Skip to main content

Butuh Asuransi Mobil? Beli Asuransi Mobil di Raksaonline.com Serasa Belanja Online



Beli Asuransi Mobil di Raksa Online serasa belanja online (Sumber: dokumen pribadi/screenshot RaksaOnline)



             Pembaca yang budiman,




Semakin berkembangnya jaman maka mobilitas masyarakat semakin beragam dan serba cepat. Kebutuhan akan mobil kini menjadi kebutuhan penting bagi sebagian masyarakat. Bahkan, mobil bukan hanya sebagai kebutuhan yang urgent atau primer dalam keluarga tetapi mobil bisa menjadi bahan koleksi atau hobi.
Banyak cara untuk bisa memiliki mobil, dari membeli secara kontan (cash) hingga membeli secara kredit. Tetapi, permasalahan tidak berhenti setelah anda mendapatkan mobil tersebut. Ada pepatah yang mengatakan bahwa mendapatkan sesuatu hal akan lebih mudah daripada melakukan perawatan terhadap hal tersebut.
Sama halnya dengan mobil yang anda dapatkan. Anda juga perlu memikirkan lebih jauh cara memelihara mobil tersebut sepanjang anda memilikinya. Dengan kata lain, mobil juga membutuhkan perawatan yang baik “bak istri kedua” anda.  Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk melindungi mobil anda adalah melengkapinya dengan Asuransi Mobil.  

Seberapa Penting Asuransi Mobil
Ada pertanyaan yang menarik saat berbicara tentang Asuransi Mobil, “seberapa penting sih asuransi mobil bagi anda?”. Keberadaan mobil ibarat nyawa anda. Saat anda mengoperasikan mobil di manapun dan kapanpun maka hal yang tidak terduga bisa menimpa mobil anda. Dari kecelakaan lalu lintas di jalan raya hingga mobil tertimpa pohon roboh yang tanpa anda sadari.
Bahkan, organisasi kesehatan dunia World Health Organization (WHO) memberikan pemahaman kepada anda bahwa kecelakaan lalu lintas menjadi pembunuh terbesar ketiga di Indonesia, setelah jantung koroner dan TBC. Apalagi, menurut laporan data Korlantas Polri yang menyatakan bahwa kecelakaan lalu lintas terjadi sebanyak 105.374 kasus pada tahun 2016.
Tentu banyak faktor yang menimbulkan kecelakaan, tetapi faktor kesalahan manusia (human error) merupakan faktor utama terjadinya kecelakaan yang berasal bukan hanya dari anda sendiri tetapi juga dipengaruhi orang lain. Saat anda berlaku tertib di jalan raya, namun orang lain berlaku ceroboh (melanggar peraturan) maka peluang kecelakaan lalu lintas akan terjadi secara tiba-tiba.


Perlunya Asuransi Mobil karena kejadian tak terduga bisa terjadi kapan saja (Sumber: ligoricappylaw.com)


Saat terjadi kecelakaan yang tidak anda harapkan maka kerugian bukan hanya terjadi pada tubuh anda tetapi bisa menimpa mobil yang anda tumpangi baik berupa lecet-lecet hingga rusak parah.  Kejadian tidak terduga juga bukan hanya kecelakaan lalu lintas saja tetapi aksi begal hingga pencurian kendaraan bisa menimpa anda kapanpun. Dan, kejadian kejahatan tersebut bukan hanya terjadi di kota besar tetapi bisa menimpa pemilik mobil yang berada di perkampungan desa.  
            Saat anda mengalami kerusakan atau kehilangan mobil yang anda sayangi maka anda akan merasakan betapa pentingnya sebuah asuransi mobil. Karena, saat mobil tidak mempunyai proteksi atau perlindungan kejadian tidak terduga maka anda seperti membuang harta anda ke tengah lautan begitu saja. Anda akan merasa sangat kehilangan dan menyesal yang luar biasa.
            Itulah pentingnya asuransi mobil yang berguna untuk meminimalisir dampak kerugian yang menimpa anda. Keberadaan asuransi mobil akan membuat hidup anda lebih nyaman dan merasa tenang pada saat berkendara di jalan. Mengapa? karena risiko yang mungkin terjadi kapan saja atas kendaraan Anda akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Dengan kata lain, anda telah memindahkan berbagai macam risiko yang akan menimpa mobil anda ke pihak perusahaan asuransi.
           
