Thursday, January 21, 2021

Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar Bali

 

Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar (Sumber: dokumen pribadi)

 

 

Brosis, kayaknya, habis kerja seharian, enaknya mandi air panas ya. Berasa asik banget. Nah, gimana kalau jalan-jalan kali ini, saya ajak Brosis untuk menikmati Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar. Lokasi pemandian air panas ini berada di kawasan Desa Pakraman Banjar Kabupaten Buleleng Bali.

 

Tiket Masuk Merakyat

 

Sebagai informasi, Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar berdiri sejak tahun 1985. Jarak destinasi wisata ini kurang lebih 110 km dari Kota Denpasar. Banyak cara untuk sampai ke lokasi Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar. Bisa dengan kendaraan tour & travel, rental atau kendaraan pribadi.

Jarak Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar dari Kota Singaraja (Ibukota Kabupaten Buleleng) kurang lebih 20 km. Dari Kota Singaraja, anda tinggal meluncur ke arah Gilimanuk. Setelah ada perempatan kantor Polsek Banjar. Maka, anda tinggal belok ke kiri. Lihat papan nama setelah kurang lebih 2 km, belok ke kiri lagi ke lokasi destinasi wisata. Masuk ke lokasi Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar kurang lebih 2 km.

Bagi yang membawa roda empat, maka bisa parkir dekat dengan loket pembelian tiket masuk. Sedangkan, bagi yang membawa kendaraan roda dua, maka bisa parkir di belakang (sebelah kiri) dari bangunan art shop. Letaknya, anda masuk kurang lebih 50 meter melewati art shop dan nanti ada penunjuk arah parkir (jalan menurun). Biaya parkir untuk sepeda Rp 2 ribu, sedangkan kendaraan roda empat sekitar Rp 5 rb.  

Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar ini, buka dari pukul 08.00 hingga 18.00. Dan, Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar dikelilingi oleh bukit dan sungai yang masih alami. Namun, sebelum anda memasuki kawasan  Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar. Anda akan melewati jejeran art shop yang menjajakan oleh-oleh khas Bali. Dari kain Bali hingga kerajinan kayu.

 



Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar yang dikelilingi pepohonan hijau dan sungai (Sumber: dokumen pribadi)

 

Tiket masuk untuk dewasa sebesar Rp 20 rb, sedangkan untuk anak-anak sebesar Rp 10 rb. Saat pembayaran di loket karcis, anda akan mendapatkan karcis berupa print memakai aplikasi QRIS Bank Indonesia yang dilengkapi barcode. Dan, karcis tersebut akan dicek petugas, setiap anda memasuki pintu gerbang Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar.

Di Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar telah dilengkapi dengan penitipan barang (locker). Biaya sewa loker sebesar Rp 5 rb. Dan, jangka waktunya hingga pukul 17.30 sesuai dengan waktu kerja karyawan. Juga, dilengkapi dengan ruang ganti (change room) yang bersih dan gratis. Sedangkan, fasilitas WC atau toilet dikenakan tarif Rp 3 rb.

Di kompleks Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar telah dilengkapi dengan restoran Kumala Tirta, Jacuzi, dan SPA atau massage. Bagi yang ingin menikmati Jacuzi, maka pengunjung akan dikenakan tarif tambahan Rp 15 rb. Lokasi jacuzi dan SPA atau massage di ujung (setelah ruang ganti dan penitipan barang), harus menaiki beberapa tangga.  


 

Tempat penitipan barang (Locker) (Sumber: dokumen pribadi)

 

Ketika, saya berkunjung ke Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar, ada 4 pengunjung WNA dan 6 orang pengunjung lokal. Menurut salah satu petugas, jumlah kunjungan saat Pandemi Covid-19 sekitar 25 pengunjung setiap harinya. Padahal, sebelum Pandemi Covid-19, jumlah pengunjung pada kisaran 200 pengunjung setiap hari.

 

Tiga kolam Air Panas

 

Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar terdiri dari jenis 3 kolam air panas. Pertama, kolam dengan luasan kurang lebih 10x3 meter. Kolam pertama ini mempunyai 8 pancuran air panas dengan nuansa karakter Bali. Ketinggian pancuran sekitar 1 meter. Dan, kedalaman air kolam hampir sama dengan ketinggian pancuran.

