Skip to main content

Gak Usah Mudik!! 6 Hal yang Bikin Kamu Rindu Saat Menikmati Nyepi di Best Western Resort Kuta



Pemandangan gedung, lift dan kolam renang yang instagrammable banget di Best Western Resort Kuta Bali (Sumber: dokumen pribadi)


Jika anda tinggal di Bali, maka merasakan Hari Raya Nyepi menjadi peristiwa yang selalu ditunggu-tunggu. Tetap tinggal di Bali untuk merayakan Hari Raya Nyepi atau melakukan acara “mudik” keluar dari Bali agar anda tetap bebas beraktifitas. Bagi anda yang tetap tinggal Bali, berarti akan merasakan malam pengerupukan atau pawai ogoh-ogoh yang mempesona. Juga, anda perlu mempersiapkan semua kebutuhan selama Nyepi.

Hari Raya Nyepi 2019 kali ini, saya sekeluarga tetap tinggal di Bali. Dan,  merupakan Hari Raya Nyepi yang ke-10. Seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya, pawai ogoh-ogoh selalu menarik perhatian saya. Mengabadikan dalam foto atau video bisa menjadi kenangan. 

Itulah sebabnya, menjelang malam Pengerupukan, berkeliling Kota Denpasar untuk menikmati berbagai macam bentuk ogoh-ogoh menjadi sebuah keharusan. Banyak hal yang menarik selama menikmati ogoh-ogoh. Kemacetan lalu lintas selalu terjadi karena masyarakat banyak yang memarkir kendaraan di pinggir jalan. Dari sekedar melihat-lihat ogoh-ogoh yang dipajang di pinggir jalan atau mengabadikan dalam perangkat gadget mereka.    


Ogoh-ogoh menjelang Hari Raya Nyepi 2019 (Sumber: dokumen pribadi)

Sore menjelang malam Pengerupukan, saya dan keluarga (istri dan anak) berniat untuk “staycation” di sebuah hotel, di kawasan Kuta Bali yaitu Best Western Resort Kuta. Hotel berbintang yang mempunyai suasana semi Ubud. Banyak dikelilingi pepohonan yang membuat adem. Serta, desain bangunan hotel yang klasik.  

Kamar yang Nyaman  
Bersyukur sekali dapat kamar yang strategis. Kamar yang berada di lantai II dengan pemandangan halaman depan hotel yang dipenuhi dengan pepohonan. Serta, bagian belakang (balkon) dengan pemandangan kolam renang yang dipenuhi pepohonan perindang.   

Kamar “Deluxe Room” twin bed  plus ekstra bed untuk anak saya membuat nyaman untuk dinikmati. Dinding yang dipenuhi dengan warna krem membuat suasana terasa tenang. Tempat tidur pun telah dilengkapi dengan lampu tidur gantung di sebelah kanan dan kirinya. 

Pojok belakang kiri terdapat kursi panjang dan meja yang digunakan untuk bersantai ria. Bisa sambil membaca koran atau majalah. Juga, asik sembari tiduran bisa menikmati konten di sosial media (sosmed). Tempat santai ini juga telah dilengkapi dengan “standing lamp” (lampu berdiri) yang membuat suasana makin romantis. 


Kamar dari “Deluxe Room” yang nyaman. Jadi teman setia selama Nyepi 2019 (Sumber: dokumen pribadi)


Di bagian pojok belakang sebelah kanan, telah dilengkapi dengan meja kerja yang dilengkapi dengan kursi kerja dan kursi santai. Semua kursi dilengkapi dengan sofa yang empuk. Bisa kuat berlama-lama jika bermain dengan laptop. 

Di sebelah kanannya, tergantung dan menempel di dinding adalah sebuah LED Televisi yang bisa menampilkan puluhan channel televisi berlangganan. Di bawahnya terdapat meja kecil serbaguna. Bergeser ke kanan terdapat paket lemari dan gantungan baju. Juga, telah tersedia “Mini Bar” yang bisa menyimpan minuman agar tetap dingin. 

Yang bikin asik adalah saat melihat bagian kamar mandi. Bathtub bikin nyaman setiap berendam dengan air panas. Ya, udara dingin membuat badan agar tetap hangat. Apalagi, air hangat bisa membuat kondisi badan tetap sehat. 

“Movie” Jadi Teman Setia
Perlu diketahui bahwa saat Hari Raya Nyepi 2019, semua saluran televisi swasta dan negeri “dimatikan” selama 24 jam. Serta, koneksi internet beberapa provider juga dinonaktifkan. Apalagi, ditambah suasana gelap tentu bisa membuat anda sedikit bosan.

Oleh sebab itu, pihak manajemen hotel memberi kebijakan menayangkan tontonan untuk internal berupa “movie” yang menarik. Kondisi ini bisa mengurangi rasa bosan di dalam kamar.  Apalagi, tayangan “movie” yang bergenre “action” sangat menarik untuk ditonton. 

Melihat semua tayangan “movie” full action ter-update seperti berada dalam Cineplex 21. Sungguh, saya pribadi merasa tidak kesepian di Hari Raya Nyepi. Tentu, lampu tetap dimatikan sebagai penghormatan bagi saudara yang sedang merayakan Hari Raya Nyepi.  


