Wednesday, April 15, 2020

Berani Nembak Cewek Tatap Muka?

Nembak Cewek (Ilustrasi/Hipwee.com)




        "Aku tidak mampu menyimpan perasaan kagum terhadapmu. Saat ini, Aku merasa sakit tiada berujung, karena bayangan wajahmu selalu mengganggu pikiranku. Entah kenapa? Mungkin, Aku mulai jatuh cinta padamu. Maukah kau menjadi kekasihku, sayang?" (Casmudi Vlog)




      Kalimat di atas merupakan salah satu kalimat yang bisa diungkapkan cowok. Saat cowok pemberani mengungkapkan isi hatinya ke cewek idamannya. Atau, memberanikan diri untuk menembak cewek, setelah berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun menunggu waktu yang tepat. Waktu yang telah dipersiapkan untuk menyatakan rasa kagum atau jatuh cintanya. Siapa lagi, kalau bukan ke seorang cewek yang dicintainya.

Jangan Takut Ditolak

       Percaya atau tidak, ritual "Nembak Cewek"  menjadi sebuah ritual wajib yang harus dilakukan seorang cowok. Ketika dia ingin mengikatkan rasa cinta dan sayangnya pada seorang cewek idamannya. Kenapa? Ketika hubungan cowok-cewek tidak diawali dengan ritual Nembak Cewek, maka hal yang terjadi adalah seperti lirik lagunya Armada "Mau dibawa ke mana, hubungan kita".

       Saya berkali-kali mempunyai teman yang ganteng, jago ngomong dan pintar. Pokoknya, tidak ada kekurangan dari fisik dia. Bahkan, jika cewek melihat pandangan matanya, maka senyum sang cewek mendadak dikulum. Apalagi, kalau cewek sedang minum es krim, maka tanpa terasa yang ia jilat bukan es krimnya. Tetapi, telapak tangannya sendiri. Pokoknya ganteng banget deh. Namun, apa yang terjadi? Ia masih jomblo, belum punya pasangan. 

      Selidik punya selidik, ia begitu takut untuk nembak cewek alias mengatakan rasa cintanya. Cowok boleh mengaku paling ganteng sejagat raya, pintar mengotak-atik ilmu Trigonomteri dan Integral, Rambutnya klimis yang membuat lalat saja bisa terpeleset. Namun, ketika ia tidak berani mengungkapkan rasa cintanya pada cewek idamannya, maka cewek akan jaga jarak. Cewek pun punya rasa. Ia tidak mau berhubungan terlalu lama, jika hubungan dengan cowoknya tersebut tanpa status jelas. Orang Pantura (Pantai Utara Jawa) sering mengatakan, "nambang dawa".  Tali yang semakin panjang, tidak jelas di mana ujungnya.

         Mengapa cowok begitu sulit untuk Nembak Cewek? Tidak gampang, saat cowok ingin mengungkapkan rasa cintanya yang tulus. Ia butuh tempat dan waktu yang cocok, yang membuat kata hatinya menjai "mood". Cowok itu mempunyai harga diri yang tinggi. Dalam sejarah manusia, cowok itu akan jatuh harga dirinya, jika ditolak seorang wanita. Itulah alasan mendasar bahwa cowok membutuhkan tempat dan waktu yang tepat untuk nembak cewek. Karena, ia tidak mau ditolak cewek. Sekali ditolak cewek maka harga diri seakan jatuh seketika. 

      Saya sendiri sering mengalami hal yang dialami cowok kebanyakan. Naksir cewek yang dicintainya, tetapi mulut ini terasa berat untuk mengungkapkannya. Pikiran negatif pun bermmunculan. Bagaimana kalau cinta saya ditolak? Bagaimana kalau hubungannya hanya sekedar teman? Sungguh, sakit hati ini. Dan, saya sudah mengalaminya. 

       Saat SMA, saya jatuh cinta sama cewek idaman. Cewek ala model, macan (manis dan cantik), kutilang (kurus, tinggi dan langsing). Saya membutuhkan mak comblang. Eh gak tahunya, ceweknya dimakan mak comblang tersebut. Kemudian, naksir cewek lagi dengan tipe yang hampir sama. Beranikan diri mengirim surat cinta ala tahun 1990an. Seminggu kemudian, amplop berwarna ungu, bergambar bunga nan wangi itu membuat saya berbunga-bunga. Amboy asiknya!

        Saya berpikir bahwa dia menerima cinta saya. Setelah aku buka dengan perlahan dan senyuman seperti orang gila, isinya? Kata Purnomo dalam sinetron Tukan Ojek Pengkolan (TOP), "Mbelgedez!". Sang cewek idaman tersebut mengatakan, "maaf, karena kita masing-masing sibuk belajar dan tidak sempat ketemuan. Saya sedang dekat dengan seorang cewek. Meskipun, wajahnya tidak seganteng Thomas Jorgi, tetapi saya cocok dengan dia". Watau, dunia seakan runtuh. Tanpa terasa, tangan saya gatal. Dan, surat cinta itu telah kuremas-remas hingga tidak berbentuk.
  
