Monday, March 12, 2018

Kini, Smartfren Resmi Jadi Sponsor Utama Bali United FC






Peluncuran kerjasama Bali United FC dan Smartfren di Hard 
Rock Café, tanggal 22 Pebruari 2018 
(Sumber: WA Group BBC)




Perkembangan dunia digital kian tak terbendung. Setiap provider besar yang ada di Indonesia berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Bukan itu saja, berbagai cara dilakukan untuk menarik pelanggan. Tak terkecuali dalam dunia olahraga khususnya olahraga sepakbola. Dunia sepakbola kini sepertinya tidak bisa lepas dari dunia provider sebagai sponsor.
Beberapa klub sepakbola berusaha untuk digaet atau menggaet provider besar untuk menjadi sponsor utama. Klub sepakbola menyadari bahwa sponsor menjadi urat nadi perkembangan sepakbola dalam hal pembiayaan atau keuangan. Salah satu klub sepakbola yang kini sedang menjadi pembicaraan publik adalah Bali United FC. Beberapa minggu yang lalu, Bali United FC menjadi runner up Piala Presiden setelah dikalahkan oleh Persija FC di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta.
Kehebatan Bali United FC tentunya menjadi incaran para pemodal besar khususnya provider besar untuk menjadi sponsornya. Baru-baru ini, Bali United FC kembali mengumumkan satu lagi perusahaan yang menjadi sponsor untuk kompetisi tahun 2018. Yang terbaru, adalah Smartfren yang resmi jadi sponsor Bali United FC di kompetisi tahun 2018 ini. Smartfren juga menjadi perusahaan telekomunikasi pertama yang menjadi sponsor Bali United FC.
Peluncuran kerja sama tersebut pertama kali di adakan di Hard Rock Café Kuta Bali tanggal 22 Pebruari 2018 lalu. Beberapa pilar Bali United FC seperti Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly serta CEO Bali United FC Yabes Tanuri hadir pada acara peluncuran kerja sama tersebut. Tak terkecuali, Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim yang hadir mengawali pembukaan kerja sama tersebut.
Menurut Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim menyatakan, Sponsorships terhadap Bali United merupakan bentuk dukungan Samartfren kepada dunia olahraga Indonesia khususnya sepakbola.
“Kami bangga dapat menjadi bagian dari kesuksesan klub Bali United. Dengan adanya dukungan konektivitas prima dari Smartfren, kami berharap baik pemain, official, maupun supporter Bali United FC pada khususnya, serta masyarakat Bali pada umumnya dapat merasakan kecepatan jaringan 4G LTE serta produk dan layanan Smartfren untuk kemajuan bangsa” ujar Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren.


Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim mengawali peluncuran kerjasama Smartfren dan Bali United FC (Sumber: dokumen pribadi)

Bisa lihat video press conference di You Tube berikut:


Press Conference kerja sama Smartfren dan 
Bali United FC (Sumber: You Tube/Casmudi)


