Pesan Hotel di Traveloka Pasti Mudah dan Dijamin "StayGuarantee"





Salah satu sudut hotel mewah The Anvaya Beach Resort di kawasan Kartika 
Plaza Kuta Bali (Sumber: dokumen pribadi)


Perkembangan dunia digital sungguh luar biasa. Segala informasi yang ada di dunia ini dapat diakses dalam sentuhan jari (touchscreen). Dunia seperti tak berbatas (borderless). Informasi yang muncul di belahan bumi utara bisa diakses saat itu juga oleh penguna jaringan Teknologi Informasi (TI) di bumi belahan selatan, begitupun sebaliknya. Kemudahan dunia digital juga menjadi lahan yang baik untuk berbisnis online. Beberapa tahun belakangan ini bisnis konvensional pelan tapi pasti mulai mengencangkan ikat pinggang. Bahkan, ada beberapa yang lebih ekstrem “gulung tikar” alias bangkrut dari usaha retail hingga bisnis media mainstream. Bisnis mereka mulai mengalami senjakala dengan hadirnya bisnis online.
Tidak dapat dipungkiri bahwa akselerasi ranah digital telah menjungkirbalikkan kondisi bisnis saat ini. Kini, banyak usaha-usaha start-up yang berbasis online mulai bermunculan. Mereka beradu untung untuk menarik pelanggan dengan melihat persentase pemakai digital penduduk Indonesia yang tergolong tinggi. Menurut data APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Indonesia) tahun 2017 menyatakan bahwa penguna internet penduduk Indonesia sebanyak 132,7 juta jiwa dari total penduduk Indonesia sebanyak 256,2 juta jiwa. Pasar bisnis online sungguh menggiurkan, bukan?
Yang menarik adalah bermunculan aplikasi online yang memudahkan orang untuk berbelanja atau membeli berbagai macam tiket. Gempuran iklan aplikasi pun menghiasi layar kaca dan media online.  Salah satu aplikasi online yang sedang naik daun adalah Traveloka yang dikenal sebagai aplikasi komplit bagi yang suka traveling. Dengan mengunduh (download) aplikasi tersebut melalui Play Store, maka anda akan mendapatkan notifikasi melalui akun email yang menyatakan bahwa anda bisa mengakses aplikasi online Traveloka tanpa batas. Dan, anda secara otomatis akan menjadi member Traveloka Club yang akan mendapatkan banyak keuntungan dengan penawaran atau diskon menarik.



Traveloka selalu memberikan kabar menarik tentang diskon hotel yang 
ditawarkan melalui email  (Sumber: Traveloka/screenshoot email)


Perlu diketahui bahwa aplikasi Traveloka secara garis besar terbagi dalam berbagai macam fitur, yaitu: 1) Tiket pesawat; 2) Hotel; 3) Tiket kereta api; 4) Pesawat + hotel; 5) Pulsa dan Paket internet; dan 6) Aktivitas & Rekreasi. Di luar fitur-firtu tersebur tersebut masih banyak fitur lainnya yang menarik untuk disimak. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar berikut:


Beragam fitur menarik yang ditawarkan Traveloka 
(Sumber: Traveloka/screenshoot apps)


Dari berbagai fitur Traveloka, saya sangat tertarik untuk membahas lebih rinci tentang fitur utama “Hotel”. Saat anda mau mencari hotel baik di dalam maupun luar negeri yang kita inginkan maka kita perlu ketik daerah yang kita inginkan, tanggal Check in, Durasi, jumlah tamu dan kamar. Untuk mempermudah pencarian maka kita perlu klik “Filter” (saring) yang bertujuan untuk mengelompokkan jenis hotel yang lebih spesifik sesuai dengan keinginan anda. Karena, semakin fokus kriteria hotel yang anda inginkan, maka proses pencarian (searching) hotel semakin cepat dan mudah.


 
Tampilan awal saat pencarian hotel di Traveloka 
(Sumber: Traveloka/screenshoot apps)


Namun, jika proses pencarian hotel secara general (umum) dengan meng-klik wilayah keberadaan hotel, sebagai contoh “Bali” dan langsung klik “Cari” maka anda akan mendapatkan tampilan area Bali yang berdekatan dengan anda dan disertai dengan harga (cost) hotel. Aplikasi akan menampilkan beberapa hotel terbaik di area yang anda inginkan. Anda tinggal klik, area yang spesifik mana yang anda inginkan, Denpasar, Kuta atau Nusa Dua. Semua kemudahan pencarian hotel tergantung dalam sentuhan jemari tangan anda.


