Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dua Makna Meme dan Lagu Bojomu Semangatku

 

Meme Bojomu Semangatku  di kaos
Meme Bojomu Semangatku yang menggelitik jadi hiasan dalam kaos (Sumber: Lazada)

 

          Meme merupakan hasil karya seni yang berupa gambar atau kata-kata yang selalu menggelitik. Apalagi, meme selalu memberikan makna yang mengundang reaksi banyak orang. Meme ada yang dibuat secara serius, tetapi ada juga yang dibuat buat lucu-lucuan. Dengan maksud untuk menghibur bagi yang membacanya.

          Banyak meme yang bertebaran di media sosial. Salah satu meme lucu yang mengundang perhatian saya adalah kalimat BOJOMU SEMANGATKU. Apalagi, meme lucu tersebut juga didukung dengan sebuah lagu dengan judul yang sama, yang dinyanyikan oleh penyanyi dangdut koplo Safira Inema.


“Bojomu semangatku, kowe ra usah nesu ….”.

 

          Salah satu penggalan dari lagu dangdut koplo Bojomu Semangatku. Jika kita memahami kalimat dari meme Bojomu Semangatku tersebut, maka tersirat makna bahwa istri atau suami orang lain menjadi semangat saya atau anda. Terkesan lucu, tetapi mempunyai makna yang mendalam.

          Hal ini menunjukan maksud bahwa istri atau suami orang lain adalah sosok yang mampu memberikan semangat hidup. Baik dalam bekerja atau berkarya dalam segala hal. Sedangkan, istri atau suami sendiri tidak memberikan dampak apapun dalam memberikan semangat hidup. Benar-benar kejadian yang miris, jika terjadi dalam dunia nyata.     

          Itulah sebabnya, meme lucu Bojomu Semangatku semakin menarik, saat mencermati lirik lagu yang dinyanyikan oleh Safira Inema. Di mana, memberikan pemahaman bahwa membawa suami orang lain adalah hal biasa.

          Maksudnya, sang istri jangan sangat hati, jika sang suami kepincut sama wanita lain. Atau, wanita lain mengajak atau menggoda suami orang lain. Jika, mencermati lirik lagu Bojomu Semangatku tersebut, kita disuguhkan sebuah cerita bahwa istri boleh merebut suami orang. Atau, yang lebih gaul disebut pelakor atau perebut laki orang.

          Meskipun, pada kenyataan sosial, kejadian sang pelakor sering kali terjadi. Namun, gambaran tentang istri atau suami yang merebut pasangan orang lain adalah perbuatan yang sangat merendahkan martabat manusia. Dan, kejadian tersebut sering menjadi berita yang viral di media sosial.

          Lagu Bojomu Semangatku juga memperkuat meme lucu atau semiotika yang sering nampang di bokong truk. Kita tahu bahwa gaya meme lucu atau semiotika di bokong truk benar-benar menjadi hiburan asik. Tetapi, bisa memberikan pemahaman yang multitafsir. Padahal, meme lucu yang berada di bokong truk bisa menjadi uangkapan kisah nyata dari sebuah kegelisahan masyarakat masa ini.

          Dan, meme lucu di bokong truk itu bisa menjadi kegelisahan sosial dari pemilik truk atau sopir (pengendara) truk itu sendiri. Dan, tulisan meme lucu di bokong truk tersebut merupakan curhat sosial, yang pada dasarnya berdasarkan fakta sosial.


 

Meme lucu Bojomu Semangatku

Salah satu meme Bojomu Semangatku di bokong truk (Sumber: pinterest)

 

          Lantas, bagaimana dampaknya meme lucu Bojomu Semangatku seperti lagu yang dinyanyikan oleh Safira Inema tersebut? Menurut saya, setidaknya ada dua hal yang menarik perhatian. ertama, meme lucu atau lagu Bojomu Semangatku terjadi dari sebuah pengalaman nyata atau pribadi dari seseorang.

          Atau, kejadian nyata yang terjadi dalam lingkungan masyarakat. Dan, seorang seniman (pencipta lagu) atau kreator meme lucu memberikan informasi dalam sebuah karya. Baik dalam sebuah lagu atau meme lucu bokong truk.

