Thursday, February 13, 2020

Air Terjun Leke Leke, Indahnya Surga Bali yang Tersembunyi



Air Terjun Leke Leke (Leke Leke Waterfall), surge yang tersembunyi di Bali
(Sumber : dokumen pribadi)



           Siapa yang meragukan keindahan Bali?

Semua orang pasti sepakat bahwa Bali menyimpan segudang keindahan pesona wisata. Bahkan, Bali telah menjadi destinasi wisata dunia. Itulah sebabnya, banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara berbondong-bondong. Untuk menghabiskan liburannya di Bali. Tentu, pesona  wisata Bali bukan hanya tentang pantai. Namun, anda bisa melakukan eksplorasi pesona wisata berupa air terjun. Dan, Air Terjun Leke Leke (Leke Leke Waterfall) merupakan pesona wisata yang wajib dikunjungi. Bagai surga tersembunyi di Bali.

KETENANGAN DAN KEDAMAIAN JIWA

Air Terjun Leke Leke terletak di Desa Mekarsari Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan. Jarak dari Kota Denpasar kurang lebih 50 km. Pesona wisata ini mudah diakses. Anda tinggal mengikuti arah jalan raya Denpasar - Singaraja. Patokannya, kurang lebih 150 meter setelah melewati wisata SECRET GARDEN. Dari jalan raya, anda akan melihat plang nama dan masuk ke arah kanan kurang lebih 1,5 km.
Kata “Leke Leke” mengandung arti dalam Bahasa Bali sebagai KIPUAN KEBO. Dalam Bahasa Indonesia berarti “kubangan seperti tempat minum kerbau”. Dari jalan raya, anda akan melewati jalan kecil, yang di kanan dan kirinya sawah dan tumbuhan semak-semak. Benar-benar menawarkan kedamaian dan ketenangan jiwa dari hiruk pikuk keramaian kota. Sangat pas bagi anda yang menginginkan ketenangan jiwa, Apalagi, kondisi udara yang bersih dari polusi membuat anda betah dan nyaman untuk menikmati keindahan alam.
Tiket masuk Air Terjun  Leke Leke sebesar Rp 50 ribu (untuk wisatawan asing) dan lokal dapat potongan harga separonya. Yang menarik, ketika saya mendatangi loket pembelian tiket adalah pertanyaan petugas tentang apakah saya membawa tamu. Saya memprediksi bahwa pengunjung Air Terjun Leke Leke didominasi oleh wisatawan mancanegara.
Saat itu, saya adalah satu-satunya warga lokal yang berkunjung ke Air Terjun Leke Leke  Pantas saja, jika kedatangan saya dianggap sebagai driver (sopir), pemandu wisata atau agen perjalanan. Saya sempat berbincang-bincang dengan turis dari Nepal, Korea Selatan, Polandia, Ukraina, dan Rusia yang sedang berkunjung ke tempat wisata ini.
Memasuki Air Terjun Leke Leke, saya merasa seperti memasuki layaknya kawasan Agrotourism yang tersebar se-antero Bali. Pintu gerbang dari kayu dan beratap rumbia dengan bertuliskan “Leke Leke” menyambut saya. Selanjutnya, saya meski menuruni jalan menurun yang berundak. Saya merasakan benar-benar kondisi alam yang sejatinya. Kedamaian dan ketenangan jiwa pun seketika menyeruak jantung.   


 
Pintu atau gerbang masuk Air Terjun Leke Leke (Sumber : dokumen pribadi)


SPOT SELFIE INSTAGRAMMABLE

Dekat dengan kantor tempat wisata, perjalanan dan petualangan menyelusuri alam dimulai. Anda disuguhkan dengan spot instagrammable berupa tempat selfie berlatar belakang gambar “Love”. Sesekali, anda bisa melihat sekumpulan ikan mas yang berenang di kolam depan kantor wisata. Di sebelah tempat selfie terdapat tempat santai sambil untuk menikmati kopi atau kuliner. Melepas pandangan ke ribuan pohon yang membentang dan menghijau. Sungguh, Indah sekali!



