Wednesday, April 4, 2018

Taman Botani Sukorambi Jember: Destinasi Wisata Murah Meriah, Tetapi Fasilitas Melimpah


Flying Fox Jungle di Taman Botani Sukorambi
(Sumber: http://blusukanjember.blogspot.co.id)



Kurun waktu 2003-2004, saya pernah tinggal di Kota Jember dan banyak meninggalkan kenangan manis. Seperti kota lainnya, geliat ekonomi di pertokoan sekitar alun-alun selalu menarik untuk berbelanja saat hari Minggu tiba. Bukan itu saja, berusaha menyempatkan diri bersama keluarga untuk mengunjungi berbagai objek wisata menjadi sebuah keniscayaan.
Selama tinggal di Kota Jember, saya juga berusaha mempelajari bahasa Madura meskipun belum mahir hingga sekarang. Saya senang menjelajah saat musim tanam dan panen tembakau di beberapa tempat seperti Ambulu dan Jenggawah. Menjelajah kawasan Kalisat yang sejuk juga menjadi pengalaman menarik. Benar-benar, Jember telah menyimpan keindahan dalam kenangan.
Sekarang, Jember makin rame karena tumbuh berbagai macam pusat perbelanjaan modern. Tempat usaha (bisnis) dan perumahan makin berkembang. Apalagi, di era digital sekarang ini Jember makin bersolek dengan berbagai macam acara untuk menarik kunjungan wissata. Destinasi wisata Jember pun kian bertambah. Pemerintah daerah setempat memahami bahwa Jember mempunyai daya tarik wisata yang bisa diandalkan. Bukan hanya Jember Carnival yang memukau banyak wisatawan tetapi Pemda juga tanggap untuk membenahi berbagai tempat wisata yang menyebar di seluruh Jember.

Tiket Murah
Salah satu destinasi wisata Jember yang kian dikunjungi oleh banyak orang adalah TamanBotani Sukorambi. Sejarah pendirian taman tersebut sungguh menarik. Mengapa?  Sang penggagas ide sang Bupati Jember Bapak H. Abdul Kahar Muzakir yang berencana untuk mengisi kesibukannya dengan cara membeli tanah di  lokasi Sukorambi. Tanah yang awalnya dimanfaatkan sebagai tambak kecil kecilan dan  menanam berbagai jenis bunga,buah-buahan, sayur-sayuran maupun tanaman  obat.
Semakin banyaknya koleksi tanaman dari dalam dan luar negeri,  memberikan inspirasi membangun tempat rekreasi pilihan untuk umum  pada tahun 2006 dan diresmikan pada tanggal 24 Februari 2007. Dan, tempat rekreasi tersebut juga bertujuan untuk menyediakan sarana belajar tentang alam, serta membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan, tanaman dan binatang. 
            Tiket masuk Taman Botani Sukorambi sangat terjangkau yaitu: untuk hari Senin s/d Kamis (Weekday) dikenakan tiket masuk sebesar Rp 12.000/orang; Sedangkan, hari Sabtu s/d Minggu (Weekend) dan Hari Libur           Rp 20.000/orang. Jika, pengunjung rombongan maka bisa mendapatakan potongan harga (diskon) hingga 50 persen. Sebagai catatan, harga sewaktu-waktu dapat berubah. Dengan tiket yang bisa dijangkau setiap kalangan berakibat jumlah kunjungan yang meningkat setiap bulannya.  Sebagai informasi, jumlah pengunjung pada tahun 2011 rerata 50 orang. Tetapi, setiap akhir pekan justru meningkat hingga 200 orang. Pada tahun 2012, jumlah pengunjung meningkat 300 orang per harinya. Sedangkan, saat liburan natal melonjak drastis hingga 1000 orang.
          Jumlah pengunjung yang kian naik setiap bulannnya tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor penting, salah satunya adalah koleksi dan fasilitas Taman Botani Sukorambi yang melimpah. Dengan tiket masuk yang sudah disebutkan di atas, manajemen telah menyediakan koleksi dan fasilitas yang mampu membahagiakan acara rekrerasi keluarga anda. Bukan itu saja, rekreasi yang dipadu dengan wahana edukasi menjadi nilai lebih dari Taman Botani Sukorambi.
Perlu diketahui bahwa Taman Botani Sukorambi terletak di Jalan Mujahir, Sukorambi, Jember, Jawa Timur, yang jaraknya sekitar 7 kilometres (4,3 mil) di sebelah barat Kota Jember. Jika menggunakan kendaraan pribadi membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit dari pusat kota Jember. Tentunya, banyak jalan alternatif menuju ke lokasi. 




