Tuesday, July 23, 2019

Menjadi Traveling Cerdas, Merekam 10x Wonderful Journey Dengan Satu Genggaman OPPO Reno 10x Zoom-Indonesia

Workshop OPPO Reno 10x Zoom yang diadakan di Cellular City jalan Teuku Umar, Denpasar Bali (Sumber: dokumen pribadi)


Kurang lebih pukul 13.30 tanggal 21 Juli 2019 lalu, smartphone saya berdering  sebagai tanda panggilan. 
Halo bos?” jawab saya mendahului sebelum sang penelpon bertanya.
Mas, acara OPPO jadi ya?” Tanya teman saya nun jauh di sana ingin memastikan.
Kebetulan saya bertugas untuk mengkoordinir para blogger yang akan hadir dalam launching produk baru OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom yang dikeluarkan oleh OPPO Indonesia. Acara yang digelar di pusat penjualan smartphone Cellular City jalan Teuku Umar Denpasar Bali.
Jadi bos. Sekitar 14.00 WITA-an” jawab saya meyakinkan.
Saya dah di lokasi acara mas. Belum banyak yang datang” jawabnya begitu semangat.
Wah, saya kejebak nih” jawab saya kaget dan ngakak. Karena, saya pikir dia masih OTW rumah pribadi.
Panitia acara malah belum datang?” katanya menggoda saya.
Oke bos! Siap meluncur” jawab saya bersemangat sekali menjawabnya.

Penggalan percakapan di atas menggambarkan antusiasme para blogger untuk mengetahui produk terbaru OPPO Reno Series keluaran OPPO yang wara-wiri di linimasa. Saya pun penasaran seperti apa bentuk aslinya. Produk eksklusif yang bikin saya menghentikan jempol saat scrolling postingan teman di media sosial.

Produk OPPO yang katanya mempunyai pembesaran hinggan 10x Zoom selalu menarik. Saat dipamerkan teman-teman di media sosialnya. Amboy, andai saja saya bisa memilikinya” pikir saya saat teman-teman memamerkan OPPO  Reno 10x Zoom. Gaya dan bahasa tubuh yang membuat ngiri saat memamerkan produk OPPO Reno Series. Caption-nya membuat siapapun yang melihat dan membacanya terpacu adrenalin untuk memilikinya. 
Antusiasme Workshop OPPO Reno Series
Saya tidak sabar untuk menghadiri Workshop OPPO Reno Series yang dihelat di OPPO Store Cellular City  jalan Teuku Umar Denpasar. OPPO Store yang terletak sangat strategis yaitu di bagian paling depan dari pusat penjualan smartphone Cellular City. Para Sales Promotion Girl (SPG) nan cantik dan seksi menyambut saya dengan senyum ramah.

Sehabis mengisi daftar hadir, spot papan besar sebagai background foto atau narasumber menjadi tujuan pertama saya.  Tulisan besar  “10x Hybrid Zoom Reno” menjadi penanda bahwa acara workshop dan launching produk OPPO Reno 10x Zoom menjadi momen yang spesial di Bali.


Nampang di depan papan background  10x Hybrid Zoom Reno (Sumber: dokumen pribadi)

Antusiasme peserta yang hadir sungguh luar biasa. Seorang karyawan OPPO Bali begitu bersemangat memberikan paparan kehebatan dan spesifikasi OPPO Reno Series. Meskipun, acara workshop OPPO Reno 10x Zoom belum dibuka secara resmi. Namun, keingintahuan atau rasa penasaran peserta termasuk saya begitu besar. Saya terusik untuk mendengarkan paparan karyawan OPPO tersebut.

Bahkan, teman saya yang menelpon di awal tulisan telah standby cantik bersama karyawan OPPO. Serta, deretan produk OPPO Reno Series yang tampak ekslusif. Ruangan workshop terasa terang karena kombinasi masuknya sinar matahari, cahaya lampu neon dan warna putih meja booth. Ditambah lagi, dengan produk OPPO yang terpasang berdiri di beberapa meja booth semakin menambah eksklusifitas.


