Sunday, October 20, 2019

Detik-Detik Menjelang Pengumuman Kabinet Baru Jokowi-Amin

Joko Widodo saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi dan Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019-2024.
Presiden Jokowi (Sumber: kompas.com)


Setelah pelantikan Presiden & Wakil Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin tanggal 20 Oktober 2019 kemarin, maka momen yang ditunggu-tunggu semua rakyat Indonesia adalah kabinet baru Jokowi-Amin. Berbagai kalangan menimbang-nimbang atau memprediksi siapakah yang akan menduduki kabinet baru Jokowi tersebut. 

Semua memahami bahwa posisi menteri merupakan hak prerogtaif Presdien Jokowi. Namun, terdapat deal-deal atau tarik ulur dari pihak Presiden Jokowi dan partai politik yang mendukungnya di Pilpres 2019. Tentu, posisi menteri tersebut akan diisi berdasarkan jasa partai politik. Namun, Presiden Jokowi pernah menyatakan bahwa kabinet baru nanti akan diisi sosok profesional yang lebih banyak daripada partai politik.

Sejumlah nama yang telah diundang ke istana memberikan sedikit pengharapan atau gambaran serta prediksi untuk posisi menteri masa depan. Nama-nama yang familiar seperti: Bapak Mahfud MD, Nadiem Makarim (pemilik GOJEK), Erick Thohir (Ketua Pemenangan Pilpres 2019 Jokowi-Amin). Whisnutama (Pendiri NET TV) dan Tetty Paruntu (kader Golkar yang menjabat Bupati Minahasa Selatan, Sulawesi Utara). 

Berbagai kalangan, khususnya awak media yang menyambangi atau peliput di Istana Presiden menjadi penasaran. Untuk posisi menteri apakah yang bersangkutan diundang oleh Presiden Jokowi. Yang menarik lagi adalah kedatangan Kapolri Jend (Polisi) Tito Karnavian. Pasalnya, yang bersangkutan tidak memakai seragam atasan putih dan bawahan hitam. Layaknya orang -orang yang diundang ke Istana Presiden. Namun, yang bersangkutan masih memakai seragam kepolisian. Publik pun menduga-duga bahwa Kapolri sepertinya akan didapuk menjadi Menteri Pertahanan, Menteri Polhukam atau Kepala Badan. Publik hanya memprediksi, selanjutnya berada di tangan Presiden Jokowi.

Kabinet Jokowi yang baru juga diprediksi akan memunculkan nomenklatur baru. Di mana akan ada beberapa kementrian baru yang dirasa bisa menggenjot kinerja Presiden. Apalagi, kasus Papua yang beberapa bulan lalu mengemuka membuat Presiden Jokowi akan menaruh pos menteri dari Papua. Semua serba menerka-nerka, namun semuanya terletak pada tangan Presiden Jokowi. Tentu, harapan rakyat adalah menteri yang profesional dan berintegritas yang menduduki posisi terbaik. The Right Man on the right place! 

No comments:

Menuju Indonesia Maju dengan Teknologi Transportasi Light Rail Transit (LRT) Jabodebek

Proses lifting car atau pengangkatan rangkaian kereta pertama ( trainset )  LRT Jabodebek  di Stasiun Harjamukti, tanggal 13 Oktobe...