Spot selfie bagian atas di Air Terjun Leke Leke (Sumber : dokumen pribadi)


Turun ke bawah, anda akan disambut tulisan “I LOVE YOU” di sebelah kiri jalan setapak. Yang diselimuti berbagai macam tumbuhan warna-warni. Ini menandakan bahwa anda mesti mencintai alam agar alam pun mencintai dan bersahabat dengan anda. Sungguh, kesadaran yang harus anda pegang agar alam ramah dengan kita.



 I LOVE YOU, Cintailah alam agar bersahabat dengan kita (Sumber : dokumen pribadi)


Di bawahnya anda akan melihat jenis spot yang lagi hits di Bali, yaitu swing (ayunan). Air Terjun Leke Leke menyediakan 2 ayunan yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Namun, pintu masuk spot swing ini tertutup oleh pintu tali. Sepertinya, untuk menggunakan wahana ini, anda mesti mengeluarkan uang lagi. Namun, percayalah,  bahwa sensasi dan pesona alam yang anda lihat dari ayunan sungguh mempesona.



Swing (ayunan) yang lagi hits di Bali (Sumber : dokumen pribadi)


Dekat dengan ayunan, ada beberapa tempat selfie kekinian ala sarang burung. Tempat selfie yang terpasang di panggung yang begitu lapang bak ruang pandang. Anda tinggal memilihnya, Anda tempat selfie yang berbentuk bulat dengan tampilan bagai gasing yang berputar kencang dari kejauhan.



Spot ala sarang burung, terlihat seperti gasing yang sedang berputar kencang
(Sumber : dokumen pribadi)


Atau, anda bisa mencobanya di tempat selfie yang berbentuk LOVE. Sekedar saran buat anda, meski hati-hati saat menaikinya. Karena, ketika anda terpeleset duduk di tempat selfie, maka anda akan terjun bebas. Sungguh, tempat ini sangat instagrammable. Anda bisa menciptakan ketenangan dan kedamaian jiwa. Sambil duduk atau bersandar menikmati bentangan alam yang menghijau.  



Spot Love, semoga hubungan cinta anda membuat nyaman dan damai  di hati
(Sumber : dokumen pribadi)


SIAPKAN TENAGA DAN NAFAS ANDA

Setelah anda berpuas diri menikmati spot selfie yang “sungguh aduhai”, maka perjalanan dan petualangan menuju Air Terjun Leke Leke dimulai. Jika anda beserta rombongan, tentu akan ada pemandu wisata yang menenmainya. Tetapi, saat anda jalan sendiri maka “berhati-hatilah”. Hilangkan rasa sombong dan takabur. Dan, ciptakanlah rasa bersyukur atas keindahan alam yang tercipta. Serta, siapkan tenaga dan nafas anda untuk bekal petualangan menyelusuri jalan setapak menuju Air Terjun Leke Leke.
Anda akan melewati jalan setapak, yang di kanan dan kirinya semak-semak belukar. Kurang lebih, perjalanan akan menempuh sejauh 500 meter menurun. Siapkan kegembiraan, agar perjalanan menyenangkan. Anda tidak perlu kuatir, perjalanan akan disuguhi pemandangan alam yang terbentang di sepanjang perjalanan. Perlu hati-hati karena track perjalanan masih alami alias berupa tanah liat. Ketika hujan atau sehabis hujan, maka jalan terasa licin. Makanya, anda bisa membawa potongan kayu sebagai penyeimbang.
Selama perjalanan menuju area utama (Air Terjun Leke Leke), anda akan disambut beberapa spot selfie yang menarik. Anda bisa mampir ke spot seperti sarang burung. Ini sangat menarik untuk mengisi postingan di sosial media anda. Berlatar belakang pemandangan yang indah dan menghijau. Membuat kenangan anda sungguh menakjubkan, bukan?   



