Monday, January 20, 2020

8 Spot yang Pantang untuk Dilewati di Wisata Munduk Asri



Wisata Munduk Asri di Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar Bali (Sumber: dokumen pribadi)




Bali memang penuh pesona. Pulau Seribu Pura itu tak pernah kehabisan tempat wisata menarik. Jika anda penggila pemandangan alam, maka Bali menawarkan tempat wisata yang pantang untuk dilewati. Tempat wisata yang menawarkan keindahan alam dengan berbagai spot menarik. Salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi adalah Munduk Asri.
Munduk Asri berada di Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar Bali. Jarak dari Kota Denpasar kurang lebih 45 km. Anda bisa menempuhnya dengan mobil pribadi atau kendaraan rental. Jalur Singapadu Gianyar-Kintamani Bangli merupakan jalur yang bisa anda lewati. Jalur tersebut merupakan jalur utama menuju lokasi.
Tiket masuk wisata Munduk Asri sebesar Rp 15 ribu. Dari jalan besar Singapadu Gianyar-Kintamani, anda harus bergerak ke kiri mengikuti jalan menurun, kurang lebih 300 meter. Tidak usah khawatir karena ada petunjuk lokasi wisata di pinggir jalan. Anda akan disambut pemandangan kebun jeruk, durian dan manggis. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi, karena menyimpan banyak spot yang menarik dan pantang untuk dilewati.
Lantas, apa saja sih spot yang menarik di Munduk Asri?. Setidaknya, ada 8 spot menarik yang harus kalian singgahi. Bisa menjadi postingan menarik di media sosial. Berikut, 8 spot menarik yang harus anda singgahi, yaitu:

1.  Sarang Burung
Seperti tempat wisata lainnya, spot yang lagi hits adalah sarang burung. Anda bisa berfoto di dalamnya baik sambil duduk atau berdiri. Anda akan terlihat seperti berada di alam “perunggasan”. Sangat unik, ya?
Spot ini dilatarbelakangi dengan pemandangan jurang yang indah. Saat udara cerah dan menjelang matahari terbenam (sunset) adalah saat ikonik untuk mengambil jepretan. Ketika sinar matahri menembus sarang burung tersebut maka pantulan sinar matahari terlihat lebih dramatis.


Spot Sarang Burung (Sumber: dokumen pribadi)


2.  BalE Bengong ala Kereta
Bale Bengong berarti tempat santai atau beristirahat, Tempat ini juga bisa digunakan sebagai tempat untuk menikmati kuliner bersama keluarga. Yang menarik dari Bale Bengong ini adalah beratap rumbia dan mempunyai empat roda di empat sisinya. Bale Bengong ini terlihat seperti kereta tanpa kuda.
Kurang lebih ada 5 Bale Bengong ala kereta ini. Lebih asik lagi, pemandangan di sebelah barat berupa pemandangan alam yang membentang luas dan menghijau. Menjelang senja, akan terlihat romantis ketika berdua dengan orang yang disayangi. Oleh sebab itu, spot ini wajib kalian simpan dalam jepretan foto anda.   



Bale Bengong Kereta (Sumber: dokumen pribadi)



3.  Kereta Kuda
Menaiki kereta kuda menjadi kegembiraan siapa saja. Nah, di wisata Munduk Asri terdapat spot berbentuk kereta kuda lengkap dengan dua kuda. Yang menarik, posisi kereta tersebut seperti “hendak terbang”. Karena, kedua kuda “tiruan” tersebut benar-benar dalam posisi terbang.
Spot ini menjadi incaran para pengunjung. Di mana, pengunjung tinggal duduk layaknya penarik kereta, dan jadilah kenangan anda. Yang perlu diperhatikan adalah anda perlu waspada karena posisi kereta kuda tersebut di bibir jurang. Jadi, jika anda mengambil foto dari samping perlu kewaspadaan yang tinggi.



Kereta Kuda yang mau terbang (Sumber: dokumen pribadi)


4.  Rumah Hobit
Anda suka melihat film-film barat macam Hobit, bukan? Bagaimana dengan tempat tinggal mereka. Sangat unik dan sederhana ya. Di wisata Munduk Asri juga tersedia model tempat tinggal atau rumah layaknya dalam film Hobit. Tempat tinggal yang terbuat dari unsur kayu tersebut sangat cocok menjadi agenda yang harus disinggahi.
Rumah tersebut terletak agak tinggi. Jadi, anda perlu hati-hati saat menapaki anak tangga. Apalagi, ketika habis hujan maka anak tersebut sering terasa licin. Rasa capai anda menyusuri anak tangga akan terbayar lunas ketika bisa berpose di rumah nan tradisional tersebut.
Meskipun terlihat seperti rumah penghuni hutan belantara, tetapi rumah tradisional tersebut menjadi spot menarik yang tak bisa kalian lewati.   



