Skip to main content

Lezatnya Menu Takjil Favorit di Hari Pertama Puasa Ramadhan


Berbagai macam takjil yang sering muncul di bulan Ramadhan
(Sumber: dokumen pribadi)


Bulan Ramadhan adalah bulan yang unik. Bulan di mana bisa dilihat perbedaannya dengan bulan-bulan lainnya secara kasat mata. Apa yang unik pada bulan Ramadhan? Jika, anda berkeliling di setiap sudut jalan raya khususnya di perkotaan maka fenomena penjual atau penjaja takjil (makanan atau minuman untuk berbuka puasa) muncul bak jamur di musim hujan. Dan , fenomena takjil dadakan justru banyak diburu umat Islam yang ingin berbuka puasa.

Takjil, Fenomena Dadakan
Bagi umat Islam, bulan Ramadhan adalah saatnya berkompetisi mengeruk lahan amal sebanyak-banyaknya. Itulah sebabnya, banyak pihak baik organisasi maupun pribadi berlomba-lomba memberikan takjil secara gratis. Sedangkan, bagi pihak atau orang yang sedang berburu rejeki di bulan Ramadhan maka menjual takjil dengan menu favorit akan banyak diburu umat Islam yang hendak berbuka puasa.
Setiap bulan Ramadhan, takjil yang dijajakan baik untuk komersil maupun secara gratis hampir beragam di seluruh Indonesia yaitu mengandung unsur manis. Tetapi, setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai menu takjil khusus yang merupakan ciri khas tertentu. Dan, setiap orang pasti mempunyai menu takjil favorit  untuk berbuka puasa.
Menjelang berbuka puasa, saya meluncur ke kawasan Jalan Pura Demak Kota Denpasar. Tentu, berburu takjil favorit saya. Di kanan dan kiri jalan Pura Demak mulai muncul fenomena penjual takjil sejak hari pertama puasa. Banyak ragam takjil yang dijual bagi umat Islam yang hendak berbuka puasa. Dari es kelapa muda yang disajikan dingin hingga  bubur sumsum yang berselimutkan gula Jawa yang manis menggoda.




Salah satu penjual takjil di jalan Pura Demak, Kota Denpasar  
(Sumber: dokumen pribadi)


Takjil juga bisa anda dapatkan di berbagai masjid, mushola atau langgar  menjelang berbuka puasa. Takjil yang disediakan secara gratis tentu sangat membantu bagi umat Islam yang hendak berbuka puasa. Apalagi, bagi yang sedang “musafir” atau melakukan perjalanan jauh  maka keberadaan takjil gratis sangat membantu kebutuhan untuk berbuka puasa.


Mushola Al Qomar, jalan Pura Demak, Kota Denpasar menyediakan takjil gratis (Sumber: dokumen pribadi)


Takjil Favorit dan Gratis
Di hari pertama puasa Ramadhan, saya tertarik berburu takjil favorit yang disajikan secara gratis oleh Mushola Al Qomar yang terletak di jalan Pura Demak, Kota Denpasar. Saya melihat panitia berbuka puasa dari takmir Mushola Al Qomar bersibuk ria mengatur segala keperluan untuk berbuka puasa. Dari menyediakan takjil hingga kupon makan. Setengah jam sebelum berbuka puasa, ratusan jamaah yang hendak berbuka puasa duduk dengan santai membuat barisan rapi seperti shaf sholat. Di depan masing-masing jamaah telah tersedia sajian takjil untuk berbuka puasa.


Persiapan buka puasa di Mushola Al Qomar, jalan Pura Demak, Kota Denpasar  (Sumber: dokumen pribadi)


Takjil favorit yang disediakan takmir Mushola Al Qomar berupa kue kecil yang di dalamnya diisi dengan coklat, kue donat, dan gorengan tahu yang digoreng dengan tepung. Tidak lupa segelas air mineral untuk menghilangkan rasa dahaga selama berpuasa. Seperti biasanya, di kala berbuka puasa hendaknya minum atau makan yang serba manis. Oleh sebab itu, kue kecil yang diisi oleh coklat dan kue donat yang manis menjadi takjil favorit yang mengenyangkan. Makan satu kue terasa kurang dan ingin menambah lagi.  


Takjil favorit dan gratis yang disajikan takmir Mushola Al Qomar, jalan Pura Demak, Kota Denpasar (Sumber; dokumen pribadi)


Jadi, bagi anda yang ingin merasakan sensasi takjil gratis penuh barokah maka tidak ada salahnya berburu takjil di masjid atau mushola terdekat di tempat tinggal anda. Setiap orang mempunyai menu takjil favorit untuk berbuka puasa. Kue yang serba manis merupakan menu takjil favorit saya untuk berbuka puasa. Bagaiamana dengan anda?

Selamat berbuka puasa bagi anda yang menjalankannya.



Artikel ini juga tayang di Kompasiana 

Comments

Popular posts from this blog

Cara mencerahkan kulit dengan Kojie San

Wisata Sejarah Benteng Pendem (Van Den Bosch), Surga Tersembunyi di Kota Ngawi

Benteng Pendem (Van De Bosch), wisata sejarah unggulan Pemerintah  Kabupaten Ngawi Jawa Timur (Sumber: dokumen pribadi)


Hari Raya Lebaran sebagai Hari Kemenangan umat Islam telah berlalu. Hari yang menjadi titik balik sebagai insan yang kembali kepada fitrah (kesucian). Kini, di hari ibur Lebaran, banyak tempat-tempat wisata atau spot untuk hangout para orang tua atau generasi milenial yang diserbu pengunjung khususnya para pemudik. Oleh sebab itu, tempat wisata yang ada di daerah menjadi incaran para pemudik untuk menghabiskan masa liburnya sebelum kembali ke kota dan melakukan rutinitas kerja seperti sedia kala. Kini, di jaman digital memberikan kemajuan setiap daerah untuk berbenah mengelola potensi wisata yang ada sebaik mungkin. Dari tempat wisata pantai hingga wisata dataran tinggi yang mengandalkan keindahan alam pegunungan. Dan, mayoritas pengunjung paling happy saat berkunjung ke tempat wisata pantai atau gunung tersebut. Lonjakan pengunjung tersebut secara langsung akan mening…