Wednesday, July 24, 2019

Saatnya “Bye” Mata Kering Dengan “Insto Dry Eyes”

Insto Dry Eyes, membuat kondisi Mata Kering hilang (Sumber: dokumen pribadi)



Saya pernah mendengar ungkapan dari orang bijak yang berbunyi, “bukalah mata anda dan nikmatilah seisi dunia dengan seksama”. Ungkapan tersebut bisa bermakna kiasan. Tetapi, bisa bermakna sesuai dengan apa adanya. Manusia dituntut untuk melihat dengan jelas akan keindahan dunia dengan ketajaman mata.  Ya, dengan mata maka manusia akan melihat dengan jelas apa yang ada di sekelilingnya.

Juga, ada ungkapan lain, “eye contact (kontak mata) adalah senjata ampuh untuk memahami kedalaman isi hati seseorang”. Bahkan, kontak mata ini sangat bermanfaat saat sebuah pasangan sedang menjalani hubungan ke arah yang serius. Dengan pandangan mata, maka anda bisa memahami orang lain, apakah dia jujur atau tidak. 

Ada celetukan indah dari para cowok ketika melihat cewek cantik yang melintas di depannya, “gila sob, matanya bening banget. Pandangan matanya bikin dunia serasa runtuh”.   Mungkin terdengar lebay banget, ya? Tapi, itulah ungkapan yang sering dikatakan para kaum Adam saat memuji keindahan mata kaum hawa. Puitis banget, bukan?

Menjaga Kesehatan Mata   

Faktanya, untuk mendapatkan kondisi mata yang tetap indah dan sehat perlu perlakuan yang istimewa. Karena, pada perjalanannya, mata akan mengalami berbagai kondisi yang tidak anda harapkan. Di mana, mata anda akan mengalami kondisi Mata Kering. 

Perlu anda ketahui bahwa kondisi Mata Kering yang dibiarkan terlalu lama bisa berdampak pada kondisi kesehatan mata. Oleh sebab itu, pertama kali yang harus anda ketahui adalah perlunya pemahaman tentang penyebab mata menjadi Mata Kering. 

Ada 3 kondisi yang bisa membuat mata anda menjadi Mata Kering. Yang ditunjukan dengan gejala-gejalanya, seperti:

1. Gejala Mata Sepet, disebabkan karena menatap layar handphone terlalu lama.

Sesuai dengan laporan Hootsuite tahun 2019 yang menyatakan bahwa populasi masyarakat Indonesia kurang lebih 268,2 juta penduduk. Sedangkan, pengguna internet sebanyak 150 juta penduduk. Namun, hal yang menarik adalah jumlah perangkat gadget atau smartphone yang digunakan untuk  akses internet sebesar 133% dari jumlah penduduk Indonesia yaitu sebesar 355,5 buah perangkat gadget.

Bahkan, sesuai dengan laporan Hootsuite juga menyatakan bahwa masyarakat Indonesia rata-rata menghabiskan waktu sebanyak 3 jam 26 menit untuk menikmati sosial media di gadget atau smartphone. Kondisi tersebut tentu sangat berdampak pada kondisi mata. Berlama-lama menatap layar gadget atau smartphone akan berakibat mata menjadi Mata Sepet.  

Anda sering mengalami kondisi mata seperti kabur saat melihat sesuatu setelah manatap layar gadget atau smartphone terlalu lama, bukan? Hal itu disebabkan karena mata anda dalam kondisi mata kering. Mata Sepet membuat pandangan mata anda menjadi tidak tajam dalam melihat sesuatu.  


Dampak dari menatap layar smartphone terlalu lama membuat mata menjadi Mata Sepet (Sumber: dokumen pribadi)


2. Gejala Mata Pegel, disebabkan karena menatap layar komputer terlalu lama.

Bagi seorang penulis atau pekerja kantoran, maka duduk berlama-lama di depan layar komputer sangatlah mengasikan. Apalagi, jika pekerjaan tersebut merupakan tugas rutin yang harus selesai sebelum “dealine”. Maka, menyelesaikan tugas adalah sebuah keharusan. 

Apalagi, bagi anda yang berprofesi sebagai tukang edit video. Maka, pekerjaan menyelesaikan sebuah video yang bagus adalah tujuan utama. Anda hingga lupa waktu makan saat video belum terselesaikan. Bagi seorang youtuber handal, maka proses editing video adalah pekerjaan yang wajib dilakukan. Maka, berlama-lama di depan layar komputer bukanlah pekerjaan yang aneh. 

Juga, bagi anda yang suka main game dengan layar komputer besar atau main PS di persewaan Play Station (PS). Banyak orang yang tidak memandang usia hingga lupa waktu bermain game. Mereka sangat asik saat mereka mampu mengendalikan sebuah permainan dalam layar komputer. 

Beberapa pekerjaan yang menguras pandangan mata di depan layar komputer tersebut tentu sangat berisiko. Saat dilakukan berlama-lama memandang layar komputer. Tentu, sinar atau radiasi layar sangat berperan besar terhadap kondisi mata. 

Tidak berbeda dengan mata saat menatap layar smartphone. Maka, anda juga akan mengalami kondisi mata kering. Di mana, kondisi Mata Pegel akan anda alami saat berlama-lama menatap layar komputer. Karena, paparan sinar layar komputer membuat mata anda merasa pegel. Tentu, kondisi tersebut sangat berisiko jika dibiarkan berlarut-larut. 