Tentunya, kerja sama tersebut merupakan hubungan yang saling menguntungkan. Menurut CEO Bali United FC, Yabes Tanuri mengatakan bila pihaknya menyambut antusias kerja sama Bali United FC dengan Smartfren. Menurutnya, tingkat penggunaan handphone yang tinggi benar-benar akan membantu para supporter, official dan pemain Bali United dengan sinyal maksimal dari Smartfren.
“Memang di era masa kini, sinyal koneksi smartphone sangat dibutuhkan masyarakat. Dengan adanya kerja sama ini, maka kami, Keluarga besar Bali United FC tidak akan bingung lagi untuk masalah koneksi karena kami percaya sinyal 4G LTE Smartfren akan memberikan pelayanan terbaik untuk kami dan juga seluruh masyarakat Bali” ujar Yabes Tanuri.
Kerja sama dan dukungan kepada Bali United FC juga bisa dibilang sebagai bentuk perhatian Smartfren kepada masyarakat Bali, di mana Bali merupakan lokasi yang spesial bagi Smartfren. Saya sempat berbincang-bincang dengan Pak Yabes Tanuri mengenai resep melesatnya Bali United FC dalam kancah dunia sepakbola. Beliau menyatakan bahwa kerja sama semua lini seperti manajemen klub, para fans (supporter) dan pihak ketiga seperti para sponsor terjalin dengan baik. Itulah sebabnya, Smartfren tertarik untuk menjadi sponsor utama klub tersebut.
Mengimbangi kerjasama tersebut, Smartfren berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan. Karena hal itu juga, Smartfren menambah coverage di Bali sebanyak dua kali lipat, sehingga khusus Bali pelanggan Smartfren dilayani oleh kurang lebih 600 BTS. Hal tersebut dilakukan untuk menjamin konektivitas Smartfren menjadi lebih baik.
Yang menarik bahwa Smartfren membangun koneksi yang baik di kawasan stadion olahraga. Seperti, Smartfren juga menghadirkan WIFI acces point di markas Bali United FC, stadion Kapten I Wayan Dipta. Hal tersebut dimaksudkan untuk para penonton dapat merasakan dan menggunakan konektivitas 4G LTE Smartfren selama pertandingan berlangsung. Jadi, koneksi jaringan Smartfren selama pertandingan berlangsung bisa diakses dengan mudah para penonton atau fans klub Bal United FC.
Pada acara peluncuran kerjasama yang diadakan di Hard Rock Café Kuta Bali juga secara resmi diluncurkan kartu perdana baru dari Smartfren. Kartu perdana tersebut bisa digunakan secara unlimited. Semua punggawa Bali United FC dan Smartfren memamerkan kartuperdana tersebut di depan para media dan blogger.   


 
Para punggawa Bali United FC dan Smartfren memamerkan kartu 
unlimited Smartfren (Sumber: dokumen pribadi)


Bukan itu saja, kaos yang bergambar atau bertuliskan “Smartfren Bali United 2018” juga dipamerkan di depan publik. Ini menandakan bahwa kerjasama Smartfren dan Bali United FC secara sah bisa diakses dan diketahui publik. Kaos berwarna merah tersebut dibentangkan oleh CEO Bali United FC, Yabes Tanuri dan Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim. 

      
Kaos kerja sama Bali United FC dan Smartfren tahun 2018 
(Sumber: dokumen pribadi)


Pihak Bali United FC dan Smartfren juga menyalami awak media sebagai bukti tentang kepedulian pemberian informasi kepada publik. Berbagai media baik televisi, cetak dan online hadir pada acara peluncuran kerja sama tersebut. Pihak Bali United FC dan Smartfren sangat berterima kasih kepada pihak media yang telah hadir meliput acara tersebut.    



Pihak Bali United FC dan Smartfren menyalami awak media di akhir 
acara (Sumber: dokumen pribadi)


Di akhir acara kerja sama tersebut, suasana masih terlihat guyub dan meriah. Saya menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan pilar Bali United FC dan berfoto bersama. Respon  yang hangat dari CEO dan pilar punggawa Bali United FC serta Deputy CEO Smartfren tentang peluncuran kerja sama di masa depan tersebut sangat menarik untuk disimak. Mereka asik dan terbuka tentang kerja sama yang baik tersebut.  



FOto bersama dengan CEO & punggawa Bali United FC serta 
Deputy CEO Smartfren (Sumber: dokumen pribadi)


Provider dan dunia sepakbola sepertinya tidak bisa dipisahkan di era digital sekarang ini. Mereka saling membutuhkan. Sukses buat kerjasama yang baik antara BaliUnited FC dan  Smartfren. Semoga prestasi Bali United FC semakin maju di masa depan. Dan, Smartfren menjadi provider kebanggasn bangsa Indonesia. Bravo sepakbola!


No comments:

Signify Resmikan Philips Home Lighting Store Baru di Bali

Pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Rami Hajjar  (Presiden Direktur Signify) pada peresmian Philips Home  Lighting Store Bali (Sum...