Tampilan area Bali beserta dengan harga hotel yang 
ditawarkan (Sumber: Traveloka/screenshoot apps)


Hal yang perlu diperhatikan saat pencarian hotel di Traveloka adalah melakukan filter (saring) untuk mendapatkan hotel dengan kriteria yang diinginkan  secara cepat dan tepat. Proses Filter tersebut meliputi : 1)Kisaran harga per kamar per malam; 2) jenis hotel berbintang; 3) Fasilitas; 4) Pilihan akomodasi; 5) Tipe akomodaasi; dan 6) objek populer. Proses filter juga mencari kategori hotel yang mempunyai popularitas atau mengurutkan jenis hotel dari segi harga (terendah, tertinggi, dan rating tertinggi). Semua pilihan filter tergantung dari keinginan anda. Oleh sebab itu, pilihlah hotel dengan bijak sesuai kebutuhan bisnis atau traveling anda.
  

Pencarian hotel sesuai dengan tingkat popularitas, harga 
dan rating (Sumber: Traveloka/screenshoot apps)



Beberapa pilhan filterisasi hotel untuk menemukan jenis hotel 
yang mempunyai kriteria yang dibutuhkan 
(Sumber: Traveloka/screenshoot apps)


Aplikasi Traveloka juga mengklasifikasi fitur pencarian hotel dalam 4 kategori besar yaitu: Semua, Mewah, Budget dan Bayar di Hotel. Ketika anda mencari fitur hotel “Semua” maka aplikasi akan menampilkan beberapa hotel secara umum sesuai dengan hotel yang menjadi “Pilihan Populer” pengguna aplikasi. Tetapi, anda bisa menggunakan alat bantu “Filter”, “Urutkan”, dan/atau  “Peta” untuk mencari kriteria hotel yang lebih spesifik. Tampilan hotel yang anda cari akan memberikan gambaran tentang jenis hotel berbintang atau tidak, area, cara pembayaran dan lain-lain. Di fitur ini anda akan mendapatkan berbagai hotel dari semua kategori baik mewah, budget maupun yang bayar di tempat beserta kelebihan-kelebihan lainnya.


Tampilan pencarian hotel di fitur “Semua” Traveloka 
(Sumber: Traveloka/screenshoot apps)



Stay di Haris Hotel & residence Sunset Road Kuta Bali
(Sumber: dokumen pribadi)


Jika kita mempunyai budget (anggaran) lebih dan menginginkan kenyamanan hotel mewah  saat melakukan traveling atau tugas bisnis, maka mengakses hotel di Traveloka bisa langsung klik fitur “Mewah”. Aplikasi akan menampilkan berbagai hotel dengan harga yang mewah pula. Untuk mencari kriteria hotel mewah yang lebih spesifik dengan kriteria yang anda inginkan maka selalu melakukan proses pencarian yang lebih mudah dengan klik “Filter”, “Urutkan” dan/atau “Peta”. Aplikasi secara akurat akan menampilkan hotel-hotel sesuai keinginan anda. Sebagai contoh, anda menginginkan tampilan hotel yang paling mahal dahulu maka deretan hotel dari mewah ke yang paling murah deretan hotel-hotel mewah akan muncul secara berurutan.  


Fitur pencarian hotel “Mewah” di Traveloka 
(Sumber: Traveloka/screenshoot apps)


Pengalaman stay 3D2N di The Anvaya Beach Resort Kuta Bali 
dengan pemandangan lansekap hijau 
(Sumber: dokumen pribadi)


Bagi anda yang suka Backpacking Traveling, maka aplikasi Traveloka juga menampilkan hotel-hotel dengan cost yang rendah. Anda tinggal klik “Budget” maka aplikasi akan menampilkan hotel-hotel budget (berbiaya murah). Jangan lupa untuk meng-klik “Filter”, “Urutkan” dan/atau ”Peta” untuk pencarian hotel yang lebih spesifik sesuai dengan kriteria yang anda inginkan. Meskipun, kategori hotel “budget” tetapi hotel-hotel yang ditawarkan mempunyai keamanan, kenyaman dan kebersihan yang tidak kalah dengan hotel mewah selama anda traveling. Apalagi, jika anda melakukan traveling ke Bali dan bermaksud menghemat pengeluaran maka pencarian fitur hotel “budget” merupakan pengalaman yang menarik.



