Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONMEDIA 2019 Bali, Konferensi Internasional Untuk Pengembangan Aplikasi dan Konten Interaktif Era revolusi Industri 4.0



Para peserta CONMEDIA 2019 Bali berfoto bersama (Sumber: dokumen pribadi)


  
Revolusi Industri 4.0 sedang dikebut para pelaku digital Indonesia. Sungguh fantastis, muncul berbagai usaha rintisan (start up) tanah air. Ini menjadi nilai lebih dari generasi bangsa, untuk mengimbangi perkembangan dunia digital yang semakin luar biasa.
Membanggakan, munculnya para pelaku digital dari kalangan akademisi yang mengembangkan Teknologi Informasi (TI). Berbagai konferensi baik bertaraf nasional atau internasional dihelat untuk menampilkan berbagai karya ilmiah dalam ranah digital. Salah satu kalangan akademik (baca: perguruan tinggi) yang peduli akan kreasi ilmiah anak bangsa adalah Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Ajang Kolaborasi
Universitas Multimedia Nusantara (UMN) bekerja sama dengan IEEE Indonesia Section menggelar Internastional Conference On New Media Studies (CONMEDIA). Konferensi tersebut diselenggarakan di The Anvaya Beach Resort, Bali Indonesia pada tanggal 9-11 Oktober 2019.
Hadir sebagai pembicara CONMEDIA 2019, Senior Vice President Korea Cloud Association dan IT Advisory and Evaluation Committee di Kota Busan Profesor Cheul Woo Ro, Data Science Professor dan Director Advanced Analytics Institute Fakultas Teknik dan Informatika University of Technology Sidney Australia Professor Bogdan Gabrys, Professor Computer Science Universitas Indonesia dan Chairman Asosiasi APTIKOM Professor Zainal A. Hasibuan, dan Rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Dr, Ninok Leksono.
Pada kesempatan tersebut, Dr. Ninok Leksono mengatakan bahwa dari CONMEDIA 2019 dapat muncul pemahaman baru atas isu-isu ilmiah yang terkait dengan tema Konferensi.
“Melalui Konferensi CONMEDIA, UMN berusaha untuk tidak ketinggalan dalam diskursus mutakhir tentang media baru” kata Dr. Ninok Leksono.
Dr. Ninok Leksono yakin keikutsertaan IEEE menambah bobot ilmiah dan internasional acara ini.



Rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Dr. Ninok Leksono (Sumber: dokumen pribadi)


Dr. Friska Natalia selaku General Chair CONMEDIA 2019 menambahkan bahwa konferensi ini juga akan member peluang bagus dalam memperluas jaringan professional.
“Konferensi internasional membuka gerbang bagi para peneliti di berbagai negara untuk dapat bertemu, sehingga dapat meningkatkan potensi kolaborasi penelitian” pungkasnya.


Dr. Friska Natalia General Chair CONMEDIA 2019 (Sumber: dokumen pribadi)


Presentasi Pengembangan Konten
Yang menarik dari acara CONMEDIA 2019 Bali adalah sesi paralel yang berisi tentang presentasi makalah ilmiah dalam beberapa topik. Sesi parallel tersebut dihelat selama dua hari. Setiap harinya terbagi dalam 4 sesi parallel. terbagi menjadi 4 sesiAdapun, topik-topik yang dipresentasikan berhubungan dengan teknologi informasi (TI) seperti:

1)     Digital Technology and Crearive Industry (Teknologi Digital dan Industri Kreatif)
2)     Animation and Game Development (Animasi dan Pengembangan Permainan)
3)     Strategic Information System (Sistem Informasi Strategis)
4)     Technology for Creative Industry II (Teknologi untuk Industri Kreatif II)
5)     Multimedia Application I (Aplikasi Multimedia I)
6)     Multimedia Application II (Aplikasi Multimedia II)
7)     Mobile Aplication (Aplikasi Mobile)
8)     E-Commerce (Bisnis Online)
9)     Data Mining (Penambangan Data)
10)Interactive Media Design & Mobile Tech. (Desain Media Interaktif dan Teknologi Mobile)
11)Software Engineering I (Teknik Perangkat Lunak I)
12)Software Engineering II (Teknik Perangkat Lunak II)
13)Data Management & Visualization (Manajemen Data & Visualisasi)
14)Application and Data Visualization (Aplikasi dan Visualisasi Data)
15)Computational Science & Technology (Sains dan teknologi Komputasi)
16)Computer Network (Jaringan Komputer)
17)Web Technology and Application I (Teknologi Web dan Aplikasi I)
18)Web Technology and Application II (Teknologi Web dan Aplikasi II)
19)Computing Platform (Platform Komputasi)   
20)Sensor Network (Jaringan Sensor)
21)Mobile Apps & Web Technology (Aplikasi Mobile & Teknologi Web)
22)Game Development & Application (Pengembangan Game dan Aplikasi)
23)Infrastructure Technology (Teknologi Infrastruktur)
  
Sementara itu, salah satu peserta dari Liverpool John Moores University, United Kingdom Sudirman mengungkapkan bahwa CONMEDIA sangat bermanfaat baginya untuk mempresentasikan hasil-hasli penelitiannya.
“Konferensi internasional CONMEDIA memberikan manfaat besar bagi para praktisi, akademisi dan lembaga pemerintah untuk mempresentasikan hasil-hasil penelitian kami di taraf internasional” tutup sudirman.

Seperti telah bahas di atas, para peneliti yang mempresentasikan berasal dari beberapa kota di Indonesia dan luar negeri. Salah satu presentasi yang dipaparkan adalah presentasi dari dosen Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Laurentius Kuncoro. Ia mempresentasikan aplikasi mobile yang berjudul “Implementation of Password-based key Derivation Function for Authentication Scheme in Patroling System”.  


Dosen Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Laurentius Kuncoro sedang mempresentasikan aplikasi mobile (Sumber: dokumen pribadi)


UMN terus berupaya mendorong kualitas dan kuantitas penelitian dan publikasi ilmiah khususnya di bidang pengembangan aplikasi dan konten interaktif. CONMEDIA menjadi bukti pengimplementasikan program Journey Towards World Class University yang tengah digadang oleh UMN. Didukung oleh STIKI Indonesia, APTIKOM, APTISI IV Banten dan ADADA, CONMEDIA sukses diselenggarakan pada tahun 2011, 2013, 2015, 2017 dan 2019. Sejumlah makalah yang berhasil diterima, menghasilkan prosiding yang terbit dengan Index bereputasi, Scopus.
CONMEDIA didirikan sebagai forum yang memberntuk suatu jejaring internasional yang membantu para peneliti, baik peneliti local maupun luar negeri, khususnya untuk mendiseminasikan hassil-hasil penelitian yang telah dilakukan pada lingkungan internasional.

Jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, bisa menghubungi:
Ibu Wella, S.Kom., M.MSi. (COBIT5)
Phone: 0857-8019-8992
Email: conmedia@umn.ac.id

Post a Comment for "CONMEDIA 2019 Bali, Konferensi Internasional Untuk Pengembangan Aplikasi dan Konten Interaktif Era revolusi Industri 4.0"