Wednesday, January 22, 2020

Terbang di Sun Flower Garden



Aksi terbang di Sun Flower Garden Tabanan Bali (Sumber: dokumen pribadi)


Lihat kebunku penuh dengan bunga
Ada yang merah, dan ada yang putih
Setiap hari kusiram semua
Mawar melati semuanya indah

Sepenggal lagu anak-anak yang sangat kita kenal. Lagu yang memberikan pemahaman bahwa keindahan kebun bunga sangat disukai siapapun, termasuk anak-anak. Ya, kebun bunga memberikan rasa senang bagi siapapun. Pantas saja, jika setiap orang memperindah rumah dengan berbagai tanaman bunga. Kata pujangga, indahnya bunga bisa membuat mimpi anda terbang melambung tinggi. Oh, ya?
Nah, kali ini, saya akan ajak anda untuk menikmati kebun bunga yang unik di Bali. Kebun bunga yang menjadi tujuan wisata baru, yaitu: Sun Flower Garden.


Pintu masuk Sun Flower Garden (Sumber: dokumen pribadi)

Keindahan Menghipnotis Mata

Sun Flower Garden berlokasi di kawasan Blayu, Tabanan Bali. Jarak dari pusat Kota Denpasar kurang lebih 25 km. Anda bisa mengjangkaunya dengan kendaraan pribadi, rental atau taksi online. Karena, angkutan publik sangat jarang di sini.
Dari Namanya saja, sangat jelas bahwa kebun wisata tersebut menawarkan keindahan berupa bunga matahari. Ada benarnya juga. Namun, faktanya yang ada di Sun Flower Garden bukan hanya bunga matahari saja. Berbagai jenis bunga “yang belum pernah saya lihat” ada di sini.  
Cukup merogoh kocek Rp 10 ribu, anda bisa puas mengeksplorasi Sun Flower Garden. Ketika anda masuk setelah memberi karcis, anda akan disambut dengan beberapa blok kecil kebun bunga matahari. Warna kuning bulat khas matahari sangat mendominasi. Benar-benar indah!
Melangkah ke arah kiri, anda akan disambut hampir setengah luas lapangan bola dengan berbagai jenis bunga. Warna-warni bunga benar-benar kontras. Anda bisa berswafoto di sini. Juga, telah disediakan beberapa kursi yang terletak di tengah-tengah di antara deretan kebun bunga.
Dari deretan kebun bunga yang menghipnotis mata tersebut, ada beberapa deretan bunga matahari yang masih kecil (baru tumbuh). Mungkin, 2-3 bulan lagi akan tumbuh setinggi orang dewasa. Jadi, jika anda datang bulan April-Mei 2020, bunga-bunga itu sudah tumbuh tinggi. Tak terbayangkan indahnya!

  
Keindahan bunga di Sun Flower Garden yang menghipnotis mata (Sumber: dokumen pribadi)


Jujur saja, Sun Flower Garden menawarkan puluhan spot yang instagrammable. Anda tinggal pilih yang disukai. Ada beberapa swing (ayunan) yang tersedia di kebun wisata bunga ini. Saya mencoba yang dekat dengan kebun bunga beraneka ragam. Serasa bagai anak kecil atau ABG. Jiwa romantis pun menggelora!


Main ayunan untuk menghilangkan rasa lelah setelah ekplorasi Sun Flower Garden (Sumber: dokumen pribadi)


Saya juga mencoba mengabadikan kenangan di spot yang bikin kaum milenial galfok (gagal fokus). Ada spot yang didesain dari gundukan tanah berbentuk gambar Love (cinta). Saya yakin, anda tidak akan melewati spot yang indah ini. Jiwa milenial saya pun bergerak cepat. Tanpa basa-basi, saya mengabadikan diri dengan duduk, terbang, berdiri dan tiduran. Persis di tengah-tengah gambar love tersebut.