Tips Memilih Asuransi Mobil
            Sekarang ini telah bermunculan berbagai macam perusahaan asuransi mobil. Tentu, anda dituntut lebih jeli untuk memilih jenis asuransi yang baik buat mobil anda. Ada beberapa tips memilih asuransi mobil yang bisa menjadi pegangan buat anda, yaitu:
1. Pertimbangkan Kredibilitas
Perusahaan asuransi mobil hendaknya sebuah perusahaan yang mempunyai kredibilitas baik yang bisa dilihat dari indikator seperti: a) cara perusahaan asuransi dalam menyelesaikan dan menangani klaim yang diajukan oleh nasabah; dan b) waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah klaim dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pembayaran kepada nasabah.
2. Pastikan Layanan yang Diberikan
Setiap nasabah ingin mendapatkan layanan terbaik dari yang lainnya. Salah satu layanan yang sangat menentukan nasabah adalah layanan yang berhubungan dengan klaim nasabah, seperti: jenis kerusakan apa yang di-cover, proses kecelakaan yang bisa diklaim, ketersediaan layanan derek, lama waktu yang dibutuhkan untuk klaim, syarat-syarat klaim, proses pendaftaran, dan berbagai macam hal lainnya yang berhubungan dengan kecelakaan. Hal lain yang bisa menjadi alasan kuat nasabah adalah tersedianya bengkel rekanan dari perusahaan asuransi yang bersangkutan.
3. Cek Berbagai Macam Keluhan Nasabah Lain
Ada peribahasa yang mengatakan, “tak ada gading yang tak retak” yang berarti bahwa keluhan pelanggan pastilah ada dalam bisnis asuransi mobil. Tetapi, hal yang perlu diperhatikan bagi nasabah dalam memilih asuransi mobil adalah perlunya membandingkan jumlah keluhan yang diterima dengan jumlah keluhan yang diselesaikan oleh perusahaan asuransi tersebut.
Jangan ambil risiko untuk membeli asuransi jika banyak keluhan pelanggan yang tanpa mendapatkan pemecahan solusi. Anda akan merasa rugi di masa depan saat mau melakukan klaim. Dan, anda akan mengalami kerugian waktu dan materi.
4. Minta Rekomendasi Dealer
 Tidak ada salahnya anda bertanya tentang asuransi mobil terbaik melalui dealer. Karena, dealer mempunyai banyak informasi yang menjadi pegangan anda untuk membeli asuransi mobil. Bahkan, anda mempunyai banyak rekomendasi tentang asuransi mobil yang baik  dan asuransi mobil yang perlu dihindari.
5. Pilih Jenis Asuransi yang Paling Tepat
            Tentu, keputusan terakhir  ada di tangan anda, “the power is your hands”.  Andalah “decision maker” sebenarnya. Anda yang mempunyai keputusan penting untuk memilih asuransi mobil terbaik menurut kacamata anda. Setelah dari berbagai macam alasan yang mendukung maka anda berhak memilih jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan mobil dan keuangan anda untuk membayar premi.

Mengapa Harus Raksa Online?
Ketika era digital berkembang dengan pesat maka pelayanan produk apapun melakukan transfomasi ke arah online. Bukan hanya menyesuaikan perkembangan jaman tetapi pelayanan secara online benar-benar memanjakan pelanggan. Pembeli adalah raja benar-benar terjadi di era serba gadget dari pelayanan ojek online hingga online shop (toko online).
Bagaimana dengan pelayanan asuransi mobil? Apakah mengikuti perkembangan tren digital. Jawabannya, “tentu”. Kini ada perusahaan asuransi mobil yang memahami keinginan pelanggan. Kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat tajam tentu tidak bisa melakukan pembelian asuransi mobil secara konvensional. Ditambah lagi, tren “memanjakan pelanggan”  melalui perangkat digital menjadi sebuah keniscayaan.
Mengikuti perkembangan teknologi digital yang tiada batas (borderless) maka  salah satu perusahaan asuransi mobil yaitu  Raksa Online yang merupakan situs resmi dari PT Asuransi Raksa Pratikara (www.araksa.com) memberikan kemudahan bagi nasabah Raksa untuk membeli produk asuransi mobil secara online.
Raksa Online hadir sebagai wujud komitmen perusahaan untuk memberikan layanan yang memuaskan dalam hal berasuransi bagi setiap nasabah. Dan, Raksa Online juga menjadi topik yang menarik saat acara Kelas Blogger ke-23 yang diadakan pada tanggal 23 Agustus 2018 lalu di Wisma BSG Jakarta.   


