Monday, June 11, 2018

Aktivitas Seru Saat Sahur, Jelajah Warung Makan dan Olahraga




Olahraga menjelang makan sahur demi kesehatan badan 
(Sumber: dokumen pribadi)


Saat bulan ramadhan, berbagai stasiun televisi swasta berlomba-lomba merancang program yang menarik untuk meningkatkan jumlah penonton. Berbagai aktivitas seru dilakukan pihak stasiun televisi menjelang dan setelah saat sahur. Program televisi yang bergenre komedi atau lawakan merupakan program favorit untuk menghibur para penonton. Serta, bisa meningkatkan rating yang bermura pada omset bisnis.
Stasiun televisi swasta memahami bahwa program yang seru dan unik akan menarik para penonton untuk bangun pagi dan melakukan aktivitas sahur. Tidak mudah untuk bangun pagi dan makan sahur ketika mata masih mengantuk. Oleh sebab itu, berbagai pihak melakukan beberapa cara agar umat Islam bisa melakukan aktivitas makan sahur. Banyak takmir masjid yang memberikan informasi tentang waktu sahur melalui pengeras suara. Ada juga anak muda atau anak-anak yang berkeliling kampung atau kelurahan  memberikan informasi waktu sahur sambil membunyikan kentongan atau musik lainnya.


Warung Tegal (Warteg), warung makan yang sering buka saat sahur 
(Sumber: tempo.co)


Belanja Menu Sahur
Waktu di kampung, saya paling senang menjelang waktu makan sahur sambil menunggu “obrog” atau “umbul” lewat. Obrog atau umbul merupakan sekumpulan para pemusik yang terkenal di daerah Pantura (pantai Utara Jawa). Hampir mirip dengan music Organ Tunggal. Musik yang menganut khas Tarling (Gitar dan Suling) ala Cirebonan selalu menarik masyarakat. Menarik, musik obrog atau umbul ini membawa perangkat bedug yang bercampur dengan perangkat music khas Tarling. Suara penyanyi lagu Cirebonan yang melengking dari penyanyi wanita mampu membangunkan masyarakat.
Kini, ketika dewasa dan merantau di Pulau Bali dengan agama Hindu mayoritas serta kultur budaya yang berbeda maka aktivitas seru menunggu Obrog atau Umbul adalah suasana yang sangat dirindukan. Salah satu aktivitas seru yang dilakukan saat sahur adalah mengaji untuk mengkhatamkan Alquran meskipun mata masih sedikit ngantuk.
Bukan itu saja, aktivitas seru saat sahur adalah mencari  warung makan untuk menu sahur ketika tidak sempat memasak sendiri. Mencari warung makan yang buka saat anda tinggal di Bali merupakan aktivitas seru dan menantang. Karena, mayoritas perantau beragama Islam yang  membuka warung makan saat sahur.
Anda akan merasa tertantang untuk mencari warung makan  waktu sahur ketika 1 minggu menjelang Hari Raya Idul Fitri.  Saat inilah para perantau yang mayoritas dari Pulau Jawa mulai melakukan aktivitas mudik (pulang kampung). Bagai mencari jarum dalam jerami, untuk mendapatkan warung makan yang buka saat sahur. Anda perlu kerja ekstra berkeliling kota untuk mendapatkan warung yang buka.  Saya pernah tidak makan sahur karena gagal mendapatkan warung makan yang buka ketika tidak sempat untuk memasak sendiri.

Olahraga Menjelang Makan Sahur
Aktivitas seru menjelang sahur adalah melakukan olahraga atau peregangan otot agar badan tetap fit. Saya merasa bahwa melakukan olahraga menjelang sahur lebih bebas melakukan gerakan apa saja. Saya tidak takut kehilangan cairan karena kelelahan. Karena, jika haus tinggal minum saja.


Melakukan peregangan atau olahraga agar badan tidak kaku 
(Sumber: dokumen pribadi)


Sehabis melakukan olahraga  mengakibatkan badan merasa cape dan kelelahan. Bukan itu saja, rasa lapar pun melanda. Maka waktu makan sahur menjadi lebih semangat. Ya, namanya saja kalorinya sudah terbuang habis. Maka, menikmati santap sahur berasa seperti kelaparan. Yang penting jangan sampai kebablasan.
Melakukan olahraga menjelang makan sahur bukanlah perkara gampang karena harus menjaga waktu tidur. Alih-alih ingin sehat di bulan Ramadhan justru mengurangi daya kesehatan karena kurang tidur. Oleh  sebab itu, melakukan olahraga menjelang makan sahur harus dilakukan dengan kesadaran tinggi. Yang jelas, olahraga menjelang sahur bisa membantu kondisi badan kita tetap sehat di waktu puasa Ramadhan.
Tentu, aktivitas seru saat sahur setiap orang berbeda-beda. Dan, inilah pengalaman saya tentang aktivitas seru menjelang makan sahur dari gagal mendapatkan menu untuk makan sahur sampai melakukan peregangan badan atau olahraga  untuk menjaga badan tetap sehat waktu puasa Ramadhan. Bagaimana dengan aktivitas seru saat sahur anda?




Artikel ini juga tayang di Kompasiana


No comments:

8 Hal Menarik yang bisa Anda Temukan di Pantai Melasti

Pulau Bali yang ditetapkan oleh Trip Advisor sebagai peringkat pertama tujuan wisata dunia menjadi kebanggan bangsa Indonesia. Pres...