Tuesday, January 21, 2020

3 (Tiga) Fasilitas Ruang Tunggu Bandara Ngurah Rai yang Bikin Perjalanan Nyaman dan Menyenangkan



Pemandangan pagi hari di Bandara Internasional Ngurah Rai dengan latar belakang patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) (Sumber: Dokumen Pribadi)



Bepergian atau traveling menggunakan pesawat terbang menjadi keinginan banyak orang. Bukan hanya menyingkat waktu tempuh, tetapi kenyamanan selama perjalanan adalah hal yang utama. Meskipun, berbagai kejadian mengerikan berupa kecelakaan udara. Namun, perjalanan melalui udara tetap menjadi primadona. Apalagi, bagi traveler atau pebisnis yang kerapkali melakukan perjalanan ke luar negeri.
Masa tunggu di bandara menjadi pemandangan rutin, ketika penumpang telah melakukan boarding pass dan pesawat belum take off. Oleh sebab itu, ruang tunggu yang aman dan nyaman menjadi perhatian serius pengelola bandara. Masa tunggu keberangkatan pesawat yang tidak membosankan. Dan, membuat masa tunggu perjalanan udara menjadi nyaman dan menyenangkan.
Setiap bandara mempunyai Standar Operational Procedure (SOP) dalam mendesain ruang tunggu penumpang. Tentu, bermuara agar penumpang menjadi betah. Salah satu bandara yang memberikan rasa aman dan nyaman di ruang tunggu penumpang adalah Bandara International Ngurah Rai Bali. Bukan hanya arsitektur khas Bali yang diadopsi di setiap sisi bangunan gedung. Tetapi, ada hal kecil yang bisa membuat penumpang menjadi aman dan nyaman, selama melakukan rutinitas menunggu keberangkatan pesawat.
Berdasarkan perjalanan udara domestik yang saya alami, setidaknya ada 3 hal yang terlihat sepele yang jarang diperhatikan orang. Selain, tempat colokan listrik untuk mengisi daya baterai smartphone. Dan, hal tersebut akan memberikan kenyamanan penumpang di Bandara Ngurah Rai selama waktu tunggu, yaitu:

1.    Perlengkapan Keamanan Pemadam Kebakaran.   


Perlengkapan pemadam kebakaran (Sumber: Dokumen Pribadi)


Perlengkapan tersebut terlihat sepele. Bahkan, jarang diperhatikan banyak penumpang. Namun, perlengkapan tersebut akan menjadi penolong di kala hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti bahaya kebakaran.
Ruang Tunggu bandara telah dilengkapi saluran Hydrant, alat pemadam kebakaran dan seragam petugas yang akan membuat aman. Perlengkapan tersebut terlihat sangat mencolok dekat dengan ruang tunggu penumpang. Jadi, anda tidak perlu khawatir jika melakukan rutinitas menunggu di bandara.

2.    Air Siap Minum
Fasilitas Air Siap Minum telah disiapkan pihak pengelola bandara Ngurah Rai. Terlihat sepele fasilitas ini. Namun, sangat bermanfaat bagi penumpang yang mengalami kehausan, selama masa tunggiu keberangkatan pesawat. Apalagi, jika penumpang berangkat buru-buru, tidak sempat makan atau membawa perbekalan minuman.
Fasilitas air minum ini juga bisa menjadi refill (isi ulang), jika anda kehabisan air di perangkat Tumbler anda. Anda tinggal minum di tempat atau mengisi tumbler anda hingga penuh. Jadi, jika anda merasa haus selama menunggu keberangkatan pesawat, fasilitas Air Siap Minum akan membuat masa tunggu menjadi aman. Asik, kan?


Fasilitas Air Siap Minum di ruang tunggu Bandara Internasional Ngurah Rai (Sumber: Dokumen Pribadi)


3.    Prayer Room (Musholla)
Tempat sholat atau prayer room menjadi fasilitas penting bagi anda. Khususnya, bagi penumpang yang beragama Islam. Ketika anda belum sempat melakukan sholat wajib atau hendak melakukan sholat sunah. Maka, fasilitas musholla di ruang tunggu bandara sangat membantu keimanan anda.
Fasilitas ini sangat penting, saat anda buru-buru mengejar pesawat. Dan, tidak sempat melakukan sholat di rumah. Atau, tidak sempat sholat di musholla dekat tempat tinggal anda. Fasilitas musholla di ruang tunggu bandara Ngurah Rai ini sangat membantu meningkatkan keimanan anda. Anda akan tetap ingat Tuhan Yang Maha Esa (Allah SWT), sebelum melakukan perjalanan udara.


  
Fasilitas Prayer Room (Mushola) di ruang tunggu Bandara Internasional Ngurah Rai (Sumber: Dokumen Pribadi)


Itulah 3 hal penting yang selalu membuat perjalanan udara saya tetap aman dan menyenangkan. Bukan hanya buat saya saja, anda juga pasti merasakannya, bukan? Bagaimana dengan pengalaman menunggu keberangkatan pesawat bandara tempat tinggal anda? Silahkan berbagi pengalaman di kolom komentar ya?

Semoga bermanfaat.


No comments:

Sharing Economy, Cara Cerdas Penanganan Percepatan COVID-19

Berbagi kebutuhan ekonomi (sharing economy) mampu mempercepat penanganan COVID-19 (Sumber : republika.co.id) Saya sudah membah...