Thursday, October 5, 2017

Ayam dan Telur, Bikin Sehat dan Cerdas Bagi Generasi Millenial



Ayam dan Telur, Bikin Sehat dan Cerdas
Bagi Generasi Millenial



Generasi millennial, calon pemimpin bangsa masa depan  
(Sumber: harapanrakyat.com)




“Sedapnyaaa….” kata yang familiar dikatakan oleh si kecil pintar Upin dan Ipin, kartun anak-anak  produksi negeri Jiran Malaysia yang tayang di TV swasta Indonesia. Daging ayam menjadi masakan kesukaan tokoh sentral dari kartun tersebut. Dalam setiap ceritanya, Upin dan Ipin adalah sosok anak yang sehat dan cerdas dan mau melakukan apapun demi mendapatkan daging ayam. Ya, daging ayam memang menjadi makanan kesukaan 2 (dua) anak berkepala plontos itu. Tentu, sang pembuat kartun juga memahami bahwa daging ayam mengandung banyak zat gizi tinggi sangat bermanfaat bagi tubuh.
Sama halnya dengan bangsa Indonesia, dalam rangka memperingati Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) maka Pemerintah  menggalakkan perlunya generasi bangsa ini untuk mengkonsumsi daging ayam dan telur. Mengapa? Generasi millennial adalah generasi bangsa yang akan memimpin bangsa Indonesia 20-30 tahun mendatang. Konsumsi makanan yang mengandung zat gizi baik akan berpengaruh besar terhadap kecerdasan dalam memimpin bangsa. Oleh sebab itu, sejak dini perlunya asupan gizi yang tepat untuk pertumbuhan dan perkembangan di masa depan. Setelah Pemerintah menggalakkan perlunya mengkonsumsi ikan maka generasi bangsa ini juga ditekankan perlunya mengkonsumsi daging ayam dan telur.     

Daging Ayam
Ayam merupakan unggas yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia baik di sekitar rumah atau diternak secara khusus dengan menggunakan kandang. Harga daging ayam yang selalu melonjak secara signifikan saat menjelang hari raya Idul Fitri merupakan fenomena masyarakat Indonesia dalam meningkatkan nutrisi bangsa. Dan, daging ayam sangat diperlukan bagi generasi bangsa dikarenakan mengandung kadar protein yang tinggi.


Daging ayam dengan protein tinggi (Sumber: kesehatanpedia.com)


Perlu diketahui bahwa zat protein yang terdapat di dalam daging ayam berupa asam amino. Di mana, asam amino sendiri berfungsi untuk membangun otot di dalam tubuh. Ini memberikan dampak terhadap kesehatan generasi bangsa agar tumbuh dengan baik. Zat gizi yang terdapat pada setiap 100 gram daging ayam bisa anda lihat pada tabel berikut ini:

(Food Weight) = 100 gr
Energi
Protein
Lemak
Karbo.
Kalsium
Fosfor
Zat Besi
Vit. A
Vit. B1
Daging ayam
302 kkal
18,2 gr
25 gr
-
14 mg
200 mg
2 mg
810 IU
0,08 mg
Keterangan: Daging Ayam yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 58 %
Kandungan gizi daging ayam per 100 gram (Sumber: klinikgizi.com)

Untuk melihat tentang manfaat daging ayam bagi kesehatan, maka anda bisa lihat tayangan video berikut ini:



Manfaat daging ayam (Sumber: Juragan Nisah)

Telur
Mengkonsumsi telur bagi generasi millennial sangatlah penting. Banyak ragam telur yang bisa dikonsumsi. Dan, biasanya jenis telur yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia seperti telur ayam, bebek dan puyuh.  Sebagai informasi penting bahwa dalam sebutir telur ayam saja terdiri atas 11 % kulit telur (cangkang), 58 % putih telur (albumin), dan 31 % kuning telur (yolk). Selanjutnya, dalam sebutir telur ayam dengan berat 50 gram mengandung 6,3 gram protein, 0,6 gram karbohidrat, 5 gram lemak, serta sejumlah vitamin dan mineral.