Mengejar tulisan yang hendak deadline. Mata Pegel setelah berlama-lama menatap layar komputer (Sumber: dokumen pribadi)


3. Gejala Mata Perih, disebabkan karena berada di ruangan ber-AC terlalu lama. 

Kondisi yang jarang dipahami banyak orang adalah saat berlama-lama berada di ruangan ber-AC. Semua orang paham bahwa kondisi ruangan yang nyaman dan adem akan membuat orang betah berlama-lama di dalamnya. Apalagi, jika ruangan tesebut menjadi ruangan kerja. 

Meskipun,  nyaman dan adem, berlama-lama berada di ruangan ber-AC berakibat terhadap kondisi mata. Tahukah anda bahwa mata anda akan menjadi kering saat berlama-lama di ruangan ber-AC. Dan, hal yang terjadi adalah mata anda menjadi Mata Perih.  

Mengapa mata menjadi perih karena berlama-lama di ruangan AC? Menurut laman detik.com, Christhoper Gelston (Asisten Profesor di University of Department Oftalmologi University of Colorado Denver Amerika Serikat yang menyatakan bahwa gejala mata kering seperti iritasi, rasa terbakar, mata merah, penglihatan kabur  dan seperti ada yang bersarang di mata. Jika, dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan infeksi mata dan kornea jaringan parut. 

Dan yang menarik adalah ketika udara mengalami sirkulasi melalui ventilasi atau kipas langit-langit, air mata anda akan menguap lebih cepat. Kondisi inilah yang membuat mata anda menjadi Mata Lelah. Dan, anda merasa mudah ngantuk dan ingin cepat tidur, bukan?
    


Mata Perih saat berlama-lama berada di ruangan bus transportasi yang ber-AC (Sumber: dokumen pribadi)


Buka Mata, Buka Insto

Kondisi Mata Kering akan terjadi pada siapa saja. Tanpa mengenal usia, jenis kelamin dan strata sosial. Setelah memahami pembahasan gejala mata kering di atas maka menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Mata adalah harta yang sangat berharga.

Lantas, apa yang bisa anda lakukan agar mata anda tidak mengalami gejala Mata Kering. Solusi baik yang bisa anda lakukan adalah membuat mata anda menjadi basah kembali dengan cairan menyejukan mata. Oleh sebab itu, solusi kekeringan pada mata adalah Insto Dry Eyes. Karena, Insto Dry Eyes sangat berpengalaman dalam mengatasi Mata Kering.


Insto Dry Eyes, berpengalaman mengatasi mata kering (Sumber: dokumen pribadi)


Sebagai Travel Blogger yang sering berkelana di alam bebas. Rajin meng-update postingan di media sosial (medsos) melalui smartphone. Serta, membuat tulisan atau artikel dengan perangkat komputer sebelum deadline. Maka, kebutuhan akan  Insto Dry Eyes sangatlah penting. Gejala Mata Kering tidak bisa dihindari. Anda bisa lihat video berikut:



Insto Dry Eyes menjadi teman perjalanan saya (Sumber: Casmudi Vlog/Youtube)


Oleh sebab itu, keberadaan Insto Dry Eyes mampu menjadi teman sejati saat mengalami gejala Mata Kering. Tak perlu kuatir karena kandungan Hydroxypropyl  methylcellulose (HPMC) yang ada pada Insto Dry Eyes menjadi efek pelumas layaknya air mata. Maka dari itu, Insto Dry Eyes mampu mengatasi Mata Kering karena kekurangan produksi air mata. 


Saat Mata Kering, Insto Dry Eyes menjadi penolong untuk menjaga kesehatan mata (Sumber: dokumen pribadi)


Dengan 1-3 tetes setiap pemakaian, maka mata anda terbebas dari Mata Kering. Dan,  Insto Dry Eyes telah memberikan efek basah layaknya air mata anda. Tidak salah rupanya jika Insto Dry Eyes bisa menjadi teman perjalanan anda. 

Insto Dry Eyes berguna saat melakukan traveling ke mana saja. Anda bisa bebas menatap layar smartphone anda untuk menginformasi kebaikan. Juga, menatap layar komputer karena pekerjaan, di ruangan yang ber-AC.

Tetapi, perlu diingat adalah saat mata anda mengalami gejala Mata Kering. Maka, Jagalah kesehatan mata anda agar produksi air mata tetap baik. Dan, tetaplah ingat tagline, “Buka Mata, Buka Insto”. Bye Mata Kering!


Insto Dry Eyes menjadi teman sejati kapanpun dan di manapun (Sumber: dokumen pribadi)






6 comments:

MENJADI HAMBA TUHAN YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN said...

Insto Dry Eyes emang bagus banget. Apalagi, kalao mata terasa perih. Bikin adem.

Yuni Handono said...

Insto cocok bagi yang sering mengeluhkan mata kering, perih atau iritasi, karena keluhan tersebut akan berakibat fatal bila tidak segera diobati.

Sera Wicaksono said...

iya nih kelamaan liat letop atau layar hape, mata suka sepet.

CASMUDI, BERBAGI MESKIPUN MASIH KURANG said...

@Yunihan & @Sera Wicaksono : pas banget jadi teman setia kalau pas traveling. Jika habis lihat gadget dan laptop.

Putu Eka Jalan Jalan said...

Kalau saya paling sering mata menjadi sepet atau kering karena berada di dalam kendaraan yang ber-AC, diperparah kalau lagi pas nyetir

CASMUDI, BERBAGI MESKIPUN MASIH KURANG said...

@Putu Eka Jalan Jalan : pengaruh AC membuat kondisi mata jadi kering.

Menangkal Radikalisme, Menjaga Keutuhan NKRI

Dialog Kehumasan “Menangkal Radikalisme Menjaga Keutuhan NKRI” di Ruang Rapat Diskominfos Propinsi Bali, 16 Oktober 2019 (Sumber:...