Karyawan OPPO Bali menerangkan kehebatan dan spesifikasi OPPO Reno Series (Sumber: dokumen pribadi)


Peserta Workshop OPPO Reno 10x Zoom mengamati berbagai produk OPPO yang terpasang di booth  (Sumber: dokumen pribadi)


 Perkiraan saya, pihak OPPO salah memprediksi animo peserta yang akan hadir. Kenapa? Jumlah kursi peserta yang tersedia tidak mencukupi. Bahkan, ketika acara Workshop OPPO Reno 10x Zoom dimulai dengan “preface” MC yang cantik, banyak peserta yang rela berdiri untuk mendapatkan paparan dari para narasumber.

Juga, ruangan OPPO Store yang ada, tidak mampu memuat antusiame saya dan teman-teman. Peserta yang wanita duduk santai di kursi kotak yang empuk. Sementara, yang laki-laki berdiri gagah di bagian belakang. Saya sendiri sesekali wara-wiri untuk mengambil angle foto terbaik. Tentu, sambil mendengarkan paparan narasumber dengan seksama.   


Pembukaan Workshop OPPO Reno 10x Zoom oleh MC wanita (Sumber: dokumen pribadi)


Acara Workshop OPPO Reno 10x Zoom dibuka dengan paparan dan rasa terima kasih dari Mas Stiffen selaku Marketing Planning Manager OPPO Indonesia. Beliau mengatakan bahwa pengenalan produk OPPO Reno 10x Zoom juga dilakukan di beberapa kota besar di Indonesia. Seperti, Surabaya, Medan, Makassar dan lain-lain.

Menarik, dari paparan Mas Stiffen adalah perubahan logo OPPO. Di mana, semula huruf “P” pada kata OPPO tampil atau tertulis terputus. Sekarang, huruf “P” tersebut tampil menyambung. Dan, tampak lebih  “eye catching”. Perubahan tampilan huruf “P” tersebut juga merupakan filosofi dari OPPO untuk tambil lebih inovatif dengan tampilan dan semangat baru.


Mas Stiffen selaku Marketing Planning Manager OPPO Indonesia (Sumber: dokumen pribadi)


Jadilah “I’m Reno”
Narasumber yang kedua pada acara Workshop OPPO Reno 10x Zoom adalah Mas Michael yang mewakili OPPO wilayah Bali. Tampangnya yang kayak artis pemeran di sinetron Anak Langit Gerald Yo itu tampil bersemangat. Hal yang pertama dikatakan adalah filosofi dari kata “Reno”. Sebuah brand yang dilekatkan pada produk terbaru OPPO.

Ternyata, kata “Reno” adalah merupakan singkatan dari kalimat “cREative iNOvation”. Yang mengandung pengertian sebagai inovasi kreatif. Mengapa produk terbaru diberi nama “Reno”? Karena, produk terbaru dari OPPO ini merupakan inovasi terkini dari produk-produk OPPO sebelumnya. Dalam hal spesifikasi dan kegunaan yang membuat pemakainya menjadi orang yang kreatif.


Mas Michael yang mewakili OPPO wilayah Bali (Sumber: dokumen pribadi)


Pantas saja jika kostum atau kaos yang dipakai para karyawan OPPO bertuliskan “I’m Reno OPPO”. Jika, diamati dengan teliti maka warna yang ada pada tulisan “Reno” adalah kombinasi berbagai macam warna yang membentuk sebuah lukisan abstrak. Sepertinya, OPPO ingin menunjukan atau memberi pesan mendalam pada masyarakat. Khususnya, pelanggan bahwa  OPPO Reno 10x Zoom diciptakan atas dasar inovasi kreatif. Dan, mengajak para pelanggan yang menggunakannya akan menjadi orang-orang yang kreatif.


I’m Reno OPPO (Sumber: dokumen pribadi)


OPPO Reno 10x Zoom yang Memukau
Paparan Mas Michael begitu semangat tentang OPPO Reno 10x Zoom. Menerangkan secara detil tentang spesifikasi dan canggihnya smartphone keluaran OPPO tersebut. Ada dua (2) OPPO Reno Series yang mengusung tagline “Futher Your Vision”.  Tagline ini mengajak para pelanggan untuk mempunyai visi lebih jauh dengan menggunakan perangkat OPPO Reno Series. Karena, dipenuhi oleh fitur-fitur yang membuat setiap pemakainya mempunyai visi yang jauh ke depan.