      Bahkan, saya pernah nembak cewek. Cewek yang fotonya sudah lama mengisi dompet saya. Meski, tebalnya uang kalah tebal dengan kartu nama. Di saat yang sangat tepat, aku beranikan diri untuk mengungkapkan rasa cintanya. Anda ingin tahu, di mana? Di Pasar Senin Jakarta tahun 1998 lalu. Saya berpikir bahwa cinta saya tidak akan bertepuk sebelah tangan. Saya pun berani nembak dia, saat saya menemaninya jalan-jalan di Pasar Senin. 

      Jawabannya pun tidak pernah saya bayangkan, "mas, saya tidak bisa menjawabnya sekarang. Sabar ya" jawabnya dengan lirih, seakan-akan menenangkan hati saya, yang hampir menangis. Sebulan kemudian, di saat saya jadian dengan seorang cewek idaman, dia justru menerima perasaan saya. Wadidaw! Saya bingung tujuh keliling, masa saya harus menduakan cinta. Sombong amat!, kalimat unik ala Mandra. 

         Saking terbiasanya saya nembak cewek, maka membuat hati saya ini kebal. Seperti hukum rata-rata (Law of Averages) yang menyatakan bahwa semakin banyak ditolak, maka semakin banyak pula diterima. Dari prinsip itulah, saya benar-benar menyadari bahwa jangan pernah takut untuk nembak cewek. Jika cewek tersebut benar-benar membuat hidup anda lebih bersinar. Dengan catatan bahwa anda tidak ingin menyakiti hatinya, tetapi benar-benar serius. Jika perlu, naiklah ke jenjang yang lebih serius dan halal, Menikah. Percayalah, rejeki akan datang, ketika anda benar-benar menikah. 

         Saya sendiri, menikah pada usia muda 23 tahun, pada tahun 2000 lalu. Setelah melewati hampir lebih dari 10 kali nembak cewek, maka akhirnya saya memantapkan diri ke jenjang yang lebih serius. Yang membuat saya ketawa, yaitu ketika saya sudah menikah. Salah satu cewek yang pernah saya tembak mencari keberadaan saya. Ketika saya hijrah dari Bali ke Jakarta di tahun 2000. Ia ingin bertemu. Saya berusaha untuk menghindari pertemuan itu, karena status saya sudah berubah. Saya telah menjadi milik satu orang. Saya tidak mau timbul persepsi yang negatif. Bisa-bisa terjadi CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali) kan gawat!

Nembak Cewek Tatap Muka

       Saat ranah digital berkembang cepat. Dan, media sosial menjadi alat komunikasi ampuh antar sesama. Maka, dalam proses Nembak Cewek pun mengalami perubahan. Banyak postingan di WA yang menunjukan kalimat-kalimat yang diungkapkan banyak cowok saat nembak cewek. Bagi saya, tidak ada masalah dengan cara yang terkini tersebut. Dan, hasilnya pun tentu sama dengan cara Nembak Cewek dengan cara tatap muka.

       Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah massalah cinta. Perasaan itu harus diungkapkan secara langsung kepada objek yang dituju. Percayalah bahwa tatap muka (eye contact) akan memberikan dampak yang jauh lebih baik dari pada melalui ranah digital. Lihatlah seperti di film-film atau sinetron, Seorang cowok bela-belain menyewa sebuah meja khusus di sebuah restoran hanya untuk candle dinner bersama cewek yang akan ditembak.

      Sang cowok tidak berpikir negatif bahwa "katakan cintanya" akan ditolak, diterima dengan persyaratan atau diterima, langsung jadian. Yang dia lakukan adalah membuat sebuah area yang membuat nyaman, agar bisa bertatap muka langsung dengan cewek idamannya. Melalui tatap muka langsung, maka baik sang cowok atau cewek akan melihat kedua bola matanya. Percayalah, dalam ilmu psikologi, kontak mata langsung akan memberikan efek yang luar biasa. Manusia akan memahmi sikap orang lain lewat tatapan matanya. Apalagi, diiringi dengan gesture lawan bicaranya. 

       Itulah sebabnya, Nembak Cewek dengan tatap muka akan membuat sebuah kejutan. Dari pandangan mata bisa merubah keputusan cewek Baik dari positif (menerima) ke negatif (menolak) maupun dari negatif ke positif. Selama berpandangan mata, kedua insan tersebut akan saling menjelajahi relung hati masing-masing. Dan, saat itulah, bahasa "gombal cinta" sang cowok dipertaruhkan.

