Monday, June 11, 2018

Bukber Makin Asyik bersama Kerabat




Bukber bareng anak yatim piatu di hotel (Sumber: dokumen pribadi)



(Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah)
Artinya:
“Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.”



Doa di atas adalah doa yang sahih saat berbuka puasa. Doa berbuka puasa yang terdapat dalam Hadist Rasulullah SAW yang selengkapnya dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma, beliau mengatakan:



Artinya:
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila beliau berbuka, beliau membaca: “Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu…” (HR. Abu Daud 2357, Ad-Daruquthni dalam sunannya 2279, Al-Bazzar dalam Al-Musnad 5395, dan Al-Baihaqi dalam As-Shugra 1390.

Bukber Jaman Now
Acara berbuka puasa akan semakin seru jika diadakan secara bersama-sama atau yang sering disebut dengan Bukber (Buka Bersama). Banyak kemasan bukber yang didesain semenarik mungkin. Ada yang diselingi dengan musik gaya Anak Jaman NOW, pengajian dan lain-lain. Anda juga sering lihat acara bukber di berbagai stasiun televisi swasta yang dibuat heboh dengan diisi para artis. Namun, acara inti dari semua itu adalah Bukber untuk membatalkan puasa.
Bahkan, banyak perusahaan atau perorangan yang mengadakan bukber menjadi acara yang seru di bulan Ramadhan. Oleh sebab itu, bukber sudah menjadi acara wajib yang harus dilakukan dari kelas hotel mewah sampai hotel paling bawah (kaki lima).  Formatnya pun beragam, dari acara bukber yang dipadukan dengan pengajian hingga bukber yang sekedar ngumpul bersama teman dan kerabat tanpa acara seremonial.
Acara bukber hendaknya jauh dari kesan mewah hura-hura. Tidak perlu mendatangkan ustadz atau kyai untuk mengisi ceramah sebelum acara bukber dimulai. Dan,  tidak perlu mengundang band-band ternama ala Noah, Wali atau yang lainnya. Bukber sebaiknya menjadi acara berkumpul yang bertujuan untuk menjalin komunikasi.  


Bukber yang meriah di salah satu hotel di Kuta Bali (Sumber: dokumen pribadi)



Saat anak semata wayang menginjak dewasa dan mempunyai dunia  kehidupannya sendiri, maka bukber menjadi ajang untuk menghangatkan hubungan keluarga. Kata pepatah Jawa, “mangan ora mangan sing penting kumpul” (makan tidak makan yang penting berkumpul).  Pepatah Jawa ini bagi saya mengandung pengertian bahwa jika ada waktu untuk menyempatkan berkumpul maka tidak ada alasan untuk merekatkan hubungan dan komunikasi.
Saat bukber bisa menjadi ajang bercerita atau berbagi pengalaman seru yang telah dilakukan seharian. Kadang, di acara bukber bisa menjadi acara curhat atau mencari solusi terbaik bagi sesama.  Tidak perlu menu yang mewah ala resto  mahal atau sajian mewah di hotel berbintang. Bukber sebaiknya menyajikan menu yang bisa mengenyangkan, bisa dinikmati siapa pun dan diperoleh dengan cara yang barokah. Insya Allah acara bukber memberikan banyak manfaat.

Bukber Bersama Orang lain
Saya memahami bahwa bukber menjadi ajang yang sangat bermanfaat bagi siapa saja asal dilakukan dengan niat baik, jauh terkesan foya-foya dan meninggalkan kesan gengsi. Di Hari ketiga puasa Ramadhan tahun 2018, saya menyempatkan diri untuk bukber bersama kerabat dan teman.
Jika ada rejeki lebih, tidak ada salahnya anda mengundang saudara, teman, dan lain-lain biar acar bukber lebih semarak. Kuncinya, bukber wajib dijauhkan dari kesan mewah dan riya’ (pamer). Mengundang orang lain dalam acara bukber bukanlah ajang pencitraan atau mendulang suara bagi yang hendak nyaleg. Bukber perlu dilandasi dengan kemurnian akhlaq dan keikhlasan hati yang mendalam.
Bukber juga bukan ajang memamerkan harta, pakaian bagus, perhiasan bagus ke orang lain. Bukber bukan acara untuk membawa pacar dan pasangan baru untuk ngomporin sang mantan. Karena, bukber hendaknya dijauhkan dari acara duniawi dan balas dendam. Karena, bukber pada dasarnya adalah membatalkan puasa bersama-sama karena seharian berpuasa menahan diri dari lapar, haus, syahwat dan godaan panca indra.
Dengan menu sederhana ala masakan rumahan, saya membatalkan puasa bersama kerabat dan teman. Tidak ada ustadz atau kyai yang menyampakan pengajian atau tausiyah, band terkenal atau musik-musik legendaris. Acara bukber hanya dipenuhi dengan doa dan niat baik. Karena, saya berharap untuk tidak membatalkan puasa sebulan penuh tahun ini. Insya Allah.


Bukber bersama keluarga dan teman (Sumber: dokumen pribadi)


Jadi, banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mengadakan bukber saudara, keluarga, kerabat atau teman. Tentu, bukan sekedar hura-hura atau menciptakan gengsi jika bukber diadakan di sebuah hotel atau restoran mewah. Nih, beberapa manfaat Bukber (menurut bidanku.com) yang bisa anda peroleh jika diniati dengan kebaikan dan keikhlasan, yaitu:
1.      Memperkuat Tali Silaturahmi. Ini adalah manfaat utama dengan mengadakan acara bukber. Silaturahmi akan terjaga dengan baik dan hangat. Saat pertemuan jarang dilakukan maka bukber menjadi oase pelepasa rindu agar tetap terjalin hubungan dengan baik dengan saudara, sahabat, teman dan lain-lain.
2.      Menciptakan suasana tepat untuk reuni. Ketika persahabatan anda dengan teman-teman lainnya terjalin dengan erat. Dan, banyak kenangan indah yang tidak bisa dilupakan, namun terputus karena perpisahan maka bukber merupakan salah satu ajang yang tepat untuk menciptakan acara reuni. Mempersatukan kembali hubungan dan kenangan yangn telah trcipta bersama dengan orang lain.
3.      Berbagi Rezeki. Setiap manusia mempunyai nasib yang berbeda-beda. Maka, bukber menjadi ajang yang tepat untuk berbagi rejeki dengan orang lain. Ketika anda mengalami rejeki berlebih maka mengadakan bukber dengan orang lain yang bernasib kurang baik merupakan acara berbagi rejeki.
4.      Meningkatkan Kerja Sama. Bukber juga menjadi ajang yang baik untuk meningkatkan hubungan kerjasama dalam segala hal. Pembicaraan yang penting dengan orang lain bisa dibicarakan secara serius atau santai dengan mengadakan acara bukber. Gelak dan tawa menikmati kuliner bukber tanpa terasa meningkatkan kerjasama baik dalam pkerjaan maupun bisnis.
5.      Dan, masih banyak manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari acara bukber.
Semoga acar bukber banyak memberikan manfaat yang luar biasa bagi siapa saja. Dengan niat baik dan keikhlasan maka bukber akan memberikan banyak pengaruh bagi yang melakukannya. Saatnya bukber  dilandasi dengan hati bukan karena gengsi dan duniawi. Yuk, bukber!




Artikel ini juga tayang di Kompasiana

No comments:

8 Hal Menarik yang bisa Anda Temukan di Pantai Melasti

Pulau Bali yang ditetapkan oleh Trip Advisor sebagai peringkat pertama tujuan wisata dunia menjadi kebanggan bangsa Indonesia. Pres...