BEBEK BETUTU KHAS GILMANUK-BALI, NIKMAT DAN PEDASNYA BIKIN KETAGIHAN



BEBEK BETUTU KHAS GILMANUK-BALI, NIKMAT 
DAN PEDASNYA BIKIN KETAGIHAN 

Oleh Casmudi, S.AP


           Selamat datang di Pulau Bali …
           Pulau yang indah dan kaya akan budaya serta kearifan lokal. Pulau yang mendapat julukan “pulau seribu pura”, “pulau dewata”, atau “ pulau surga (the paradise of island)” benar-benar akan memanjakan para pendatang atau wisatawan (lokal atau domestik). Berbagai tempat wisata wajib anda kunjungi. Gak bakalan nyesel deh, kata orang.
           Bagi anda yang berkunjung atau berwisata ke Pulau Bali, wisata yang jangan anda lewatkan adalah wisata kuliner. Berbagai bentuk kuliner akan menyapa anda untuk mencicipinya. Dari kuliner ares Bali (masakan dari batang pohon pisang muda), lawar, sate lilit, nasi campur Bali, nasi tipat, tipat cantok, Serombotan khas Klungkung, siobak khas Singaraja, sampai Babi Guling (suckling pig). Maaf, yang disebutkan terakhir khusus bagi orang yang tidak ada pantangan dengan keyakinan atau agamanya). Tetapi, dari sekian banyak kuliner Bali, yang membuat saya mencobanya dan membikin ketagihan adalah kuliner Bebek Betutu khas Gilimanuk. Di warung “Ayam Betutu” khas Gilimanuk juga menyediakan selain menu utama (Bebek dan ayam betutu), seperti: ares bali, nasi campur bali ayam, lindung goreng, lawar ayam, tum ayam, aneka masakan dengan ulam kebo, minuman dan makanan ringan.
           Perlu diketahui, bahwa nama “Gilimanuk” adalah nama daerah yang terletak di bagian paling barat Pulau Bali dan masuk dalam wilayah Kabupaten Jembrana. Banyak orang bilang, kalau ke Bali tidak mantap kalau tidak mencoba kuliner Ayam Betutu khas Gilimanuk. Ibarat masakan tidak enak,  jika tidak pakai garam. So, anda harus mencobanya! Dijamin nendang …. Dan mantap rasanya! Buktikan, deh!



       Apa sih yang menarik dengan kuliner Bebek Betutu khas Gilimanuk dan harus dicoba? Mungkin pertanyaan tersebut yang akan terlintas dalam pikiran kita.  Bebek Betutu khas Gilimanuk dipilih dari bahan pilihan untuk menjaga kualitas rasa.  Bebek Betutu khas Gilimanuk benar-benar kaya akan rempah-rempah dan yang paling nonjok adalah tambahan sambal matahnya (sambal mentah). Jika mencicipinya, serasa ditempeleng kanan-kiri. Ada yang bilang, dasar sambal setan!. Rasakan sensasi keluar keringatnya, merah muka untuk menahan pedasnya. Gak bakalan rugi deh untuk menikmati seporsi Bebek Betutu (satu ekor) yang kaya akan remapah-rempah ditambah dengan sambal matah, sambal biasa, plecing kangkung, dan kacang sangrai.  Harganya pun terjangkau dengan isi kantong kita. Saya pernah membelinya satu porsi (satu ekor) yang di jalan Buluh Indah 51X Denpasar untuk pesan bawa pulang hanya dengan uang tidak sampai Rp. 100.000,-. Mungkin kalau bahan baku harganya naik, harga seporsi pun ikut naik.
            Untuk menikmati Bebek Betutu khas Gilimanuk, kita bisa pesan (delivery order), pesan di tempat untuk bawa pulang. Tetapi, jika kita menikmati kuliner Bebek Betutu khas Gilimanuk di tempat, yang menarik adalah cara penyajian kuliner yang dibuat terpisah antara bebek  betutunya, sambal matah, kacang sangrai, plecing kangkung dan tambahan sambal biasa. Hal ini mungkin dimaksudkan untuk memberi kemudahan bagi penikmat kuliner atau pengunjung dalam memilih sesuai seleranya. Tidak ketinggalan, kuah bebek betutunya benar-benar sedap. Membuat kita ketagihan. Apalagi kalau sudah mencoba sambal matahnya. Bagi penggila rasa pedas, inilah saatnya “berenjoy ria”. Tarik manggg ….!!   Nah untuk menetralkan rasa pedasnya, plecing kangkung dan kacang sangrai menjadi menu yang tidak ketinggalan. Jangan lupa nasi putihnya dinikmati dong, biar badan jadi sehat dan kuat. Pokoknya happy banget !




