Skip to main content

Perkawinan Langka AMD dan NVIDIA Membuat Performa ASUS VivoBook Pro F570ZD Makin Kencang





ASUS VivoBook Pro F570ZD (Sumber: www.asus.com)





Cerita indah yang tidak kalah sama Dilan 1991 …

Ada cerita menarik dalam sebuah kelas kuliah di mana rivalitas mahasiswa semakin kental. Tersebutlah sang mahasiswi Ahmad Dasuki yang biasa familiar dipanggil AMD bersaing ketat dalam hal prestasi kuliah. Persaingan itu seperti pertandingan “El Classico” Barcelona vs Real Madrid. Dan Kali ini, AMD harus selalu bersaing ketat untuk menjadi yang terbaik dalam fakultasnya melawan mahasiswi bernama Nina Vidiawati yang akrab dipanggil NVIDIA
Tidak bisa dipungkiri bahwa persaingan antara AMD dan NVIDIA sudah berlangsung lama. Mereka selalu ingin menjadi yang terbaik dalam berbagai  kompetisi di fakultasnya. Jika AMD juara kompetisi robot, NVIDIA pun tak mau ketinggalan. Bahkan, dalam kejuaraan merakit komputer, AMD selalu tidak mau dikalahkan oleh NVIDIA.
Dosen dan Rektor di mana AMD dan NVIDIA kuliah, mengetahui bahwa persaingan kedua seteru itu tampaknya tidak bisa dihentikan. Bahkan, persaingan tersebut diketahui oleh kedua orang tua mereka yang juga berseteru.
Suatu hari, ada perusahaan IT ternama yang siap membayar kepintaran otak AMD dan NVIDIA untuk bekerja di perusahaannya. Asal dengan satu syarat, mereka bisa bekerja sama dalam sebuah ikatan perkawinan. Baik AMD maupun NVIDIA menolak dengan keras tawaran itu. Hal yang menarik adalah sebenarnya mahasiswa dan mahasiswi tersebut saling menaruh perhatian. Tetapi, karena rasa gengsi yang besar maka mereka belum bisa bersatu.
Karena, tergiur bayaran yang sangat mahal dari perusahaan bergengsi, maka kedua orang tua baik dari AMD dan NVIDIA melakukan perundingan secara diam-diam untuk menyatukan AMD dan NVIDIA dalam sebuah perkawinan sah. Karena, kedua orang tua  dari kedua belah pihak sebenarnya sudah tahu bahwa AMD dan NVIDIA saling jatuh cinta.
Juga, AMD dan NVIDIA adalah tipe anak yang sangat patuh pada orang tua dan mau melakukan apa saja demi kebahagiaan orang tuanya. Kesempatan untuk melakukan perkawinan antara AMD dan NVIDIA pun akhirnya berhasil setelah melewati proses yang panjang. Dan, perkawinan tersebut akhirnya dibayar sangat mahal oleh perusahaan IT sesuai dengan perjanjian sebelumnya.

Bagaimana cerita  faktanya …?


Bersatunya Jawara Grafis
Keberadaan VGA (Video Graphics Accelerator) pada laptop berguna untuk  mengolah data grafis yang ditampilkan pada layar. Dan, menggunakan prosesor yang dinamakan GPU (Graphics Processing Unit). Perlu diketahui bahwa AMD dan NVIDIA merupakan dua vendor ternama di Indonesia yang bersaing ketat dalam hal menampilkan kualitas VGA.
            Lantas, apa jadinya jika kedua vendor tersebut melakukan perkawinan. Tentu, kejadian langka tersebut bisa terjadi. Ya, ASUS yang merupakan salah satu produsen gadget ternama asal Taiwan mampu melakukan perkawinan dua vendor yang saling bersaing ketat di pasaran. ASUS berhasil mengawinkan secara sah tersebut dalam sebuah laptop canggih yang bernama  ASUS VivoBook Pro F570ZD.   
            ASUS VivoBook Pro F570ZD diperkenalkan pada tanggal 14 Januari 2019 lalu.  Perlu diketahui bahwa konsumen yang menjadi target dari ASUS VivoBook Pro F570ZD adalah konsumen yang masih suka bermain game. Namun, laptop ini tidak ditujukan untuk para gamer hardcore karena ASUS VivoBook Pro F570ZD   tidak dilengkapi dengan fitur-fitur khas laptop gaming (www.medcom.id). 
ASUS VivoBook Pro F570ZD menggabungkan kombinasi CPU dan GPU besutan dua produsen yang sejatinya bersaing ketat di pasaran. ASUS VivoBook Pro F570ZD menggabungkan prosesor besutan AMD yaitu Ryzen 5 atau Ryzen 7 dengan chip grafis besutan NVIDIA yakni GeForce GTX 1050 4GB. Kombinasi atau perkawinan langka tersebut menghadirkan sebuah laptop dengan performa tinggi baik dari sisi CPU dan grafis, meski untuk segmen  mainstream.