Fasilitas Melimpah
Dengan luas Taman Botani Sukorambi kurang lebih 8 hektar (20 acres) terletak di kaki bukit dengan titik terendahnya kurang lebih 100 metres (330 ft) di atas permukaan laut membuat udara di sekitarnya menjadi adem. Kondisi taman yang dikelilingi oleh sawah dan sebagian wilayahnya merupakan hutan menjadikan taman lebih alami.
Taman Botani Sukorambi terbagi menjadi 2 bagian penting yaitu: bagian atas dan bawah taman. Di taman bagian atas dengan luasan 4,5 hektar (110 acres), anda  bisa menikmati lebih dari 300 spesies tanaman herbal. Tersedia juga sekitar 200 spesies bunga dan buah-buahan. Yang menarik, nama floranya tertulis dalam bahasa Latin dan Indonesisa agar mudah diidentifikasi setiap pengunjung. Tidak sedikit tanaman yang ada tergolong langka. Ada beberapa tanaman yang berasal dari luar Jawa, atau luar negeri.
Beragam hewan dari bangsa mamalia maupun unggas tersedia di taman ini, seperti kuda, kelinci, dan burung. Pengunjung juga bisa menikmati koleksi 3 ekor kuda yang bisa digunakan untuk berkeliling taman dengan didampingi pawang kuda. Untuk menaikinya, pengunjung dikenakan tarif Rp 10 ribu.    


Berkuda untuk mengelilingi taman
(Sumber: http://tempatwisatajember.blogspot.co.id)


Keragaman hewan yang ada di taman ini bisa menjadi wahana edukasi siswa. Para siswa bisa belajar untuk mengidentifikasi terhadap hewan. Juga, bisa belajar tentang perilaku hewan yang ada. Apalagi, ada juga koleksi hewan hias yang bisa merangsang anak-anak untuk berinteraksi dengan hewan seperti landak, marmut, aneka jenis burung seperti burung gagak, love bird dan lainnya. Tidak ketinggalan, banyak koleksi ikan hias seperti ikan koi, nila, gurame, lele, patin, lobster dan yang lain yang bisa dinikmati pengunjung. 
Khusus ikan koi dan lobster, ada sekitar 9 kolam sebagai tempat  pembudidayaan untuk membedakan ukuran dan umur ikan dan lobster. Pengunjung, khususnya siswa bisa belajar dan mengamati proses pembiakan koi dan lobster air tawar. Lagi, Taman Botani Sukorambi juga mempunyai koleksi hewan yang dilindungi  yaitu kijang, rusa, dan burung merak. Ada empat kijang, 12 rusa dan empat burung merak.


Anak-anak belajar mengenal kelinci 
(Sumber: tamanbotanisukorambi.com)


Setelah melewati akses jalan setapak atau anak tangga ke taman bagian bawah, maka anda bisa menikmati limpahan koleksi dan fasilitas taman. Banyak sport-spot yang instagrammable. Rumah pohon akan membuat acara rekerasi anda lebih menyenangkan. Dengan ketinggian kurang lebih 5 meter, di rumah pohon ini anda bisa menikmati lansekap Taman Botani Sukorambi yang memukau. Untuk keamanan bersama, maka rumah pohon hanya bisa dinaiki maksimal enam orang sekaligus.  


