Wednesday, April 4, 2018

5 Hal Menarik yang bisa Anda Dapatkan di Teluk “Love” Jember


Sunrise di Teluk “Love” Jember (Sumber: IG @jefrilay999/IG)



Jember merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Oleh sebab itu, anda bisa temukan beberapa destinasi wisata Jember berupa pantai yang menawan dan masih perawan bisa. Apalagi, penyampaian informasi melalui digital yang kian berkembang menjadikan banyak  destinasi wisata Jember kian populer.  Kondisi itulah yang menyebabkan Jember makin rame dengan wisata pantainya.
            Selain dua pantai yang sudah tersohor dengan keindahan pesona sunrise (matahari terbit) dan batu karang yang mencakar langit yakni Pantai Papuma Jember atau Pantai Tanjung Papuma dan Pantai Watu Ulo. Kini, Jember mempunyai pesona pantai yang mampu menghipnotis para pengunjung, yaitu  Teluk “Love” Jember.  Perlu diketahui, Teluk Love berlokasi di Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Jawa Timur.


Peta dan rute ke Teluk Love Jember (Sumber: direktori-wisata.com)


Akses atau rute jalan menuju lokasi Teluk Love Jember sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Dari pusat Kota Jember hanya membutuhkan waktu kurang lebih 40-60menit. Lanjut, anda bisa ke lokasi  Teluk Love Jember melalui arah ke Ambulu (arah selatan kota) yang mempunyai dua jalur. Bisa melalui rute  Mangli – Ajung – Ambulu - Teluk Love  atau rute melalui Kota - Mangli – Rambipuji - Balung - Wuluhan - Ambulu - Teluk Love.
Ketika sampai di lampu merah Ambulu, maka anda tinggal mengikuti rute yang menuju Pantai Papuma yaitu arah lurus jika dari Ajung. Dan, jika dari Balung bisa belok kanan, lanjutkan terus hingga anda sampai di pertigaan terakhir (area persawahan). Jika, anda ambil arah ke kanan maka menuju Pantai Papuma, sedangkan, jika lurus anda bisa melanjutkan menuju Teluk Love.  


Jalur masuk menuju Teluk Love Jember
(Sumber: tempatwisatajember.blogspot.co.id)


Melalui informasi yang masif melalui media sosial (medsos), pesona Teluk Love Jember kian populer dan merangsang siapapun untuk mengunjungi. Lantas, apa sih hal-hal menarik yang bisa anda daptakan  di Teluk Love Jember? Setidaknya ada 5 hal menarik yang bisa anda dapatkan saat anda berkunjung ke Teluk Love Jember.

1.    Pemandangan Teluk Love yang Mempesona
Teluk Love Jember merupakan destinasi wisata yang kian populer dan banyak diminati para wisatawan di kala berlibur ke Jember. Setiap pekan ada sekitar 1.500 - 2.000 orang pengunjung. Pengunjung paling ramai ketika  hari libur, Minggu. Pesona Teluk Love Jember sangat indah dan menawan dengan suasana pantai yang masih alami dan masih tergolong deretan pantai yang langsung berhadapan dengan Samudra Hindia.
Dinamakan Teluk Love karena berupa bagian laut yang menjorok ke daratan. Uniknya, ada dua teluk sekaligus dan berdempetan membentuk cermin. Jika, dilihat dari jauh dan bagian yang tinggi, gabungan kedua teluk membentuk gambar hati. Sementara, bahasa Inggris dari hati adalah Love yang menandakan “cinta”.  Teluk Love Jember dihiasi dengan bukit-bukit indah yang menjulang tinggi. Bukan itu saja, bukit di tepi pantai dan beberapa batu karang yang menghalang di depan pantai khas tempat wisata di pantai selatan menghiasi pantai seperti pulau-pulau kecil.


Teluk Love Jember dilihat dari jauh dan ketinggian, 
bentuk “love” jelas terlihat 
(Sumber: www.jejakpiknik.com)


2.    Eksplorasi Bukit Domba
Pesona Teluk Love Jember tak bisa dinikmai secara maksimal saat anda berada daratan pantai.  Teluk Love Jember akan semakin eksotik ketika dinikmati dari sebuah bukit yang dinamakan Bukit Suroyo. Tetapi, bukit Suroyo lebih dikenal sebagai Bukit Domba. Hal ini dikarenakan di bukit tersebut banyak sekali hewan ternak domba. Hewan-hewan tersebut dipelihara dan dilepas oleh penduduk setempat secara liar untuk mencari makan.
Bukit ini merupakan salah satu gugusan bukit yang bertebaran di pinggir Laut Selatan Jawa. Dan, bukit tersebut pada awalnya berfungsi sebagai penahan gemburan ombak laut ke daratan. Tetapi, setelah bukit setinggi kurang lebih 200 mpdl dikelola sebagai tempat wisata, maka kumpulan domba mulai berkurang jumlahnya. Sedangkan, satwa lain yang masih menghuni di bukit tersebut adalah kera.
            Kini, bukit Teluk Love atau bukit Suroyo tidak pernah sepi pengunjung. Untuk mencapai bukit tersebut maka setiap pengunjung dikenakan tiket masuk lokasi sebesar Rp. 5.000,-/orang. Untuk mencapai puncak bukit Domba, anda tidak perlu melangkah jauh-jauh. Hanya dengan berjalan 15 menit dari Teluk Love Jember. Dan, pemandangan indah Teluk Love akan tersaji dengan indahnya di depan mata anda.