Tampilan eksklusif OPPO Reno Series (Sumber: dokumen pribadi)


Dari OPPO Reno Series, seri OPPO Reno dibanderal dengan harga Rp 7.999.000,-. Sedangkan, seri OPPO Reno 10x Zoom  dibanderol dengan harga Rp 12.999.000,-. Jika, anda melakukan pembelian di OPPO Store maka semua seri mendapatkan cashback sebesar Rp 1.500.000,- Jadi, anda bisa membawa pulang seri OPPO Reno dengan harga Rp. 6.499.000,-. Dan, seri OPPO Reno 10x Zoom dengan harga Rp 11.499.000,-.

Mendengar harga yang dibanderol, hampir semua yang mendengarnya akan mengatakan “wow, smartphone harga segitu, emang apa sih hebatnya?”. Ya, harga yang dibanderol tentu sesuai dengan spesifikasi dan kecanggihan teknologi dari OPPO Reno Series.

Dari seri OPPO Reno Series, maka OPPO Reno 10x Zoom benar-benar menarik perhatian pelanggan. Hal pertama yang menjadi nilai penting dari OPPO Reno 10x Zoom adalah teknologi Pivot Rising Camera (16 MP). Teknologi kamera tersebut merupakan “creative inovation”  OPPO yang membuat decak kagum. Bahkan, model kamera tersebut merupakan satu-satunya dan pertama kali di dunia smartphone yang diusung pabrikan OPPO.

Apa sih kehebatan dari  Pivot Rising Camera? Kamera tersebut terletak di sisi bagian atas smartphone. Ketika kamera dalam keadaan OFF maka tampilan kamera tersebut tidak kelihatan. Namun, ketika kamera diaktifkan maka bagian kamera tersebut akan “menyembul” dari bagian sisi sebelah kanan.

Dengan menggunakan teknologi Pivot Rising Camera maka teknologi kamera tersebut akan membawa banyak keuntungan. Pertama, kamera akan awet karena terhindar dari benturan; kedua, kamera akan terhindar dari kotoran dan debu sehingga akan terjaga ketajaman lensanya; dan ketiga, kamera terhindar dari lecet atau “baretan”. Perlu diketahui bahwa jika “baretan” mengenai permukaan lensal maka akan susah dihilangkan. 


Teknologi Pivot Rising Camera di OPPO Reno 10x Zoom (Sumber: dokumen pribadi)


Perlu diketahui bahwa OPPO Reno 10x Zoom bukan hanya mempunyai Pivot Rising Camera saja. Ada 3 kamera lagi yang tersusun secara vertikal. Kamera tersebut terpasang di bagian belakang OPPO Reno 10x Zoom. Yang mengagumkan adalah OPPO Reno 10x Zoom mempunyai teknologi OIS (Optical Image Stabilization). Menurut laman www.gadgetren.com menyatakan bahwa OIS (Optical Image Stabilization) merupakan teknologi tinggi yang dimiliki smartphone canggih macam OPPO Reno 10x Zoom.

OIS berfungsi agar lensa mampu bergerak sejajar pada bidang gambar. Sehingga, dapat mengurangi hasil foto yang blur ketika penggunanya sedang bergerak. Juga, OIS mampu meminimalisir hasil foto yang blur saat menangkap objek foto yang bergerak cepat. Kelebihan OIS pada kamera inilah yang sangat penting dimiliki bagi para fotografer atau traveler yang “mobile”. Dengan kata lain, satu genggaman OPPO Reno 10x Zoom mampu menghasilkan objek gambar yang tajam saat anda melakukan traveling.

Tiga kamera yang terdapat di bagian belakang OPPO Reno 10x Zoom  terdiri dari” 1) Kamera Utama (Ultra Clear) (48 MP) dengan pembesaran objek 1-5x Zoom; 2) Kamera Wide Angle (8 MP) dengan pembesaran objek 0,6-1x Zomm; dan 3) Kamera Telephoto (13 MP) dengan pembesaran objek 5-20x Zoom. Kamera Wide Angle sendiri bisa menangkap objek foto lebih luas hingga 120 derajat.


Spesifikasi kamera bagian belakang OPPO Reno 10x Zoom (Sumber: dokumen pribadi)


OPPO Reno 10x Zoom mempunyai kehebatan dalam membidik objek. Yaitu, mampu melakukan pembesaran hingga 10 kali (10x Hybrid Zoom) pada kamera Telephoto.  Objek dari jarak jauh jika sudah  mengalami 10x Zoom maka foto yang dihasilkan akan tetap jernih tanpa noise. 


