Monday, February 22, 2021

Menikmati Jernihnya Air Taman Mumbul Sangeh

 

Taman Mumbul Sangeh menjadi destinasi wisata favorit pengunjung yang murah meriah (Sumber: dokumen pribadi)

 

Bagaimana rasanya, jika anda bisa menikmati keindahan dari perpaduan Pura Ulun Danu, Taman Ayun dan Taman Air Tirta Gangga jadi satu?

 

Wow, asik dong kalau kita bisa menikmati suasana keindahan 3 destinasi wisata di Bali dalam satu tempat. Benar banget! Suasana keindahan tersebut bisa anda nikmati di Taman Mumbul Sangeh. Destinasi wisata ini berada di Kecamatan Petang Kabupaten Badung Bali.

Jarak lokasi dengan destinasi wisata kondang Monkey Forest Sangeh yang fenomenal kekira 2 km. Jika, anda meluncur dari arah Kota Denpasar, maka tepat di perempatan jalan arah ke Destinasi Wisata Monkey Forest. Anda meski belok ke arah kanan.  

Secara resmi, Taman Mumbul Sangeh belum lama dibuka untuk umum. Namun, destinasi wisata ini menjadi tujuan para pelancong. Destinasi wisata ini menjadi tempat yang asik buat nongkrong. Ngumpul bareng keluarga untuk mengisi liburan. Atau, tempat nongkrong bareng teman dan komunitas.

Tiket masuk Taman Mumbul Sangeh masih digratiskan. Anda hanya dikenakan biaya parkir saja. Untuk sepeda motor sebesar Rp2.000. Sedangkan, untuk kendaraan roda empat (kalau tidak salah, maklum nggak bawa mobil) dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000.

 

Apa yang menarik di Taman Mumbul Sangeh?

 

Sejatinya, luasan Taman Mumbul Sangeh ini hampir seperti luasan lapangan bola. Namun, destinasi wisata ini menawarkan keindahan perpaduan destinasi wisata Bali lainnya, seperti  Pura Ulun Danu, Taman Ayun dan Taman Air Tirta Gangga.

Destinasi wissata ini sungguh populer. Berbentuk seperti danau mini ala Danau Beratan. Di mana, di tengah  danau ada pura seperti Pura Ulun Danu Beratan Tabanan Bali.

Air danaunya sungguh jernih. Pihak pengelola memanfaatkan danau ini untuk memelihara ikan koi atau emas. Sebenarnya, keberadaan ikan peliharaan tersebut juga untuk memberikan kepuasaan pengunjung. Sembari berwisata, pengunjung bisa memanjakan mata dengan memberi makanan ikan.

Sebagai informasi, pakan ikan bisa dibeli pengunjung di dekat pintu masuk Taman Mumbul Sangeh. Keberadaan ikan ini persis seperti pemandangan di destinasi wisata Taman Tirta Gangga Karangasem.

 Karena, jernihnya air maka pengunjung bisa melihat dengan jelas keberadaan ikan yang hilir mudik di air danau. Ketika, pengunjung memberi makan, ikan-ikan tersebut akan bergerombol saling berebutan makanan. Hal ini menjadi pemandangan yang menarik pengunjung.

Keberadaan Pura yang berada di tengah danau, mengingatkan saya dan anda akan destinasi wisata Taman Ayun Bali. Yaitu, keberadaan pura yang berada di tengah danau, seakan-akan diayun-ayunkan riaknya air danau. Jika anda melihat keberadaan pura dari sisi barat laut, maka tampak pura seperti di tengah danau. Karena, jalan setapak ke arah pura tidak terlihat.

 

Keberadaan pura yang berada di tengah danau (Sumber: dokumen pribadi)

 

Sebenarnya, selain pura yang unik di tengah danau, anda bisa melihat pura kecil yang berada di pinggir danau. Lokasinya berada di sisi utara danau. Di bawah permukaan tanah yang agak tinggi.

 

Keberadaan pura kecil yang berada di sisi utara danau (Sumber: dokumen pribadi)

 

 

Sampan Bambu

 

Selain keindahan ala 3 destinasi wisata Bali tersebut, anda juga bisa menikmati keberadaan sampan bambu. Yang dibentuik seperti perahu dari bambu. Di mana, bagian ujungnya berbentuk kerucut. Dan, tempat ini menjadi spot menarik buat anda.

Saya sarankan, jika anda berfoto di sini perlu hati-hati. Karena, sampan bamboo ini hanya tertambat rantai dengan pinggir danau. Bisa-bisa, anda hilang keseimbangan dan jatuh ke danau.

 

Sampan bambu menjadi spot menarik untuk menjadi objek jepretan foto (Sumber: dokumen pribadi)

 

 

Namun, asiknya, dari sampan bambu ini, anda bisa menikmati ikan peliharaan dengan jelas di bawah bambu. Sepetinya, kehadiran pengunjung disambut dengan sekumpulan ikan. Yang menunggu kehadiran pengunjung dengan memberi makanan ikan.

 

Kehadiran pengunjung yang memberi makan ikan sangat dinantikan para penghuni danau (Sumber: dokumen pribadi)

 

 

Jika, anda kelaparan setelah berkeliling danau. Maka, anda tidak perlu bingung. Karena, di sisi timur danau, banyak warung yang menjual berbagai macam kuliner dan minuman. Harganya pun bersahabat, sesuai dengan isi kantong anda. Apalagi, pengunjung bisa menikmati ayunan (swing) dan peliharaan ikan lele. Yang berada di bagian utara warung.

Berhubung masa Pandemi, maka Taman Mumbul Sangeh ini banyak dikunjungi oleh wisatawan local. Baik warga Bali, maupun warga luar Bali. Tetapi, saya juga sempat melihat wisatawan asing yang berkunjung ke desti8nasi wisata Taman Mumbul Sangeh ini.

Uniknya, Taman Mumbul Sangeh ini menjadi tempat nongkrok yang mengasikan saat sore hari hingga matahari Kembali ke peraduannya. Saat hari Minggu atau libur, maka pengunjung akan dusuk santai di pinggir danau sisi selatan. Karena, berdekatan dengan tempat parkir yang lumayan luas.

Nah, bagi kalian yang ingin mencari suasana nongkrong yang alami dan murah meriah. Maka, acara hangout di Taman Mumbul Sangeh menjadi pilihan yang menarik. Sambil memberi makan ikan, anda bisa ngobrol asik keluarga, teman atau pasangan anda. Jangan lupa terapkan protokol kesehatan (prokes) ya. Tetap sehat agar liburan anda menyenangkan.


No comments:

Berawal dari Isi Piringku, Mencetak Anak Menjadi Generasi Sehat dan Pintar

  Isi Piringku untuk mencetak Generasi Sehat dan Pintar (Sumber: shutterstock/diolah)       Ada 2 hal besar yang akan dihadapi bangs...