Bukit Teluk Love atau Bukit Suroyo yang dikenal dengan Bukit Domba 
(Sumber: tempatwisatajember.blogspot.co.id)


3.    Membangun Romantisme Hubungan Cinta
Ada hal menarik saat anda berada di bukit Domba yaitu mitos yang berkembang di kalangan wisatawan.  Konon, dengan menaiki bukit Domba maka “jika datang berpasangan, dipercaya hubungan cintanya bisa berjalan langgeng atau awet”. Bahkan, Bukit Domba menjadi tempat menarik untuk “menembak atau mengatakan cinta” buat pasangannya. Pengunjung khususnya muda-mudi berharap agar hubungan cintanya bisa berlangsung romantis dan langgeng.
Jadi, jika anda sedang jatuh cinta atau berusaha untuk menaklukkan hati “gebetan” maka tidak salahnya mencoba untuk mengunjungi bukit Domba. Berusaha untuk membina hubungan cinta yang baik merupakan  langkah yang baik, bukan? Semua terserah pada sugesti atau kepercayaan anda.  Kuncinya, jika anda berusaha seratus persen untuk membina hubungan cinta dengan pasangan maka pasangan anda pun akan menerimanya dengan suka cita.  


Berusaha membina hubungan cinta di Bukit Domba biar 
langgeng (Sumber:  @abizar_iftihar/IG)


4.    Spot Fotografi yang Instagrammable
Pesona keindahan Teluk Love Jember tidak bisa dilewati begitu saja tanpa mengabadikannya dalam jepretan kamera. Ya, Teluk Love jember mennawarkan spot yang instagrammable. Spot yang menarik dan bisa diunggah di ranah digital seperti akun media sosial (sosmed). Bahkan, aksi selfie atau wefie menjadi ritual menarik yang dilakukan oleh setiap pengunjung.
Di pantai Teluk Love, anda juga bisa mengambil momen yang menarik dalam jepretan kamera. Tetapi, perlu diperhatikan adalah perlunya kehati-hatian karena ombak di pantai Teluk Love lumayan ganas. Untuk anak-anak perlu pengawasan orang dewasa atau orang tua. Spot lain yang menarik khususnya di bukit Domba sering digunakan sebagai acara pre-wedding. Dengan berlatarbelakang pemandangan yang indah maka hasil jepretan kamera untuk pre-wedding lebih meyakinkan.  



Salah satu jepretan kamera pada acara Pre-wedding 
di Teluk Love Jember yang instagrammable 
(Sumber: zahraaphoto/diolah)


5.    Bisa Menjangkau Destinasi Lainnya Lebih Mudah
Teluk Love Jember juga berdampingan dengan destinasi wisata Jember lainnya.  Sebelah barat dari Teluk Love Jember, anda juga bisa mampir di spot yang menarik yaitu Pantai Payangan yang masih berada di  Desa Sumbererejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember.  


Jalan Menuju Pantai Payangan dan Teluk Cinta - Jember East Java
(Sumber: Orit Jember)


Letak Teluk Love Jember juga berdekatan dengan Pantai Tiga Bukit yang jaraknya  sekitar 200 meter. Lanjut, Teluk Love Jember juga tidak jauh dengan Pantai Papuma yang merupakan pantai yang sangat populer hingga ke penjuru kota.  Jadi, jika anda selesai mengeksplorasi Teluk Love Jember, anda bisa menyempatkan diri untuk mengeksplorasi destinasi wisata Jember yang tidak jauh dengan Teluk Love Jember. Nah, jika anda berkunjung ke Jember, anda jangan lupa untuk berkunjung ke destinasi wisata Jember yang indah dan menawan itu.
Selamat berlibur ke Jawa Timur, selamat mengeksplorasi indahnya pantai di Jember.  Selamat traveling!            



Referensi:



“Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan Blogger Jember Sueger bersama TamanBotani Sukorambi
           
  


6 comments:

Jovie Candra P said...

wah seru banget gan, ane mau kesana belum sempat2 hehehe

CASMUDI, BERBAGI MESKIPUN MASIH KURANG said...

Pasti bisa gan. Salam hangat.

Evrina Budiastuti said...

Hasikkk ada destinasi baru lagi buat jalan-jalan, penasaran sama teluk lovenya, unikkk, syukur ada di Indonesia gak perlu ke luar negeri

CASMUDI, BERBAGI MESKIPUN MASIH KURANG said...

@Evrina Budiastuti: Nah itu mbak. Spot baru yang wajib dikunjungi kalo melancong ke Jember. Salam hangat.

deddyhuang.com said...

menarik nih daerah jember.

CASMUDI, BERBAGI MESKIPUN MASIH KURANG said...

@deddyhuang: Betul om. Mantap dah. Terima kasih banget dah mampir loh. Salam hangat.

8 Hal Menarik yang bisa Anda Temukan di Pantai Melasti

Pulau Bali yang ditetapkan oleh Trip Advisor sebagai peringkat pertama tujuan wisata dunia menjadi kebanggan bangsa Indonesia. Pres...