Telur ayam dengan kandungan protein tinggi 
(Sumber: sehatbugarbersama.com)


Dari komposisi zat yang ada pada telur, maka kuning telur merupakan salah satu zat yang berfungsi untuk membantu perkembangan otak dikarenakan kuning telur sebagai sumber vitamin B-kompleks dan Kolin yang sangat dikenal sebagai salah satu zat gizi yang dapat membantu fungsi sistem syaraf di mana Kolin ini berguna untuk menjaga kesehatan otak.  Bahkan, Kolin merupakan elemen kunci dari struktur yang mengandung lemak dalam sel-sel membran,  fleksibilitas dan integritas tergantung pada asupan kolin. Jika anda mengkonsumsi dua butir telur maka anda telah menyediakan sekitar 250 miligram kolin atau kira-kira setengah dari asupan harian yang dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui.
Itulah sebabnya, telur sangat baik dikonsumsi oleh wanita hamil agar janin yang dikandungnya mempunyai perkembangan otak yang maksimal.  Ditambah lagi, pada saat masa perkembangan maka telur sangat baik dikonsumsi untuk menambah kecerdasan otak generasi millennial. Saat anda mengkonsumsi telur maka zat protein yang terkandung pada kuning telur sebesar 16,5% , sedangkan pada putih telur sebanyak 10,9 %.


Kuning telur dengan banyak manfaat 
(Sumber: tipscaraterbaik.com)


Zat Protein telur terdiri atas ovalbumin (pada bagian putih telur) dan ovavitelin (pada kuning telur). Apalagi, protein telur mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Zat ini sangat cocok bagi generasi bangsa tetap sehat dalam menyongsong masa depan bangsa yang lebih baik. Mengkonsumsi telur dengan kandungan gizi tinggi merupakan cara mudah untuk meningkatkan kecerdasan generasi bangsa. Kandungan gizi berbagai jenis telur berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih dalam, anda bisa lihat tabel berikut ini:


Telur
Energi
Protein
Lemak
Karbo.
Kalsium
Fosfor
Besi
Vit A
Vit B1
Air
Ayam utuh
162 kkal
12.8 g
11.5 g
0.7 g
54 mg
180 mg
2.7 mg
900 SI
0.10 mg
74.0 g
Ayam bag. kuning
361 kkal
16.3 g
31.9 g
0.7 g
147 mg
586 mg
7.2 mg
2000 SI
0.27 mg
48.4 g
Ayam bag. putih
50 kkal
10.8 g

0.8 g
6 mg
17 mg
0.2 mg


87.8 g
Bebek
189 kkal
13.1 g
14.30 g
8 g
56 mg
175 mg
2.8 mg
1230 SI
0.18 mg
70.8 g
Bebek Asin
395 kkal
13.6 g
13.6 g
1.4 g
120 mg
157 mg
1.8 mg
841 SI
0.23 mg
66.5 g
Penyu
144 kkal
12.0 g
10.2 g

84 mg
193 mg

600 SI
0.11 mg
766 g
Puyuh
1450 kkal,
10.3 g
10.6 g
3.3 g
49.0 mg
198 mg
1.4 mg
2741 SI


Kandungan gizi berbagai telur (Sumber: Sehatbugarbersama.com)

Mengkonsumsi daging ayam dan telur merupakan program yang wajib dilakukan secara berkesinambungan. Kandungan zat gizi tinggi yang ada di dalamnya merupakan bekal yang baik untuk memberikan kecerdasan generasi millennial. Kita memahami bahwa generasi millennial merupakan penyambung estafet kepemimpinan bangsa  Indonesia saat ini. Apalagi, tahun-tahun mendatang setelah bonus demografi terlewati maka tanggung jawab generasi millennial dalam memecahkan solusi bangsa adalah wajib.
Itulah sebabnya, generasi millennial perlu mengkonsumsi makanan yang mempunyai zat gizi tinggi. Ini merupakan modal besar untuk meningkatkan kecerdasan bangsa. Karena, masalah bangsa yang akan dihadapi puluhan tahun mendatang membutuhkan generasi bangsa yang tumbuh sehat, cerdas dan kreatif.  Untuk memahami tentang manfaat telur bagi tubuh, anda bisa melihat tayangan berikut ini:


Manfaat telur ayam kampung bagi tubuh
(Sumber: Resep Unhi)








No comments:

Cerita Asyik di Kapal Ferry, Antara Jaket Pelampung, Musik Osing dan Selat Bali

Kapal Ferry di jalur penyberangan Selat Bali  (Sumber: dokumen pribadi) Pulau Bali selalu menawan bagi siapa saja baik wisata...