Perbedaan jepretan normal dan 10x Hybrid Zoom dengan OPPO Reno 10x Zoom. Gambar sebelah kanan tampak jelas dan tajam  (Sumber: OPPO)


Di OPPO Store telah disediakan asesoris yang berbetuk seperti bagian depan dari perangkat kamera telephoto. Pandangan pertama, perangkat ini hanyalah pemanis belaka. Faktanya, asesoris tersebut berguna untuk mengetes penggunaan kamera OPPO Reno 10x Zoom. Bagaimana caranya? Pertama, anda berdiri kurang lebih 1,1 meter dari perangkat tersebut; kedua,  buka kamera dan zoom in “10x Hybrid Zoom”; dan ketiga, Perhatikan baik-baik, apakah anda menemukan logo Reno di bagian tengah berwarna hijau.


Objek yang digunakan untuk mencoba pengambilan gambar dengan 10x Hybrid Zoom (Sumber: dokumen pribadi)


Kamera OPPO Reno 10x Zoom menggunakan teknologi AutoFocus (AF). Di mana, objek gambar bisa tertangkap dengan tajam.  Terdiri dari 3 macam AF (AutoFocus) pada OPPO Reno 10x Zoom. Yaitu, 1) Laser Detection AutoFocus (LDAF); 2) Phase Detection AutoFocus (PDAF); dan 3) Contrast Detection AutoFocus (CDAF). Untuk mencapai fokus dalam membidik objek foto maka kombinasi dari 3 teknologi AF memberikan beberapa manfaat besar.


Semua jenis kamera yang terdapat di bagian belakang OPPO Reno 10x Zoom  (Sumber: OPPO)


Menurut www.jurnalapps.co.id menyatakan bahwa kombinasi 3 teknologi AF adalah pertama, adanya sistem konsep radar kamera yang akan memancarkan “laser” berupa cahaya infra merah ke objek foto. Selanjutnya, pantulan cahaya yang diterima kamera akan menjadi dasar pengukuran jarak fokus. Kedua, adanya teknologi untuk mengukur kontras objek gambar. Dan, ketiga, keberadaan sensor kamera yang berguna untuk membandingkan cahaya yang berbeda pada lensa. Jika mendapatkan profil cahaya yang sama maka kamera dalam kondisi fokus. 

Bukan hanya mengambil objek foto, kamera OPPO Reno 10x Zoom juga bisa dimanfaatkan untuk pengambilan video. Dengan mengusung teknologi The Real 4K Video (UHD Resolusi 4K dengan 60fps dan OIS). Serta, tambahan asesoris 3 mikrofon dan Audio Zoom 3D Surround, OPPO Reno 10x Zoom bisa menjadi teman sejati traveling anda. Momen indah selama anda melakukan traveling akan terekam dengan jelas karena ketajaman warna objek. Tidak rugi rasanya, jika OPPO Reno 10x Zoom menemani dalam petualangan anda.

Bahkan, bagi anda yang rajin mengisi konten di Youtube maka OPPO Reno 10x Zoom akan memberikan ketajaman video yang ‘amazing”. Pantas saja, jika anda melakukan perjalanan untuk merekam keindahan Indonesia akan menjadi kenangan yang luar biasa dengan tampilan 10x Wonderful Journey. Oleh sebab itu, dengan mendapatkan keindahan 10x Wonderful Journey maka anda telah membuat kisah indah dalam OPPO Reno 10x Zoom-Indonesia.      

Semakin sering mobilitas anda saat traveling maka keamanan 3 kamera bagian belakang OPPO Reno 10x Zoom-Indonesia perlu mendapatkan perlakuan yang istimewa. Pabrikan OPPO sadar betul bahwa kamera belakang merupakan modal besar pengguna untuk menciptakan inovasi yang kreatif melalui foto dan video yang menakjubkan. Oleh sebab itu, keawetan kamera belakang perlu terjaga dengan baik dari pengaruh gesekan atau “baretan”.

Teknologi O-Dot Protective dan Corning Glass Gorilla (CGG) 5 memberikan perangkat OPPO Reno 10x Zoom-Indonesia tidak mudah mengalami goresan atau baretan. Penasaran kan dengan garangnya teknologi O-Dot Protective dan Corning Glass Gorilla (CGG) 5?.