Rumah pohon (Sumber:  tamanbotanisukorambi.com)


Jika anda menyukai tantangan, maka anda bisa bermain Outbond atau flying fox baik Flying Fox Jungle yang mempunyai panjang sekitar 160 meter dan berangkat dari ketinggian 40 meter atau  Flying Fox Tombro yang mempunyai  panjang sekitar 100 meter yang mempunyai kemiringan hanya 15 derajat. Tidak perlu khawatir, wahana ini telah dilengkapi berbagai alat pengaman untuk merasakan sensasi melayang dengan seutas tali dengan melntasi lembah dan pepohonan hijau.


Flying Fox Tombro (Sumber: tamanbotanisukorambi.com)


            Wahana yang mengandung air selalu memikat pengunjung. Sama halnya dengan Taman Botani Sukorambi. Taman ini telah menyediakan berbagai macam wahana air yang mampu menghipnotis pengunjung. Bahkan, acara rekreasi anda akan lebih seru. Taman ini telah menyediakan danau buatan yang terdapat pulau mungil di bagian tengahnya. Anda bisa mencoba untuk mendayung dari dua perahu yang bisa disewa di taman ini. Melatih ketajaman untuk bekerja sama dengan orang lain bisa diterapkan pada saat mendayung perahu tersebut. 


Mendayung perahu (Sumber: tamanbotanisukorambi.com)


Aksi lain yang lebih menyenangkan adalah merasakan sensasi berputar di dalam Water Ball. Anda bisa merasakan terapung-apung di atas air, sementara anda berada di dalam bola karet yang tertutup rapat.  Anda berusaha untuk tidak terjatuh atau jungkir balik saat anda berada di dalam bola yang terbuat dari karet yang kuat.


Water Ball (Sumber: tamanbotanisukorambi.com)


Dan, wahana air lainnya yang tidak akan anda lewatkan adalah keberadaan kolam renang. Ada fasilitas 6 kolam renang di taman ini yaitu: 1 kolam renang dewasa, 1 kolam renang remaja, 1 kolam renang anak-anak, 2 kolam renang pelangi dan 1 kolam renang muslimah (private).  Kolam renang dewasa memiliki ukuran panjang 26,5 meter, lebar 14 meter, dengan kedalaman 180 cm. Sedangkan, kolam renang  remaja memiliki ukuran panjang 11 meter, lebar 8 meter, dengan kedalaman 80 cm.
Perlu diketahui bahwa Taman Botani Sukorambi menggunakan air yang berasal dari mata air alami. Karena itu, pengunjung tidak perlu khawatir berenang di kolam karena airnya alami dari hulu ke hilir. Sebab, air kolam di Taman Botani Sukorambi tidak pernah didaur ulang dan menjadi pemandian kolam buatan satu-satunya yang menggunakan sumber air alami.



Kolam renang dewasa dan remaja 
(Sumber: tamanbotanisukorambi.com)


Untuk kolam renang anak, maka bisa menggunakan 3 jenis kolam renang yaitu kolam renang yang sengaja diperuntukan untuk anak-anak yang memiliki kedalaman 60 cm dengan panjang 19 meter dan lebar 5 meter. Sedangkan, kolam renang Pelangi 1 yang diperuntukan untuk anak-anak mempunyai  panjang  20,5 meter, lebarnya 11 meter dengan kedalaman kolam 30 – 80 cm. Dan, kolam renang Pelangi 2 mempunyai panjang 21,6 meter dan lebar 9 meter serta kedalaman kolam dari 25 – 80 cm.


Kolam Pelangi (Sumber: http://blusukanjember.blogspot.co.id)


Khusus wanita muslimah, Taman Botani Sukorambi telah menyediakan kolam renang dengan desain tertutup bagi muslimah yang ingin mendapatkan privasi saat berenang. Dengan tarif Rp 10 ribu maka muslimah bisa menggunakan fasilitas kolam renang dengan petugas yang semuanya muslimah. Jadi, kolam renang ini memberikan kenyamanan bagi pengunjung muslimah. 


