalah metode kelahiran bayi melalui insisi atau sayatan perut moms. Langkah-langkah pada kelahiran sesar atau Cesarean Section (C-Section) yang membutuhkan waktu waktu antara 40-50 menit, yaitu:

1. Pembiusan: Regional (epidural/spinal).

2. Sayatan di kulit dan perut (sekitar 10 cm).

3. Pengeluaran bayi (sekitar 5-15 menit).

4. Pengeluaran plasenta.

5. Menutup rahim dan perut.

            Dr. dr. Irma Irwinda, Sp.OG(K), selaku Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Konsultan Fetomaternal menyatakan bahwa  1 (satu) dari 5 (lima) wanita di dunia melahirkan anak secara sesar. Sedangkan, di Indonesia sendiri berdasarkan Riskedas tahun 2018, persentase kelahiran sesar sebesar 17,6%. Untuk wilayah perkotaan sebesar 22,49%, dan pedesaan sebesar 21,13%. Untuk wilayah DKI Jakarta sendiri sebesar 31,1%. Menurut WHO, meskipun prosedur sesar cukup aman, namun angka sesar lebih dari 10-15% tidak memberikan luaran yang lebih baik.

            Tentu, moms menginginkan persalinan secara normal, bukan? Karena, dianggap rendah risiko. Moms yang menjalani kelahiran sesar memiliki angka kehamilan lebih rendah 9% dan angka kelahiran lebih rendah 11% dibandingkan ibu yang melahirkan pervaginam.

            Bukan itu saja, risiko persalinan sesar pada bayi yang dilahirkan, seperti: asma, overweight dan obesitas meningkat. Bahkan, persalinan sesar berhubungan dengan peningkatan risiko 33% autism dan 17% attention deficit disorder (gangguan mental pada anak yang menyebabkan sulitnya untuk memusatkan perhatian). 

 

Tampilan melahirkan secara sesar dan normal (Sumber: presentasi Dr. dr. Irma Irwinda, Sp.OG(K))

 

            Bagaimana dengan kondisi imun anak yang lahir dengan persalinan sesar? dr. Molly Oktarina, SpA(K), Dokter Spesialis Anak Konsultan Alergi Imunologi menyatakan kelahiran sesar bisa berdampak pada sistem imun anak, seperti: 1) mengganggu kolonisasi mokrobiota usus; 2) Tidak ada respon stress sebelum lahir akan terjadi kegagalan atau maladaptif aktivasi imun; dan 3) mengubah regulasi ekspresi gen melalui mediasi DNA pada cytosine-phosphate-guanine (CpG) dinucleotides.

            Sebagai informasi, pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) terjadi pertumbuhan berat dan tinggi badan, pertumbuhan sel-sel otak dan perkembangan sel-sel imun pada anak. Pada perkembangan imun anak, 70-80% terdapat dalam usus. Mikrobiota baik yang ada di saluran cerna berperan dalam perkembangan sistem imun alami dan didapat. Adapun, mikrobiota yang baik adalah Mikrobiota Komensal (Mikrobiota baik), yaitu: Bifidobacteria, Escherichia dan Lactobacilli.

            Pertumbuhan anak sehat sangat tergantung pada asupan nutrisi. Kondisi usus yang baik menjadi perhatian para moms.  Sinbiotik sebagai makanan yang sekaligus memiliki komponen probiotik dan prebiotik, atau sebagai kombinasi antara probiotik dan prebiotik. Sinbiotik menjadi substrat yang tidak dicerna yang menstimulasi selektif pertumbuhan dan/atau aktifitas beberapa bakteri dalam usus, yang dapat meningktakan kesehatan.

            Terpenting, pemberian ASI Ekslusif merupakan pilihan nutrisi terbaik. Bahkan, intervensi utama pada bayi yang dilahirkan dengan C-Section karena komposisinya lengkap termasuk prebiotik dan probiotik. Dan, ASI Eksklusif berperan besar untuk meningkatan imun anak. Karena, dengan mikrobiota baik yang ada di usus bisa meminimalkan reaksi hipesensivitas makanan. Bahkan, mampu melindungi dari mikrobiota patogen (mikrobiota jahat), seperti Campylobacter, Enterococcus Faecalis dan Clostridium Difficile. 

 

TES POTENSI CAESAR, PENTINGKAH?

            Lantas, apakah ada cara terbaik untuk menentukan jenis persalinan yang akan dihadapi para moms?. Kini, moms perlu bangga karena ada aplikasi digital yang mampu mmberikan rekomendasi metode persalinan. Pada acara webinar tersebut, secara resmi diluncurkan aplikasi digital bernama Tes Potensi Caesar 2.0 By Nutriclub.  

 

Acara peluncuran aplikasi digital Tes Potensi Caesar 2.0 By. Nutriclub (Sumber: Danone Indonesia) 


        Tes Potensi Caesar 2.0 By Nutriclub sangat penting dan bermanfaat bagi moms. Buat moms yang sedang hamil atau merencanakan kehamilan, maka sangat penting untuk mengetahui metode kelahiran sejak dini. Moms bisa memanfaatkan tools yang ada di website https://www.nutriclub.co.id Atau, bisa langsung kunjungi media sosial Instagram @nutriclub_id untuk mengetahui lebih lanjut terkait tools terkait Tes Potensi Caesar 2.0 By Nutriclub.   



Tampilan Tes Potensi Caesar 2.0 By. Nutriclub (Sumber: presentasi Dr. dr. Irma Irwinda, Sp.OG(K))

No comments:

Inagurasi Boiler Biomassa Industri Pertama Berbahan Sekam Padi di Jawa Tengah

  Boiler Biomassa Industri Pertama Berbahan Sekam Padi yang ada di PT. PT Sarihusada Generasi Mahardhika, Klaten, Jawa Tengah (Sumber: Danon...