Perkawinan langka AMD dan NVIDIA di ASUS VivoBook Pro F570ZD
(Sumber: idntimes.com/diolah)


        Informasi penting, menurut Medcom.id menyatakan bahwa ASUS mengklaim laptop barunya sebagai laptop pertama yang menggabungkan AMD Ryzen dengan NVIDIA GeForce GTX.




Desain yang Elegan
Produsen ASUS memiliki dua lini gaming yaitu:  TUF yang menyediakan produk dengan harga relatif terjangkau dan ROG (Republic Of Gamer) yang menawarkan produk premium. Kehadiran ASUS VivoBook Pro F570ZD untuk memenuhi rasa dahaga para gamers yang menginginkan laptop TUF gaming dengan harga terjangkau.
Melihat dari sisi bahan, laman www.tek.id melansir bahwa material yang digunakan ASUS VivoBook Pro F570ZD berasal dari bahan plastik. Tetapi, tetap menggunakan warna yang cukup mengkilap, sehingga ASUS VivoBook Pro F570ZD terlihat memiliki casing alumunium. Walaupun menggunakan bahan plastik, tetapi ASUS tetap menggunakan plastik dengan kualitas yang cukup tinggi.

Tampilan ASUS VivoBook Pro F570ZD begitu elegan (Sumber:  www.asus.com)


“A stunning finish with colored edges” adalah kesan pertama saat melihat tampilan dari ASUS VivoBook Pro F570ZD.  Laptop ini memiliki tampilan sporty yang menarik. Dilengkapi dengan Reaper Black yang cerdas dan canggih, diakomodasi oleh tepi Lightning Blue. Ketebalan 21,9 mm dan berat keseluruhan 1,9 kg membuatnya menjadi salah satu laptop berkinerja tinggi paling ringan yang tersedia.
Ada aksen cyan pada bagian pinggir lid dan bagian pinggir touchpad. Kalau melihat layar ASUS VivoBook Pro F570ZD, maka anda akan melihat bezel layar yang cukup tebal. Pada bagian bawah layar, Anda akan melihat ikon ASUS di bawah layar dengan warna cyan yang kilau metalik. Menurut ASUS, aksen cyan ASUS VivoBook Pro F570ZD dinamai sebagai Lightning Blue.
Dilihat dari Layar, ASUS VivoBook Pro F570ZD mempunyai panel TN dengan lebar layar 15,6 inci. Semakin asik karena layar dilapisi dengan lapisan anti-glare, yang membuat mata tidak cepat lelah. Karena memiliki resolusi Full HD 1080p, maka ASUS VivoBook Pro F570ZD sangat cocok untuk multimedia dan bermain game.
Lanjut, anda akan melihat full-keyboard yang memiliki travel distance 1,4mm dan sudah dilengkapi dengan backlight berwarna putih. Hal ini bertujuan untuk memberikan nuansa solid yang meyakinkan dan pengalaman mengetik yang nyaman meski berjam-jam. Tombol lampu latar juga menampilkan kontrol cahaya ambient, untuk membantu Anda tetap produktif di lingkungan apapun, bahkan dalam suasana gelap. Juga, anda akan menemukan touchpad yang cukup luas. Keempat sisi touchpad memiliki aksen cyan yang terlihat mencolok.