Tayangan “movie” yang bikin Nyepi gak sepi lagi (Sumber: dokumen pribadi)


Hujan Merindu dari Balkon
Hari Raya Nyepi 2019 menjadi spesial karena hampir seharian diguyur hujan. Udara semakin dingin baik dalam maupun luar kamar. Suasana hujan justru membuat suasana makin romantis. Jadi teringat lagunya Ratih Purwasih, “yang, hujan turun lagi. Di bawah payung hitam ku berlindung..”.  Suasana ini menjadi sebuah “rindu”. 

Saat hujan deras, dari balkon, saya dan istri saya justru menikmati para tamu bersemangat untuk berenang di kolam renang. Beberapa pasangan tamu yang sepertinya dari India justru memanfaatkannya untuk memadu kasih. Mungkin, mereka dalam rangka honeymoon atau berbulan madu. Sementara. Tamu bule dan keluarganya menikmati kolam renang dengan gelak tawa. Serta, tamu lokal khususnya wanita juga tidak ketinggalan. Mereka layaknya seperti turis asing, lenggak-lenggok di bibir kolam renang meski diguyur hujan. 

Menikmati pemandangan kolam renang berbalut hujan dan pepohonan yang bergerak searah angin membuat suasana makin rindu. Dalam hati berkata, “suasana seperti ini bikin rindu dan ingin terulang lagi”. Memang, balkon itu memberikan sejuta kenangan. Kadang, saya menyempatkan diri melambaikan tangan ke turis cantik yang sebelumnya tersenyum menyapaku. Ihh, genit amat sih!

  
Istri menikmati hujan di senja hari. Benar-benar bikin rindu  (Sumber: dokumen pribadi)


“Beten Bingin” Mempesona
Apa sih cirri khas dari Best Western Resort Kuta? Sebuah pohon beringin besar nan rindang yang terletak di bagian tengah halaman depan menjadi ciri khas dari hotel ini. Beringin yang dalam bahasa Bali disebut sebagai BINGIN memberikan perasaan nyaman bagi siapapun yang berada di bagian bawah (bahasa Bali: BETEN). Inilah yang membuat bahwa Best Western Resort Kuta dikenal dengan BETEN BINGIN.

Menurut kepercayaan agama Hindu Bali, beringin yang diselimuti kain “poleng” (kotak-kotak hitam dan putih) tersebut sangatlah sakral. Oleh sebab itu, terdapat “pelinggih” atau tempat persembahyangan agar terjaga kesuciannya. Serta, sejatinya halaman tempat beringin berada merupakan halaman bersantai. Di sekeliling BETEN BINGIN terdapat sofa dari rotan dan meja yang beratapkan genteng dari alang-alang. Serta, telah tersedia meja untuk menikmati kuliner yang ditawarkan bar. 


Beten Bingin, ikon dari Best Western Resort Kuta (Sumber: dokumen pribadi)

Saat Nyepi, saya menyempatkan diri untuk tiduran di BETEN BINGIN. Hawa adem pun menerpa. Angin sepoi-sepoi membuat mata sedikit terpejam. Dan, sesekali saya tertidur di BETEN BINGIN. Di BETEN BINGIN ini bukan hanya memanjakan mata tetapi bisa menjadi spot untuk berbagi pengalaman.
Jika siang hari dengan panas matahari menyengat, maka berlindung di BETEN BINGIN sungguh nyaman sambil menikmati minuman dingin. Bahkan, di BETEN BINGIN banyak memberikan suasana hepi. Kenapa? Di sinilah salah satu spot yang instagrammable dari Best Western Resort  Kuta. Jika mencari hotel berbintang di Bali yang halamannya ditemani dengan Beringin besar maka anda perlu mencicipi nyamannya BETEN BINGIN.  


Tidur-tiduran di Beten Bingin (Sumber: dokumen pribadi)


Kolam Renang Penggembira
Selain kamar yang nyaman, dan ademnya BETEN BINGIN yang menjadikan Hari Raya Nyepi gak sepi lagi adalah keberadaan kolam renang di bagian belakang. Yang menarik dari kolam renang ini adalah bentuknya yang unik jika dilihat dari ketinggian. Bentuk lengkungan yang menyerupai angka 8 membuat siapapun betah berlama-lama di sini.

Ada 3 bagian di kolam renang ini. Satu, bagian kolam renang untuk anakl-anak dan balita yang perlu pengawasan orang tua. Dua, bagian untuk anak-anak dan remaja yang juga perlu pengawasan orang tua. Bagian kolam renang ini mempunyai kedalaman kurang lebih 1,3-1,5 m. Ketiga, bagian khusus dewasa. Ini bagian kolam renang yang dikhususkan untuk dewasa atau orang yang ahli berenang. Kedalaman bagian kolam renang ini adalah 3 m. Untuk menghindari  tamu salah masuk, manajemen hotel membatasai bagian kolam renang ini dengan tali yang kuat.  