Kolam renang muslimah (Sumber: tamanbotanisukorambi.com)


Fasilitas lain yang ada di Taman Botani Sukorambi adalah resto yang mampu mengisi perut setelah anda menghabiskan tenaga untuk menikmati berbagai wahana yang ada. Banyak ragam kuliner yang tersedia di restoran ini.


Restoran (Sumber: http://tempatwisatajember.blogspot.co.id)


Bagi yang suka membaca untuk menambah ilmu maka taman juga menyediakan Pondok Baca yang mengoleksi buku-buku tentang agama, ilmu pengetahuan, tanaman dan buku lainnya. Anda bisa membacanya sambil sambil leyeh-leyeh di lima buah gazebo yang digunakan sebagai tempat istirahat pengunjung.


Pondok baca (Sumber: tamanbotanisukorambi.com)


          Gazebo (Sumber: tamanbotanisukorambi.com)


Taman Botani Sukorambi juga menyediakan fasilitas untuk para pebisnis yaitu berupa Pondok Rapat Gaharu. Banguan dua lantai tersebut bisa menampung hingga 30 orang sekaligus. Bangunan dengan fasilitas lengkap seperti viewer, alat tulis, papan, pengeras suara bisa disewa Rp 300 ribu untuk pemakaian selama 8 jam.


Pondok Rapat Gaharu (Sumber: tamanbotanisukorambi.com)


Di era digital sekarang ini, maka setiap orang akan terus eksis dengan perangkat gadgetnya untuk unggah berbagai macam status seperti spot-spot yang menarik di Taman Botani Sukorambi. Oleh sebab itu, manajemen taman telah menyediakan fasilitas WiFi yang mampu meng-cover seluas 8 hektar tersebut.
Fasilitas lain yang tidak kalah penting adalah  Taman Horti Hut sebagai tempat oleh-oleh berbagai macam tanaman dan buah-buahan, Pondok Seni (tempat membeli oleh-oleh berupa karya seni), panggung terbuka untuk pagelaran musik dan villa botani (tempat menginap bagi pengunjung sambil menikmatnya indahnya alam).



Villa Botani (Sumber: tamanbotanisukorambi.com)


Jika, anda ingin mendapatkan informasi tentang Taman Botani Sukorambi, maka anda bisa melihat tayangan video berikut:



Taman Botani Sukorambi (Sumber: tamanbotanisukorambi.com)


Atau, anda bisa berhubungan langsung melalui nomor telepon dan akun sosial media (sosmed) di:
HP & WA : 085100707600


Catatan:
1.      Taman Botani Sukorambi menyediakan dua lahan parkir yaitu bagian luar untuk bus dan truk (menampung hingga 10 kendaraan truk bus). Sedangkan, bagian dalam untuk mobil dengan kapasitas hingga 100 kendaraan. Juga ada lahan yang mampu menampung 200 kendaraan sepeda motor.
2.      Golf Cart, angkutan khas taman yang mampu mengangkut pengunjung  5-7 orang sekali berangkat, dengan biaya Rp 10.000 per orang.
3.      Nilai lebih dari Taman Botani Sukorambi adalah melayani pengunjung yang memiliki keterbatasan fisik (disabilitas). Di berbagai bagian, pemandu dengan senang hati akan melayani kebutuhan pengunjung yang membutuhkan peralatan khusus. Salah satunya dengan menyediakan kamar mandi khusus yang disediakan bagi kaum disable




Referensi:



“Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan Blogger Jember Sueger bersama TamanBotani Sukorambi

No comments:

Stater Pack (ST) Smartfren, Kartu Perdana Jaman Now

Peluncuran Kartu Perdana ( Stater Pack ) di Hard Rock Cafe  Kuta Bali tanggal 22 Pebruari 2018 (Sumber: dokumen pribadi) Sal...