Spot tanah berbentuk “Love” yang wajib disinggahi (Sumber: dokumen pribadi)

Menara Eifel Mini

Spot lain yang menarik adalah spot berbentuk Menara Eifel ala Paris Perancis. Menara Eifel ini menarik perhatian semua pengunjung, termasuk saya. Kurang lebih, dengan skala 1:6, Menara Eifel Mini mampu menjadi kenangan yang tak bisa terlupakan.
Mengapa? Kalau belum sempat datang ke Menara Eifel sungguhan di Paris, maka anda bisa menghilangkan rasa penasarannya di sini. Menara Eifel Mini ini terlihat sangat mencolok. Terletak hampir di tengah-tengah lokasi wisata Sun Flower Garden.


Menara Eifel Mini di Sun Flower Garden yang banyak diminati para pengunjung untuk swafoto (Sumber: dokumen pribadi)


Lanjut, jika anda ingin pose bagai burung yang sedang mengerami anaknya, maka anda bisa mampir di spot sarang burung. Spot sarang burung ini persis seperti sarang burung raksasa. Karena, dibuat di antara beberapa pohon sungguhan. Anda harus rela mengantri karena animo pengunjung sungguh luar biasa. Apalagi, kalau musim liburan, anda harus bersabar untuk mengantri.     


Sarang burung yang membuat antri pengunjung untuk mencobanya (Sumber: dokumen pribadi)


Seperti layaknya sarang burung, ada spot lain yang mirip sarang burung, tetapi didesain berbentuk gambar Love (cinta). Dengan latar belakang pemandangan yang alami, maka jepretan anda akan makin indah. Apalagi, jika menjelang sunset (matahari terbenam), maka hasil jepretan makin instagrammable.


Sarang burung berbentuk “Love” menjadi spot yang wajib anda singgahi (Sumber: dokumen pribadi)


Jika anda suka pewayangan, maka anda bisa singgah di spot yang berupa patung Dewa Hanoman. Patung Dewa Hanoman yang sedang duduk bersila dan berwarna putih ini berada di sisi utara. Dewa Hanoman yang dikenal sebagai lambang pertolongan atau kebaikan, seperti dalam cerita melegenda Ramayana, Rama dan Sinta. Oleh sebab itu, spot ini pantang untuk anda lewati.



Patung Dewa Hanoman, pesonanya tidak bisa untuk dilewati para pengunjung (Sumber: dokumen pribadi)


Sebenarnya masih banyak spot yang menarik di kebun wisata Sun Flower Garden, yang bisa bikin jiwa awet muda dan milenial anda menggelora. Saya sendiri benar-benar lelah, sebelum mencoba semua spot menarik yang ada. Anda tidak perlu khawatir untuk beristirahat.
Di kebun wisata ini telah dilengkapi kurang lebih 4 peristirahatan (bale bengong). Dan, anda bisa menikmati kuliner atau sekedar melepas lelah bersama keluarga. Anda bisa melihat video berikut:


BIKIN BETAH!! SUN FLOWERS GARDEN TABANAN BALI. SATU 
TAMAN BERJUTA KENANGAN (Sumber: dokumen pribadi/YouTube)


Tips buat anda jika berkunjung ke Sun Flower Garden adalah:
1.    Bawalah perlengkapan topi, karena terik matahari begitu menyengat kulit di saat musim kemarau. Di Sun Flower Garden tidak ada tumbuhan tinggi yang mampu mengurangi rasa panas untuk berteduh.
2.    Bawalah jas hujan untuk beberapa bulan ini. Karena, hujan bisa datang secara mendadak. Jangan kaget, ketika di kawasan wisata ini hujan begitu deras, tetapi ketika anda ke Kota Denpasar, cuaca begitu panas. Hal ini sudah sering saya alami.  
3.    Disarankan untuk tidak memakai sepatu atau sandal berhak tinggi (High heels) khususnya saat musim penghujan. Karena, mayoritas kawasan Sun Flower Garden masih berupa tanah persawahan.

Selamat berlibur ya!

2 comments:

MENJADI HAMBA TUHAN YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN said...

Indah ya tamannya bikin betah pengin deh main ke situ.

CASMUDI, BERBAGI MESKIPUN MASIH KURANG said...

Benar sekali, mainke Sun Flower Garden bikin gak pengin pulang.

Sharing Economy, Cara Cerdas Penanganan Percepatan COVID-19

Berbagi kebutuhan ekonomi (sharing economy) mampu mempercepat penanganan COVID-19 (Sumber : republika.co.id) Saya sudah membah...