Tampilan keyboard ASUS VivoBook Pro F570ZD (Sumber: www.tek.id)


               Masalah konektivitas, maka di sebelah kanan ASUS VivoBook Pro F570ZD memiliki port USB-C™ (USB-C™) revolusioner untuk koneksi apapun jalannya dan transfer data super cepat. Dan, anda akan menemukan port chargerport LAN, satu USB Type-A, satu HDMI, dan slot SD card reader. Sedangkan, di sisi kiri, anda akan menemukan dua port USB Type-A dan audio jack 3,5mm. ASUS VivoBook Pro F570ZD mempunyai konektivitas ultra-cepat dengan Wi-Fi 802.11ac dual-band untuk kecepatan 6x lebih cepat dari 802.11n.  


Konektivitas pada  sisi kiri dan kanan ASUS VivoBook Pro F570ZD (Sumber:  www.asus.com)


 Performa
ASUS menyediakan dua varian untuk laptop ASUS VivoBook Pro F570ZD yaitu: Ryzen 5 dan Ryzen 7.  Seperti dibahas sebelumnya bahwa ASUS VivoBook Pro F570ZD merupakan  laptop berkinerja tinggi. Hal ini didukung dari hasil perkawinan prosesor AMD® Ryzen™ generasi terbaru. Serta, mampu memberikan visual yang menakjubkan berkat layar Full HD dan grafis game-grade NVIDIA® GeForce® GTX 1050 berkualitas tinggi. 
ASUS VivoBook Pro F570ZD menggabungkan perangkat keras dan perangkat lunak yang dioptimalkan untuk memberikan visual terbaik di kelasnya. Panel Full HD dengan teknologi tampilan lebar, dan teknologi layar ASUS Splendid memberikan warna yang lebih kaya, lebih dalam dan lebih akurat untuk semua jenis konten.
Layar ASUS VivoBook Pro F570ZD memiiki refresh rate 60Hz. Jika Anda terbiasa dengan monitor dengan refresh rate 144Hz, maka anda akan merasakan perbedaannya. Anda bisa bermain game kasual seperti DOTA 2 dan CS: GO dan juga game AAA seperti Assassin's Creed Odyssey dan Far Cry 5.
Perlu diketahui bahwa bagian utama ASUS VivoBook Pro F570ZD adalah menampilkan Prosesor AMD Ryzen™ 2500U yang sangat kuat untuk multitasking yang mudah. Dan grafis NVIDIA GeForce GTX 1050 gaming-grade untuk visual tanpa cela.
Dalam hal video, ASUS VivoBook Pro F570ZD mempunyai fitur empat mode tampilan: Normal, Vivid, Eye Care dan mode Manual, yang dapat diakses dengan satu klik. Teknologi ASUS Tru2Life Video secara cerdas mengoptimalkan setiap piksel dalam bingkai video untuk meningkatkan ketajaman dan kontras sebesar 150%. Sehingga, anda bisa menikmati kualitas gambar yang sempurna.
            Jika melihat dari sisi kekuatan baterai, maka ASUS VivoBook Pro F570ZD dikenal sebagai A safe fast-charging and longer-lasting battery”. Mengisi daya dengan cepat dan mampu bertahan lama. Hal ini dikarenakan ASUS VivoBook Pro F570ZD memiliki fitur 3x masa pakai baterai lithium-ion. Dengan teknologi pengisian cepat, baterai yang rendah dapat diisi hingga 60 persen hanya dalam 49 menit.
Satu hal yang membuat ASUS VivoBook Pro F570ZD terlihat cukup garang adalah lubang ventilasi pada bagian belakang laptop. Lubang tersebut memiliki ukuran yang sama besar dengan lubang pembuangan di laptop TUF Gaming. Teknologi ASUS IceCool menggunakan kontrol kipas cerdas, pipa panas tipis dan desain cerdas. Desain tersebut untuk menciptakan sistem pendinginan yang efisien. Sehingga, bisa menjaga suhu permukaan palm rest rata-rata di bawah 36°C - lebih rendah dari suhu tubuh. Kondisi tersebut, anda mendapatkan kinerja pendinginan yang kuat dan pengalaman pengguna yang nyaman. Oleh sebab itu, saat dipakai, ASUS VivoBook Pro F570ZD tidak gampang panas.    


