Inspirasi 60 Tahun Astra



60 Tahun Astra, Segenggam Cerita
dan Inspirasi Untuk Negeri




Selama 60 tahun, Astra telah memberikan warna untuk Indonesia. Perusahaan holding yang kini mempunyai hampir 220 ribu karyawan dan 200 anak perusahaan telah menjadi perusahaan besar yang patut diperhitungkan di negeri ini. Bahkan, banyak hal yang telah dilakukan oleh Astra dan memberikan inspirasi demi kemajuan bangsa. Namun, perjalanan panjang perusahaan yang kini menggurita bukanlah seperti membalikkan telapak tangan. Penuh jalan yang menanjak ke bukit dan turunan di lembah yang susah untuk dilewati.
      Astra menyadari bahwa tidak ada perusahaan di manapun yang kebal rintangan untuk mengimbangi kemajuan jaman. Karena, kemajuan jaman menuntut perusahaan untuk menjadi bunglon yang bisa beradaptasi dalam situasi apapun. Bahkan, menurut Prijono Sugiarto menyatakan bahwa dengan bekerja sekuat tenaga dan tidak banyak mengeluh maka kondisi perusahaan akan menjadi kuat terhadap masalah dan tantangan. Oleh sebab itu, perlunya adaptasi untuk melakukan apapun saat sekarang. Yang menarik adalah apa yang dikatakan oleh Yohanes Nangoi  Presiden Direktur PT. Isuzu Motor Indonesia tahun 2000-2016 bahwa seseorang harus tekun untuk menjalani proses. Karena kecerdasan tidaklah cukup untuk menjalani sebuah tindakan.     




Prijono Sugiarto Presiden Direktur PT Astra International Tbk. 
(Sumber: Astra/twitter)


Perusahaan juga memerlukan budaya perusahaan yang baik agar setiap karyawan yang ada bisa melakukan sebagai sebuah kebiasaan. Di perusahaan Astra terkenal dengan tradisi Genba, sebuah tradisi yang memberikan ruang komunikasi di internal perusahaan. Di mana, setiap karyawan Grup Astra bisa saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Ini akan menjalin keterikatan dan saling mengenal antar karyawan baik di tingkat manajemen bawah maupun manajemen atas. Dengan demikian bisa menimbulkan sikap saling memahami dan kegotongroyongan dalam menjalankan perusahaan.  




Tradisi Genba di lingkungan Grup Astra (Sumber: Astra/twitter)


***
Perusahaan di Astra Group yang mudah dikenal masyarakat luas adalah yang bergerak di bidang otomotif. Kita mengenal produk-produk Astra seperti sepeda motor Honda, mobil Daihatsu, mobil Toyota dan lain-lain. Tentunya, saat kita memiliki salah satu dari produk tersebut, hal yang paling dibutuhkan adalah keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Faktor kendaraan dan manusia sangat menentukan keselamatan berkendara. Oleh sebab itu, perlu adanya desain produk otomotif yang menyokong untuk dipakai di jalan raya. 
Perlu diketahui bahwa Astra merupakan pelopor perusahaan yang mengembangkan security yang aman dan well-organized di Indonesia. Astra menyadari bahwa faktor keselamatan datang bukan hanya dari produk otomotifnya, tetapi perlunya kesadaran masyarakat dalam berlalulintas. Itulah sebabnya Astra selalu aktif dalam mengembangkan budaya aman berlalulintas. Astra bekerja sama dengan pihak terkait untuk memberikan pemahaman tentang budaya lalu lintas yang baik. Melalui dialog interaktif atau pertemuan tentang budaya aman berlalulintas akan memberikan pemahaman yang lebih dalam kepada masyarakat tentang arti pentingnya memakai kendaraan yang benar di jalan raya.



Astra membangun kesadaran berlalulintas yang baik 
(Sumber: www.astra.co.id)


Astra bukan hanya berkontribusi terhadap masyarakat yang berhubungan dengan produk yang ditawarkan. Tetapi, Astra juga berusaha memberikan manfaat bagi masyarakat dalam berbagai hal. Lantas apa kontribusi nyata Astra terhadap negeri? Seberapa jauhkah? Sebuah pertanyaan mendasar yang mungkin dilontarkan pihak lain untuk meyakinkan bahwa apakah Astra benar-benar bermanfaat bagi orang lain. Kenyataannya,  Astra telah lama memberikan kontribusi yang luar biasa kepada negeri  ini. Karena, kontribusi Astra merupakan wujud nyata dari falsafah perusahaan yang tertuang dalam butir pertama Catur Dharma, yakni menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.  
   

 Kontribusi Astra, segenggam cerita yang penuh inspirasi 
(Sumber: Astra/twitter)


Banyak hal yang telah dilakukan Astra demi bangsa dan negara. Membantu masyarakat yang terkena musibah di berbagai daerah yang sedang dilanda musibah merupakan bagian dari program Satu Indonesia (Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia) yang gencar dilakukan. Bantuan yang diberikan kepada masyarakat yang sedang ditimpa musibah mampu memberikan senyum indah saat menerima cobaan hidup. 
Lanjut, Astra juga peduli pada pendidikan anak-anak Indonesia. Dengan program Beasiswa Astra maka anak-anak Indonesia bisa menimba ilmu di sekolah tinggi jaringan Astra Group. Pemberian beasiswa untuk belajar di Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) merupakan kontribusi Astra guna mencerdaskan bangsa.   



