Skip to main content

Ya Allah, Hamba Rindu Lailatul Qadar-MU di Setiap Ramadhan



Berburu Malam Lailatul Qadar (Sumber: tribunnews/diolah)



Bagi saya bulan Ramadhan bagai wanita yang salihah dengan segala kelebihannya baik kecantikan fisiknya maupun tingkat hatinya selalu dekat dengan Allah SWT. Sebuah ilustrasi menarik tentang sosok wanita yang dirindukan oleh setiap pria manapun.  Anda akan mengejar cewek tersebut hingga menjadi kekasihnya. Bila perlu bisa menjadi istrinya yang akan membawanya anda ke surga.
Dan, tidak ada bedanya dengan bulan Ramadhan, bulan yang agung dan penuh berkah. Banyak pahala yang bisa anda dapatkan selain ibadah puasa. Lantas, jika ada pertanyaan menarik seperti, “apa yang anda rindukan dari bulan Ramadhan?”. Sebuah pertanyaan yang mampu membuka kesadaran dan kejujuran anda. Karena, dengan kejujuran tersebut maka bulan Ramadhan akan selalu membuat anda bagai menanti gadis cantik dengan ciri-ciri seperti di atas.   


Ramadhan Kariim (Sumber: sentramasjid.com)


Malam Lailatul Qadar merupakan malam di bulan Ramadhan yang paling istimewa. Hal ini dikarenakan pada malam Lailatul Qodar merupakan  malam diturunkannya Al-Quran. Seperti ada dalam Al-Qur’an yang artinya:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.” (QS. Al Qadar [97] : 1)

Setiap bulan Ramadhan datang, saya selalu merindukan akan datangnya malam Lailatul Qadar.  Malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Malam yang penuh agung dan barokah. Perlu diketahui bahwa mendapatkan malam Lailatul Qadar menjadi impian bagi umat Islam khususnya yang berpuasa atas dasar keimanan. Tidak mudah mendapatkan malam Lailatul Qadar tetapi dengan perjuangan yang kuat mampu diperolehnya. Seperti apa yang disabdakan oleh Rasulullah SAW:

“Barang siapa yang terjaga untuk mendapatkan malam lailatul qadar, kemudian benar-benar mendapatkannya, maka dia telah diampuni dosa sebelum dan sesudahnya,” (HR. Ahmad)

Puasa adalah ibadah yang sangat rahasia. Pahala yang diperoleh setiap insan yang berpuasa hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui. Sama halnya dengan malam Lailatul Qadar. Malam yang lebih baik dari 1000 bulan tersebut juga menjadi sangat rahasia.


Malam lailatul qadar, malam yang lebih baik dari 1000 bulan
(Sumber:  thebloodpoets.com)


Dengan kata lain, tak ada makhluk di dunia pun yang tahu betul kedatangan malam Lailatul Qadar. Tetapi, meskipun sangat rahasia, Rasulullah SAW memberika gambaran bahwa datangnya  malam Lailatul Qadar pada malam ganjil di 10 malam terakhir bulan Ramadhan. 


“Carilah lailatul qadar pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)

Secara garis besar, tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar bisa dijabarkan sebagai berikut:

1.      Udara atau angin pada malam itu terasa tenang. Tidak telalu dingin dan tidak pula terasa panas. Sebagaimana riwayat dari Ibnu Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:



Artinya:
“Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin,..” (HR. Ibnu Huzaimah)

2.      Matahari di pagi harinya tidak begitu panas dan berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru. Disebutkan dari Ubay bin Ka’ab radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:



Artinya:
“.. Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadhan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa sinar yang menyorot.” (HR. Muslim no. 762)

3.      Malam tersebut tampak cerah dan terang. Sebuah riwayat dari Ubadah bin Shamit, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:



Artinya:
“…Sesungguhnya tanda Lailatul Qadar adalah malam cerah, terang, seolah-olah ada bulan, malam yang tenang dan tentram, tidak dingin dan tidak pula panas. Pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, sampai pagi harinya. Dan sesungguhnya, tanda Lailatul Qadar adalah, matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar kuat, seperti bulan purnama, dan tidak pula dihalalkan bagi setan untuk keluar bersama matahari pagi itu.” (HR. Ahmad)

4.      Ibadah pada malam tersebut akan terasa lebih tenang dibandingkan di malam-malam yang lain. Sebab, malaikat-malaikat dan malaikat Jbril turun pada malam tersebut. Allah Ta’ala berfirman:



Artinya:
 “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadar [97] : 3-5)

Ibnu Katsir rahimahullah menafsirkan, “Banyak malaikat yang akan turun pada Lailatul Qadar karena banyaknya berkah yang ada pada malam tersebut. Dan Malaikat akan turun bersamaan dengan turunnya berkah dan rahmat sebagaimana turunnya mereka di tengah-tengah orang yang membaca al-Qur’an serta mengelilingi majlis-majlis zikir.” (Tafsir Ibnu Katsir, 8/445)

5.      Terkadang tanda-tanda malam tersebut diperlihatkan oleh Allah dalam mimpi orang mukmin. Hal ini sebagaimana yang pernah dialami oleh sebagian para sahabat.

Dengan tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar, maka anda akan semakin meningkatkan amalan di bulan Ramadhan.  Maka, kerinduan akan bulan Ramadhan bisa terobati ketika bisa bertemu dengan malam Lailatul Qadar. Meskipun, berburu malam Lailatul Qadar seperti berburu hilal untuk menentulan awal bulan Ramadhan. Dengan keimanan yang tinggi maka Insya Allah malam Lailatul Qadar bisa diperoleh.
Bertemu dengan bulan Ramadhan adalah anugerah Allah SWT yang luar biasa. Dan, bertemu dengan malam Lailatul Qadar adalah  mimpi indah setiap umat Islam. Saya merindukan bulan Ramadhan, dan saya “sangat” merindukan bisa bertemu dengan malam Lailatul Qadar.
Doa saya dalam setiap sholat, “Ya Allah, hamba pasrah atas iradat-MU. Dengan ijin-MU maka pertemukan hamba dengan malam Lailalatul Qadar di bulan Ramadhan yang agung ini”. Tidak terasa air mata pun menetes pelan membasahi pipi. Karena, saya selalu rindu Ramadhan dan rindu akan malam yang lebih baik dari malam 1000 bulan itu.       


Referensi:








Artikel ini juga tayang di Kompasiana

Comments

Popular posts from this blog

Cara mencerahkan kulit dengan Kojie San

Foto Ala Jepang di FotoKimono