Monday, June 11, 2018

Mengatur Stamina Tubuh Agar Puasa Tetap Lancar dan Menyenangkan




Olahraga ringan saat puasa akan membuat badan tetap fit 
(Sumber: dokumen pribadi) 


Banyak kalangan berpendapat bahwa puasa bisa mengambat kinerja. Juga, banyak alasan yang mendasari bahwa kualitas dan kuantitas pekerjaan berkurang ketika menjalankan ibadah puasa. Kenyataannya, tidak semuanya benar anggapan tersebut. Karena, dengan berpuasa justru melatih atau membentuk kondisi badan lebih segar dari bulan-bulan sebelumnya.
Lantas, bagaimana cara untuk menjaga stamina tubuh agar puasa tetap lancar dan aktivitas pekerjaan tidak terganggu? Hal yang pertama diperhatikan adalah asupan nutrisi yang terkandung pada makanan saat anda melakukan makan sahur. Syarat makanan sehat tentunya menganut konsep 4 sehat 5 sempurna. Kombinasi karbohidrat, daging, sayuran, buah-buahan dan susu harus seimbang saat masuk ke dalam tubuh anda.

Kandungan Air Cukup Dalam Tubuh
Hal terpenting saat puasa adalah tubuh harus mengandung cukup air saat melakukan ibadah puasa. Oleh sebab itu, mengkonsumsi cukup air minum serta makanan lain yang mengandung unsur air sangat disarankan seperti buah-buah atau juice buah-buahan. Dengan kandungan air yang cukup maka anda tidak mudah mengalami dehidrasi atau kekurangan air saat menjalankan ibadah puasa.  Karena, dengan dehidrasi maka aktivitas tubuh anda akan sedikit terganggu. Akibatnya, pekerjaan anda tidak bisa diselesaikan dengan baik.


Melakukan gerakan ringan agar badan tidak kaku dan membantu stamina badan tetap terjaga (Sumber: dokumen pribadi)


Saat menjalankan puasa juga disarankan tetap melakukan gerakan tubuh atau olahraga sepereti biasanya. Melakukan gerakan ringan seperti jalan santai yang tidak menguras keringat merupakan kegiatan yang bisa menjaga stamina tubuh. Karena, ketika tubuh malas olahraga justru membuat tubuh mudah lelah dan tidak fit. Melakukan pemanasan tubuh (warming up) seperti melakukan gerakan tangan, kaki dan kepala akan membuat stamina tubuh tetap terjaga. 
Meskipun puasa, saya tetap melakukan aktivitas jalan-jalan (traveling). Mengkonsumsi cukup air minum saat sahur memberikan cukup air minum. Tetapi, saya menghindari gerakan tubuuh yang berlebihan untuk menghindari keluar keringat secara berlebihan saat berpuasa. Keringat yang berlebihan akan menyebabkan tubuh mudah lelah. Serta, saat kandungan air berkurang secara drastis maka suhu tubuh akan mudah  meninggi. Oleh sebab itu, saya tetap melakukan gerakan yang ringan dan menyenangkan untuk membuat kondisi badan tetap sehat dan semangat.


Menjaga stamina tubuh agar puasa tidak mengganggu traveling (Sumber: dokumen pribadi)


Waktu Olahraga
Melakukan olahraga saat puasa juga perlu memperhatikan waktunya. Saat melakukan olahraga tubuh biasanya dilakukan saat pagi hari ketika kondisi tubuh masih mempunyai stamina yang baik dan sore hari menjelang saat berbuka puasa. Bagaimana dengan siang hari? Sebenarnya tidak masalah bagi anda yang terbiasa berolahraga saat siang hari.
Tetapi, hal yang perlu diperhatikan saat olahraga di siang hari adalah perlunya olaharga ringan dan hindari dengan kontak matahari langsung dalam waktu  yang lama. Sinar matahari  yang memancarkan secara langsung ke tubuh akan mengakibatkan proses dehidrasi lebih cepat dari biasanya. Dan, rasa haus karena efek dehidrasi bisa terjadi tiba-tiba. Kondisi inilah yang bisa mengakibatkan stamina anda drop saat melakukan ibadah puasa. Akhirnya, pekerjaan pun menjadi terganggu.
Menurut saya, untuk menjaga stamina tubuh tertap terjaga bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah-buahan saat makan sahur. Kandungan air yang terdapat pada buah-buahan sangat membantu tubuh untuk menghindari perasaan cepat haus. Bila perlu, anda bisa mengkonsumsi zat-zat penambah vitamin dan energi yang tersedia di berbagai toko atau apotik. 


Buah-buahan mengandung air sangat cocok untuk menjaga stamina tubuh (Sumber: dokumen pribadi)



Jadi, olahraga bukanlah penghalang bagi anda saat bekerja. Justru dengan berolahraga maka stamina anda akan tetap terjaga. Kuncinya, memperhatikan hal-hal yang telah dibahas di atas. Karena, sejatinya puasa adalah membuat badan kita lebih sehat dan bugar karena 11 bulan sebelumnya lambung anda tidak diberi kesempatan untuk beristirahat mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dan, puasa adalah waktu terbaik untuk mengatur ritme gerakan lambung anda.
Serta, Puasa adalah cara terbaik untuk membuat badan lebih sehat karena mengatur waktu makan. Oleh sebab itu, olahraga menjadi cara untuk menjadikan stamina tubuh tetap prima. Puasa bukan alasan anda menghentikan aktivitas olahraga. Bahkan, olahraga menjadikan hari-hari puasa anda lebih sehat dan menyenangkan.  Yuk, olahraga meskipun puasa!




Artikel ini juga tayang di Kompasiana


No comments:

8 Hal Menarik yang bisa Anda Temukan di Pantai Melasti

Pulau Bali yang ditetapkan oleh Trip Advisor sebagai peringkat pertama tujuan wisata dunia menjadi kebanggan bangsa Indonesia. Pres...