Hal yang perlu diperhatikan adalah anda meski hati-hati jika berada di kolam pertama. Karena, dasar kolam agak licin karena pengaruh lumut. Apalagi, jika anda membawa anak-anak atau balita, harus mendapatkan perhatian penuh dari orang tua atau dewasa. Karena, ketinggian pancuran rendah, maka jatuhnya air tidak terlalu membuat sakit kepala.


     

Kolam pertama dengan 8 pancuran air dan kedalaman 1 meter (Sumber: dokumen pribadi)

 

Kedua, kolam air panas yang luas. Luasan kolam ini kurang lebih 12x10 meter. Unik, di kolam air panas ini terdapat 3 kedalaman kolam, yaitu 1m, 1,5m dan 2m. Di kolam air panas ini ada 5 pancuran air yang berada di dekat kolam pertama. Kolam ini menjadi tempat pavorit banyak pengunjung. Selain kolamnya yang luas, tetapi cocok bagi pengunjung yang suka kedalaman air kolam hingga 2 meter.    


 

Kolam kedua dengan 5 pancuran air dan kedalaman bervariasi (1 m, 1,5 m dan 2 m) (Sumber: dokumen pribadi)

 

Saya sendiri selain berendam di bawah pancuran, juga asik berendam di kolam air panas yang kedalamannya 2 meter. Sekilas, air kolam berwarna hijau muda. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan belerang yang ada dalam air panas. Semakin kadar belerangnya tinggi, maka warna air hijau muda kekuning-kuningan. Dan, biasanya akan membuat seperti kerak di lapisan kolam.  



Mencoba berenang dan berendam di kolam air panas yang kedalaman 2 m (Sumber: dokumen pribadi)

 

Ketiga, kolam air panas yang berbeda dengan kolam pertama dan kedua. Kolam ketiga terletak terpisah. Berada dekat dengan jalan masuk  Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar. Atau, dekat dengan aliran sungai sekitar. Luasan kolam air panas ketiga ini sekitar 8x4 meter.

Pancuran air di kolam air panas ini setinggi kurang lebih 3 meter. Ada 3 pancuran di kolam ketiga. Sedangkan, kedalaman kolam 1 meter. Banyak pengunjung yang menganggap bahwa di kolam ketiga ini asik untuk pijat refleksi alami. Bahkan, suhu di kolam ketiga lebih panas daripada kolam pertama dan kedua.

Jatuhnya air berasa banget di tubuh. Pantas saja, jika pancuran air ini sangat bermanfaat untuk pijat refleksi alami. Dan, panasnya air kolam membuat betah berlama-lama di sini. Lapisan dasar kolam tidak terasa licin seperti di kolam pertama. Berendam di kolam ini sangat manjur untuk memulihkan kondisi tubuh, agar terasa segar kembali.  



Kolam ketiga dengan 3 pancuran air dan kedalaman 1 meter. Cocok untuk pijat alami (Sumber: dokumen pribadi)

 

Setelah puas berendam di kolam air panas dari pertama hingga ketiga. Maka, badan meski disegarkan kembali dengan air dingin di tempat bilas. Ada 3 pancuran air dingin yang akan membuat badan anda kembali segar. Tempat bilas ini terletak persis di samping sungai. Pemandangan sekitarnya berupa rumpun bambu dan pohon khas sungai.


 

Badan kembali segar, saat bilas di air dingin (Sumber: dokumen pribadi)  

 

Untuk informasi selanjutnya, Brosis bisa melihat video perjalanan saya di Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar ini buka dari pukul 08.00 hingga 18.00. Jika ada pertanyaan, bisa komentar di artikel atau video ya. Tetap jaga kesehatan dengan memakai Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19. Selamat berlibur. 


 

Pemandian Air Panas (Hot Spring) Banjar (Sumber: dokumen pribadi/Youtube)


No comments:

PON XX PAPUA 2021, MENAKLUKAN TANTANGAN DAN MERAIH PRESTASI OLAHRAGA SAAT PANDEMI

    Mimika Sport Center , salah satu venue PON XX 2021 Papua (Sumber:   PON XX Papua /IG)   Papua itu ibarat serpihan surga yang jatuh...