Kepedulian Astra di bidang pendidikan melalui pemberian 
beasiswa (Sumber: www.astra.co.id)

Sebagai informasi, Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) telah meluluskan kurang lebih 3.125 ahli madya dari 24 provinsi, Berbagai group Astra yang telah memberikan bantuan biaya pendidikan di antaranya PT Astra Agro Lestari Tbk., PT United Tractors Tbk., Yayasan Astra Honda Motor, PT Daya Adicipta Motora, Yayasan Toyota Astra Motor dan Yayasan Amaliyah Astra. Ini menunjukan konsistensi dan komitmen Astra yang diwakili oleh Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) turut berperan aktif membangun sumber daya manusia melalui Polman Astra, khususnya di bidang teknologi manufaktur secara luas.
Bukan hanya di bidang pendidikan, Astra juga peduli di bidang kesehatan. Hal yang dilakukan adalah mengoperasionalkan Mokesa (Mobil Kesehatan Astra). Menurut Dokter Neny Nur’aeni yang menjadi petugas Mokesa menyatakan bahwa Mokesa adalah salah satu bentuk pengabdian Astra kepada masyarakat di bidang kesehatan. Astra menyadari betul bahwa pelayanan kesehatan yang baik merupakan dambaan setiap masyarakat Indonesia.
Di bidang lingkungan, kepedulian Astra juga patut diacungi jempol. Apalagi, menanggapi berbagai isu lingkungan yang kian gencar saat ini. Global Warming (pemanasan global) masih menjadi isu lingkungan yang luar biasa. Melihat kenyataan tersebut,  PT Astra International Tbk pada tanggal 3 November 2016 telah meluncurkan Astra Green Energy Summit untuk pertama kalinya. Acara ini  sebagai wujud nyata dalam melaksanakan konservasi energi di lingkungan perusahaan Grup Astra guna mendukung komitmen Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim Paris (Conference of the Parties/COP21) tahun 2015. 

 Kontribusi nyata Astra di bidang lingkungan 
(Sumber: www.astra.co.id)


Menurut Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto menyatakan bahwa dengan adanya program Astra Green Energy Summit maka dapat memberikan inspirasi kepada semua pihak untuk melakukan konservasi energi. Melalui Polman Astra, Astra telah mengembangkan 4 prototipe produk efisiensi energi dan energi terbarukan. Salah satu dari produk tersebut adalah Machine Learning Based Smart Energy Monitoring System.
Tindakan lain yang dilakukan sebagai langkah konservasi energi di internal perusahaan bahwa hingga tahun 2015, Astra  telah menanam 3.567.237 pohon, termasuk 55.000 pohon di Gunung Halimun, 55.000 pohon jati di hutan Wanagama, Yogyakarta. Sebanyak 5.000 pohon di antaranya merupakan hasil kerjasama dengan Green Radio dalam program adopsi pohon di Kampung Sarongge, Jawa Barat, dan 14.700 pohon dari kegiatan  Astra Green Lifestyle 2015.
Sedangkan, pada acara Astra Green Run 2016 yang diadakan di Bali dan Jakarta, Astra telah menanam lebih dari 7.000 pohon. Untuk pelestarian bakau (mangrove), Astra telah menanam 832.046 pohon mangrove. Tindakan lingkungan lainnya  adalah pengembangan Astra Forest, 11 hutan kota, 10 taman kota, 4 Eco-Edu River, dan 17 Bank Sampah yang bekerja sama dengan pemerintah dan para pemangku kepentingan terkait serta turut membangun 5 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak.
Melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan nilai plus bagi sebuah perusahaan. Tindakan ini merupakan cara terbaik untuk mendekatkan perusahaan dengan lingkungan sekitarnya. Menurut Suryo Bambang Sulistyo sebagai Ketua Umum Kadin (Kamar Dagang Indonesia) tahun 2010-2015 menyatakan bahwa program CSR yang dikembangkan Astra mencakup spektrum yang luas dan berkelanjutan serta berdampak menciptakan kesejahteraan, keadilan, dan peradaban dalam masyarakat. CSR ini begitu nyata dirasakan oleh masyarakat dan memberikan pemahaman bahwa denyut nadi perusahaan juga harus bermanfaat bagi orang lain. Kita bisa melihat CSR perjalanan Astra Group berikut ini.


 
CSR Astra International (Sumber: Jiwa Creation)


Di internal perusahaan juga dikembangkan adanya komunitas yang bisa mendorong semangat, potensi dan daya kreatifitas karyawan. Komunitas yang ada di lingkungan Astra seperti Astra Runners Community (ARC). Perlu diketahui bahwa ARC adalah komunitas lari yang dibentuk pada 9 November 2013 yang terdiri dari karyawan Grup Astra dengan hobi sama, yakni lari. Bahkan komunitas yang menginjak usia ketiga mengadakan acara Charity Run yang dihadiri lebih dari 1.000 orang. Tema yang diangkat adalah  We Run, We Care, We Share di kantor pusat Bank Permata, WTC II, Sudirman pada tanggal 13 November 2016. Jadi bukan hanya hidup sehat, tetapi berbagi dengan masyarakat luas adalah fokus dari CSR tersebut.

***

Kontribusi Astra yang telah dilakukan selama ini telah memberikan inspirasi buat negeri bahwa kehidupan dan keberlanjutan perusahaan adalah perlunya berbagi dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Menginjak usianya yang 60 tahun pada tahun 2017 nanti, Astra telah menggenggam cerita indah. Kontribusi nyata di berbagai bidang yang telah dilakukan untuk negeri sebagai bukti bahwa Astra tetap memegang kuat Catur Dharma agar tetap bermanfaat bagi orang lain. Dan, semoga peruahaan lain mampu berbuat yang sama bahkan lebih baik seperti apa yang telah Astra lakukan.    


Referensi:
www.astra.co.id


https://anugerahpewartaastra.satu-indonesia.com/tentang-lomba/




Comments