Friday, June 15, 2018

Liburan Jaman Now, Menajamkan Peran Akselerasi Digital Generasi Milenial























Keindahan Pantai Padang Padang Labuan Sait, Badung Bali
(Sumber: dokumen pribadi)



Ada pepatah yang selalu mengingatkan bangsa Indonesia, “jangan sekali-kali melupakan sejarah (jasmerah)”. Tiga setengah abad bangsa Indonesia (nusantara) mengalami penjajahan Kolonial Belanda dan “seumur jagung” mengalami penjajahan Jepang membuat Indonesia menjadi negara yang kuat untuk lepas dari penjajahan. Dan, membangun negeri untuk mengisi kemerdekaan.
Sudah 72 tahun Indonesia merdeka dan berbenah untuk meningkatkan kemakmuran bangsa di segala bidang. Pemerintah sekarang juga bersikeras untuk menciptakan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia dari Aceh hingga Papua. Tekad kuat Pemerintah untuk menciptakan “satu harga” barang-barang kebutuhan rumah tangga seperti Bahan Bakar Minyak (BBM) juga memberikan dampak signifikan di daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Terpencil).

Generasi Milenial
Kini, di era digital yang sedang berkembang pesat, Pemerintah memahami bahwa masyarakat kian cerdas untuk memahami berbagai kebijakan yang pro rakyat melalui perangkat digital. Oleh sebab itu, Pemerintah memberikan 10 program prioritas di tahun 2018. Dari 10 program yang diprioritaskan Pemerintah pada tahun 2018, maka program  “Pembangunan dunia usaha & pariwisata” menarik untuk diulas.
Pemerintah menyadari bahwa melalui perangkat digital, akselerasi informasi tentang kebijakan-kebijakaon pemerintah begitu masif. Oleh sebab itu, penyampaian informasi melalui dunia maya merupakan sebuah keniscayaan. Apalagi, ada hal menarik di era digital sekarang ini, yaitu: pertumbuhan Leisure Economy (ekonomi berbasis liburan) benar-benar mengalami peningkatan yang signifikan.
Kini, masyarakat khususnya generasi milenial mengalami perubahan  tren dari budaya menghabiskan uang untuk belanja barang (consumerisme) berubah menjadi budaya liburan (leisure). Supermarket yang biasanya penuh dengan pelanggan untuk berbelanja, kini hanya sekedar “numpang lewat” alias melihat-lihat saja. Sedangkan, tempat-tempat nongkrong atau hangout dan tempat wisata justru mengalami lonjakan pengunjung.
            Café-café mulai dipadati generasi muda, perusahaan tour & travel mengalami peningkatan penjualan tiket pesawat atau booking hotel (penginapan). Lagi, tempat persewaan kendaraan baik roda empat maupun roda dua juga meningkat karena tren generasi milenial untuk sarana menjelajah tempat wisata. Tempat-tempat wisata di berbagai pelosok dunia khususnya Indonesia juga mulai berbenah dengan dekorasi unik untuk memikat para wisatawan.
Sesuai dengan program prioritas Pemerintah di tahun 2018 maka di tiap-tiap daerah di Indonesia  juga mengembangkan potensi-potensi wisata. Oleh sebab itu, tempat wisata kini dipoles sebaik mungkin untuk mendulang pendapatan daerah. Terpenting adalah untuk mengenalkan tempat wisata   kepada masyarakat luas khususnya generasi milenial. Karena, generasi milenial merupakan bagian dari komposisi pengguna internet yang paling dominan.
Hasil survey dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Teknopreneur yang diolah oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) RI menyatakan bahwa generasi milenial pada rentang umur 13 tahun - 34 tahun mendominasi pengguna internet di Indonesia sebesar 66,20% dari total penguna internet. Bahkan, durasi penggunaan internet baik secara harian maupun mingguan, generasi milenial benar-benar mendominasi. Selengkapnya bisa lihat infografis berikut ini.  



Generasi milenial mendominasi pemakai internet di Indonesia
(Sumber: dokumen pribadi)


Dominasi pengguna internet di kalangan generasi milenial juga menjadi “peluru” untuk mengenalkan potensi wisata daerah ke seluruh penjuru dunia. Bukan hanya mengenalkan tempat wisata kepada generasi milenial agar menjadi generasi penerus bangsa yang memahami berbagai potensi wisata  tetapi memanfaatkan generasi milenial sebagai penyambung informasi melalui akun sosial media mereka. Menanamkan generasi milenial untuk berperan aktif membantu menyampaikan berbagai program Pemerintah dalam mengisi ruang-ruang publik secara positif  khususnya Pariwisata.

#LiburanJadiMudah
Bukan hanya peran generasi milenial dalam mengembangkan potensi wisata di seluruh Indonesia ke pentas dunia tetapi perusahaan tour & travel juga berperan memberikan andil besar dalam mendongkrak masyarakat menjadi seorang traveler. Kini, #LiburanJadiMudah dengan adanya kontribusi perusahaan tour & travel. Salah satu perusahaan tour & travel yang berkomitmen untuk memberikan pemahaman masyarakat bahwa Liburan Jadi Mudah ke manapun baik di Indonesia maupun mancanegara  adalah Vizitrip.  Banyak Top Destination yang bisa anda explore baik keindahan Indonesia maupun mancanegara.