Kontrol Audio & Fingerprint Sensor Memukau
Kontrol Audio
Audio dalam perangkat laptop sangat mempengaruhi respon konsumen. Kelebihan dari ASUS VivoBook Pro F570ZD adalah audio yang begitu memukau yang dinamakan ASUS SonicMaster. Teknologi ASUS SonicMaster yang dikembangkan bersama oleh tim ASUS Golden Ear untuk menghadirkan audio paling luar biasa yang pernah anda dengar di laptop.
Perlu diketahui bahwa SonicMaster adalah perpaduan khusus perangkat keras dan perangkat lunak pintar yang dirancang untuk memberi anda control audio. Juga, opsi pengaturan manual membuat anda dapat mengontrol sepenuhnya campuran audio untuk imersif penuh. Ini akan menghasilkan suara yang benar-benar luar biasa untuk film, musik dan game. Sebagai contoh, ketika anda menyaksikan sebuah film, anda bisa membedakan dengan jelas antara suara dialog, suara langkah kaki dan detil suara lain dengan jelas dan nyata.
ASUS VivoBook Pro F570ZD didukung oleh Audio SonIc Master ASUS X Series. Di mana, perangkat tersebut didukung oleh prosesor laptop ASUS VivoBook Pro F570ZD  yang memiliki audio yang sangat jernih. Karena, keberadaan  teknologi SonicMaster di dalamnya. Suara yang benar-benar bisa membawa anda ke hiburan tingkat yang lebih tinggi.
Kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak ASUS VivoBook Pro F570ZD yang inovatif dan memiliki perangkat lunak yang kuat. Teknologi ASUS AudioWizard membuat siapa pun mudah untuk mencapai keseimbangan audio yang ideal untuk semua jenis konten

Fingerprint Sensor
Kecanggihan ASUS VivoBook Pro F570ZD yang tidak bisa dipandang sebelah mata adalah keberadaan sensor sidik jari. Biasanya, untuk proteksi selalu menggunakan password atau kata sandi agar lebih aman. Sekarang, dengan sensor sidik jari touchpad terintegrasi dan dukungan Windows Hello, kebiasaan untuk mengetik kata sandi telah berakhir. Dan, hanya menggunakan satu sentuhan untuk melakukan akses “login” alias masuk.

***

Kini, siapapun anda bisa memiliki ASUS VivoBook Pro F570ZD untuk aktifitas pekerjaan dengan baik. Bahkan, di era teknologi digital dan berkembangnya market place, ASUS VivoBook Pro F570ZD Ryzen 7 juga dijual eksklusif di online shopping JD.ID. Untuk lebih jelasnya, anda bisa klik langsung di mobile site https://m.jd.id/camp/asus-f570zd-r7591t-316210179.html atau desktop site di   https://www.jd.id/campaign/asus-f570zd-r7591t-3162.html


 
ASUS VivoBook Pro F570ZD Ryzen 7 juga dijual eksklusif di online shopping JD.ID. (Sumber:  www.asus.com)


Sebagai informasi, harga ASUS VivoBook Pro F570ZD yang ditawarkan adalah:
1.      ASUS VivoBook Pro F570ZD (R7-2700U/AMD Radeon™ RX Vega 10 Graphics/8GB/1TB HDD + 256G M.2 SATA3 SSD/Windows 10 Home) =====> Rp 13.999.000,-
2.      ASUS VivoBook Pro F570ZD (R5-2500U/AMD Radeon™ Vega 8 Graphics/8GB/1TB HDD/Windows 10 Home) =====> Rp 11.799.000,-

Agar anda bisa tahu lebih lengkap dan akurat  maka anda bisa memahami spesifikasi ASUS VivoBook Pro F570ZD (Sumber dari ASUS Laptop F570ZD) sebagai berikut:

Prosesor
AMD® Ryzen™ 7 2700U Processor
AMD® Ryzen™ 5 2500U Processor
Sistem Operasi
Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro.
Memori
8 GB DDR4 2400MHz SDRAM, 2 x SO-DIMM socket , up to 16 GB SDRAM(On selected models), Dual-channel
Display
15.6" (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC
With ASUS Splendid
Grafis
NVIDIA® GeForce® GTX 1050 , with 4GB GDDR5 VRAM
AMD Radeon™ RX Vega 10 Graphics
AMD Radeon™ Vega 8 Graphics
Storage
Hard drive:
1TB 5400 rpm SATA HDD
Solid state drive:
256GB SATA 3.0 M.2 SSD
Keyboard
Chiclet keyboard with isolated numpad key
Optional illuminated chiclet keyboard available
Card Reader
Multi-format card reader (SDXC)
WebCam
VGAWebcam
Networking
Wi-Fi
Integrated 802.11ac (2x2) (On selected models)
10/100/1000 Base T
Bluetooth
Bluetooth® 4.1
Interface
1 x Microphone-in/Headphone-out jack
1 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1)
1 x USB 3.0 port(s) Type A
2 x USB 2.0 port(s)
1 x RJ45 LAN jack for LAN insert
1 x HDMI, Mendukung HDMI 1.4
1 x Fingerprint reader (Optional)
1 x AC adapter plug
1 x micro SD card
Audio
Built-in 2 W Stereo Speakers with Analog Microphone
Supports Windows 10 Cortana with Voice
ASUS SonicMaster Technology
Baterai
3 -Cell 48 Wh Battery
Adaptor Daya
Plug type :ø4.5 (mm)
Output :
19 V DC, 6.3 A, 120 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
Dimensi
NB:
374.6 x 256 x 21.9 mm (WxDxH)
Berat
NB:
1.9 kg with battery
*Disclaimer: It may differ by product specifications.
Sekuritas
BIOS user password protection
Fingerprint reader
Security lock
fTPM (Firmware-based Trusted Platform Module)
Certificates
UL, MIC, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, Australia C-TICK / NZ A-Tick Compliance, CCC, GOST-R, CB, Energy Star, IDA, WEEE, Erp 2013, RoHS, JATE
Jaminan
1 tahun garansi hardware global. *berbeda di setiap negara


Jadi, dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa ada Empat (4) keunggulan dari ASUS VivoBook Pro F570ZD adalah:
1.      Amazing Performance ASUS VivoBook Pro F570ZD dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 5 atau Ryzen 7. Prosesor Ryzen adalah prosesor yang menjadi andalan AMD. Digabungkan dengan kartu grafis besutan Nvidia GeForce GTX 1050 menjadikan laptop ASUS VivoBook Pro F570ZD sebagai laptop pertama dengan prosesor dari AMD dan kartu grafis dari NVIDIA. Dengan penggabungan keduanya tersebut membuat kinerja dari   ASUS VivoBook Pro F570ZD semakin mengagumkan.
2.      Audio SonIc Master ASUS X Series didukung oleh prosesor laptop ASUS VivoBook Pro F570ZD  memiliki audio yang sangat jernih karena ada teknologi Sonic Master di dalamnya. SonicMaster adalah perpaduan khusus perangkat keras dan perangkat lunak pintar yang dirancang untuk member anda control audio penuh untuk suara yang benar-benar luar biasa untuk film, music dan game.
3.     Eye Catching Look ASUS VivoBook Pro F570ZD memiliki keuanikan dalam chasisnya yaitu ada warna stunning finish with lightning blue edges. Dengan adanya warna biru mengkilat di bagian logo dan  pinggirannya digabungkan dengan brush finish pada seluruh body membuat laptop eye catching dan tetap elegan.
4.     Fingerprint sensor ASUS VivoBook Pro F570ZD sudah preinstall windows asli dan seperti laptop ASUS lainnya sudah dilengkapi dengan fingerprint yang sudah disupport Windows Hello membuat login cepat dan aman.


Anda bisa melihat tentang perkawinan AMD dan NVIDIA di video berikut ini:


Laptop Asus Ini Gabungkan AMD dan Nvidia (Sumber: Tekno Review)






Comments

Popular posts from this blog

Cara mencerahkan kulit dengan Kojie San

Foto Ala Jepang di FotoKimono