Lapisan tersebut telah melewati uji ketahanan keras batu permata hingga 8,5 Mohs.  O-Dot Protective sendiri berada persis di bawah 3 kamera yang tersusun secara vertikal. Bagian itu berguna untuk menahan agar kamera tidak menyentuh langsung permukaan saat  OPPO Reno 10x Zoom-Indonesia diletakan secara telentang.


Teknologi O-Dot Protective (Sumber: OPPO)


Sedangkan, pada layar OPPO Reno 10x Zoom terbuat dari teknologi Corning Glass Gorilla (CGG) 6 yang merupakan lapisan yang kuat dan tahan terhadap goresan atau baretan. Itulah sebabnya, tampilan gambar yang muncul akan tetap terlihat tajam.  Hal inilah yang membuat kebanggaan para fotografer dan traveler dalam menyimpan momen-momen indah.

Kehebatan OPPO Reno 10x Zoom makin “gokil” saat melihat prosesor yang dibenamkan dalam perangkat tersebut. Qualcomm Snapdragon 855 merupakan prosesor terbaik saat ini. Dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon 855 memberikan beberapa keuntungan besar yaitu: 1) lebih cepat (45% lebih cepat CPU, 20% Lebih cepat GPU); 2) Lebih hemat baterai (lebih lama 1,5 jam dari prosesor Qualcomm Snapdragon 845); 3) A.14th Mesin terbaru (3x lipat performa A.1 lebih tinggi dari  Qualcomm Snapdragon 845); dan 4) hasil kamera lebih bagus (karena didukung oleh 48 MP 30FPS dan 4x HDR 60FPS).

Prosesor Qualcomm Snapdragon 855 (Sumber: OPPO)


Selanjutnya, jika melihat dari sisi kehebatan baterai, OPPO Reno 10x Zoom mempunyai daya baterai sebesar 4065 mAh. Dilengkapi dengan teknologi VOOC 3.0 pada OPPO Reno 10x Zoom membuat baterai sangat cepat pada saat mengisi daya baterai. Teknologi Flash Charge ini lebih cepat dari seri OPPO Reno yang mempunyai daya baterai sebesar 3765 mAh.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa memperbandingkan spesifikasi antara OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom pada tabel berikut ini: 


Perbandingan spesifikasi antara OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom (Sumber: OPPO)


Macro Photograpy & Lansekap Ala Thomp_
Paparan narasumber terakhir di Workshop OPPO Reno 10x Zoom yang sangat menarik untuk disimak adalah paparan dari Macro Photographer Thomp yang mempunyai akun Instagram @Thomp_. Fotografer asal Tangerang itu berbagi pengalaman dan kiat sukses untuk menjadi Fotografer Makro.


Mas Thomp yang ditemani oleh Mas Michael (perwakilan OPPO Bali) memberikan paparan tentang pengalaman dan teknik menjadi Fotografer Makro (Sumber: dokumen pribadi)


Perlu diketahui bahwa Macro Photography adalah seni fotografi yang menjadi objek jepretannya berupa fauna (hewan) yang berukuran kecil. Seperti serangga, semut, lalat hingga ular berbisa. Bidikan mas Thomp yang viral dan menjadi daya tarik media online adalah bidikan ular berbisa.

Hasil jepretan benar-benar jelas dan detil dari tubuh sang ular viper biru berbisa (Viper Blue Snake) atau dalam bahsa ilmiah Trimeresurus insularis. Dari jarak kurang lebih 10 centimeter, Mas Thomp membidik ular tersebut. Bahkan, dia hampir mengalami kejadian yang fatal. Yaitu, Untungnya semburan ular berbisa tersebut mengenai lensa kamera OPPO Reno 10x Zoom. Hal itulah yang menurut dia menjadi kapok dan tak akan mau lagi membidik ular berbisa tersebut. Sungguh berbahaya, sekali patok maka kematian tak bisa dihindari.


Viper Blue Snake (Sumber: Thomp_/Instagram)


Saat santai, saya menyempatkan diri untuk berbincang-bincang dengan Mas Thomp. Dia berbagi pengalaman di Bali. Ketika menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pura Tanah Lot di waktu matahari terbenam (sunset). Jepretan lansekap Pura Tanah Lot benar-benar memukau. Meskipun, Mas Thomp sendiri mengambil spesifikasi Macro Photography. 