Mengapa harus membeli Asuransi Mobil di Raksa Online (Sumber: dokumen pribadi/screenshot RaksaOnline)


Banyak keuntungan dengan membeli asuransi mobil di Raksa Online. Pada momen-momen spesial sepeti Hari Kemerdekaan RI, Raksa Online memberikan diskon pembayaran premi. Ini bisa meringankan beban keuangan anda. Dan, anda bisa mendapatkan informasinya secara Live Chat di Raksa Online.   



Banyak untungnya seperti diskon premi pada momen spesial dengan beli Asuransi Mobil Raksa Online (Sumber: dokumen pribadi/screenshot RaksaOnline)


Beli Asuransi Serasa Belanja Online
Yang paling menarik dari membeli Asuransi Mobil di Raksa Online adalah bisa dilakukan secara online layaknya anda sedang belanja online. Anda bisa mengaksesnya dari mana saja melalui perangkat digital atau Smartphone (telepon pintar). Tentu, proses pembelian pun mudah dan cepat serasa anda memesan produk di toko online. Anda benar-benar semakin dimanjakan.    
          Anda tinggal buka web www.raksaonline.com dan klik “Simulasi Premi” pada folder “Beranda”. Selanjutnya, anda tinggal isi kolom-kolom yang dibutuhkan untuk mengajukan pembelian asuransi mobil.  Anda bisa melakuannya dengan mudah.  


Beli Asuransi Mobil di Raksa Online bisa dilakukan dimana saja dengan perangkat digital (Sumber: dokumen pribadi/brosur Raksa)


Di bawah ini adalah contoh simulasi premi yang saya isi sebagai contoh ilustrasi. Hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi mobil yang hendak anda asuransikan seperti harga mobil, merk, tahun keluaran  dan lain-lain. Anda juga harus memperhatikan jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jika dibutuhkan maka anda juga perlu memperluas cover asuransi dengan menambah “Premi perluasan tanggungan”.  Harap diisi sesuai dengan benar dan yang dibutuhkan untuk proteksi mobil anda.


Cara membeli asuransi Raksa serasa belanja online (Sumber: dokumen pribadi/screenshot RaksaOnline)


Di Raksa Online memberikan 2 layanan asuransi mobil, yaitu:  
1. Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)
Total Loss Only (TLO) merupakan asuransi mobil  yang memberikan cover asuransi hanya untuk kehilangan total saja. Maksud kehilangan total tersebut yaitu kerusakan yang terjadi di atas 75%, kehilangan pencurian atau  perampasan.
Jadi, jika kerusakan yang dialami kurang dari itu tidak akan mendapatkan ganti rugi atas kerusakan. Kerusakan 75% diambil karena mobil dipastikan tidak dapat digunakan lagi seperti kecelakaan parah atau mobil tertimpa longsor dan lain-lain.
2. Asuransi Mobil Comprehensive atau All Risk
Asuransi mobil jenis Comprehensive atau keseluruhan merupakan asuransi mobil yang dibayar jika mobil mengalami segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan. Perlu diketahui bahwa pembayaran asuransi jenis Comprehensive lebih mahal dari jenis TLO. Tentu jumlah premi yang dibayarkan sebanding dengan proteksi mobil yang diterima.
Besaran pembayaran premi asuransi mobil baik untuk jenis TLO maupun Comprehensive  telah ditentukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Yang perlu diperhatikan adalah premi akan ditentukan beberapa factor seperti Uang Pertanggungan (UP) yang ditunjukan dengan Kategori. Juga, rate asuransi di mana alamat pemilik pada surat kendaraan yang membagi “wilayah” juga menentukan besaran premi. Berikut besaran asuransi mobil untuk jenis TLO dan Comprehensive:    

Besaran premi Asuransi Mobil Total Loss Only atau TLO (Sumber: Otoritas Jasa Keuangan (OJK)/diolah)


Besaran premi Asuransi Mobil All Risk atau Comprehensive (Sumber: Otoritas Jasa Keuangan (OJK)/diolah)


Adapun, jika asuransi mobil anda membutuhkan perluasan tanggungan maka anda perlu membayar lebih besar dibandingkan dengan asuransi Comprehensive.  Banyak hal-hal yang menjadi perluasan pertanggungan yang bisa terjadi pada mobil anda tanpa diprediksi sebalumnya, seperti: a) Banjir, taifun, badai, dan kerusakan karena air; b) Kerusuhan; c) Gempa Bumi/Tsunami; d) Sabotase/Terorisme; e) Third Party Liability (TPL); f) Kecelakaan Pengemudi; g) Kecelakaan Penumpang; h) Tanggung Jawab Hukum terhadap Penumpang (TJHP); dan i) Bengkel Resmi.
          Keuntungan yang tidak kalah penting jika anda membeli asuransi mobil di Raksa Online adalah proses klaim lebih mudah karena jaringan kantor cabang dan pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia. Raksa Online berkantor pusat di Wisma BSG Jakarta Pusat dan didukung oleh 7 kantor cabang dan 11 kantor pemasaran.