          Dengan kata lain, meme lucu atau lagu Bojomu Semangatku sejatinya timbul karena telah terjadi fakta sosial dalam masyarakat. Seperti halnya dalam sinetron Suara Hati Istri, yang dibuat karena sang sutradara merasakan bahwa kejadian tersebut telah terjadi dalam masyarakat. Meskipun, pada kenyataannya, hasil sinetron dibuat rekayasa. Tetapi, cerita intinya tidak jauh-jauh dari cerita nyata yang ada di masyarakat.

          Kedua, meme lucu dan lagu Bojomu Semangatku bisa merupakan hasil imanjinasi dari masyarakat. Kita pernah mendengar kalimat lucu seperti “Rumput tetangga lebih hijau”, atau “istri tonggo luwih nggodho” dan lain-lain. Beberapa kalimat lucu tersebut memberikan imanjinasi masyarakat. Bahwa, kejadian yang ada di masyarakat bisa terjadi. Seperti, apa yang diungkapkan oleh kalimat-kalimat lucu tersebut.

          Tentu, kalimat-kalimat lucu tersebut timbul karena ketidakpuasan masyarakat tentang apa yang dimiliki. Sebagai contoh, seorang suami atau istri mulai bosan dengan pasangannya. Karena, pasangannnya tidak lagi menyenangkan atau romantis seperti saat awal menikah.

          Atau, ada faktor lain dari suami atau istri yang membuat mereka ingin mencari pelampiasan untuk menyenangkan hatinya. Seperti, mencari wanita atau pria idaman lain.

          Jadi, kalimat-kalimat lucu yang timbul dalam meme lucu atau lagu Bojomu Semangatku tercipta karena imanjinasi atau kegelisahan masyarakat. Meskipun, kejadian nyata perselingkuhan belum terjadi.

          Lantas, apa sih dampak yang terjadi dari meme lucu atau lagu Bojomu Semangatku tersebut? Bagi masyarakat yang menganggap bahwa hal tersebut adalah sebuah karya seni. Maka, meme lucu dan lagu Bojomu Semangatku tersebut hanyalah guyonan belaka atau lucu-lucuan saja. Dan, meme lucu atau lagu Bojomu Semangatku adalah sebuah karya cipta. Yang terjadi karena perkembangan sosial masyarakat dan perlu diapresiasi.

          Namun, apa jadinya jika meme lucu dan lagu Bojomu Semangatku diartikan terlalu dalam bagi masyarakat? Bisa-bisa mengundang masyarakat untuk coba-coba. Dan, akhirnya keterusan menggoda pasangan, istri atau suami orang lain.

          Meme lucu dan lagu Bojomu Semangatku, bisa memberikan rangsangan bagi masyarakat untuk mencoba selingkuh. “Emang benar kok, istri atau suami tetangga bikin saya semangat kerja”. Atau, “emang benar kok, istri tetangga lebih menggoda, dandanannya bikin saya salfok”. Mungkin, beberapa kalimat tersebut yang ada di benak masyarakat.

          Namun, hal yang harus dipahami adalah setia pada pasangan adalah yang utama. Kita perlu memahami bahwa setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saat manusia mengumbar ketamakan, maka nafsu manusia untuk memiliki pasangan lain tidak akan pernah berhenti. Hanya berakhir setelah masuk liang lahat.

          Jadi, apakah meme lucu dan lagu Bojomu Semangatku mengundang perselingkuhan? Sekali lagi saya katakan, tergantung pola pikir manusia. Jika, hal tersebut sebagai karya seni, maka akan menjadi hiburan yang menghilangkan rasa stress. Tetapi, kalau diartikan terlalu dalam, maka jika iman anda tidak kuat akan mencoba mengimplementasikan, seperti apa yang ada dalam meme lucu dan lagu Bojomu Semangatku.

         Maka, saran saya adalah hidup jangan terlalu tegang. Jangan sampai mengartikan meme lucu atau lagu terlalu dalam. Anggap saja hiburan buat kita, agar terus semangat menjalani hidup. Bersyukur apa yang kita miliki sekarang. Jangan sekali-kali berniat memiliki milik orang lain yang bukan haknya. Yuk, kita ngopi dulu.          

Post a Comment for "Dua Makna Meme dan Lagu Bojomu Semangatku "