Spot selfie ala sarang burung, makin asik dengan latar belakang pemandangan yang indah (Sumber : dokumen pribadi)



Bagi anda yang berpetualang dengan pasangan anda, maka anda juga bisa mampir di spot selfie bergambar Love. Di situ terdapat dua kursi bundar dari beton. Ini menandakan bahwa spot ini menarik bagi anda yang berpasangan. Lagi berbulan madu atau pacaran. Tentu, yang masih jomblo pun tidak dilarang untuk berfoto selfie di sini. Kenangan semakin indah karena dua pot bunga yang dipenuhi dengan bunga warna-warni memenuhi galeri foto selfie anda.


Spot Love  penuh bunga ini bukan hanya untuk yang mempunyai pasangan, yang jomblo juga bisa mampir kok (Sumber : dokumen pribadi)


Sepanjang mengarungi jalan setapak, anda akan disuguhi berbagai pemandangan buatan. Seperti, tempat pandang berupa panggung kecil dan kandang sapi (peliharaan warga), Di beberapa titik perjalanan, anda bisa mampir di warung santai milik warga. Warung ini menjual makanan dan minuman. Namun, yang khas adalah minuman kelapa muda. Jadi, jika anda kecapaian, anda bisa menghilangkan rasa lelah anda untuk minum kelapa muda.
Ternyata, untuk menjangkau Air Terjun Leke Leke, anda  mesti melewati sungai yang airnya deras, bersih dan tentu masih alami. Beriak air yang menabrak atau melewati bebatuan memberikan suara khas di balik keheningan alam. Anda tidak perlu kuatir. Karena, ada jembatan bambu yang akan menuju ke Air Terjun Leke Leke. Di jembatan bambu ini juga bisa menjadi spot selfie yang menarik loh!



Jembatan bambu, akses menuju Air Terjun Leke Leke (Sumber : dokumen pribadi)


LEKE-LEKE, INDAHNYA SURGA ITU

Setelah melewati jembatan bambu, jalan setapak yang biasanya menurun, berbelok dan menukik, beralih menjadi sedikit menanjak. Tentu, jalannya masih alami dari tanah liat. Sekali lagi, anda mesti hati-hati, takut terpeleset jika sehabis hujan. Dari sini, anda mulai mendengar gemericik air terjun yang mulai terdengar keras.
Di sepanjang perjalanan, pemandangan sungguh memberikan ketenangan dan kedamaian jiwa. Barisan pepohonan yang luas dan menghijau memberikan kesegaran. Selanjutnya, anda akan menemui gerbang atau pintu kecil yang terbuat dari bambu. Sepertinya, pintu ini menjadi batas perjalanan mengarungi jalan setapak yang sungguh melelahkan. Namun, dari sinilah, pemandangan air terjun dan gemericik suara air terjun yang menghujam batu memberikan semangat baru.

  

Pintu atau gerbang dari bambu, menjadi akhir dari petualangan yang melelahkan menuju ke Air Terjun Leke Leke  (Sumber : dokumen pribadi)


“Wow wow wow, amazing, amazing, amazing …” kalimat yang sontak keluar dari mulut saya. Ketika, pemandangan Air Terjun Leke Leke ada di depan mata. Beberapa turis mancanegara berdiri terpaku memandangi keindahan air terjun yang ada di hadapannya. Ada juga turis yang menyiapkan dan menjepretkan kamera segede Gaban ke arah air terjun. Sebuah pemandangan yang biasa terjadi.
Melihat suara gemericik air terjun yang menguasai kawasan membuat adrenalin saya langsung terpacu. Semburan angin yang bercampur air terjun, sudah tak terhitung lagi mengenai wajah. Rasa lemas dan lelah sehabis petualangan mengarungi jalan setapak terbayar sudah. Suguhan pemandangan air terjun yang amat menakjubkan.