Asuransi Mobi Raksa Online memberikan kemudahan klaim karena kantor cabang tersebar di Indonesia (Sumber: dokumen pribadi/RaksaOnline)


RMC (Raksa Mobile Club) atau Moline
          Lagi, keuntungan yang bisa anda peroleh dengan membeli asuransi mobil Raksa Online adalah akses RMC (Raksa Mobile Club) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mobil Online (Moline). Perlu diketahui bahwa Moline merupakan salah satu fasilitas dari Raksa Online yang memudahkan nasabah untuk mengajukan klaim asuransi mobil dari tempat terdekatnya. Oleh sebab itu, keberadaan Moline membuat “semakin mudah dan dekat”.
Sebagai informasi, beberapa lokasi di Jakarta, gerai armada Moline telah hadir melayani nasabah, mulai dari hari Senin hingga Jumat, dengan jam operasional sebagai berikut.
1.      Kelapa Gading (LotteMart Wholesale)                       : 10.00-15.30
2.      Meruya (Parkir Gedung House of Blessing, Atria)     : 10.00-15.30
3.      Cibubur (Plaza Cibubur)                                                             : 10.00-15.00


Raksa Mobile Club (RMC) atau Mobil Online (Moline) membuat pelanggan semakin mudah dan dekat (Sumber: dokumen pribadi/diolah)


Moline yang telah dilengkapi dengan ruangan ber-AC akan membuat nasabah betah dan nyaman. Ini adalah sebuah strategi marketing dari Raksa Online untuk menjemput bola. Bukan itu saja, masyarakat juga semakin kenal keberadaannya untuk membangun kesadaran (awareness). Keberadaan Moline juga bisa menjadi “nilai lebih” dibandingkan dengan asuransi mobil lainnya. Dan, nilai lebih inilah yang bisa mendongkrak peningkatan jumlah nasabah.  

Testimoni Raksa Online
Banyak pihak atau nasabah yang telah merasakan manisnya pelayanan asuransi mobil Raksa Online. Seperti, bapak Martinus Gunawan yang mendapatkan kenyamanan dalam hal derek mobil.


Salah satu testimoni pelanggan bapak Martinus Gunawan yang sudah merasakan keuntungan pelayanan Asuransi Mobil Raksa Online (Sumber: dokumen pribadi/screenshot RaksaOnline)



Anda ingin merasakan betapa mudahnya membeli asuransi mobil dengan Raksa Online? Karena, bagi Raksa Online, “Anda adalah Raja” dengan pelayanan yang menyenangkan. “Anytime Anywhere with Our Smile” membuat anda semakin dekat.







Sumber tulisan:




Comments

Lolita Novianti said…
This comment has been removed by a blog administrator.

Popular posts from this blog

Cara mencerahkan kulit dengan Kojie San

Wisata Sejarah Benteng Pendem (Van Den Bosch), Surga Tersembunyi di Kota Ngawi

Benteng Pendem (Van De Bosch), wisata sejarah unggulan Pemerintah  Kabupaten Ngawi Jawa Timur (Sumber: dokumen pribadi)


Hari Raya Lebaran sebagai Hari Kemenangan umat Islam telah berlalu. Hari yang menjadi titik balik sebagai insan yang kembali kepada fitrah (kesucian). Kini, di hari ibur Lebaran, banyak tempat-tempat wisata atau spot untuk hangout para orang tua atau generasi milenial yang diserbu pengunjung khususnya para pemudik. Oleh sebab itu, tempat wisata yang ada di daerah menjadi incaran para pemudik untuk menghabiskan masa liburnya sebelum kembali ke kota dan melakukan rutinitas kerja seperti sedia kala. Kini, di jaman digital memberikan kemajuan setiap daerah untuk berbenah mengelola potensi wisata yang ada sebaik mungkin. Dari tempat wisata pantai hingga wisata dataran tinggi yang mengandalkan keindahan alam pegunungan. Dan, mayoritas pengunjung paling happy saat berkunjung ke tempat wisata pantai atau gunung tersebut. Lonjakan pengunjung tersebut secara langsung akan mening…