      Percaya atau tidak, wanita adalah sosok manusia yang suka digombalin. Mereka haus akan pujian. Mereka ingin disanjung dari segala aspek. Dari model baju, lipstik, gaya rambut hingga saat menikmati makanan. Semua wanita tahu bahwa gombalan cinta cowok itu, ada yang masuk akal atau bualan belaka. Tetapi, bahasa metafora atau personifikasi inilah yang membuat cewek "klepek-klepek". Bisa-bisa, dari rumah berencana untuk menolak perasaan cinta dari cowok yang akan menembaknya. Tetapi, justru beralih menerimanya, meski dengan syarat dan ketentuan. 

        "Beb, melihat wajahmu malam ini, aku seperti melihat Ratu Cleopatra tercantik yang dikirim Tuhan dari langit turun ke bumi. Aku akan menjadi orang yang paling beruntung di alam jagat raya ini, jika aku mampu memilikinya. Aku akan melakukan apapun demi kamu. Gunung Semeru akau daki atau Selat Sunda pun akan aku seberangi, jika itu perintah dari kamu. Karena, kata kunci saya cuma satu, membahagiakanmu seumur hidupku, dunia dan akhirat". Itulah satu gombalan cinta yang akan membuat cewek manapun klepek-klepek. Meskipun, pada kenyataannya, kalimat itu tidaklah masuk akal. Tetapi, wanita sangat haus untuk dipuji, dihargai dan diperlakukan istimewa.

      Tatap muka langsung akan membuat kedua insan mencurahkan isi hatinya secara leluasa. Mereka akan mengungkapkan apapun, yang perlu diketahui oleh kedua belah pihak. Bila perlu, masalah penting harus diselesaikan saat itu juga. Makanya, jangan kaget jika ritual nembak cewek itu hanya dilakukan sekali saja. Meskipun, ada beberapa cowok yang mau nembak berkali-kali. Mungkin, mereka ketagihan mengobral cintanya pada satu cewek. 

      Saat tatap muka pun, cowok dan cewek saling mengatur nafas dan timing (waktu) untuk meluangkan momen yang penting itu. Jika, cowok masih ketakutan akan penolakan cintanya tersebut, maka secara tidak sadar momen tersebut akan Ambyar alias Garing. Untuk memulainya lagi, sepertinya tidak mungkin atau butuh waktu lama. 

        Saat tatap muka, sebelum ritual nembak cewek, kedua insan akan memberikan sinyal yang berupa keyakinan. Cowok memberikan sinyal keyakinan bahwa ia berharap bisa diterima saat mengungkapkan cintanya. Dan, cewek pun memberikan sinyal agar cowok memanfaatkan waktunya sebaik mungkin untuk nembak dirinya. 

       "Memangnya mas Cas mau ngomong apa?". Kalimat itulah yang sering membuat cowok serba salah tingkah. Cowok beranggapan bahwa cewek yang hendak ditembaknya tidak tahu maksud dan tujuan pentingnya. Sedangkan, cewek sendiri dengan santainya meyakinkan cowok agar segera mengungkapkan maksud dan tujuannya. 

          Cewek tersebut mempunyai 2 kondisi saat mau ditembak. Pertama, bisa saja cewek tersebut benar-benar tidak tahu apa yang akan dilakukan sang cowok. Karena, cewek merasa bahwa hubungannya dengan cowok selama ini hanyalah pertemanan biasa. Kedua, cewek tersebut sebenarnya sudah tahu apa yang akan dilakukan sang cowok. Itulah sebabnya, cewek membutuhkan kepaastian dan keseriusan. Ia harus memastikan bahwa cowok tidak meluangkan waktu dengan sia-sia. Ibarat kata, cewek tersebut ingin berkata., "ayo dong mas, tembak saya. Jangan tunggu lama-lama. Nanti saya direbut Mas Casmudi".

       Hal terpenting dalam hubungan percintaan adalah cinta tidak selamanya harus memiliki. Cinta tidak selamanya berakhr di kursi pelaminan. Namun, cinta perlu pengorbanan. Jangan sedih jika ditolak, dan jangan gembira jika diterima. Karena, sebelum janur kuning melengkung dan ijab kabul, cinta masih terlihat abu-abu. Janur kuning bisa melengkung dan roboh. Serta, ijab kabul pun bisa gagal, jika cinta tidak dilakukan dengan serius dan tulus. 

       Bagi saya, cinta sejati tidak melihat materi, tetapi cinta melihat isi hati. Materi bisa dicari, tetapi isi hati meski dijelajahi. Jangan lupa nenbak, dan jangan takut ditolak cintanya. Setelah kamu melewati tatap muka. Selamat berburu cewek idaman. Jika, sudah cocok, jangan lupa halalin dia.         

No comments:

Cara Ibu Terapkan Gizi Seimbang untuk Tumbuh kembang Si Buah Hati Saat Pandemi

  Nutrisi Gizi seimbang anak saat Pandemi di rumah saja (Sumber: shutterstock)     “You have to love your children unselfishly. That...