Monday, April 27, 2020

Berharap Kaya Dari Youtube

Berharap kaya dari Youtube (Sumber: dokumen pribadi)





            Setiap orang Berharap Kaya Dari Youtube. Youtube bukan hanya sekedar hobi. Tetapi, faktanya, Youtube telah membuat siapapun mabuk kepayang. Betapa tidak, dari Youtube, telah membuat banyak orang menjadi kaya. Namun, mengelola akun Youtube CASMUDI VLOG bukanlah "segampang membalikkan telapak tangan". Di dalamnya, penuh dengan pembelajaran serius. Agar, akun Youtube anda dinikmati banyak orang. Bisa menarik ribuan bangkan jutaan viewers.


PRANK


           Saya tidak akan bicara Youtube dari sisi para selebritis (public figure). Percaya atau tidak, nama tenar mereka sangat mendukung ketenaran akun Youtubenya. Tidak perlu menggunakan kata kunci terlalu ribet, menggunakan Tube Buddy atau tumbnail lainnya. Karena, fans saja sudah menunggu postingan mereka. Terlepas dari menarik atau tidaknya konten mereka.

           Saya akan berbicara dari "sisi orang biasa". Di mana, untuk membangun channel Youtube perlu perjuangan dan tetesan air mata. Dalam dunia peryoutuban, siapapun tidak bisa menerka konten apa yang akan menjadi trending. Di mana, video yang diposting mengundang banyak penonton. Namun, sebagai Youtuber, juga dituntut untuk adaptasi sesuaii dengan perkembangan jaman. 

            Meski, tren yang terjadi tidak menunjukan kontren yang "memanusiakan manusia". Sebut saja, konten PRANK tetap menjadi konten andalan para Youtuber, untuk menggali jutaan penonton. Meski, konten tersebut, banyak kalangan yang menganggap (maaf) konten ssampah. Karena, "ngerjain" orang lain demi menggali pundi-pundi.

        Sampai detik ini, saya belum "sreg" untuk membuat konten PRANK. Dan, saya pernah memposting masalah PRANK di akun Youtube saya CASMUDI VLOG. Saya memahami benar para Youtuber menggunakan konten PRANK untuk menggali penonton makin banyak. Muaranya, tentu mendapatkan penghasilan yang luar biasa. Bahkan, dengan berjubelnya penonton, peluang besar untuk menjadi kaya di Youtube bukanlah isapan jempol belaka.

          Selain PRANK, banyak konten yang mendadak menjadi trending. Seperti konten yang berisi tentang SOCIAL EXPERIMENT, Mendadak Gila dan lainnya. Jenis-jenis konten tersebut adalah beberapa contoh yang menarik banyak penonton Youtube. Anda tidak akan bisa memptediski bahwa konten anda akan menjadi trending. Namun, beberapa jenis konten yang telah saya sebutkan di atas, rerata mengundang banyak penonton. Akhirnya, menambah banyak Subscriber (pelanggan).


MENDULANG BANYAK VIEWERS 


             Untuk memonetisasi di akun Youtube memang susah. Saya harus beberapa kali mengajukan ke Youtube agar akun Youtube saya ditinjau (review). Saya telah menulis perjalanan saya menuju proses monetisasi Youtube di artikel sebelumnya. Banyak air mata untuk mencapai "monetisasi Youtube". Setelah monetisasi tercapai menjelang Tahun Baru 2020, sekarang mendulang viewers hingga ratusan ribu butuh perjuangan yang gigih. Apapun, saya lakukan, dari membuat Tumbnail yang menarik, hingga membuat kata kunci yang bisa terbaca di Google.

            Kenyataannya, viewers justru masiih suka mampir untuk menonton konten-konten seperti saya jelaaskan di atas. Apalagi, jika akun para selebritis. Tidak perlu ditanya lagi. Konten yang selalu menampilkan sisi kelebihan (kekayaan) selalu menarik para fans dan penonton lainnya. Penonton selalu merasa kepo ingin menikmati sisi kehidupan para selebritis. Makanya, yang selalu menjadi trending di Youtube "pasti tidak jauh-jauh dari para selebritis". Atau, Youtuber yang mempunyai subscriber dari ratusan hingga jutaan.

          Tentu, setiap Youtuber berharap besar seperti video Youtuber yang selalu trending di Youtube. Apapun dilakukan. Dari membuat konten yang sedang trending. Seperti, konten cover lagu "nyanyian Aisyah Istri Rasulullah". Yang trending menjelang Ramadan 2020, lebih dari 50 persen adalah konten cover lagu tersebut. 

             Masalahnya, membuat konten cover lagu bukanlah masalah gampang. Meski ada musik pengiring pribadi. Atau, anda jago aransemen musik. Jika tidak, maka anda tinggal ngikutin musik yang telah ada. Masalahnya, ada hak cipta yang dimiliki oleh pemilik lagu tersebut. 

          Sangat riskan jika ada tuntutan dari sang pemilik lagu. Apabila, anda tidak membeli royaltinya. Masih ingat kasus Atta Halilintar kan? Yang menggunakan cover lagu 'Syantik" yang dinyanyikan oleh penyanyi Siti Badraih (Sibad). 

           Sebelum saya mengalami monetisasi Youtube, saya mempunyai konten Cover Lagu yang penontonyya lumayan banyak. Sayangnya, cover lagu tersebut dikenai hak cipta. Untuk memuluskan proses monetisasi, maka saya menghapus lebih dari 10 video cover lagu. Sangat mengenaskan, karena ratusan jam tayang hilang seketika.

           Itulah sebabnya, sebelum saya mampu membeli royalti, saya belum mau membuat konten cover lagu. Padahal konten tersebut berpeluang besar mendulang ratusan hingga jutaan penonton. Tentu, mampu membuat kaya karena Youtube. Saat ini, konten Youtube saya, dipenuhi dengan konten traveling yang bisa menginspirasi banyak orang. Kenyataannya, puluhan konten traveling tersebut "belum mampu" mendulang penonton hingga ratusan ribu. 

           Membuat besar akun Youtube tentu ada ilmunya. Namun, siapapun anda tidak akan pernah bisa memprediksi konten apa yang bakal "boom". Kecuali, jika anda selebritas. Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan konten terlalu "njlimet". Karena, jika anda seorang artis, anda tinggal "room tour" kekayaan anda saja, akan banyak penonton. 

             Suatu saat, penonton Youtube akan senang menikmati konten yang bersifat pendidikan. Bukan hanya hiburan saja. Seperti Prank, Mendadak Gila, Pamer ATM. Pamer Mobil, dan lain-lain. Kapan? Biarlah penonton yang akan menjawabnya. Pelan tapi pasti, konetn yang berbau Politik mulai menjadi trending. Saya pun berharap besar bahwa konten Traveling saya akan menjadi trending. Meskipun, tidak harus menunggu Subscriber hingga jutaan. 

           Sejatinya, selain memberikan ilmu dan informasi yang bermanfaat kepada penonton. Setiap Youtuber juga Berharap Kaya Dari Youtube. Jadi, jika anda bisa kaya dengan membuat akun Youtube, maka saya pun demikian. Semoga Dewi Fortuna mampir ke saya. Agar, bisa kaya kayak orang-orang. Aaminn. 

No comments:

Waspadalah! Penipuan Berkedok Rekrutmen Kerja yang Mengatasnamakan PT. Aneka Gas Industri, Tbk.

Waspadalah! Penipuan berkedok rekrutmen kerja yang mengatasnamakan PT. Aneka Gas Industri, Tbk. (Sumber: shutterstock/diolah)     Aksi...