Thursday, August 24, 2017

Indahnya Pantai Virgin Karangasem, Surga Tersembunyi di Bali Utara



Indahnya Pantai Virgin Karangasem,
Surga Tersembunyi di Bali Utara


Pantai Virgin Karangasem (Sumber: dokumen pribadi)


Kemanakah tujuan anda saat musim liburan tiba? Anda masih bingung? Tenang, anda tidak perlu bingung karena masih banyak spot wisata menarik di Indonesia yang menjadi daya tarik pengunjung. Namun, sampai detik ini pulau Bali memang masih menjadi primadona tujuan wisata saat ilburan. Ya, tidak dipungkiri bahwa Bali bukan hanya menjadi menjadi tujuan wisatawan domestik, tetapi menjadi tujuan wisatawan mancanegara. Keindahan alam dan budayanya menjadi magnet setiap pengunjung.   
Siapapun anda yang hendak berkunjung ke Bali, maka musim liburan merupakan saat yang tepat untuk berburu tiket pesawat agar mendapatkan harga yang lebih murah. Maka, salah satu situs penjualan tiket dan booking hotel online yang banyak diburu orang adalah tiket.com. Banyak harga menarik yang ditawarkan di tiket.com.  Anda bisa memilih rute penerbangan atau jenis pesawat yang menjadi selera anda. Bahkan, anda bisa memesan hotel yang mempunyai budget sesuai dengan keuangan anda. Dan, setelah pemesanan tiket pesawat dan hotel sudah diverifikasi, maka saatnya anda berkemas untuk menikmati perjalanan anda ke pulau Dewata. Taraa….


Laman Tiket.com (Sumber: tiket.com/screenshoot)


Pantai Virgin
Banyak Daerah Tujuan Wisata (DTW) wisata yang menarik di pulau Dewata. Dari wisata pantai hingga pegunungan. Dan, hampir wisata menarik yang banyak dikunjungi wisatawan terletak di Bali Selatan. Daerah Bali Selatan meliputi Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Bangli, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Jembrana. Sedangkan, tempat wisata menarik Bali Utara berada di Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Buleleng belum banyak yang dilirik oleh wisatawan domestik. Justru, wisatawan mancanegara yang kini beralih pandangan  untuk menikmati spot-spot wisata menarik yang berada di kawasan tersebut.
Nah, menikmati salah satu tempat wisata pantai yang berada di Kabupaten Karangasem bisa merupakan alternatif terbaik di musim liburan. Pantai Virgin yang berada tidak jauh dengan Kota Amlapura (ibukota Kabupaten Karangasem), jaraknya kurang lebih 8 km ke arah selatan.  Lokasi pantai Virgin terletak tidak jauh dengan jalan raya Candidasa-Karangasem. Jika anda bergerak dari arah pantai Candidasa, setelah melewati jalan berbukit dan berbelok yang dihuni banyak ribuan kera maka anda akan melihat plang nama pantai yang menunjuk ke arah kanan. Dari jalan raya tersebut, anda bergerak langsung ke pantai kurang lebih 3 km.
Selanjutnya, dari tempat parkir kendaraan, anda masih harus berjalan kaki kurang lebih 500 meter menyusuri jalan berbatu dan belum mengalami pengaspalan. Jalan tersebut masih dalam kondisi alami yang di samping kanan dan kirinya dipenuhi pepohonan yang menghijau.  Bukan hanya itu, jalanan yang menuju pantai harus melewati turunan. Lumayan, bisa membuat nafas anda ngos-ngosan. Tetapi, jika dilakukan sambil ngobrol maka perjalanan tersebut tidak terasa sama sekali. Bagi anda yang malas untuk jalan kaki maka di kawasan ini telah disediakan jasa ojek motor untuk pulang dan pergi dari pantai. Tarifnya sekali jalan sebesar 10 ribu rupiah.
  
Jalanan yang menurun dan masih alami yang berselimutkan 
pepohonan di kanan dan kirinya (Sumber: dokumen pribadi)




Banyak pengunjung yang memanfaatkan jalan menuju pantai 
dengan berjalan kaki (Sumber: dokumen pribadi)


Sesampainya di pantai, anda akan dimanjakan dengan pemandangan pasir putih yang membentang dari utara ke selatan. Pantai Virgin memang berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Bali. Pantai ini masih diselimuti oleh perbukitan yang ditumbuhi dengan pepohonan yang menghijau. Kursi malas dan tenda telah ada di sepanjang pantai. Restoran-restoran juga tersedia untuk memenuhi hasrat kuliner anda.