Fitur pencarian hotel “budget” sangatlah penting  bagi 
anda seorang backpacker atau ber-budget kecil 
(Sumber: Traveloka/screenshoot apps)


Stay di CX Hostel Kuta Bali yang aman, nyaman dan bersih 
(Sumber: dokumen pribadi)


Aplikasi Traveloka memberikan kemudahan bagi anda dalam melakukan traveling baik seorang backpacker, honeymoon (bulan madu) atau tugas dinas. Berbagai macam jenis hotel yang mempunyai kriteria dan akomodasi yang beraneka ragam bisa dicari (dipesan) dengan mudah. Bahkan, kita bisa booking (pesan) hotel dengan pembayaran di tempat. Dan, Traveloka menyediakan fitur “Bayar di Hotel”. Jadi, saat saldo di tabungan anda tidak mencukupi (uang kontan) untuk melakukan transfer maka proses pembayaran di tempat merupakan alternatif yang menarik buat anda, bukan?
Hal yang perlu anda ketahui adalah proses booking hotel di Traveloka dijamin StayGuarantee (pasti tinggal di hotel yang diinginkan). “Pesan hotel dahulu, liburan kemudian” merupakan jargon yang menarik untuk meyakinkan bahwa pemesanan hotel di Traveloka kecil sekali kemungkinan mengalami kegagalan. Bukan itu saja, cost hotel yang harus dibayar adalah apa yang tercantum di aplikasi. Dengan kata lain, Traveloka memberikan jaminan kepercayaan penuh sebagai aplikasi pemesanan hotel yang diandalkan baik untuk hotel dalam maupun luar negeri. Pantas saja jika Traveloka menjadi aplikasi booking hotel terdepan di Indonesia.
            Traveloka dengan logo burung yang menghadap ke atas siap mengantar anda untuk singgah dan #JadiBisa tinggal di hotel manapun di dunia sesuai dengan keinginan anda. Aplikasi ini sangat membantu untuk yang sedang honeymoonbusinessman (pebisnis), Backpacker atau Traveler dunia. Beragam jenis hotel di belahan dunia ditawarkan dengan harga yang menarik. Lagi, Traveloka juga sering memberikan diskon hotel yang membuat pengguna aplikasi shock (kaget) banget. Penawaran diskon tersebut bisa melalui email atau fitur promo di aplikasi yang sedang berlangsung.
            Jadi, banyak keuntungan yang ditawarkan Traveloka sehubungan dengan fitur “Hotel”. Anda tinggal sentuh, scrolling, dan hentikan jempol anda untuk mengamati penawaran menarik. Anda setuju, tidak perlu ragu untuk klik pesan hotel baik dalam maupun luar negri sesuai dengan kriteria hotel yang menjadi incaran anda. Kini, anda tidak perlu ragu, bingung atau galau untuk memilih hotel saat anda melakukan perjalanan bisnis, traveling atau honeymoon (bulan madu) bersama pasangan anda.
Atur waktu anda untuk memesan hotel sesuai dengan incaran anda dan Traveloka akan memenuhi keinginan anda. Kurang apa coba? Jika, Traveloka bisa memenuhi apapun jenis hotel yang anda inginkan, maka “Nikmat Allah mana yang kamu dustakan”. Ya, Allah telah memberikan nikmat dan kemudahan perjalanan anda melalui aplikasi “si burung biru”. Sekarang, kemudahan pemesanan hotel ada di sentuhan jemari anda. So, touchscreen Traveloka, now!   



Aplikasi Traveloka memberikan kemudahan siapapun termasuk 
artis untuk pemesanan hotel di manapun (Sumber: Traveloka)


Comments

Benar mas. Nyaman tidurnya, malah bikin tidur Kesiangan. Salam hangat.

Popular Posts