            Pelayanan Warung “Ayam Betutu” khas Gilimanuk membuat kita nyaman. Saat kita memasuki area dalam, kita akan langsung disapa pegawai yang ramah dan disodori buku menu, untuk dipilih sesuai selera kita. Mau  dinikmati di tempat atau dibawa pulang. Apalagi pelayanan yang cepat membuat kita tidak menunggu lama. Tidak ketinggalan, yang  menarik dari warung “Ayam Betutu” khas Gilimanuk adalah desain interior dan eksterior yang tidak jauh berbeda di berbagai tempat (cabang). Warna krem merupakan warna yang menjadi ciri khas. Di berbagai cabang pun warna ini merupakan warna dominan. Apalagi pintu masuknya pun diibuat sama (lihat gambar).
 


          Tetapi yang membuat orang mudah mengingat Warung “Ayam Betutu” khas Gilimanuk adalah bentuk papan reklame yang tergolong unik. Biasanya papan reklame menunjukan jati diri perusahaan atau tempat usaha yang menonjolkan gambar wanita cantik atau lelaki ganteng sebagai daya tarik bisnis. Lain halnya dengan warung “Ayam Betutu” khas Gilimanuk justru lebih menonjolkan gambar seniman atau pelawak kenamaan Bali yang bermuka lucu (komedi) dan bertubuh gemuk. Hal ini ingin menunjukan, bahwa Warung “Ayam Betutu” khas Gilimanuk berupaya untuk mengangkat budaya atau kearifan lokal. 
            


           Jika anda ingin menikmati Bebek Betutu khas Gilimanuk, bisa datang langsung ke alamat sebagai berikut:
1.      Jl. Merdeka no.88, Tel (0361) 263464, Renon, Denpasar,
2.      Jl. Buluh Indah no.51X, Tel (0361) 7407509, Denpasar,
3.      Jl. Raya Tuban no.2X, Tel (0361) 757535, Kuta, atau
4.      Jl. By Pass Ngurah Rai no.89, Tel 08123853232, Nusa Dua.
Mungkin bagi pembaca yang kebetulan tidak sedang berada di Pulau Bali, tetapi ingin menikamati seperti apa rasanya Bebek Betutu khas Gilimanuk Bali bisa mencobanya dengan resep sebagai berikut:
1.      Bahan:
1)       1 ekor (1,2 kg) bebek
2)       2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
3)       2 lembar daun salam
4)       Daun pisang untuk membungkus
5)       Daun pisang atau aluminium foil  untuk pembungkus
2.      Bumbu yang akan dihaluskan:
1)       80 ml minyak untuk menumis
2)       15 buah cabai merah, buang bijinya
3)       4 cm jahe
4)       4 cm kunyit, bakar
5)       4 cm lengkuas
6)       2 batang serai, ambil bagian putihnya
7)       100 g bawang merah
8)       6 siung bawang putih
9)       1 sdt ketumbar bubuk
10)   4 butir kemiri, goreng
11)   4 lembar daun jeruk purut
12)   ½ sdt merica hitam
13)   2 sdt garam
3.      Pelengkap:
1) Nasi putih
2) Sambal matah
4.      Cara membuat:
1)      Bumbu: Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Angkat.
2)      Lumuri bebek dengan bumbu hingga tersalut rata, biarkan semalaman.
3)      Tambahkan serai dan daun salam, bungkus dengan daun pisang, bungkus kembali dengan aluminium foil.
4)      Kukus dalam dandang panas selama 2 jam. Angkat.
5)      Panggang dalam oven suhu 185 derajat Celcius selama 2 jam hingga matang. Angkat.
6)      Sajikan bersama pelengkap
          Agar bisa menghasilkan kualitas Bebek Betutu yang baik, maka ada beberapa saran jika ingin menghasilkan Bebek Betutu yang betul-betul enak  dan empuk, yaitu: memasak bebek betutu khas Gilimanuk-Bali yang kaya akan rempah-rempah lebih bagus dimasak dengan dibungkus daun pisang. Meskipun beberapa resep yang tidak mengunakan  daun pisang, seperti menggunakan kertas alumunium foil. Hal ini dimaksudkan, agar lebih menyehatkan dan alami.

Selamat mencoba! 

Artikel ini bisa anda lihat juga di kompasiana: 



 


Comments