 
Pantai Virgin dengan pemandangan pasir putih membuat 
spot menarik bagi pengunjung (Sumber: dokumen pribadi)




Hamparan pasir putih dan ombak yang tidak terlalu besar 
membuat pengunjung nyaman saat menikmati acara 
mandi di pantai (Sumber: dokuemen pribadi)


Menarik, ada sisi pantai yang berbatasan dengan bukit yang masih ditumbuhi oleh pepohonan. Air yang jernih dengan ombak pantai yang tidak terlalu besar sangat cocok untuk acara mandi pantai. Bukan itu saja, pantai Virgin ini merupakan spot yang menarik untu menikmati sunrise (matahari terbit). Karena, pantai ini terletak di bagian timur Bali Utara. Namun, saat sore hari anda bisa saja menikmati sunset (matahari terbenam). Namun, tidak seindah dibandingkan dengan pantai yang terletak di bagian barat pulau Bali seperti pantai-pantai yang berada di Kabupaten Badung, Tabanan, Jembrana. Sebut saja seperti pantai Kuta, Pandawa, Medewi, Gangga dan lain-lain.  


Bukit yang penuh pepohonan berbatasan langsung dengan 
air laut (Sumber: dokumen pribadi)


Pengunjung yang berasal dari mancanegara justru mendominasi di pantai ini. Hal ini dikarenakan wisatawan mancanegara senang bertualang atau hunting ke tempat wisata terbaru. Sedangkan, wisatawan lokal biasanya berburu ke spot wisata yang sudah melegenda dengan dalih  perhitungan waktu dan biaya. Namun, bagi petualang sejati mengunjungi pantai Virgin memberikan kepuasan tersendiri. Meskipun daerahnya jauh dari pusat kota Denpasar, tetapi biaya atau transportasi tidak menjadi masalah yang serius. Saya sendiri sudah tiga kali berkunjung ke Pantai Virgin tetapi keindahan alam yang ada membuat saya ingin balik berkunjung.  Padahal, waktu tempuh dari Kota Denpasar ke pantai Virgin kurang lebih 2 jam.


Wisatawan mancanegara mendominasi kunjungan ke pantai Virgin
(Sumber: dokumen pribadi)


Setiap berkunjung ke pantai Virgin, saya selalu terpesona dengan butiran pasir putih yang memantulkan cahaya keemasan saat terkena sinar matahari. Aktifitas mengamati gerakan ombak laut yang menyergap setiap pengunjung yang sedang mandi memberikan suasana tersendiri. Apalagi, saat matahari mulai bergerak turun di ufuk barat maka semburat warna kombinasi pelangi menghiasi langit. Benar-benar indahdan bisa menjadi pemandangan yang instagramable. Di sisi lain, pemandangan wisatawan yang sedang bermain pasir dan duduk santai di pinggir pantai memberikan suasana damai. Angin pun berhembus sepoi-sepoi tiada henti dari pepohonan yang berada di sepanjang pantai.


Menikmati Pantai Virgin di sore hari (Sumber: dokumen pribadi)


           Surga tersembunyi di Bali Utara tersebut pelan-pelan mulai berselimut cahaya matahari yang mulai meredup. Sementara, pemandangan di sekitar pantai Virgin mulai memberikan pesona yang luar biasa. Ya, pantai yang masih dalam kategori “perawan” sungguh menjadi tujuan menarik liburan anda. Jadi, tidak lengkap rasanya saat anda berkunjung ke Bali Utara tidak mengunjungi pantai ini. Selamat berlibur dan menikmati surga yang sesungguhnya di Bali Utara ini.  




No comments:

Cerita Asyik di Kapal Ferry, Antara Jaket Pelampung, Musik Osing dan Selat Bali

Kapal Ferry di jalur penyberangan Selat Bali  (Sumber: dokumen pribadi) Pulau Bali selalu menawan bagi siapa saja baik wisata...