Rumah tradisional ala Hobit yang menarik banyak pengunjung 
(Sumber: dokumen pribadi)


5.  Sepasang Kepala Kera
Saat anda menyusuri anak tangga, anda akan melihat dua patung kepala kera besar. Patung ini menjadi pintu masuk dari beberapa jalur anak tangga. Di patung kera ini menjadi spot menarik yang wajib anda singgahi. Saran buat anda, jangan mencoret-coret spot tersebut demi kelangsungan dan keindahan tempat wisata.
Patung kera tersebut terliihat alami dan unik. Hal ini dikarenakan, di bagian atasnya menjadi tempat tumbuhan semak-semak. Jika dilihat dari kejauhan akan terlihat seperti rambut kepala kera.



Sepasang patung kepala kera yang unik (Sumber: dokumen pribadi)


6.  Jembatan Cinta
Jemabatan cinta, mungkin itulah sebutan yang pantas untuk spot indah ini. Spot yang berupa jembatan bambu panjang akan terlihat elegan dan romantis dari atas. Bukan hanya sebagai tempat pandang, tetapi akan terlihat instagrammable saat anda berada di tengah-tengah jembatan tersebut.
Sejatinya, jembatan cinta tersebut juga terhubung dengan bale bengong. Sungguh, sebuah tempat yang asik untuk menikmati pemandangan alam. Anda tidak akan melewati spot ini karena benar-benar mengagumkan!



Jembatan cinta yang terbuat dari bambu (Sumber: dokumen pribadi)


7.  Tempat Pandang
Selain jembatan cinta, ada spot yang menarik adalah tempat pandang yang terbuat dari bambu. Spot ini sepertinya terletak paling ujung dari wisata Munduk Asri. Anda harus melewati jembatan bambu menanjak terlebih dahulu. Anda perlu hati-hati agar tidak terpeleset karena licin seperti saat musim hujan sekarang ini.
Di spot inilah anda akan melihat lansekap yang terbentang luas di sekitar wisata Munduk Asri. Dari tumbuhan yang menghijau hingga jurang yang membuat adrenalin anda terpacu lebih cepat. Saya menyarankan agar tidak bersandar di pagar yang terbuat dari bambu. Hal ini bertujuan untuk menghidari hal-hal yang tidak diinginkan. Takut anda “meleng” dan jatuh bebas.
  


Tempat pandang dari bambu untuk menikmati pemandangan alam (Sumber: dokumen pribadi)


8.  Akar Raksasa
Dan, spot terakhir yang menjadi idola di wisata Munduk Asri adalah AKAR RAKSASA. Dan, akar raksasa ini menjadi ikon menarik dari wisata Munduk Asri. Akar yang diperkirakan berumur ratusan tahun ini menarik semua pengunjung. Spot ini adalah spot yang tidak akan dilewati para pengunjung. Bahkan, pengunjung rela menuruni ratusan anak tangga dengan susah payah untuk mendapatkan pose menarik dengan akar raksasa ini.
Sebenarnya, akar raksasa ini merupakan akar dari pohon besar yang telah dipotong di bagian atasnya. Tetapi, pohon besar tersebut masih tumbuh dengan baik. Tentu, akar raksasa tersebut juga akan tumbuh lebih besar lagi. Anda bisa lihat perbandingan orang dewasa dengan salah satu akar yang menjurai ke bawah. Sangat besar, bukan?



Akar Raksasa, ikon dari wisata Munduk Asri (Sumber: dokumen pribadi)


Untuk mendapatkan video tentang wisata Munduk Aasri, anda bias melihat video selengkapnya berikut ini:



Akar Raksasa, Satu Satunya di Bali (Sumber: dokumen pribadi/YouTube)

1 comment:

MENJADI HAMBA TUHAN YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN said...

Spot yang menarik dan sayang untuk dilewatkan ya.

Cegah Dampak Buruk Alergi Pada Anak dengan ASI dan Nutrisi Lengkap & Seimbang

Mencegah dampak buruk alergi pada anak dengan ASI dan Nutris Lengkap & Seimbang (Sumber: Danone Indonesia/diolah)     Tanggal 25 Jan...