Tampilan laman Vizitrip (Sumber: www.Vizitrip.com/screenshot)


Sebagai informasi, TripBareng Vizitrip membuat liburan anda bukanlah hal yang mahal dan bikin ribet. Tetapi, membuat  Liburan Jadi Mudah dan menyenangkan.  Lagi, anda bisa melakukan traveling yang disesuaikan dengan isi kantong. Oleh sebab itu, liburan yang  baik menurut saya adalah liburan yang mengeluarkan biaya fleksibel yaitu menyesuaikan kemampuan kantong anda. Bukan itu saja, tempat wisata yang menjadi tujuan liburan juga bisa anda atur. Wow, asik bukan? Anda benar-benar seperti raja.


Tujuan liburan yang disertai dengan harga paket di laman Vizitrip
(Sumber: www.Vizitrip.com/screenshot)


Vizitrip memberikan gambaran secara transparan tentang tempat wisata yang ditawarkan beserta deskripsi agar  konsumen tidak merasa dibohongi. Lanjut, Vizitrip juga memberikan kemudahan buat anda tentang tujuan wisata yang disertai dengan harga paket beserta deskripsi dari  paket wisata yang ditawarkan. Jadi, anda mudah sekali untuk menentukan tujuan liburan yang anda diinginkan.



Deskripsi paket liburan yang ditawarkan Vizitrip
(Sumber: www.Vizitrip.com/screenshot)


Lebih asik lagi. dengan Vizitrip membuat Liburan Jadi Mudah karena anda bisa booking tujuan liburan anda melalui perangkat smartphone di manapun dan kapanpun. Anda tinggal duduk santai di rumah atau di kafe dan memainkan sentuhan jari (touchscreen)  pada perangkat digital anda. Selanjutnya, Vizitrip dengan sigap memproses tujuan liburan anda. Jadi, ibarat pepatah “sekali mendayung dua pulau terlampaui”.  Booking mudah, harga feksibel sesuai isi kantong anda, deskripsi tujuan liburan juga transparan dan pelayanan yang profesional. Inilah yang menjadi keinginan para traveler Jaman Now.














Tujuan wisata top dunia yang ada di laman Vizitrip
(Sumber: www.Vizitrip.com/screenshot)


Peran Penting
Generasi milenial adalah tipe yang belum matang benar dalam hal  keuangan. Namun, keinginan mereka untuk melihat dunia dengan cara traveling adalah sebuah hal yang membanggakan dan patut diacungi jempol. Bukan hanya berpengaruh terhadap potensi wisata Indonesia tetapi bisa mengenalkan wisata Indonesia ke pentas dunia. Ingat, generasi milenial adalah generasi yang paling eksis mengakses internet khususnya di sosial media (sosmed) karena komposisi mereka lebih banyak dibandingkan  generasi lainnya.
Semakin mereka eksis bergerilya ke seluruh tempat wisata Indonesia maka semakin masif mereka update untuk posting keindahan potensi wisata Indonesia di dunia maya. Di sinilah, titik pentingnya kemajuan wisata Indonesia. Generasi milenial butuh dukungan berupa jasa tour & travel yang mampu menyelami keinginan generasi milenial baik dari segi biaya yang terjangkau & fleksibel dan tempat tujuan wisata yang variatif. Kolaborasi antara gaya leisure generasi milenial dan dukungan perusahaan tour & travel mampu mengembangkan daya tarik wisata Indonesia ke pentas dunia. Siapa yang untung? Lagi-lagi bangsa ini, bukan?
Akhirnya, sudah saatnya Pemerintah peduli fenomena leisure economy pada generasi milenial seiring dengan perkembangan dunia digital yang kian tidak terbendung. Percaya atau tidak, pergeseran lifestyle generasi milenial dari konsumtif ke leisure mampu mendogkrak pendapatan negara. Jika, potensi wisata Indonesia bisa menjadi barometer pariwisata dunia maka keberadaan generasi milenial dan dukungan dari perusahaan tour & travel perlu mendapatkan apresiasi yang tinggi.
Keindahan alam Indonesia yang terbentang luas dari Sabang hingga Merauke bagai zamrud khatulistiwa perlu peran penting para buzzer  di dunia  maya yang bersifat positif. Dan, ranah digital menjadi media penting untuk mengenalkan potensi wisata Indonesia yang belum terjamah sekalipun. Bahkan, dengan keterlibatan anak bangsa dari generasi milenial yang mampu menjelajah Indonesia hingga pulau 3T (Terdepan, Terluar dan Terpencil) akan memperjelas dan menajamkan batas-batas Indonesia di mata dunia. Dampaknya, geliat perekonomian di daerah tersebut juga lambat laun akan meningkat. Lagi-lagi, siapa yang untung? Bangsa Indonesia sebagai kebanggaan kita semua.

Salam Pariwisata Indonesia.



1 comment:

Joe Candra P said...

benar2 memudahkan kita untuk liburan yah gan hehhee

Menuju Indonesia Maju dengan Teknologi Transportasi Light Rail Transit (LRT) Jabodebek

Proses lifting car atau pengangkatan rangkaian kereta pertama ( trainset )  LRT Jabodebek  di Stasiun Harjamukti, tanggal 13 Oktobe...