Tuesday, April 14, 2020

Patung Bayi Sakah (Giant Baby) yang Dikenal Angker

Patung Bayi Sakah (Giant Baby) yang dikenal angker di Bali (Sumber: dokuemen pribadi)





         Pada  artikel sebelumnya, saya sudah membahas tentang Ghost Palace Hotel atau hotel paling berhantu di Bali. Kali ini. ssya ingin membahas tempat angker lainnya yang ada di Bali. Patung Bayi Sakah (Giant Baby) yang terletak di pertigaan jalan Sakah Blahbatuh Gianyar Bali ini, ternyata menyimpan misteri. Masyarakat sekitar percaya bahwa patung bayi ini dikenal sangat angker.  

        Patung Bayi Sakah dibangun sebagai simbolis dari Sang Hyang Siwa Buddha. Bahkan, sering juga disebut sebagai Sang Hyang Brahma Lelare. Patung Bayi Sakah ini dibangun pada tahun 1989. Ide pembangunan Patung Bayi Sakah berasal dari mantan Bupati Gianyar Bapak Cokorda Darana.

        Saat siang hari, kesan angker dari Patung Bayi Sakah ini tidak terlihat. Patung dengan ketinggian kurang lebih 10 meter ini sangat khas. Karena, terletak di pertigaan jalan dari Sukawati, jalan ke Ubud dan jalan ke Gianyar. Patung Bayi yang menghadap ke arah selatan ini memang memberikan kesan sakral. Karena, setiap hari, bahkan setiap waktu, banyak masyarakat Hindu Bali yang bersembahyang di situ.

        Saya melihat tiga pohon seperti pohon Beringin atau kayu putih timbuh tinggi di tiga sudut lokasi. Kemudian, dua pohon cemara tumbuh di belakang patung bayi tersebut. Tumbuhan bunga atau pohom kecil lainnya tumbuh di sekeliling patung bayi tersebut.

        Lantas, apa sih angkernya dari Patung Bayi tersebut? Masyarakat sekitar percaya bahwa Patung Bayi tersebut sering terlihat menangis atau meneteskan air mata, saat menjelang malam. Atau, ketika terjadi bulan purnama. Bahkan, saya sendiri melihat kesan angker dari Patung Bayi ini, ketika hari gelap karena mendung atau menjelang senja. 

        Saya dua kali melewati Patung Bayi ini saat malam hari. Ketika, dari Gianyar dan Ubud. Saat berada dekat dengan Patung Bayi Sakah tersebut, saya merasakan suasana yang mistis. Jadi, jika anda punya nyali untuk mengalami kejadian mistis, silahkan datang pada malam hari pukul 12 malam.  Bila perlu, ketika bulan purnama. Dijamin, anda punya pengalaman mistis baru. Berani coba?   

No comments:

5 Hal Penting dari Tabrakan Viral CBR 1000RR SP Versus Daihatsu Ayla

  Kasus viral Daihatsu Ayla menyeruduk CBR 1000RR SP (Sumber: detik.com)       Mobil LCGC atau Low Cost Green Car (mobil murah rama...