Perlu diketahui bahwa kamera depan OPPO Reno 10x Zoom mempunyai teknologi softligt. Maka, akan menghasilkan hasil jepretan yang mengagumkan. Meskipun, objek minim cahaya seperti hasil jepretan saat malam hari. Hal ini menandakan bahwa kamera dari OPPO Reno 10x Zoom benar-benar menjadi perangkat yang direkomendasikan bagi para traveler kapan saja dan di mana saja.

Menurut Mas Thomp, hal yang perlu diperhatikan saat menggeluti Macro Photography adalah detil objek harus terlihat jelas atau tajam. Saat hasil jepretan di-zoom tidak mengalami “pecah” maka detil objek sudah bagus. Dia juga berbagi pengalamannya berburu objek hewan kecil di Butterfly Park Tabanan Bali. Objek menarik yang sempat dibidiknya adalah Serangga Daun Phillium bioculatum (Phasmatodea Philliidae).


Serangga Daun Phillium bioculatum (Sumber: Thomp_/Instagram)


Yang membuat takjub dari aksi fotografi Mas Thomp dalam berburu objek makro adalah jiwa otodidak untuk menjadi Fotografer Makro handal. Dia belajar dari berbagai video Youtube dan blog.

Dari pengalaman dia selama ini, maka Mas Thomp memberikan masukan yang baik. Jika anda ingin mencoba mengambil  objek hewan kecil, maka untuk mendapatkan jepretan hewan kecil yang baik perlu rajin berkelana di outdoor. Anda disarankan untuk mencari objek tersebut sebelum pukul 09 pagi. Mengapa? Sebelum waktu tersebut, tingkah laku hewan kecil masih diam dan mudah saat didekati.

Untuk membuktikan ketajaman kamera OPPO Reno 10x Zoom, maka saya mencoba langsung kameranya. Karena, berada di kawasan indoor maka sebagai pengganti hewan kecil adalah berbagai pernak-pernik yang tersusun rapi, di dalam tulisan Reno di background workshop. Saya mencoba kamera tanpa melakukan pembesaran. Dan, hasilnya benar-benar tajam dan detil. Sungguh mengagumkan!  
 

Hasil jepretan OPPO Reno 10x Zoom tanpa melakukan pembesaran (zoom) (Sumber: dokumen pribadi)


Setelah mendapatkan paparan dari para Narasumber di acara Workshop OPPO Reno 10x Zoom maka terbukalah pikiran dan hati. Bahwa, saat traveling disarankan tidak membawa perangkat yang terlalu ribet. Satu genggaman OPPO Reno 10x Zoom bisa merekam 10x Wonderful Journey.

Tidak perlu membawa perangkat “segede gaban” untuk merekam keindahan Indonesia. Tetapi, dengan satu genggaman OPPO Reno 10x Zoom-Indonesia yang praktis alias simple. Setiap momen indah dengan detil dan tajam akan terekam dengan mudah. Saatnya menjadi Traveler Cerdas yang Reno, Creative Inovative.

Selamat menjelajah keindahan Indonesia dalam satu genggaman OPPO Reno 10x Zoom-Indonesia!


4 comments:

Dwi Ratnawati said...

Tulisan yang bagus. Bisa jadi referensi yang ingin memiliki OPPO Reno 10x Zoom.

Anonymous said...

Tulisan yang sangat bermanfaat dan detail penjelasn ttg OPPO Reno 10X Zoom super sekali begitu terkesan dengan tulisan Pak Casmudi lanjutan berkarya, bagi yang ingin traveling Cerdas tidak perlu membawa peralatan segaban kalo ingin berfoto foto Ria hehehhe. Recomended baget dech ama OPPO Reno ini yukkk sesuaikan budget anda utk miliki hp ini.SB

CASMUDI, BERBAGI MESKIPUN MASIH KURANG said...

Terima kasih komentarnya.

Yuni Handono said...

Keren nih Oppo selalu tampil dengan inovasi terbarunya. Terakhir Oppo Reno series hadir menjawab tantangan kecanggihan teknologi masa kini. Bahkan dengan hadirnya Oppo Reno 10x Zoom dapat menjadi amunisi mereka yang suka traveling.

Ciptakan Alat Bantu Buruh Punguti Brondolan Sawit, Mahasiswa IPB Raih Penghargaan Internasional

ASEAN-India Grassroot Innovation Forum yang diselenggarakan oleh Department of Science and Technology, Republic of Philipines, pada 20-...