Kolam renang Best Western Resort Kuta yang indah dan asik, bentuknya juga unik (Sumber: dokumen pribadi)


Bagian kolam renang adalah spot yang paling banyak diburu para tamu. Kolam renang ini telah dilengkapi dengan bar. Tamu bisa memesan minuman yang dikehendaki. Lokasinya persis berbatasan, bahkan menjorok sedikit ke bagian kolam renang. Bahkan, tempat duduk yang terbuat dari cetakan semen terendam dalam air. Jadi, saat anda lelah berenang, anda bisa duduk santai sambil minum-minum cantik. 

Saya juga menikmati indahnya kolam renang ini sambil duduk santai di kursi kolam renang. Birunya kolam renang dan berbagai pasangan tamu asing bisa memanjakan mata. Gelak tawa dan deburan air menjadi pemandangan yang asik untuk dilihat. Apalagi, melihat tingkah laku bule yang tidak puas berenang menjadi hiburan tersendiri. 


Santai kayak lagi di pantai (Sumber: dokumen pribadi)

Setelah puas bermalas-malasan di kursi kolam renang, saya pun terangsang untuk mencicipi dinginnya kolam renang. Bersama anak semata wayang, saya mengeksplorasi kolam renang yang paling dalam. Rasa dingin dan segar menyelimuti tubuh karena waktu menjelang pukul 18.00 (waktu maghrib). Belum puas rasanya untuk berenang, tetapi waktu mulai terasa gelap. Ditambah gerimis yang akan segera turun. 


Berenang saat sore hari di kolam renang Best Western Resort Kuta (Sumber: dokumen pribadi)



Menyapa Pagi
Suasana yang selalu ditunggu-tunggu adalah suasana pagi. Di mana, Ambrosia Restaurant telah menyiapkan makan pagi (breakfast) untuk para tamu. Restoran yang berdekatan dengan kolam renang menjadi tempat yang asik untuk hangout. Bukan sekedar menikmati makan pagi, tetapi menjadi tempat yang asik menikmati beberapa tamu yang sedang berenang. 

Restoran yang didominasi warna coklat, kursi dan meja dari unsur kayu terasa sangat alami. Sirkulasi udara yang terasa “semilir” menerpa tubuh, saat duduk persis di pinggir kolam renang. Apalagi, berbagai kuliner yang ada terasa menggugah selera di pagi hari.  Saat pagi menyapa, keriuhan di ruangan restoran penuh dengan tamu. Dari tamu Tiongkok yang ramai hingga tamu India yang diam-diam menikmati kuliner bersama pasangan. Juga, tamu lokal yang hilir mudik mencari sarapan yang cocok dengan lidahnya. 


Sarapan pagi di Ambrosia Restaurant (Sumber: dokumen pribadi)


Kini, perayaan Hari Raya Nyepi tidak lagi sepi. Perasaan rindu yang ditawarkan Best Western Resort Kuta akan membawa anda banyak kenangan. Jika anda ingin menikmati kenyamanan hotel tersebut dan tidak perlu menunggu Hari Raya Nyepi, maka cobalah!!

Banyak kenangan yang bisa anda bawa ke saudara atau teman. Jika  berlibur atau berbisnis di Bali maka Best Western Resort Kuta siap menjamu kenangan indah buat anda.  Siapkan diri anda untuk berpose di BETEN BINGIN atau mengeksplorasi kolam renang seperti saya, yukkk! 

Jika anda ingin mengetahui kondisi Best Western Resort Kuta Hotel, anda bisa lihat video berikut:

Best Western Resort Kuta (Sumber: dokumen pribadi/YouTube)


Bisa hubungi langsung ke:
Best Western Resort Kuta
Jalan Kubu Anyar No. 118 Kuta, Badung - Bali

Comments

Popular posts from this blog

Cara mencerahkan kulit dengan Kojie San

Wisata Sejarah Benteng Pendem (Van Den Bosch), Surga Tersembunyi di Kota Ngawi

Benteng Pendem (Van De Bosch), wisata sejarah unggulan Pemerintah  Kabupaten Ngawi Jawa Timur (Sumber: dokumen pribadi)


Hari Raya Lebaran sebagai Hari Kemenangan umat Islam telah berlalu. Hari yang menjadi titik balik sebagai insan yang kembali kepada fitrah (kesucian). Kini, di hari ibur Lebaran, banyak tempat-tempat wisata atau spot untuk hangout para orang tua atau generasi milenial yang diserbu pengunjung khususnya para pemudik. Oleh sebab itu, tempat wisata yang ada di daerah menjadi incaran para pemudik untuk menghabiskan masa liburnya sebelum kembali ke kota dan melakukan rutinitas kerja seperti sedia kala. Kini, di jaman digital memberikan kemajuan setiap daerah untuk berbenah mengelola potensi wisata yang ada sebaik mungkin. Dari tempat wisata pantai hingga wisata dataran tinggi yang mengandalkan keindahan alam pegunungan. Dan, mayoritas pengunjung paling happy saat berkunjung ke tempat wisata pantai atau gunung tersebut. Lonjakan pengunjung tersebut secara langsung akan mening…