Sunday, March 31, 2019

Menginjak Milad ke-54, Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) Makin Siap ke Jenjang Universitas Kelas Dunia


Kampus Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) (Sumber: www.ump.ac.id)



     Mengingat Kota Purwokerto membuat saya selalu kangen. Kota yang dikenal sebagai “Kota Pelajar”nya Jawa Tengah bagian barat kian bersolek. Pantas saja jika banyak orang yang beranggapan bahwa Kota Purwokerto juga sering disebut Kota Gadis. Karena, dikenal dengan banyak wanita yang berparas cantik. 
     Juga, Kota Purwokerto sungguh unik. Karena, masyarakat yang menggunakan gaya bahasa “Ngapak” yang medok. Mudah diingat dan dikenal banyak orang. Kadang, menjadi bahan “lelucuan” banyak orang tanpa menyinggung perasaan orang lain. Hal inilah yang membuat masyarakat Kota Purwokerto mudah bergaul dengan siapapun. 
     Dalam sejarah, Kota Purwokerto dikenal telah melahirkan banyak orang hebat. Salah satunya adalah pahlawan nasional Jendral Gatot Subroto. Merasakan kulinernya yang melegenda seperti tempe mendoan membuat siapapun merasa ingin mencicipinya kembali. Ada segumpal rasa rindu yang tidak bisa dihilangkan. 

Kebanggaan 
     Seperti Kota Pelajar lainnya di Pulau Jawa, Kota Purwokerto telah lama hadir sebuah universitas swasta yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Prestasi Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) dengan bangunan yang megah dan modern menjawab keinginan masyarakat Kota Purwokerto. Bisa disejajarkan dengan kota-kota lainnya seperti Yogyakarta, Solo dan Semarang. Jika anda ingin melihat profil dari Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP), bisa lihat video berikut.


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO VIDEO PROFILE (Sumber:  UMP TV)


     Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) menjadi kebanggaan masyarakat Kota Purwokerto. Tanpa disangka Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) akan merayakan Milad (hari kelahiran) yang ke-54. Sebuah usia yang sangat dewasa seperti layaknya manusia. Melewati masa asam dan garam kehidupan. 
     

Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) akan merayakan Milad ke-54 pada tanggal 5 April 2019 mendatang  (Sumber: www.ump.ac.id)


     Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) telah melewati jalan panjang untuk menjadi Universitas Swasta Muhamadiyah terbaik kedua di Provinsi Jawa tengah. Transformasi untuk mendapatkan Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi tidaklah seperti membalikan telapak tangan. 
     Sejarah mencatat, awalnya  Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP)  bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Purwokerto, cabang IKIP Muhammadiyah Surakarta cabang Purwokerto yang lahir Tanggal 5 April 1965. 
     Butuh waktu 30 tahun lebih dari berbentuk Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP)  sejak tanggal 26 Juli 1995 menjadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Kini, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) telah memiliki 11 Fakultas dan 38 Program Studi (Prodi). Untuk lebih jelasnya, bisa lihat infografis berikut ini:


Transformasi perjalanan IKIP menjadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) (Sumber: www.ump.ac.id/diolah)


World Class University
     Seperti halnya manusia yang telah melahirkan 11 anak dan 38 cucu, cicit dan menantu, maka keluarga besar ingin memberikan sebuah persembahan terbaik orang tuanya. Ya, “ramane karo biyunge” (bapak dan ibunya) dari keluarga besar tersebut tidak berharap lebih. Mereka ingin anak, cucu, cicit dan menantu bisa membuatnya tersenyum dengan berbagi kesuksesan masing-masing. 
     Menjelang Milad ke-54 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) maka keluarga besar  Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) juga berkeinginan untuk mempersembahkan kado terbaik. Tidak berlebihan jika Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bersiap-siap untuk menjadi World Class University, Universitas yang diakui dunia.
     Prestasi mentereng dari Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) membuat siapapun bangga termasuk para mahasiswa dan calon mahasiswa baru. Mereka akan bangga dan asik bisa belajar dengan baik di dalamnya. Karena, kuliah di Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) menjadi jembatan untuk meraih sukses di masa depan.
     Universitas yang di dalamnya mempunyai talenta terbaik untuk bersaing di tingkat global. Apalagi, banyak keunggulan dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sebagai modal besar untuk menjadi universitas yang bersaing di era globalisasi. Anda bisa lihat keunggulan  Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) pada gambar berikut ini. 


Keunggulan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)  
(Sumber: www.ump.ac.id)


     Baru-baru ini, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menjalin kerja sama dengan dengan University of Nottingham Inggris. Kerjasama tersebut sebagai kelanjutan untuk petukaran mahasiswa atau penelitian. Kebetulan salah satu Dosen Farmasi UMP Susanti, M.Phil,.Apt yang sedang melaksanakan studi lanjut doktor di universitas tersebut. Berita selengkapnya bisa baca di  UMP Siap Kerjasama dengan University of Nottingham.
     Kesiapan Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) yang berstandar internasional bisa menjadi kado persembahan terbaik di Milad ke-54 nanti. Sebuah muara yang baik, di mana Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) bukan hanya jago kandang tetapi mampu beraksi di luar kandang. Buktinya,  kerjasama dengan 68 pihak luar negeri dan 77 pihak dalam negeri dari berbagai universitas dan lembaga pemerintah lainnya. 
     Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) sedang mempersiapkan Pasca Sarjana Keperawatan dan program Doktoral.  Kebetulan Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) sudah memiliki 4 profesor yang sebagaian besar profesor dalam bidang pendidikan. Sesuai dengan aturan yang berlaku untuk mendirikan program S3 minimal ada 5 profesor, 3 berasal dari kampus sendiri dan 2 profesor dari luar. Berita selengkapnya bisa baca di Antisipasi Dampak Negatif Sains dan Iptek, Pascasarjana UMP Gelar Kuliah Umum 
     Menarik, kesiapan Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) untuk pentas di tingkat global sudah dibekali dengan fasilitas universitas yang modern. Sungguh tepat jika membaca tagline dari Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) yaitu: Unggul, Modern, Islami. Ini menandakan bahwa  Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) siap menjadi universitas berstandar internasional tanpa meninggalkan identitas keislamannya. 
     Melangkah pasti ke jenjang World Class University, maka Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) perlu mempersiapkan segalanya. Dari sarana dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas hingga regenerasi yang tumbuh secara berkesinambungan. Dan, 12.000 mahasiswa yang ada merupakan “amunisi” untuk menciptakan prestasi yang diakui dunia.   
     Nah, sudah banyak mahasiswa yang merasa bangga dan asik untuk berkompetisi di tingkat global. Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) menanti peran anda selanjutnya, Jika anda berkeinginan untuk kuliah di Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) dan terlibat dalam kompetisi global, maka anda bisa hubungi langsung ke:  

Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP)
Kampus I
Jl. Raya Dukuhwaluh PO. BOX 202 Purwokerto 53182
Telp. (0281) 636751, 630463, Fax. (0281) 637239

Kampus II
Jl. Letjen. Soepardjo Roestam Km. 7 PO. BOX 229 Purwokerto 53181
Telp. (0281) 6844252, 6844253, Fax. (0281) 637239

Peta lokasi




“Tidak lulus Universitas Negeri bukanlah kiamat. Masih ada universitas swasta yang berkualitas internasional” (peribahasa pendidikan)



Selamat Bertugas “Jokowi-Amin”, Bawalah Amanah Rakyat dengan Suka Cita

Presiden-Wakil Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin (Sumber: CNN Indonesia ) Hari ini, tanggal 20 Oktober 2019, akan ...