    
Pose berlatar belakang Air Terjun Leke Leke harus dilakukan untuk kenangan (Sumber : dokumen pribadi)



Pemandangan air terjun setinggi kurang lebih 35 meter benar-benar menghipnotis siapa saja. Air Terjun Leke Leke sungguh unik. Dekat jatuhnya air terjun, di sebelah kiri terdapat cerukan atau gua. Dekat dengan bebatuan besar yang menghadap air terjun, saya melihat sesajian Bali (canang). Ini menjadi pertanda bahwa tempat yang eksotis ini harus dirawat dengan baik-baik agar terjaga kesuciannya. Jangan coba-coba berkata kotor, berbuat mesum atau sejenisnya. Yang jelas, anda perlu merawat alam.
Dekat dengan bebatuan besar tersebut, terdapat pancuran kecil. Menurut warga sekitar bahwa Air Terjun Leke Leke yang berbentuk bagai kubangan kerbau (KIPUAN KEBO) sering digunakan untuk MELUKAT (Pemandian Air Suci). Itulah yang menyebabkan bahwa anda tidak boleh melakukan tindakan jahat di kawasan ini.  



Surga tersembunyi, membuat saya wajib berendam, berenang dan mengeksplorasi Air Terjun Leke Leke (Sumber : dokumen pribadi)


Gemericik air terjun yang menghujam bebatuan tiada henti membuat adrenalin seya melesat kuat. “Bro, anda mesti turun dan terjun  ke bawah untuk berenang”, begitu godaan alam bawah sadar saya. Tanpa, hitungan ala lari marathon, saya pun mencebur, berendam dan berenang di kawasan air terjun. Dingin, adem, sejuk, damai, tenang dan senang bercampur menjadi satu.
Sungguh, anda akan menyesal seumur hidup jika anda berkunuung, tetapi tak mandi di sini. Saya beberapa kali berenang, tepat di bawah air terjun menghujam kepala saya berkali-kali. Pemandangan di sekelilingnya berupa tebing terjal yang diselimuti tumbuhan kecil khas pegunungan. Sesekali saya melihat di sekeliling gua. Takjub, Subhanallah, Nikmat Tuhan mana yang kamu dustakan.
Jujur, sepertinya saya enggan naik dari kawasan air terjun. Kesegaran, kedamaian dan ketenangan jiwa yang benar-benar saya rasakan. Surga tersembunyi di Tabanan Bali itu telah menghipnotis saya untuk enggan pulang. Namun, takdir berkata lain. Bahwa,  saya mesti berkarya lagi. Tidak hanya berendam, berenang dan memasang kepala agar dihujam air terjun jutaan galon.
Ya, Air Terjun Leke Leke yang mirip KIPUAN KEBO ini menjadi sarana untuk menenangkan jiwa. Jika anda bosan dengan rutinitas kerja di balik meja kantor atau banyak masalah. Maka, tenangkan sejenak di surga tersembunyi ini. Dan, anda bisa melihat perjalanan seru saya di Air Terjun Leke Leke dalam video berikut:



 Air Terjun Leke Leke (Leke Leke Waterfall). Surga Tersembunyi di Tabanan Bali (Sumber: dokumen pribadi/YouTube)

2 comments:

MENJADI HAMBA TUHAN YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN said...

Indah banget air terjunnya jadi kepengin deh ke air terjun leke leke.

CASMUDI, BERBAGI MESKIPUN MASIH KURANG said...

Petualangan menyelusuri jalan setapak menuju Air Terjun Leke Leke terbayar lunas dengan keindahan yang amazing banget.

Fagetti sebagai Supplier Marmer Utama di Indonesia

Fagetti sebagai Supplier Utama Marmer di Indonesia Setiap orang ingin memiliki bangunan dengan tampilan yang mewah dan pres...